Buku Black Book of Rover Scout

Sebuah buku yang harus dimiliki Pramuka Penegak Pandega, maupun pembina buat adik didiknya. Ditulis berdasarkan pengalaman selama berkegiatan pramuka oleh purna DKD Jatim.

Buku Materi Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Tanda Jabatan Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai tanda jabatan bagi peserta didik, pembina maupun, andalan kwartir.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Jumat, 31 Desember 2010

Pesanan dari Makassar

Terimakasih kak Sam dari Pramuka Universitas Hasanudin Makassar yang telah memesan produk Kedai Pramuka Scout Addict. Semoga berkenan serta kami tunggu pesanan berikutnya

Pesanan dari Madiun

Terima kasih kak Gigih dari Madiun yang telah memesan produk Kedai Pramuka kami semoga berkenan dan kami tunggu pesanan berikunya

Kamis, 30 Desember 2010

Kwarcab DS Gelar Seminar Tentang Ibu

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Deli Serdang menggelar Seminar tentang Ibu dan lomba masak nasi tumpeng memeriahkan Hari Ibu tahun 2010 yang dibuka secara Resmi Wakil Ketua Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang ) Gerakan Pramuka Deli Serdang Ny Hj Anita Amri Tambunan, Selasa (28/12) di Taman Pramuka Lubuk Pakam.

Seminar sehari itu menampilkan narasumber Dr Anita Yus Mpd Dosen Unimed Medan dengan mengambil thema “ Ibu sebagai pendidik utama dan pertama dalam menjawab tantangan” yang didikuti 250 orang ibu-ibu pengurus Kwarcab , kwarran dan gudep - gudep se Kabupaten Deli Serdang.

Ny Hj Anita Amri tambunan dalam sambutannya mengatakan , kata-kata bijak mengatakan baiknya seorang ibu dalam suatu Negara maka akan baiklah Negara itu, tetapi bila buruk seorang ibu dalam suatu Negara maka buruklah Negara itu, hal ini menggambarkan bahwa kaum ibu adalah makhluk yang tangguh yang diciptakan Allah dengan segala kelembutannya mampu mendidik serta menempah putra putrinya untuk menjadi generasi bangsa yang berkualitas ke depan.

Oleh karena itu dengan kehadiran kalangan putri di kepramukaan diharapkan dapat menjadi contoh dan tauladan , sehingga jejak-jejak kebaikan yang dimilikinya dapat ditiru oleh anak-anaknya, terlebih lebih dengan digelarnya peringatan hari ibu ini dapat menjadi motivasi bagi peningkatan peran sertanya dalam membangun keluarga maupun ditengah-tengah masyarakat.

Sementara nara sunber seminar tentang Ibu Dr Hj Anita Yus M.Pd, menguraikan bahwa ibu sebagai pendidik utama dan pertama dalam menjawab tantangan zaman, oleh karenanya untuk merealisasi peran ibu sebagai pendidik, perlu memiliki enam alat-alat pendidikan yang harus dikuasi yakni, kewibawaan seorang ibu , rasa kasih sayang terhadap anak, miliki sikap kelembutan , keteladanan , penguatan termasuk pujian dan penghargaan terhadap anak yang baik dan perlu juga tindakan tegas tetapi mendidik.

Sedangkan trasa kasih sayang dapat ditunjukkan melaui bahasa kasih yakni dengan kata-kata sayang, sentuhan belaian, pelayanan setulus hati, saat-saat berkesan dan pemberian hadiah. Kemudian alat pendidikan kewibawaan seorang ibu adalah perlu penjagaan integritas diri yaitu keterpaduan apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan harus sejalan dan sama. Dalam seminar ini dilakukan acara tanya jawab sekaligus peninjauan pameran lomba masak nasi tumpeng dari 35 kelompok gudep pramuka serta penyerahan hadiah pemenang.

sumber : Berita Sore

Rabu, 29 Desember 2010

Terima Kasih Atas Kepercayaannya

Terima kasih kepada Kak Syafir berserta seluruh teman-teman dari Gerakan Pramuka Pare-pare yang telah memberikan kepercayaan kepada kami (Scout Addict)dalam hal penyediaan perlengkapan dan atribut Kepramukaan. Semoga keharmonisan kerjasama terus berlanjut...

Gus Ipul Pimpin Pramuka Jatim

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul, terpilih secara aklamasi untuk memimpin Kwartir Daerah Gerakan Pramuka provinsi setempat periode 2011-2015, Selasa.

Sebanyak 304 peserta dari 38 kabupaten/kota yang hadir pada Musyawarah Provinsi Kwarda Pramuka Jatim, sepakat menunjuk Gus Ipul menggantikan pejabat lama yang juga mantan Wakil Gubernur Jatim, Dr Soenarjo MSi.

"Pamor dan ketenaran Gus Ipul sebagai perwakilan tokoh masyarakat tidak diragukan lagi oleh para peserta musprov," kata Ketua Pelaksana Musprov Pramuka Jatim, Bambang S.W, usai acara pemilihan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Ia menjelaskan dalam menjalankan tugas organisasi, Gus Ipul yang juga Ketua Umum KONI Jatim itu, akan dibantu Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Drs Rasiyo sebagai ketua harian.

"Pelantikan pengurus Kwarda Pramuka Jatim dan serah terima jabatan ketua umum, rencananya digelar di Gedung Negara Grahadi pada Januari 2011," tambah Bambang.

Terpilihnya Gus Ipul sebagai ketua Kwarda Pramuka Jatim sudah diprediksi sejak awal, apalagi setelah mendapat dukungan dari Gubernur Jatim Soekarwo dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Azrul Azwar.

"Gus Ipul merupakan seorang pemimpin yang tidak kenal lelah dan mudah membaur dengan masyarakat," ujar Soekarwo saat pembukaan musprov, Senin (27/12).

Ia berharap Gerakan Pramuka Jatim bisa lebih berkembang setelah memiliki pemimpin yang tepat dan punya kepedulian tinggi.

"Jika Gus Ipul dan Pak Rasiyo bisa bekerja sama, masalah anggaran mudah-mudahan akan lancar," tambahnya.

Sumber : Antara Jatim

Sabtu, 25 Desember 2010

Jambore Ranting Pasrujambe

Memasuki akhir tahun 2010, Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Pasrujambe menggelar Jambore bertempat di Lapangan Karanganom Kecamatan Pasrujambe Lumajang. Acara ini dimulai tanggal 21 Desember kemarin dan akan berakhir hari ini, Kamis (23/12/2010).

Menurut informasi yang kami terima dari panitia pelaksana, acara ini diikuti oleh 27 sekolah mulai dari SD, MI dan SMP sewilayah kecamatan Pasrujambe.

Al Murotib Spd, Ketua Panitia Penyelenggara Jambore ini mengatakan, acara ini dimaksudkan sebagai sarana untuk meningkatkan kebersamaan antara sesama anggota Pramuka sewilayah Kecamatan Pasrujambe.

"Semoga dengan ajang ini, persaudaraan anggota pramuka antar sekolah baik SD maupun MI dapat terjalin, dan hal ini kami maksudkan untuk menggalang kebersamaan antar siswa di Pasrujambe," kata Murotib.

Berbagai acara digelar dalam acara ini diantaranya, Lomba Pasang Tenda, Teknis Kepramukaan, Koki cilik, upacara bendera, kesenian dan budaya serta berbagai lomba lainnya.

Camat Pasrujambe, Dondy selaku Pembimbing Pramuka Kecamatan Pasrujambe menyatakan dukungannya terhadap acara ini.

"Kita berharap dengan adanya jambore ini persaudaraan antar anggota pramuka di Pasurjambe dapat tergalang, dan satu hal lagi kami berharap ada rasa kebersamaan yang kuat antar anggota pramuka disini," kata Dondy.

Kwarcab Tegal Gelar KML

SLAWI (TUNAS) – Dalam upaya mencapai tujuan Gerakan Pramuka dan tujuan pembangunan serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Pembina, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal menggelar kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) di Pusat Pendidikan dan Latihan Pramuka (Pusdiklat) “Dewa Ruci” Cabang Tegal Komplek Bumi Perkemahan Martoloyo, Desa Suniarsih Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H. Muji Atmanto, SH.MM, Senin (20/12). Kegiatan diikuti oleh 38 Pembina perutusan Gugus Depan SD / MI, SMP dan SMA se Kwarcab 11.28 Tegal.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab mengatakan kegiatan Kursus Mahir Lanjutan(KML) ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas Pembina Gudep, sehingga diharapkan Para Pembina nantinya memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dalam membina peserta didik. “Diharapkan akan lahir Pembina yang profesional dan mumpuni”, katanya.

Ka Kwarcab berharap, apa yang diperoleh peserta KML nantinya dapat benar – benar diterapkan dan dikembangkan di Gugus Depannya masing – masing. “Pengetahuan yang diperoleh, hendaknya dapat diaplikasikan dengan baik untuk pengembangan Gugus Depan”, pintanya.

Pemimpin Kursus, DJoko Eko Pratomo mengatakan, KML diikuti oleh 38 Pembina dari perutusan Gudep dan Kwarran se Kwarcab Tegal. Dimana peserta nantinya akan dikelompokan sesuai dengan golongan yang diambil. “Target panitia sebenarnya mencapai 50 peserta”, terangnya.

Terkait kegiatan, kata Djoko, Kursus akan diisi dengan kegiatan outdoor maupun indoor. Kegiatan Indoor berupa pemberian materi sesuai dengan kurikulum KML, seperti Prinsip dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK – MK), Sistem Among, Cara Membina dan sebagainya. “Materi yang diberikan, juga langsung dipraktekan”, urainya. (s@n)

Sumber : Pandu Slawi

Kamis, 23 Desember 2010

1120 PRAMUKA IKUTI JAMRAN MARGASARI

Slawi - Sedikitnya 1120 Pramuka Penggalang dari Pangkalan SD / MI dan SMP se Kwarran Margasari mengikuti kegiatan Jambore Ranting Kecamatan Margasari. Kegiatan yang bertempat dilapangan Desa Dukuhtengah Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal tersebut, dibuka secara resmi oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H. Muji Atmanto, SH.MM, Minggu (19/12).

Dalam sambutannya Ka Kwarcab menaruh apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Juga pada Pengurus Kwarran Margasari yang telah berupaya menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda, guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik. Juga bertanggungjawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional dan membangun dunia yang lebih baik. “Saya menyadari sepenuhnya untuk mewujudkan tugas pokok itu bukanlah hal yang mudah. Kita tidak dapat menghindar dengan tantangan dan permasalahan yang sangat komplek," katanya.

Sementara itu, Panitia Kegiatan Jamran, Edi Raharjo, S.Pd mengatakan kegiatan Jamran mengambil yang tema “Mencetak Kader Pemimpin Bangsa” diikuti oleh 51 Pangkalan SD / MI dan 5 Pangkalan SMP atau setara dengan 1120 Pramuka Penggalang se Kwarran Margasari. “Peserta Jamran diperkirakan mencapai seribuan lebih”, terangnya.

Dalam Jamran ini, jelas Edi panitia telah membagi menjadi beberapa kegiatan, antara lain giat ketangkasan, wawasan, patriotisme, persaudaraan, ketrampilan pramuka (tekpram) dan sebagainya. “Peserta diharapkan bisa mengikuti kegiatan yang ada dengan baik”, harapnya.

Acara Pembukaan sendiri turut diramaikan dengan penampilan Tari Topeng Endel dari Anak – anak SD se Kecamatan Margasari. (s@n)

Sumber : Pandu Slawi

Selasa, 21 Desember 2010

Kemah Bersama (KEMBER) IV di Rowosari

Kendal - Dalam rangka mengeksiskan kegiatan gerakan Pramuka, Dewan kerja Pramuka Penggalang Ranting Kecamatan Rowosari Senin (20/12) menggelar Kemah Bersama (Kember IV) yang bertempat di Pantai Cahaya Desa Sendang Sikucing Rowosari. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari dari Senin hingga Kamis (23/12) dan diikuti oleh 200 peserta dari tingkat SMP dan SMA se Kecamatan Rowosari yang diantaranya, Calon Penegak Bantara dari SMK NU 2 Rowosari, SMAN 1 Rowosari, MA Darussa’adah dan SMA Rifa’iyah. Masing-masing sekolah mengirimkan 2 regu Pramuka ataupun Penggalang.

Dalam upacara pembukaan Kember IV Selaku Pembina Upacara yaitu Wakil Bupati H. Mukh Mustamsikin, S.Ag. M.Si. Beliau menyampaikan bahwa “Gerakan Pramuka memegang peranan penting dalam upaya mengelola dan membina generasi muda, untuk menyambut dan menjawab tantangan jaman yang makin ketat. Jangan sampai kehadiran iptek khususnya bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi justru berdampak pada rusaknya tatanan sosial dan moral generasi muda”.

Lebih lanjut Wabup menambahkan bahwa,” bentuk kegiatan seperti kemah bersama kali ini adalah salah satu bentuk pembinaan yang sangat efektif, untuk membekali generasi muda, tidak hanya dari sisi kegiatan jasmaniah saja akan tetapi bagaimana pembekalan rohaniahnya bisa disejajarkan” tanbahny

Rosyid selaku ketua panitia Sangga Kerja Kecamatan Rowosari mengungkapkan bahwa “kegiatan Kember dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tujuan Pramuka yaitu memenuhi syarat kecakapan umum tingkat Penegak, Bantara dan Penggalang agar mampu berprestasi, kreatif dan inovatif. Selain itu sebagai tolak ukur kemajuan prestasi Pramuka, serta menjalin dan mempererat persaudaraan antar anggota gerakan Pramuka” ungkapnya.

Pembukaan Kember ditandai dengan pemukulan gentong oleh Wakil Bupati Kendal dan dilanjutkan dengan penanaman Pohon cemara di lingkungan pantai cahaya desa Sendang Sikucing Rowosari.

Bupati Jabat Ketua Kamabicab Bengkalis

Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang Bengkalis memiliki pimpinan baru. Bupati Herliyan Saleh dipercaya menjadi ketua untuk priode 2010-2015.

Riauterkini-BENGKALIS- Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh resmi menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang (Kamabicab) Kabupaten Bengkalis periode 2010-2015. Setelah usai dilantik Ketua Kwartir Daerah 0404 Propinsi Riau Hj. Septina Primawati Rusli, Senin (20/12/10) petang tadi.

Pelantikan berlangsung di Gedung Daerah Laksamana Raja di Laut, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan dan Ketua Cabang Kwartir Gerakan Pramuka 0404 Kabupaten Bengkalis Reza Fahlefi.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh selaku Kamabicab Kabupaten Bengkalis berharap dapat melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai Kamabicab yang baru saja dilantik. Herliyan juga mengatakan dengan keberadaan pramuka ini, juga diharapkan memiliki peran yang maksimal membentuk karakter kepribadian yang cerdas dan handal kepada khususnya kaum muda di daerah.

“Berharap dapat menjalankan amanah, tugas serta tanggungjawab yang diemban ini. Keberadaan pramuka sebagai penggerak juga merupakan penentu kedepan untuk menciptakan generasi yang handal serta cerdas emosional, cerdas intelektual dan cerdas tindakan,” katanya di hadapan hadirin.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah 0404 Provinsi Riau Hj. Septina Primawati Rusli dalam sambutannya mengingatkan dari tugas pokok merupakan amanah untuk memberikan bantuan berupa bimbingan nasehat, moral maupun materil. Keberadaan gerakan pramuka juga sebagai wadah membentuk watak dan prilaku kaum muda, sekaligus menciptakan individu yang handal menghadapi tantangan.

“Mengingatkan bahwa melalui tugas pokok yang ada kita harus memberikan bimbingan, baik berupa bantuan bersifat moril maupun materil. Revitalisasi gerakan pramuka sangat menentukan menciptakan generasi yang memiliki watak dan kepribadian yang handal,” ingatnya. Selain kegiatan pelantikan Kamabicab Kabupaten Bengkalis, juga dilangsungkan pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Ketua Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dijabat oleh Hj. Romaini Herliyan periode 2010-2015.

sumber : riau terkini

Pesanan dari Pare-pare

Terima kasih kepada kak Syafir dari dari SMP Negeri 3 Pare-pare, atas kepercayaan dan kerjasamanya semoga berkenan dan cocok dengan produk "Scout Addict "Kedai Pramuka Online. Semoga Kepramukaan di Pare-pare semakin berkembang mampu mencetak tunas pembangun bangsa. Kami siap bersinergi serta kami nantikan pesanan selanjutnya

Jambore Daerah Jabar Diikuti 6.000 Pramuka

Sebanyak 6.000 orang anggota pramuka akan mengikuti Jambore Daerah (Jamda) Jawa Barat (Jabar) tahun 2010 yang dilaksanakan bersamaan dengan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) di Bumi Perkemahan Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) Mashudi Kiarapayung Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Minggu-Kamis (26-30/12). Khusus untuk Peran Saka, penyelenggaraan tahun ini akan diarahkan pada tema mitigasi bencana.

Hal itu dikatakan Humas Kwartir Daerah (Kwarda) Jabar Eka Harijanto, saat mengunjungi Redaksi Pikiran Rakyat, di Jln Soekarno Hatta no. 147, Bandung, Selasa (21/12). Dia mengatakan, tahun ini merupakan pertama kalinya kegiatan Jamda diselenggarakan bersamaan dengan Peran Saka. Jambore Daerah merupakan kegiatan pramuka yang diselenggarakan empat tahun sekali dan diikuti penggalang yang berusia antara 11 sampai 16 tahun. Sementara Peran Saka diikuti oleh Penegak yang berusia 16 sampai 25 tahun.

Eka berkata peserta kegiatan merupakan perwakilan dari 26 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat. Sebelumnya, panitia telah menetapkan kuota untuk masing-masing daerah. “Karena itulah, masing-masing kwartir cabang harus melakukan seleksi untuk memenuhi kuota 3000 orang Jamda dan 3000 orang Peran Saka,” katanya.

Selain pelaksanaan yang dilakukan secara bersamaan, penyelenggaraan kegiatan pramuka tahun ini juga berbeda karena memiliki tema khusus tentang mitigasi bencana. Seperti yang sudah ditetapkan sebelumnya, terdapat delapan Sakauntuk Penegak yaitu Taruna Bumi (Pertanian), Wana Bakti (Kehutanan), Bakti Husada (Kesehatan), Kencana (Keluarga Berencana), Bhayangkara (Keamanan dan Ketertiban oleh kepolisian), Bahari (kelautan oleh Angkatan Laut), Dirgantara (angkatan udara), Wira Kartika (angkatan darat). “Semua Saka tersebut selanjutnya akan diberi pengarahan dan pengenalan mitigasi bencana sesuai dengan keterampilannya masing-masing,” ujarnya.

Menurut Eka, adanya tema tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi Jawa Barat yang sering terjadi bencana. Dia berharap, anggota Pramuka bisa lebih banyak berperan serta untuk menanggulangi bencana alam yang ada di Indonesia khususnya Jawa Barat. “Melalui anggota Pramuka, masyarakat harus sadar bahwa daerah tenpat tinggal kita sebenarnya rawan akan bencana. Dengan demikian diaharapkan mereka bisa menganggulanginya,” kata dia.

Sementara untuk peserta Jambore Daerah, selanjutnya dipersiapkan untuk mengikuti Jambore Nasional yang akan diselenggarakan di pertengahan tahun 2011. “Kegiatan ini juga seklaigus melatih keterampilan dan ilmu pengetahuan bagi para pserta didik,” ujarnya.
Sementara itu Humas Kwarda Aris Kardiana mengatakan dalam rangkaian acara kali ini juga akan disosialisasikan rRancangan Undang-undang tentang revitalisasi Pramuka yang baru disahkan tahun ini. Sosialisasi juga mencakup pembaharuan Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang pertama kalinya dilakukan setelah tahun 1974.

Pesanan dari Jogja

Terima kasih atas kepercayaan terhadap "Scout Addict" Kedai Pramuka Online kepada kak Arief dari Jogjakarta yang telah memesan perlengkapan Pramuka kepada kami. Semoga berkenan sehingga terus memepercayakan penyediaan perlengkapan Pramuka kepada kami. Kami tunggu pemesanan selanjutnya kak...

Pesanan dari Musi Banyuasin

Terima kasih kepada kak Rustandi dari SMA Negeri 2 Sekayu - Musi Banyuasin yang telah membeli produk dari Kedai pramuka Online "Scout Addict". Semoga berkenan seta kami tunggu pemesanan berikutnya

Senin, 20 Desember 2010

Peserta KMD Pramuka Membludak

Peserta Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang dilaksanakan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng membludak. Sebanyak 47 calon pembina dari berbagai sekolah dan kwartir ranting yang ada di Bulelelng dengan antusias mendaftarkan diri dan mengikuti kegiatan yang digelar Senin (20/12) hingga Jumat (24/12) mendatang. Peserta KMD Tahun 2010 kali ini melebihi kuota yakni sebanyak 40 orang per-angkatan. KMD yang dilaksanakan di Monumen Tri Yuda Sakti ini merupakan jawaban atas kebutuhan pembina pramuka di Buleleng.

Wakil Ketua I Kwartir Cabang Buleleng, Gde Darmaja menyatakan KMD merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Revitalisasi Gerakan Pramuka di Buleleng.”Revitalisasi Gerakan Pramuka telah kita laksanakan dan bukan hanya sekedar wacana. Kita mulai inventarisir persoalan yang ada dan kemudian merancang program untuk menggerakan seluruh komponen pramuka sehingga dapat berkiprah nyata untuk kemajuan nusa dan bangsa,” tandasnya.

Dengan berfikir dan bekerja cerdas, keras dan ihklas, kata Darmaja, kegiatan kepramukaan di Buleleng mulai dibenahi agar berjalan dengan baik dan benar.”Salah satunya melalui kegiatan kursus mahir dasar yang bertujuan memenuhi kebutuhan akan pembina pramuka pada gugus depan yang berpangkalan di sekolah. Sebab, banyak sekolah yang mewajibkan peserta didiknya mengikuti pendidikan kepramukaan,” tandas Darmaja seraya mengingatkan agar peserta KMD senantiasa menjungjung tinggi Tri Satya dan Dasa Darma.

Sabtu, 18 Desember 2010

Pesanan dari Tebing Tinggi

Terima kasih kepada kak Vicky dari Tebing Tinggi yang telah memesan scarf Garuda semoga cocok serta kami tunggi pemesanan selanjutnya

Penelusuran Gua Petruk dan Penghijauan di Kebumen

Menindak lanjuti surat dari Pimpinan Saka Wanabakti Kwartir Cabang Kebumen perihal penghijauan massal, penelusuran Gua Petruk dan pengenalan kawasan wisata Kebumen,

maka Saka Wanabakti Kwartir Cabang 1205 Kota Yogyakarta memberitahukan,

akan mengadakan Technical Meeting pada, Kamis, 23 Desember 2010 di Sanggar Saka Wanabakti Kota Yogyakarta yang beralamat di Jalan Nyi Retno Dumilah No.23C Pilahan Kotagede Yogyakarta.

Adapun rincian kegiatan yang akan diselenggarakan kontingen Saka Wanabakti Kota Yogyakarta:
Hari : Ahad s.d. Selasa
Tanggal : 26 s.d. 28 Desember 2010
Jam : 05.00 s.d. 17.00 WIB
Tempat : Kebumen Jawa Tengah (Pantai Ayah)
Biaya : Rp. 100.000,00
Sifat : Terbuka untuk umum

Rencana kegiatan :
* Tanggal 26 Desember 2010 (pembukaan dan penanaman massa)
- 05.00-08.30 Perjalanan menuju tempat kegiatan
- 09.00-24.00 Jadwal disesuaikan oleh pihak pelaksana

* Tanggal 27 Desember 2010 (penelusuran Gua Petruk)
- 00.00-24.00 Jadwal disesuaikan oleh pihak pelaksana

* Tanggal 28 Desember 2010 (wisata khusus-pulang)
- 00.00-04.00 Istirahat
- 04.00-05.00 Sholat Subuh dan bersih diri
- 05.00-07.00 Perjalanan menuju obyek wisata di Dieng
- 07.00-13.00 Keliling obyek wisata Dieng
- 13.00-17.00 Sayonara back to home Ngayogyokarto Hadiningrat
NB. jadwal bisa berubah sewaktu-waktu

Rincian anggaran :
- Rp. 30.000,00 Pendaftaran administrasi di Kebumen
- Rp. 40.000,00 Biaya hidup selama 3 hari 2 malam
- Rp. 15.000,00 Transportasi
- Rp. 15.000,00 Biaya untuk ke kawasan wisata Dieng.
Total anggaran per peserta Rp. 100.000,00
NB.anggaran dapat berubah sewaktu-waktu

Syarat pendaftaran (Kontingen Kota Yogyakarta) :
1. tidak terdaftar menjadi sangga kerja atau peserta Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) tahun 2010 rute Divisi Siliwangi.
2. usia penegak atau pandega, masyarakat yang punya peran aktif dalam menjaga lingkungan
3. berada di Kota Yogyakarta atau DIY
4. bersedia mematuhi tata tertib yan telah dibuat panitia
5. mengisi formulir dan melunasi administrasi.
6. bersedia mengikuti serangkaian persiapan-persiapan yang telah di jadwalkan.

Peserta Umum dengan jumlah terbatas....SEGERA DAFTARKAN DIRI KAKAK....di sanggar Saka Wanabakti Kota Yogyakarta yang beralamat di Jalan Nyi Retno Dumilah No.23C Pilahan Kotagede Yogyakarta. Telp. 083867181105


Formulir dapat di download di :

Info lebih lanjut :

hal-hal terkait teknis akan dibahas saat Technical Meeting.
Contanct Person : 083867181105 atau 08562645039

Pemesanan dari SMKN LPPM RI 2 Kedungreja

Kami ucapkan terima kasih kepada kak Sarjono dari Gudep SMK LPPM RI 2 Kedungreja Cilacap-Jawa Tengah yang telah memesan perlengkapan Pramuka kepada kami, semoga cocok serta kami tunngu pemesanan selanjutnya

Bupati Buka Pertiwana Cabang Tegal

SLAWI - Bupati Tegal, Haji Agus Riyanto SSos MM, Rabu (15/12) kemarin membuka Perkemahan Bakti Satuan Karya Wanabakti tingkat Cabang dan Rayon I Perhutani Unit I Jawa Tengah ke-2 di Bumi Perkemahan Martoloyo, Desa Suniarsih, Kecamatan Bojong. Sedikitnya 600 peserta dari perutusan Gugus Depan dan Satuan Karya Wanabakti Rayon I mengikuti kegiatan yang akan digelar selama 4 hari tersebut.

Dalam sambutannya Bupati menaruh apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini. Juga pada pimpinan Perum Perhutani Wilayah Jawa Tengah yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan. Karena ditengah kelesuan kegiatan satuan karya akibat seolah hilangnya bapak angkat, justru timbul kepedulian dan komitmen untuk ikut serta mewujudkan tugas pokok Gerakan Pramuka. "Pada prinsipnya, menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda, berguna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik. Juga bertanggungjawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional dan membangun dunia yang lebih baik. Saya menyadari sepenuhnya untuk mewujudkan tugas pokok itu bukanlah hal yang mudah. Kita tidak dapat menghindar dengan tantangan dan permasalahan yang sangat komplek," katanya.

Lebih jauh Bupati mengatakan, kegiatan Pertiwana dikelola, dilaksanakan oleh, dari, dan untuk Pramuka Penegak dan Pandega dengan bimbingan dan tanggungjawab para Andalan Cabang, Pamong serta Pimpinan Satuan Karya. Namun demikian, sesuai sifatnya para orangtua/Andalan Cabang, Pamong serta Pimpinan Saka mestinya hanya Tut Wuri Handayani. "Saya percaya apa yang telah direncanakan sangga kerja dan Dewan Kerja Cabang serta Dewan Saka Wanabakti telah mengacu pada petunjuk dan pola-pola kegiatan Penegak yang teruji. Serta mengakomodir aspirasi penegak dengan tidak mengesampingkan prinsip dasar dan metode kepramukaan," tambahnya.

Sementara itu, ketua panitia Pertiwana, M Ali Husen didampingi Ketua DKC, Annisa Ismiati mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan tersebut. Dalam Pertiwana kali ini, panitia telah membagi menjadi beberapa kegiatan, salahsatunya Giat Prestasi. Dimana masing-masing Ambalan dan utusan Satuan Karya wajib mengikuti kegiatan lomba ini. Panitia juga menyiapkan kegiatan yang menantang untuk penagak dan pandega berupa Giri Wana Relly dan Survival Adventure. Khusus untuk Survival Adventure, peserta yang mendapat ploting kegiatan ini akan diajak mengembara selama dua hari di alam terbuka.

"Makanya peserta yang khusus kegiatan ini wajib membawa peralatan yang panitia sudah jelaskan dalam juklak dan juknis. Karena nantinya peserta akan tidur di alam terbuka, hanya dengan membuat bivak di tengah hutan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seluruh anggota Ubaloka serta mantan anggota dewan akan dilibatkan di kegiatan ini," ucapnya

Sumber : Radar Tegal.
Pengirim :
Nurkhasan - Kwarcab 11.28 Tegal
Email : pandu_996@yahoo.co.id
Blog : panduslawi.blogspot.com

Kamis, 16 Desember 2010

Pesanan dari Madiun

Terima kasih kepada Kak aan dari Gugus depan SMK Negeri 1 Madiun yang telah memesan tanda jabatan Dewab Kerja Ambalan, Semga semakin maju dalam berkegiatan. Semoga cocok dan kami tunggu pemesanan selanjutnya

Rabu, 15 Desember 2010

Pesana dari Pramuka SMAN 1 Enrekang

Terimakasih kepada Gugusdepan SMAN 1 Enrekang-Sulawesi Selatan atas pesanan tanda Dewan Kerja Anmalan serta Pembina Penegak, semoga cocok serta kami siap membantu menyediakan perlengkapan Pramuka yang kakak butuhkan

Pesanan dari Banten

Terima kasih kepada Kak Adieb dari Pondok Pesantren Modern Daar El Falaah, Pandeglang-Banten atas pesanan perlengkapan dan aksesoris Pramuka. Semoga berkenan serta kami tunggu pemesanan selanjutnya

Wagub Aceh Peroleh Penghargaan Pramuka Asean

Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar memperoleh penghargaan Pramuka Asean, yakni Anugerah Gemilang Presiden yang akan disematkan oleh Ketua Gerakan Pramuka Kerajaan Malaysia Dato’ Kaharuddin.

“Penyematan penghargaan Pramuka Asean itu akan dilakukan bersamaan dengan pembukaan Perkemahan Budaya Serumpun di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat,” kata Muhammad Nazar melalui surat elektronik (e-mail) yang diterima di Banda Aceh, Selasa [14/12] malam.

Anugerah Gemilang Presiden adalah penghargaan Pramuka tertinggi dalam gerakan Pramuka Nasional Malasyia.

Perkemahan Budaya Serumpun diselenggarakan bersama Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Indonesia, Kerajaan Malasyia dan Brunei Darussalam di Sambas, Kalimantan Barat, pada 15 sampai 18 Desember 2010, dan dijadwalkan dibuka Menkokesra RI Agung Laksono. Perkemahan tersebut diikuti sekitar 2.000 peserta dari Indonesia, Malasyia dan Brunei Darussalam.

Muhammad Nazar yang juga Ketua Kwarda Pramuka Aceh menyebutkan pihaknya terus berusaha serius agar semua program pembangunan maupun organisasi yang dipimpinnya dapat berhasil baik, bermanfaat, menyejahterakan dan tidak menjadi beban penderitaan masyarakat.

“Bahwa Presiden, lembaga pemerintah atau non pemerintah memberikan penghargaan kepada saya atau Pemerintah Aceh, tentu saya hargai dan terima sebagai penambah semangat serta cambuk sebagai salah seorang pemimpin di Aceh,” katanya.

Menurut dia, keberhasilan Pemerintah Aceh berarti keberhasilan seluruh masyarakat di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu. ”Bagi saya, konsep memimpin itu sama seperti beribadah. Artinya mencari keridhaan dan kecintaan Allah SWT. Bahwa dalam karya-karya atau kegiatan ibadah mendapat pahala atau surga, itu berarti kecintaan dan keridhaan dari Allah,” kata Muhammad Nazar.

Sumber : Berita Sore

Minggu, 12 Desember 2010

Seleksi Calon DKD Jatim

Pada tanggal 11 Desember kemarin bertempat di Gedung Kwarda Jatim Jl. Raya Kertajaya Indah 77 A Surabaya diadakan seleksi calon DKD Jatim. Seleksi ini diikuti oleh 20 penegak Pandega dari beberapa perwakilan dari Kwartir Cabang dan Gugusdepan perguruan tinggi yang ada di Surabaya, antara lain : Kwarcab Surabaya, Kwarcab Pasuruan, Kwarcam Lumajang, Kwarcab Banyuwangi,Kwarcab Lamongan, Perti UNAIR, Perti UNIPA Surabaya.

Menurut penuturan Ketua DKD Terpilih dalam Muspanitera di Batu Kemaren yaitu Kak Miftah, dalam seleksi ini peserta harus mengikuti beberapa tahapan tes antara lain : Tes kemampuan Kepramukaa, Tes Kemampuan Umum, Psikotes, Tes Diskusi, Tes Wawancara dan lain-lain. Sehingga diharapkan mendapat calon DKD Jatim yang berkualitas serta diharapkan oleh seluruh penegak dan Pandega di Jawa Timu

Siapakan nama-nama yang keluar menjadi DKD Jatim berikutnya..? kita tunggu saya

Penghijauan dan Caving Goa Petru

Kegiatan Penghijauan dan Caving Goa Petruk dalam rangka pengenalan Pariwisata dan Potensi Alam Kab.Kebumen thn 2010
Tema kegiatan :"Eksistensi Saka Wanabakti untuk Lingkungan Hidup dan Pengembangan Potensi Alam Pariwisata Kebumen"
Dilaksanakan:
Hari : Minggu-Rabu
Tgl : 26-29 Des 2010
Peserta: UMUM
informasi Jogja
083867181105,089671513930

Baret, Peci Putri, Peci Pembina




Baret


Arafat      IDR. 35.000
Anugrah  IDR. 28.000
Nisya       IDR. 20.000
Biasa       IDR. 10.000


Topi Boni
Harga IDR. 30.000




Topi Siaga
Sesuai peraturan baru
Harga IDR. 11.000

Peci Pembina Putra
Kualitas Bagus  IDR. 22.000






Peci Pembina Putri

Harga IDR. 12.000 

Sabtu, 11 Desember 2010

Pesanan dari Tegal

Terimakasih kepada kak Samsul dari Tegal tang telah memesan produk kami untuk yang pertama kali. Silahkan di cek barang melalui No resi yang kami sms kan. Semoga cocok serta kami tunggu pemesanan selanjutnya

Jumat, 10 Desember 2010

Pesanan dari Amurang-Minsel

Terima kasih kepada kak Henry dari Amurang Minahasa Selatan atas pesanan Pin Peniti ukuran 58mm untuk keluarga besar Saka Bayangkara Polres Minsel. Semoga bisa terus bekerjasama dan kami tunggu pesanan berikutnya...

Kamis, 09 Desember 2010

Purnabhakti Pramuka Makassar Gelar Reuni

Purnabhakti Pramuka Makassar akan menggelar reuni 30-31 Desember 2010 di Kwartir Cabang Pramuka Makassar di Lapangan Segitiga Makassar.

Ketua Sangga Kerja Reuni Pramuka Makassar Abdul Salam Sikki, Kamis (9/12/2010), mengatakan, nantinya akan ada deklarasi Purnabhakti Pramuka Makassar.

Wakil Ketua Kwarcab Makassar Abd Latif AR menambahkan reuni ini akan dihadiri mantan dewan kerja Pramuka di Makassar dan di Sulsel.

"Intinya kegiatan ini untuk mempertemukan kembali kita semua yang pernah sama-sama mengandi di Pramuka," ujarnya mewakili Ketua Mabicab Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Ia berharap reuni ini digelar setiap tahun.

Reuni Purnabhakti Pramuka Makassar ini akan diramaikan dengan berbagai kegiatan seperti lomba kepramukaan untuk penggalang dan penegak.

Juga akan digelar seminar Pramuka yang menghadirkan Prof Amran Razak sebagai Staf Ahli Menpora Bidang Revitalisasi Pramuka, tambah Muh Ichsan sekretaris sangga kerja

Sumber : Tribun Timur

Kemah Budaya Serumpun di Samarinda

Bupati Sambas Burhanudin A Rasyid berharap dukungan dari seluruh media massa agar membantu publikasi kegiatan Kemah Budaya Serumpun (KBS). "Kegiatan ini membawa nama Negara Indonesia," jelas Bupati Burhanuddin di Sambas, Kamis.

Dikatakan dia, hanya dalam hitungan hari saja lagi, Kabupaten Sambas mendapat kehormatan menjadi tuan rumah.

Pelaksanaan KBS tersebut melibatkan peserta dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam.

Ribuan peserta pramuka dari Indonesia dan Pengakap (Pramuka Malaysia dan Brunei Darussalam) akan mengikuti perkemahan di bumi perkemahan dekat komplek Kantor Bupati Sambas.

Ia menambahkan, berbagai persiapan telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, untuk meyambut kedatangan seluruh peserta Pramuka dari tiga negara serumpun itu.

Persiapan terlihat dengan telah berdirinya beberapa tempat tangki penampungan air, untuk keperluan peserta pramuka.

Di depan Kantor Bupati Sambas, tampak telah berdiri tenda-tenda untuk acara pembukaan Pramuka. Beberapa tenda bertuliskan Departemen Sosial RI yang telah terpasang sejak beberapa hari lalu.

Semua tampak sibuk dengan persiapan masing-masing karena peserta kemah tidak hanya dari Indonesia, melainkan dari Malaysia dan Brunei Darrussalam.

Bupati juga berharap agar masyarakat dapat memperlihatkan budi bahasa orang Sambas.

Persiapan lainnya yang terlihat adalah tampak pada persimpangan, di jalan pembangunan berdiri dengan megahnya gapura yang terbuat dari pohon kelapa yang membentang diatas badan jalan.

Persiapan menyambut KBS tiga negara itu diharapkan dapat menjaga nama baik Kabupaten Sambas. KBS rencananya dimulai Minggu (12/12)

Sumber : Kompas

Senin, 06 Desember 2010

LOMBA CERDAS TANGKAS PRAMUKA PENGGALANG 2011

PETUNJUK PELAKSANAAN
LOMBA CERDAS TANGKAS PRAMUKA PENGGALANG 2011
GERAKAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN 04083 – 04084
SMA NEGERI 1 PONOROGO

BAB I
PENDAHULUAN

Kegiatan LCTPP 2011 merupakan program kerja tahunan Dewan Ambalan Jendral Sudirman Panglima Malahayati Gerakan Pramuka Gugus Depan 04083 – 04084 SMA Negeri 1 Ponorogo sebagai kelanjutan pengembangan dan peningkatan dari LCTPP 2010 yang didalamnya adalah ajang prestasi pramuka penggalang se-eks Karisidenan Madiun. Adapun petunjuk pelaksanaan petunjuk pelaksanaan LCTPP 2011 diatur dalam bab-bab sebagai berikut.

BAB II
NAMA, TEMA, WAKTU DAN TEMPAT PELASANAAN

Pasal 1

Kegiatan ini dinamakan Lomba Cerdas Tangkas Pramuka Penggalang 2011 selanjutnya disebut LCTPP 2011.

Pasal 2

Tema dari kegiatan LCTPP 2011 ini adalah “ Explore the World Through Scouting”.

Pasal 3

1. Kegiatan LCTPP 2011 akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 30 Januari 2011 mulai pukul 07.00 – selesai.
2. Peserta daftar ulang selambat-lambatnya pukul 06.30 di lokasi perlombaan.
3. Pelaksanaan kegiatan dapat berubah sesuai jumlah peserta.
4. Jumlah peserta menyesuaikan.

Pasal 4

LCTPP 2011 ini akan diselenggarakan di SMA Negeri 1 Ponorogo. Bertempat di Jalan Budi Utomo no 1 Ponorogo Telp (0352) 481145.

BAB III

BENTUK KEGIATAN

Pasal 5

1. Kegiatan LCTPP 2011 ini dilaksanakan dalam bentuk perlombaan sebagai wahana adu prestasi antar pramuka penggalang se-eks Karesidenan Madiun.
2. Perlombaan ini menggunakan sistem satuan terpisah (pemenang dibedakan antara regu putra dan regu putri)

BAB VI
MAKSUD DAN TUJUAN

Pasal 6

Kegiatan LCTPP 2011 ini akan dilaksanakan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:
1. Mengembangkan kreatifitas, ketrampilan, dan ketangkasan anggota pamuka penggalang se-eks Karisidenan Madiun.
2. Menggalang dan Menumbuhkan rasa persaudaraan antara Pramuka Penggalang se-eks Karisidenan Madiun.
3. Menciptakan generasi muda yang tangguh, tanggon, dan trengginas.
4. Sebagai wadah berpresatasi antar pramuka penggalang tingkat SD/MI/sederajat dan SMP/MTs/sederajat se-eks Karisidenan Madiun.
5. Mengetahui perkembangan pramuka penggalang di masing-masing Gugus Depan.

BAB V
MACAM LOMBA

Pasal 7

Adapun macam-macam lomba adalah sebagai berikut:

No Penggalang SD/MI Penggalang SMP/Mts
1 Drugbar TBP (Transfer Berita Pendek)
2 Pionerring Bendera Pionerring
3 Semaphore Drugbar
4 Sandi – sandi Tekpram
5 MIPA MIPA
6 Tari Hasta Karya
7 Menggambar PU + Bhs. Inggris

BAB VI

PELAKSANAAN DAN PESERTA

Pasal 8

Kegiatan LCTPP 2011 ini dilaksanakan oleh Dewan Ambalan Jendral Sudirman Panglima Malahayati Gerakan Pramuka Gugus Depan 04083 – 04084 SMA Negeri 1 Ponorogo periode 2010/2011.

Pasal 9

Syarat-syarat peserta LCTPP 2011 adalah sebagai berikut:

1. Peserta adalah anggota Pramuka Penggalang SD/MI sederajat dan SMP/MTs sederajat di wilayah se-eks Karesidenan Madiun.
2. Peserta adalah utusan Gugus Depan yang bersangkutan.
3. Peserta yang mengikuti lomba adalah peserta yang terdaftar secara sah di Sangga Kerja.
4. Apabila peserta tidak memenuhi ketentuan diatas maka regu yang bersangkutan akan dinyatakan gugur.

Pasal 10

Ketentuan peserta LCTPP 2011

1. Setiap Gugus Depan mengirimkan maksimal empat (4) regu: dua (2) regu putra dan dua (2) regu putri atau empat (4) regu putra semua atau empat (4) regu putri semua.
2. Masing-masing regu terdiri dari 5 orang.
3. Setiap regu wajib membawa pelengkapan lomba sendiri.
4. Setiap peserta diwajibkan menjunjung tinggi Kode Kehormatan Gerakan Pramuka.
5. Peserta datang selambat-lambatnya 30 menit sebelum upacara pembukaan dimulai dan mendaftar ulang kepada Sangga Kerja.

Pasal 11

Ketentuan Bindamping Peserta

Setiap gugus depan didampingi oleh satu (1) pembina pendamping.

BAB VII
PENDAFTARAN DAN TECHNICAL MEETING

Pasal 12

Adapun ketentuan-ketentuan LCTPP 2011 adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran dilakukan pada Sangga Kerja di SMA Negeri 1 Ponorogo, bertempat di Jalan Budi Utomo 1 Ponorogo Telp (0352) 481145.
2. Menyerahkan formulir pendaftaran dan segala kelengkapannya kepada Sangga Kerja.
3. Pendaftaran dimulai Desember 2011 sampai dengan Januari 2011 mulai pukul 13.00 – 16.00 WIB (pendaftaran dapat tutup sewaktu-waktu apabila kuota peserta telah mencukupi). Kouta peserta meliputi:
1. Tiga Puluh (30) regu putra penggalang SD/MI.
2. Tiga Puluh (30) regu putri penggalang SD/MI.
3. Tiga Puluh (30) regu putra penggalang SMP/MTs.
4. Tiga Puluh (30) regu putri penggalang SMP/MTs.
5. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp50.000,00 tiap regu.

Informasi lebih lengkap hubungi:

1. Dony Irvan Siswanto : 085 645 767 057

2. Mahardika Jalu Pradana : 085 735 699 449

3. Niken Laily Zulfasari : 085 335 024 968

4. Na’imatur Rofiqoh : 085 236 940 454

Pasal 13

1. Technical Meeting akan dilaksanakan pada tanggal :
1. 23 Januari 2011 pukul 07.30 WIB untuk SMP/MTs.
2. 23 Januari 2011 pukul 13.30 WIB untuk SD/ MI.
3. Diikuti oleh pemimpin regu dan Pembina/Pendamping dari masing- masing Gugus Depan.
4. Pengundian nomor regu dilaksanakan pada saat technical meeting.
5. Hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan pada saat technical meeting

BAB VIII
PENENTUAN PEMENANG

Pasal 14

Babak Penyisihan

1. Apabila ada 2 regu yang memperoleh nilai yang sama maka akan diambil regu yang memiliki nilai yang tertinggi dalam lomba: Pionering, MIPA, dan Sandi-sandi.
2. Sangga kerja menyediakan satu thropy bagi Regu Terbaik Dari Luar Kwartir Cabang Ponorogo.

BAB X
PENGHARGAAN

Pasal 16

1. Klasifikasi juara adalah:
1. Juara I, II, III putra dan putri untuk SD/MI dan SMP/MTs.
2. Juara umum SD/MI dan SMP/MTs.
3. Juara gugus depan terbaik di luar Kwartir Cabang Ponorogo
4. Juara I MIPA untuk SMP
5. Juara I Tari untuk SD

1. Juara Umum dan Juara Gugus Depan
1. Juara Umum adalah gugus depan yang mendapat nilai tertinggi dari akumulasi regu putra dan regu putri dalam satu gugus depan dan berhak untuk mendapatkan thropy bergilir Kamabigus SMA Negeri 1 Ponorogo. Untuk gugus depan yang mengirim 2 regu pa dan 2 regu pi akan diambil nilai tertinggi dari 1 regu pa dan 1 regu pi.
2. Juara Gugus Depan terbaik di luar Kwartir Cabang Ponorogo adalah Gugus Depan di luar Kwartir Cabang Ponorogo yang mendapat nilai tertinggi dari akumulasi nilai yang diperoleh regu putra dan regu putri.
3. Fasilitas yang diterima peserta:
1. Piagam
2. Stiker
3. Tanda peserta
4. Cindera mata
4. Fasilitas yang diterima bindamping:
1. Piagam
2. Tanda bindamping

BAB XI
KETENTUAN UMUM

Pasal 17

1. Dengan mendaftarkan diri sebagai peserta LCTPP 2011, maka peserta dianggap mengerti dan taat pada ketentuan lomba.
2. Peserta tidak diperkenankan menuntut Sangga Kerja di luar perlombaan.
3. Sangga Kerja berhak mengeluarkan peserta yang tidak mematuhi peraturan.
4. Peserta diwajibkan mengikuti kegiatan mulai upacara pembukaan sampai dengan selesai perlombaan.

Pasal 18

Ketentuan teknis LCTPP 2011 ini mengacu pada panduan kepramukaan untuk Pramuka Penggalang.

BAB XII
DISKUALIFIKASI

Pasal 19

Diskualifikasi dilakukan kepada peserta yang melakukan hal-hal berikut:

1. Tidak memenuhi ketentuan lomba.
2. Bertengkar dengan regu lain selama perlombaan berlangsung.
3. Bekerja sama dengan regu lain selama perlombaan berlangsung.
4. Merugikan regu lain sebelum, selama, dan sesudah perlombaan.

BAB XIII
KETENTUAN PENGGANTI DAN PERUBAHAN

Pasal 20

1. Sangga kerja mengerti peraturan tersebut di atas.
2. Perubahan karena adanya kegitan sejenis, bersamaan waktunya, dan tempat, atau hal lain yang menyebabkan kegiatan ini ditunda.
3. Hal-hal yang belum tercantum dalam peraturan akan diberitahukan kemudian hari.

Ditetapkan di : Ponorogo

Tanggal : 24 November 2010

SANGGA KERJA LCTPP 2011
PETUNJUK TEKNIS LOMBA CERDAS TANGKAS
PRAMUKA PENGGALANG 2010
GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN 04083 – 04084
SMA NEGERI 1 PONOROGO

1. Lomba dipimpin oleh masing – masing juri dengan jumlah juri yang bervariasi.
2. Juri bertanggung jawab atas pelaksanaan lomba yang dipimpinnya.
3. Lomba diikuti oleh seluruh anggota regu sesuai dengan ketentuan lomba.
4. Peserta dilarang membawa buku catatan / materi, HP, dan alat bantu lainnya saat berlomba.
5. Peserta dilarang bekerja sama dengan regu lain dan pihak ketiga saat berlomba. Bila dilanggar akan dikenai sanksi atau didiskualifikasi.
6. Lomba dibagi menjadi dua (2) tingkat SD/MI dan SMP/MTs dengan system satuan terpisah.

PENGGALANG SD/MI

1. 1. DRUGBAR
1. Peralatan
- Tongkat 160 cm 2 buah
- Penasat 50 cm 2 buah
- Tali secukupnya
1. Diikuti 5 orang tiap regu
2. Waktu maksimal 30 menit
3. Drugbar terdiri dari 7 silangan tali
4. Kriteria penilaian
- Kerapian 20 – 50
- Kekuatan 20 – 50
1. Skor minimal 40
2. Skor maksimal 100

1. PIONNERING
1. Peralatan
- Tongkat 10 buah ukuran 160 cm
- Tali secukupnya

1. Pionnering berupa tiang bendera
2. Waktu maksimal 25 menit
3. Diikuti oleh 5 orang tiap regu
4. Kriteria penilaian
- Kerapian 10 – 30
- Kekuatan 10 – 30
- Kreatifitas 20 – 40

1. Aksesoris mempengaruhi nilai
2. Skor minimal 40
3. Skor maksimal 100

1. SEMAPHORE

1. Diikuti oleh 3 orang tiap regu, 1 orang sebagai pengirim dan 2 sebagai penerjemah
2. Soal berupa pertanyaan
3. Jumlah soal 2 buah (tersusun dari 5 kata personal)
4. Waktu maksimal 30 menit
5. Kriteria Penilaian

- Menerjemahkan 30
- Salah menerjemahkan -2 perkata
- Menjawab benar 20, salah -2
- Tidak menjawab 0

1. Skor maksimal 100

1. SANDI – SANDI

1. Diikuti oleh 2 orang tiap regu
2. Soal dalam bentuk pernyataan
3. Jumlah soal 5 buah, tersusun dari 5 kata personal
4. Waktu maksimal 30 menit
5. Penilaian tiap soal
- Menerjemahkan benar 20 persoal
- Salah menerjemahkan -2 perkata

1. Skor maksimal 100

1. MIPA

1. Diikuti oleh 1 orang tiap regu
2. Membawa alat tulis
3. Lembar jawaban disediakan oleh panitia
4. Dilarang menggunakan alat Bantu hitung
5. Soal sebanyak 10 buah
6. Waktu maksimal 20 menit
7. Penilaian tiap soal:
- Benar 10
- Salah -2
- Tidak dijawab 0
1. Skor maksimal 100

1. MENGGAMBAR

1. Diikuti oleh 1 orang tiap regu
2. Membawa peralatan gambar sendiri
3. Kertas gambar disediakan panitia
4. Tema gambar adalah “Explore the World Through Scouting”
5. Waktu maksimal 60 menit
6. Skor minimal 40
7. Skor maksimal 100

PENGGALANG SMP/MTs

1. PPGD
1. a. DRUGBAR
- Diikuti 2 orang
- Peralatan
1. Bambu 225 cm, 2 buah
2. Penasat 60 cm, 2 buah
3. Tali secukupnya
4. 7-8 silangan

- Waktu maksimal 7 menit
- Kriteria penilaian
a. Kekuatan 5 – 25
b. Kesejajaran drugbar
5 – 25
c. Ketepatan tali 5 – 25
d. Ketetapan waktu 5 – 25
- Skor maksimal 100

1. b. PERTOLONGAN PERTAMA

1. Pertolonagn pertama berupa teori
2. Materi yang diujikan bersumber dari buku PP
3. Diikuti oleh 3 orang tiap regu
4. Soal terdiri dari 20 soal pilihan ganda
5. Waktu maksimal 30 menit

f. Penilaian tiap soal:
- Benar 5
- Salah -2
- Tidak dijawab 0
g. Skor maksimal 100

1. 2. PIONERING
1. Peralatan
- Tongkat 20 buah ukuran 160 cm
- Tali secukupnya

1. Pionering bentuk bebas
2. Waktu maksimal 20 menit
3. Diikuti oleh 5 orang tiap regu
4. Kriteria penilaian
- Kerapian 10 – 30
- Kekuatan 10 – 30
- Kreatifitas 20 – 40
1. f. Skor maksimal 100
2. Skor minimal 40

1. TEKNIK KEPRAMUKAAN

1. Diikuti oleh 1 orang tiap regu
2. Jumlah soal 10 buah
3. Lembar jawaban disediakan panitia
4. Waktu maksimal 20 menit
5. Peralatan alat tulis bawa sendiri
6. f. Kriteria penilaian :
- benar 10
- Salah -2
- Tidak menjawab 0
g. Skor maksimal 100

1. MIPA

1. Diikuti oleh 1 orang tiap regu
2. Jumlah soal 10 buah
3. Lembar jawaban disediakan panitia
4. Waktu maksimal 20 menit
5. Peralatan (bawa sendiri)
- Alat tulis
1. f. Kriteria penilaian :
- Benar 10
- Salah -2
- Tidak menjawab 0
1. Skor maksimal 100

1. HASTA KARYA
a. Diikuti oleh 2 orang tiap regu
b. Bahan pokok adalah barang bekas.
c. Karya 50% jadi, diselesaikan 50% pada saat hari H dengan diberi waktu 30 menit.
d. Alat membawa sendiri
e. Hasil karya menjadi hak milik Sangga Kerja
f. Kriteria penilaian
- Nilai guna 40
- Kreatifitas 30
- Ekonomis 30

1. TBP (Transfer Berita Pendek)
a. Diikuti oleh 4 orang tiap regu.
b. Peralatan membawa sendiri meliputi : semaphore, optis, swiss, alat tulis.
c. Teknis pelaksanaan :
- orang pertama mengirimkan dengan swiss kepada orang kedua.
- orang kedua mengirimkan dengan semaphore kepada orang ketiga.
- orang ketiga mengirimkan dengan optis kepada orang keempat, yang selanjutnya oleh orang keempat menerjemahkannya.
d. Soal diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
e. Jawaban langsung diterjemah-
kan dalam bentuk sandi morse.
f. Waktu maksimal 45 menit.
g. Penilaian tiap soal
- Menerjemahkan 20
- Salah menerjemahkan -2 perkata
h. Skor maksimal 100

7. PENGETAHUAN UMUM DAN BAHASA INGGRIS

1. Diikuti oleh 2 orang eregu
2. Membawa alat tulis
3. Soal sebanyak 10 buah
4. Lembar Jawaban disediaka panitia
5. Waktu maksimal 20 menit
6. Penilaian benar tiap soal 10
- Salah -2
- Tidak menjawab 0
g. Skor maksimal 100

Ditetapkan di : Ponorogo
Tanggal : 24 November 2010


Sangga Kerja LCTPP 2011

Sumber :  pramukasmazapo

Jamda Sumsel : Air Bersih Jadi Keluhan

Sebanyak 100 bangunan tempat Mandi Cuci Kakus (MCK) yang terbuat dari dinding seng dan atap seng serta lantai semen, hingga enam hari ini nyaris tanpa air.

Dampaknya, 1.588 peserta Jambore Daerah (Jamda) pramuka dari kabupaten/kota se Sumsel tidak bisa mandi dan kebutuhan air di kamar kecil menjadi terganggu.

Pantauan Sripo, Minggu (5/12) lokasi Jamda di kawasan Teluk Gelam Kabupaten OKI, seperti kubangan kerbau setelah diguyur hujan, sehingga tanah yang baru diratakan bagai lumpur. Selain digenangi air, lokasi Jamda ini tidak sehat.

“Toilet semua kotor tidak pernah disiram karena tidak ada air. Wah pak aromanya menyebar hingga ke tenda perkemahan,” kata beberapa peserta Jamda sembari mencari tempat mandi walau pun jauh dari perkemahan.

Menurut peserta Jamda, MCK sama sekali tidak berfungsi karena tidak ada air. Bak air setiap hari kosong. “Memang di isi, tapi tidak seimbang dengan banyaknya peserta Jamda. Air di teadmond besar hanya ada 8 drum,” kata beberapa peserta Jamda.

Pak Lurah Pramuka Jamda, Budiman mengakui, karena posisi tendanya tak jauh dari lokasi MCK, maka setiap hari aroma tak sedap akan tercium.

“Memang MCK kekurangan air bersih,” katanya. Padahal suksesnya Jamda ini merupakan parameter dalam menyambut Jambore Nasional (Jamnas) 2011 mendatang

Sumber : Sriwijaya Post

Minggu, 05 Desember 2010

Acungan Jempol Wapres untuk Peserta PWN 2010

Wakil Presiden Boediono mengacungkan jempol kepada para Pramuka Penegak dan Pandega yang tetap semangat meski hujan deras saat penutupan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) 2010 di Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Senin (6/12).

"Adik-adikku, saya acungkan jempol karena dengan hujan ini semangat kalian tetap ada," katanya lantang diatas mimbar, yang tidak lepas dari "cipratan" hujan.

Wapres selaku Wakil ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka melanjutkan, "apakah dengan hujan ini, semangat kalian luntur?," yang langsung dijawab serentak oleh 3.830 Penegak dan Pandega, "Tidak!!!...."

Meski begitu, Boediono berinisiatif untuk mempersingkat pidatonya. "Terima kasih, adik-adikku masih semangat dan tegar berdiri didepan saya, tetapi saya tidak akan berlama-lama, singkat saja pidato saya. Karena saya tahu, kalau lama-lama, adik-adik bisa masuk angin," katanya.

Wapres meminta, agar pengalaman berharga selama mengikuti PWN 2010 para peserta dapat dimaknai dan dicamkan di daerah masing-masing. "Tolong dicamkan dan dimaknai berinteraksi masyarakat, dengan rekan-rekan dari daerah sebangsa dan se-tanah air yang beragam latar belakangnya," katanya.

Boediono juga meminta para peserta untuk mendukung program revitalisasi gerakan Pramuka yang telah dicanangkan sejak 2010 hingga 2011.

Usai seluruh rangkaian upacara penutupan, Wakil Presiden Boediono kembali mengacungkan jempol kedua tangannya, diarahkan ke sisi kanan, tengah dan kiri. Boediono mengakhiri acungan jempolnya dengan tepuk tangan Pramuka dan langsung bergegas menuju mobil dinasnya menuju Banda Aceh.

Ketua Kwartir Nasional Pramuka Azrul Azwar, mengatakan, perkemahan Wirakarya Nasional 2010 yang berlangsung pada 29 November hingga 6 Desember diikuti hampir 3.830 Pramuka Penegak dan Pandega 31 provinsi, minus Kalimantan Barat dan NTB.

Azrul mengatakan, kegiatan yang dilakukan lima tahun sekali itu bertujuan meningkatkan kepedulian anggota Pramuka penegak dan pandega kepada masyarakat. "Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan fisik dan nonfisik. Kegiatan fisik meliputi antara lain pembenahan tempat ibadah, dan kegiatan nonfisik seperti penyuluhan antinarkoba," kata
Azrul.

Rangkaian penutupan kegiatan PWN 2010 telah dilakukan Minggu (5/12) malam ditandai penyalaan api unggun. Upacara penutupan PWN 2010 dihadiri Menteri Pendidikan Nasional M Nuh dan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi EE Mangidaan.

Sumber : Media Indonesia

LOMBA AP3 2010 MAN 22 Jakarta

KETENTUAN LOMBA AP3 2010
TINGKAT PENGGALANG SD/MI DAN SMP/MTs
Se- DKI Jakarta , Tanggerang , Bekasi
NAMA KEGIATAN :
Perlombaan “ AJANG PRESTASI PRAMUKA PENGGALANG ( AP 3 ) “

PELAKSANAAN KEGIATAN
Hari/tanggal : Minggu, 16 Januari 2011
Waktu : 06.00 s/d selesai
Tempat : MAN 22 Jakarta
Jl. H Junaidi No. 104 Palmerah, Jakarta Barat 11480

WAKTU PENDAFTARAN & TECHNICAL MEETING
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Desember 2010 - 30 Desember 2010, Pkl 10.00 – 15.00 WIB

a.Technical Meeting penggalang SD/ MI dilaksanakan pada:
Hari/tanggal : Minggu, 2 Januari 2011
Waktu : Pukul 09.00 WIB - selesai
Tempat : MAN 22 Jakarta
b.Technical Meeting tingkat penggalang SMP/MTs dilaksanakan pada:
Hari/tanggal : Minggu, 2 Januari 2011
Waktu : Pukul 13.00 WIB - selesai
Tempat : MAN 22 Jakarta
c. Technical Meeting wajib dihadiri oleh Pembina Pendamping dan salah satu Pinru.
d. Peserta yang tidak mengikuti Technical Meeting dianggap telah menyetujui hasil Technical Meeting dan tidak ada keterangan susulan.
e. Technical Meeting diadakan untuk menerangkan tentang kegiatan perlombaan AP3 di sesuaikan dengan kondisi yang ada.

KUOTA PESERTA
a. Peserta Penggalang SD/MI Maksimal -- regu untuk Pa/Pi
b. Peserta Penggalang SMP/MTs Maksimal -- regu untuk Pa/Pi
c. Masing-masing Gugus Depan maksimal mengirimkan 1 regu Pa dan 1 Regu Pi atau 2 pa / 2 pi

PERSYARATAN PESERTA
a. Peserta adalah pramuka penggalang SD/MI dan SMP/MTs yang aktif di gugus depan
b. Minimal anggota Pramuka Penggalang tingkat RAMU
c. Membayar Uang pendaftaran sebesar : Rp. 100.000,- / regu
d. Setiap regu terdiri dari : 10 Orang
e. Pembina pendamping dilarang mendampingi peserta saat kegiatan berlangsung
f. Membawa surat mandat dari Kak Mabigus
g. Menyerahkan tanda bukti pendaftaran saat daftar ulang
h. Peserta wajib mengikuti upacara pembukaan serta penutupan dan apabila ada peserta yang pulang sebelum acara selesai maka segala keputusan apapun dari dewan juri akan
dibatalkan.
i. Setiap peserta diwajibkan mematuhi peraturan yang berlaku apabila melakukan pelanggaran akan dikenakan sangsi berupa pengurangan nilai atau diskualifikasi
j. Peserta / Bindamping / Panitia dilarang keras membawa dan menghisap rokok, membawa / memakai narkoba, membawa dan meminum minuman keras

ADMINISTRASI REGU
a. Surat mandat
b. Formulir Pendaftaran
c. Fotocopy kwitansi pendaftaran
d. Fotocopy Sertifikat TKU Ramu / Rakit / Terap
e. Biodata Peserta
f. Pas foto ukuran 3 x 4 (berseragam Pramuka / background merah)

Seluruh berkas-berkas tersebut dimasukan ke map dan diberikan kepada panitia pada saat daftar ulang.
Penggalang SD / Mi : Map Snallhecter warna Merah
Penggalang SMP / Mts : Map Snallhecter warna Kuning

Info selanjutnya lihat di http://www.infoap3man22jkt.blogspot.com/

TROPY PIALA
- Piala tetap juara 1 putra SD / Mi
- Piala tetap juara 1 putri SD / Mi
- Piala tetap juara 2 putra SD / Mi
- Piala tetap juara 2 putri SD / Mi
- Piala tetap juara 3 putra SD / Mi
- Piala tetap juara 3 putri SD / Mi
- Piala tetap juara Harapan 1 putra SD / Mi
- Piala tetap juara Harapan 1 putri SD / Mi
- Piala tetap juara Harapan 2 putra SD / Mi
- Piala tetap juara Harapan 2 putri SD / Mi
- Piala tetap juara Harapan 3 putra SD / Mi
- Piala tetap juara Harapan 3 putri SD / Mi
- Piala bergilir Juara umum 1 SD / Mi
- Piala tetap juara 1 putra SMP / Mts
- Piala tetap juara 1 putri SMP / Mts
- Piala tetap juara 2 putra SMP / Mts
- Piala tetap juara 2 putri SMP / Mts
- Piala tetap juara 3 putra SMP / Mts
- Piala tetap juara 3 putri SMP / Mts
- Piala tetap juara Harapan 1 putra SMP / Mts
- Piala tetap juara Harapan 1 putri SMP / Mts
- Piala tetap juara Harapan 2 putra SMP / Mts
- Piala tetap juara Harapan 2 putri SMP / Mts
- Piala tetap juara Harapan 3 putra SMP / Mts
- Piala tetap juara Harapan 3 putri SMP / Mts
- Piala bergilir Juara umum 1 SMP / Mts


CONTACT CENTER

Ø Pembina ( Informasi )
Kak Ahmad Solihin : +62815 1979 3383

Ø Pendaftaran
Kak Tiwi ( Esia ) : +6221 9300 8723
: +62899 8950 536
Kak Novi : +62857 8007 3251

Ø Informasi
Kak Epri : +6221 3581 5786

Ø Info di weblog
Kak Noer : +62856 7184 021

Sabtu, 04 Desember 2010

Pesanan dari Sampang

Terima kasih kepada kak Septiandika dari Sampang yang telah memesan Scraf garuda semoga berkenan dan kami tunggu pemesanan selanjutnya

Kamis, 02 Desember 2010

Camp of Scouts Enterpreneurship

Racana Darma Pandu pangkalan Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya akan mengadakan kegiatan Skala nasional bertajuk Camp of Scout Enterpreneurship yang akan diadakan pada tanggal 9-12 Desember 2010 bertempat di Kampus UNIPA Dukuh Menanggal Surabaya. Kegiatan ini akan dimulai pada pukul 07.00 sampai selesai.

Dalam kegiatan ini peserta akan mendapatkan gratis biaya akomodasi. Fasilitas yang di dapat peserta antara lain: Akomodasi, Baju, Id card, Pin, Serta Scarf. Serta panitia menyediakan penjemputan peserta yaitu di titik :
1. Stasiun Gubeng
2. Terminal Purabaya (Bungurasih)
3. Bandara Juanda
4. Pelabuhan Tanjung Perak

Tertarik ?
Silahkan hubungi : Bagus Rizky A (085645004086), Dinar T (087854477079/085733847010)

Pesanan dari Kota Batu

Kami ucapkan terima kasih kepada kak Sholeh dari Mojorejo Kota Batu, semoga scraf dari ring nya cocok, kami tunggu pesanan selanjutnya.

Hymne dan Mars Jambore Nasional 2011


Bagi teman teman yang kebingungan mendapatkan lagu Hymne dan Mars Jambore Nasional IX 2011 dilaksanakan pada hari Sabtu tgl.2 Juli 2011 s.d Hari Sabtu tgl. 9 Juli 2011 di Ogan Komering Ilir-Sumatera Selatan. Silahkan download
a. Hymne Jamnas 2011
b. Mars Jamnas 2011

Rabu, 01 Desember 2010

Peserta PW Nasional 2010 keluhkan air bersih

Peserta Pramuka Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) ke-7 di Bumi Perkemahan Seulawah, Kabupaten Pidie, mengeluhkan ketersediaan air bersih untuk kebutuhan MCK dan lainnya, sehingga mereka terpaksa memanfaakan alur sungai kecil yang kondisi air keruh.

Ryan, seorang peserta PWN asal Provinsi Sumatera Barat di lokasi perkemahan, mengaku sejak kedatangannya di bumi perkemahan, baru mandi sekali saja, karena minimnya ketersediaan air bersih dan fasilitas MCK yang ada.

"Jumlah kamar mandi yang ada kurang memadai jika dibandingkan dengan jumlah peserta yang ada, dan saya baru mandi sekali setelah tiga hari berada di perkemahan ini, itupun mandinya di sungai kecil arah belakang perkemahan, tapi airnya keruh sekali," jelas Ryan sore ini.

Disebutkan, sejumlah peserta juga terkejut manakala ditawarkan air bersih oleh sejumlah pedagang yang berjualan di sekitar arena perkemahan, namun dengan harga yang cukup mahal.

"Beberapa pedagang di sini ada juga menawarkan kami air bersih, untuk ukuran satu galon air dijual dengan harga Rp25 ribu, masa hanya untuk mandi saja, kami harus mengeluarkan biaya demikian besar, itu kan tidak mungkin," sebut Ryan.

Sejumlah peserta PWN berharap panitia pelaksana bisa mengatasi beberapa keluhan yang dirasakan para peserta, termasuk bebasnya pedagang yang mondar-mandir di arena perkemahan.

Perkemahan Wirakarya Nasional ini berlangsung dari tanggal 29 November hingga 6 Desember 2010. Pada PWN ini akan dilaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya bakti sosial masyarakat dilingkungan arena PWN, penyuluhan kesehatan dan anti narkoba, penanaman pohon dan wisata.

Sumber : Waspada