Boyman, Black Book, Scouting for Boys

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Kain Batik Pramuka Indonesia

Kedai Pramuka Scout Addict menghadirkan kain batik Pramuka sebagai wujud kebanggaan warisan budaya Indonesia.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Monday, 25 June 2012

Perkemahan Pramuka Pendidikan Islam Nusantara

Ribuan santri dan mahasiswa perguruan tinggi Islam dari seluruh Indonesia akan memeriahkan Perkemahan Pramuka Pendidikan Islam Nusantara (PPPIN).

Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah untuk menyatukan serta tempat tukar informasi di antara para pelajar Islam.

Nur Syam, dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, menjelaskan kegiatan ini akan diselenggarakan pada 2-8 Juli mendatang. Lokasinya di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

''Total yang akan ikutserta dalam kegiatan ini sebanyak enam ribu orang. Mereka terdiri dari kalangan santri dan mahasiswa,'' katanya di Jakarta, Minggu (24/6).

Nur mengatakan, peserta yang mengikuti perkemahan ini adalah utusan-utusan terbaik dari seluruh pesantren di Indonesia. Sedangkan utusan mahasiswa, kata dia, berasal dari 52 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang ada di berbagai tempat di Indonesia.

Nur juga menambahkan, kegiatan perkemahan ini tak hanya diikuti oleh peserta dari dalam negeri, peserta dari negara serumpun seperti Malaysia dan Singapura, akan hadir juga.

''Ini menjadi hal yang penting di antara para pramuka santri dan mahasiswa Islam. Kita berharap bisa memberikan manfaat buat kemajuan santri-santri dan para mahasiswa kita,'' ujarnya.

PPPIN ini merupakan kegiatan tahunan. Tahun ini, tema yang diusung Satu hati, satu jiwa, satu tekad untuk maju berkarya membangun karakter bangsa.

Perkemahan ini diisi berbagai kegiatan. Di antara kegiatannya adalah kesakaan, petualangan, pengembangan wawasan, teknik kepramukaan, wisata edukasi di alam terbuka serta pameran teknologi tepat guna.

Selain itu, kegiatan PPPIN akan menampilkan pula grup band Ungu. Pasha, vokalis Ungu, merasa sangat senang bisa turut memeriahkan kegiatan ini. Menurut dia, kegiatan semacam ini membawa manfaat yang besar.

''Apalagi kegiatan ini bertepatan saat menyambut Ramadhan. Jadi kami sangat senang dapat menemui para santri dari seluruh Indonesia,'' ujarnya.

Saturday, 23 June 2012

Pin KMD Kwarran Plosoklaten Kediri

Terimakasih kepada Pusdiklatcab Pamenang Kwarcab Kediri atas pesanan pin untuk kegiatan Kursus Mahir Dasar di Kwarran Plosoklaten, kami tunggu pesanan selanjutnya

Friday, 22 June 2012

Pramuka Dibekali Ketrampilan Pemandu Wisata

Semarang – Selama ini kegiatan Pramuka identik dengan pembinaan cinta alam dan survival skill (keahlian bertahan hidup). Ternyata, ada kegiatan lainnya di Pramuka, yaitu pembentukan dan pengembangan wadah Satuan Karya Pramuka Pariwisata atau Saka Pariwisata. Diharapkan pramuka bisa menjadi Duta Wisata dan menyebarkan prinsip Sapta Pesona. Merekapun juga dibekali ketrampilan menjadi pemandu wisata yang baik, namun tetap dengan teknik pelatihan Pramuka.

Bakri, Direktur Pembedayaan Masyarakat Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Ungaran, Semarang mengatakan dari aspek penyuluhan bagaimana peran pramuka untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di tempat wisata untuk tertib, bersih, sejuk, indah sehingga meninggalkan kenangan.

“Dari segi pemanduan wisata bagaimana menciptakan suasana ramah. Mereka pun diajari bagaimana menjadi pemandu wisata yang baik bagi wisatawan, tentunya dengan tata cara dan teknik kepramukaan. Tetap menggunakan tata cara Pramuka namun dengan materi pelatihan kepariwisataan, bagimana mereka menerapkan di tempat-tempat umum dan lokasi wisata yang berpegang pada prinsip Sapta Pesona,” ujar Bakri saat sosialisasi dan pembinaan program Sapta Pesona pada sejumlah Saka Pariwisata di Ungaran, Semarang, Selasa (19/06/2012).

“Ini juga untuk mengembangkan bakat dan kemampuan mereka, sehingga bisa mendorong geliat pariwisata di daerah mereka masing-masing,” tambah Bakri.

Saka Pramuka, jelas Bakri, menjadi wadah pendidikan bagi anggota Pramuka untuk mengembangkan keterampilan di bidang pariwisata. Tiga hal yang meliputi Saka Pramuka adalah Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemanduan Wisata, dan Krida Kuliner Wisata. Ketiga hal tersebut diharapkan dapat mendukung dan menyukseskan program Sadar Wisata yang meliputi prinsip Sapta Pesona yaitu Aman, Tertib, Bersih, Ramah, Sejuk, Indah, dan Kenangan Terakhir.

Saka Pramuka siap menjadi Duta Wisata demi kemajuan pariwisata Indonesia.

Selain itu, ungkap Bakri, pembinaan tersebut juga dimaksudkan agar para anggota dapat menjadikan pariwisata sebagai pilihan profesi mereka di masa depan. “Siapa tahu ada anggota yang tidak mampu, sehingga tidak mampu melanjutkan kuliah ke jenjang universitas. Tapi dengan keterampilan pariwisata yang mereka miliki, mereka menopang diri bekerja di bidang pariwisata,” jelas Bakri.

Ia menjelaskan pembinaan keterampilan bagi anggota Pramuka bisa saja berupa menjadi wirausaha di bidang pariwisata ataupun jasa seperti menjadi pemandu wisata. Karena itu, anggota pramuka bisa menjadi duta wisata untuk mengembangkan dan mempromosikan tempat Wisata di daerah masing-masing, termasuk juga desa Wisata.

Kedepan mereka tidak hanya mendapat pelatihan menjadi pemandu wisata tapi juga berhak mendapat sertifikat jasa pemandu wisata, tentunya dengan standarisasi nasional. Dengan harapan mereka bisa gunakan kedepannya untuk wirausaha ataupun bekerja.

Wednesday, 20 June 2012

Ikat Pinggang Saka Bayangkara


Toko Candu Pramuka menghadirkan produk baru yaitu ikat pinggang dengan logo Saka Bayangkara, bahan kuningan berlapis fiber. Semoga dapat melengkapi aksesoris kakak-kakak anggota Saka Bayangkara di seluruh Indonesia

Saturday, 16 June 2012

Jambore dan Raimuna Cabang Kota Bandung

BANDUNG - Sebanyak 6.000 anggota pramuka Kota Bandung tingkat siaga, penggalang, penegak pandega dan pembina/majelis pembimbing mengikuti Jambore Cabang V dan Raimuna Cabang XXIII Gerakan Pramuka Cabang Kota Bandung. Acara tersebut berlangsung di Bumi Perkemahan Mashudi (Kiara Payung), Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jumat (15/6).

Jambore selama empat hari dibuka Wali Kota Bandung Dada Rosada sebagai Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Pramuka Kota Bandung.

Dada Rosada berharap pramuka Kota Bandung terus maju dan eksis karena pramuka merupakan kegiatan yang berskala internasional.

"Pramuka harus maju karena sorotannya internasional. Saya pun sepakat, pramuka menjadi wadah untuk membina generasi muda agar siap menghadapi masa depan," ujar Dada.

Sumber : tribunnews

Wednesday, 13 June 2012

Info Penundaan Raimuna Nasional 2012 Sampai sesudah selesainya PILKADA

Info terbaru dari Humas Kwartir Nasional tentang penundaan Penundaan Raimuna Nasional 2012 sesuai surat edaran nomor 0577-00-B tanggal 13 Juni 2012 yang berisi :

Berdasarakan arahan Presiden RI, selaku Ka Manisa Gerakan Pramuka dan surat dari Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, MENKOKESRA nomor : B.115/MENKO/KESRA/VI/2012 tanggal 11 Juni 2012 perihal penyelenggaraan Raimuna Nasional X tahun 2012 (RAINAS X 2012) ditunda pelaksanaannya sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian sesudah selesainya PILKADA Papua.


Sehubungan dengan hal diatas, kami mohon agak Kakak menyampaikan kepada Ka Kwarcab diwilayah kakak bahwa RAINAS X 2012 yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 4-10 Juli 2012 di Jayapura papua ditunda pelaksanannya sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian sesudah selesainya PILKADA Papua

Sumber : Fb grup Kwartir Nasional

Tuesday, 12 June 2012

SBY Minta Perkemahan Pramuka di Papua Dievaluasi

Jakarta- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta pelaksanaan Raimuna di Papua, Juli mendatang dievaluasi. Raimuna atau Perkemahan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Indonesia tersebut dipersoalkan pemilik tanah bumi perkemahan di Papua.

"Alangkah tidak baiknya Raimuna untuk kegiatan sosial, tiba-tiba justru muncul tuntutan ganti rugi," ujar Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto usai rapat terbatas dengan Presiden SBY di Istana Negara, Selasa, 12 Juni 2012.

Hari ini, SBY bersama sejumlah menteri menggelar rapat khusus mengenai masalah di Papua. Selain soal maraknya penembakan, yang dibahas dalam rapat termasuk konflik menjelang pelaksanaan Raimuna pada 4-10 Juli 2012, yang digelar di Bumi Perkemahan Cendrawasih, Jayapura.

Menurut Djoko, sebulan terakhir muncul tuntutan ganti rugi tanah yang dulu sudah selesai. Padahal pada 1992, ketika Djoko menjabat Komandan Pangkalan di Jayapura, tempat yang sama juga digelar Raimuna. Kini, 20 tahun kemudian, Djoko mengungkapkan, muncul lagi masalah lama.

"Presiden menginstruksikan Kemenkokesra mengevaluasi pelaksanaan Raimuna di sana," kata dia. Presiden tak ingin keamanan dan kenyamanan peserta terganggu masalah klaim tanah oleh penduduk lokal. Apalagi, belakangan marak terjadi penembakan.

Sumber : tempo

Monday, 11 June 2012

Lomba Lintas Alamat “PURENE ARGONIC’S” Lereng Wilis 2012

AJANG SILATURRAHIM DAN PETUALANGAN 2012 LERENG WILIS

MEMPEREBUTKAN THROPY :
- Juara Beregu Putra I, II, III
- Juara Beregu Putri I, II, III
- Juara Perorangan Putra I, II, III
- Juara Perorangan Putri I, II, III
- Kategori Peserta Terbanyak
- Kategori Peserta Terunik
- Kategori Peserta Terjauh
- Kategori Peserta Termuda
- Kategori Peserta Tertua
- Kategori Spanduk Terbaik
- Kategori Stiker Terbaik

START/FINISH :
Lapangan Kel. Tamanan
Mojoroto – Kediri
Tanggal 2 September 2012
Pukul 06.00 WIB.

FASILITAS :
- Piagam
- Sticker
- Soft Drink
- Door Prize

WAKTU PENDAFTARAN :
Pendaftaran Dibuka mulai
Tgl. 2 Juli 2012 – 2 September 2012
(Pendaftaran ditutup 1 jam sebelum start dimulai)

CARA PENDAFTARAN :
- Transfer ke Nomor rekening 0144873272
Bank Muamalat Cab. Kediri a.n Muqti Widodo
- Datang ke tempat pendaftaran di Sekretariat kami
- Langsung di Lokasi Start
di Lapangan Kelurahan Tamanan – Mojoroto

ROUTE MENUJU LOKASI :
Jalur Kereta :
Dari Stasiun KA Kediri jalan ke alun-alun 1 km.
naik angkot ke arah Terminal Kediri
Jalur Bus :
Dari segala jurusan turun Terminal Kediri
Dari Terminal Kediri jalan ke timur 200 m.
ke selatan 300 m. menuju start di Lapangan Kel. Tamanan.

BIAYA PENDAFTARAN :
Perorangan Pa/Pi : Rp. 15.000,-
Beregu (3 Orang): Rp. 40.000,-
Spanduk : Rp. 10.000,-
Sticker (siap tempel): Rp. 5.000,-

CONTACT PERSON :
1. Roy (Bajenk) 083846699288
2. Dhani (Gendon) 082264737193
3. Fyan (Culun) 082334757568
4. Isma (Mamae) 087858515661
5. Reva (Menjo) 085784122499

SEKRETARIAT :
1. Jl. Jangesti 03 Kel. Tamanan Kec. Mojoroto Kota Kediri
2. Jl. Tejosari Ds. Gogorante Kec. Ngasem Kab. Kediri

Sumber : facebook

Sunday, 10 June 2012

SMS tentang Raimuna Nasional 2012 Diundur sampai Pemilukada

Berita terbaru dari pesta akbar tegak dega yaitu Raimuna Nasional 2012 yang rencananya akan diundur lagi. Info ini didapat dari akun fb Kwarda Jawa Barat Dua dan gup facebook Kwartir Nasional.Tulisan dari Akun Facebook Kwarda Jawa Barat Dua :

SMS dari Kakwarnas kepada Kakwarda Jawa Barat:
Salam Pramuka,
Yth. Kakak-kakak Kakwarda seluruh Indonesia
Saya baru saja dihubungi olh Bapak Memkokesra yg menyampaikan pesan dari Bapak Presiden bhw karena situasi Papua tidak kondusif minta agar kegiatan Raimuna X diundur sampai paling tdk selesai pemilukada. Mohon pemberitahuan awal ini dpt diteruskan kepada kakak-kakak yg bertanggungjawab dan juga ke Kwarcab. Pemberitahuan resmi segera disampaikan melalui surat. Saya mohon maaf atas kejadian yg tidak menyenangkan ini, tetapi saya tidak ada pilihan lain. Mohon kakak-kakak dapat memaklumi. Salam (Azrul Azwar).

Note:
Peserta Kontingen Daerah Jawa Barat dapat menghubungi Pinkonda apabila ada hal-hal yg perlu disampaikan/ditanyakan ...

Silahkan simak terus grup fb Kwartir Nasional untuk mengetahui info terbaru

Sumber : fb kwarda Jawa Barat Dua

Friday, 8 June 2012

Perkemahan Santri Nusantara 2012

Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana, Telagapunggur, pada 2 sampai 8 Juli nanti menjadi tempat pelaksanaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) III 2012. Persiapan apa saja yang dilakukan untuk menghadapi event yang akan diikuti santri dari pondok pesantren se-Indonesia itu?

Cuaca di areal Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana, Telagapunggur, tampak cerah, Kamis (7/6) itu. Puluhan pekerja bangunan sibuk membangun sarana dan prasarana di areal seluas kurang lebih 22,99 hektare tersebut.

Secara umum perkemahan yang tengah dibangun ini terbagi dalam tiga areal. Areal pertama merupakan areal aktivitas umum santri. Areal kedua areal luar perkemahan dan ketiga merupakan areal perkemahan para santri. Keseluruhan areal dibangun oleh lima kontraktor dengan jenis pekerjaan berbeda dan anggaran yang bersumber dari APBD Batam.

Rahmat, pengawas pembangunan musala di areal pertama mengatakan, akan ada 2 musala seluas 20 x 27 meter, yang masing-masing dapat menampung setidaknya 300 jemaah. Kini pembangunan kedua musala itu memasuki tahap akhir.

”Musala di akses masuk ini diperuntukan bagi santri putra. Sedangkan musala yang di sana, dikususkan untuk santri putri,” kata Rahmat, sambil menujuk ke arah musala santri putri.

Selain dua musala, ujar Rahmat, di areal ini juga sedang dibangun dua sarana outbond, pentas atau panggung dengan panjang 20 meter, penambahan luas lapangan dari 1 hektare menjadi 2 hektare, tempat wudu, tempat mandi cuci dan kakus (MCK) dan pos jaga.

Di areal kedua, sebut Rio, pengawas bagian perluasan lapangan, sedang di banggun jalan aspal, lapangan parkir seluas 5.008 meter persegi, gapura dan pagar. Pengaspalan jalan hanya sampai di gerbang masuk perkemahan.

”Di areal dalam perkemahan, akses jalan tetap dibiarkan jalan tanah agar terlihat alami. Jalan tanah hanya dilakukan perapian saja,” ujar Rio.

Ketua Perkemahan dan Kegiatan PPSN 2012, Mardani Zuhri menyebutkan, areal ketiga ini luasnya 22,99 hekatare yang merupakan areal perkemahan para santri.

”Di areal ini tengah dibangun kaveling kemah. Jumlahnya sebanyak 740 unit. Di atas kaveling kemah ini pula, nantinya masing-masing sangga (regu) mendirikan tenda dan lainnya. Saat ini sudah 80 persen kaveling kemah yang selesai dibangun,” kata Mardani ditemui Batam Pos di areal kaveling kemah.

Menurut Kepala Biro Kemasyarakatan Gugus Depan (Gudep) Ponpes Darunnajah Jakarta itu, jumlah kaveling kemah tersebut cukup untuk menampung peserta yang diperkirakan 8 ribu santri, dari dalam dan luar negeri. Jika tidak mencukupi, sebutnya, masih ada areal tambahan seluas lebih kurang 0,53 ha yang bisa dijadikan sebagai areal kaveling kemah tambahan.

Di areal ini, jelasnya, juga akan dibangun jaringan air bersih dan listrik. Pembangunan jaringan air untuk 8.000 peserta, sebutnya dilakukan bekerja sama dengan ATB Batam dan penyediaan suplai listrik dilakukan bersama PLN Batam.
Khusus jaringan listrik, kata dia, jalan di areal perkemahan akan diterangi lampu dan tiap kemah nantinya akan dialiri listrik plus stop kontak.

Dengan demikian, jelasnya, para santri dan ofisial peserta PPSN diharap tidak kesulitan mendapatkan akses listrik untuk mengecas hand phone, laptop atau note book, i-Pad dan barang-barang elektronik lainnya.

”Fasilitas lain juga akan dilengkapi dengan wi-fi. Juga akan dibangun 60 unit tempat MCK di dalam areal perkemahan ini,” ujarnya.

Menurut Mardani, tiap sangga terdiri dari 8 orang santri. Masing-masing sangga akan memperoleh satu tenda, alas tenda, kacu kegiatan, buku saku, dan tanda pengenal. Selain itu, ujar dia, juga diberikan satu tabung gas, kompor, dan sembako.

”Semua itu diberikan secara gratis. Tinggal alat masak saja yang dibawa masing-masing sangga,” jelasnya.

Mengenai pengamanan, Mardani mengatakan, tanggung jawab pengamanan diserahkan kepada kepolisian dan TNI Angkatan Darat (AD). Sistem pengamanan, sebutnya, terbagi dua, yakni pengamanan dalam dan pengamanan luar.
”Pengamanan dalam dilakukan anggota Pramuka Saka Bhayangkara (Saka Kepolisian) bersama Saka Wirakartika (Saka TNI AD). Sedangkan pengamanan luar areal dilakukan personel kepolisian dan TNI AD,” ujarnya

Sumber : batampos

Wednesday, 6 June 2012

Heboh ! Raimuna Nasional 2012 Diundur



Sesuai surat edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 0543-00-B tertanggal 5 Juni 2012, kegiatan akbar Penegak Pandega yaitu Raimuna Nasional 2012 yang awalnya diadakan pada tanggal 25 Juni - 1 Juli 2011 "diundur" di karenakan menyesuaiakn dengan jadwal Presiden SBY, sehingga pembukaan mejadi tanggal 4 Juli 2012 , serta penutupan tanggal 10 Juli 2012 

Pengen obrolan seru tentang Rainas 2012 kunjungi grup Kwartir Nasional 

Sumber : Humas Kwarnas di postingan grup Kwartir Nasional

Tuesday, 5 June 2012

Gubernur Papua Laporkan Persiapan Raimuna X Pramuka pada Presiden

Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Menpora Andi Mallarangeng hari Senin (4/6) sore di Kantor Presiden menerima Penjabat Gubernur Papua Syamsul Arief Rivai dan Ketua Kwartir Nasional Azrul Azwar. Hadir pula Menteri Pendidikan Muh Nuh dan Menteri Peranan Wanita Linda Gumelar.

Kehadiran Ketua Kwarnas dan Gubernur Papua itu untuk melaporkan persiapan pembukaan dan penyelenggaraan Raimuna Pramuka X yang akan digelar di Bumi Perkemahan Cendrawasih Jayapura, Papua. Kepada wartawan usai pertemuan tersebut, Syamsul didampingi Azrul, Ketua Kwarda Papua Alex Hesegem, Sekda Provinsi Papua selaku Ketua Panpel pelaksanaan Raimuna X Constan Karma menjelaskan kedatangan mereka. Raimuna adalah pertemuan besar Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (usia 16 – 25 tahun) se-Indonesia

"Maksud kehadiran kami mengundang dengan hormat Bapak Presiden dan Ibu Negara dalam pembukaan Raimuna X pada 25 Juni di Jayapura," jelas Syamsul. Menurut Syamsul, Presiden merespon positif undangan tersebut dan mempertimbangkan untuk hadir dalam pembukaan event akbar bagi Pramuka Indonesia itu. Syamsul juga mengatakan Bumi Perkemahan Cendrawasih secara infrastruktur siap terutama pada saat pembukaan.

Menurut Menpora Andi Mallarangeng, Presiden SBY mengupayakan akan hadir dan sedang dicari waktu yang tepat. Pada saat bersamaan Presiden harus hadir dalam pertemuan negara-negara G20. "Presiden memberi dukungan penuh untuk acara Raimuna sebagai bagian dari revitalisasi Pramuka dan bagian aktivitas anak muda," kata Menpora.

Sunday, 3 June 2012

Badge Raimuna Nasional 2012


Dalam menyambut digelarnya Raimuna Nasional 2012 di Bumi Papua, kami menghadirkan badge bordir logo Raimuna Nasional 2012. selain itu kami juga akan menghadirkan kaos berkerah dengan bordir, tapi sabarnya masih dalam pengerjaan

Saturday, 2 June 2012

Revitalisasi Pramuka Jabar paling progresif

SUKABUMI, Perkembangan pramuka pada saat ini menyebabkan sejumlah kepala daerah tertarik untuk menjadi Ketua Kwarcab. Bahkan sedikitnya ada delapan kepala daerah yang menjadi Ketua Kwarcab. Padahal, pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Ketua Kwarcab berasal dari pensiunan

Revitalisasi gerakan pramuka Jawa Barat (Jabar) dinilai paling progresif di Indonesia. Hal ini didasarkan pada adanya gerakan pembaharauan Pramuka yang masif di sejumlah daerah. ‘’Berdasarkani data dari Kwartir Nasional (Kwarnas), revitalisasi Pramuka di Jawa Barat merupakan paling progresif,’’Kata Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jabar, Dede Yusuf kepada wartawan seusai pelantikan pengurus Majelis Pembimbing dan Kwarcab Pramuka Kabupaten Sukabumi, di Gedung Negara Pendopo Sukabumi Kamis (31/5)

Dikatakan Dede Yusuf, gerakan revitalisasi yang dilakukan sangatlah tidak sedikit, diantaranya rencana pembuatan peraturan daerah (Perda) tentang penguatan gerakan Pramuka seperti yang dilakukan di Kabupaten Sukabumi. Sebelumnya, tiga kabupaten Jabar sudah lebih dulu menyatakan diri sebagi Kabupaten Pramuka yakni Cianjur, Bogor, dan Kuningan.paparnya

Gerakan revitalisasi tersebut lanjut Dede, juga telah menmbah pelatih kursus mahir tingkat dasar (KMD) Pramuka. Lantaran yang sebelumnya pelatih tersebut berjumlah 400 orang pelatih KMD, sekarang menjadi 1.200 orang Pembina. Kemudian anggota pramuka Jabar pun saat ini membantu dalam pengembangan usaha mikro. Bahkansudah ada 600 konsultan pengembangan usaha mikro dari pramuka yang disebar ke daerah, paparnya
Langkah progresif ini,tambahnya, telah membuktikan peranan Pramuka tidak hanya sekedar memasang plang nama organisasi. Akan tetapi Pramuka harus apat bekerja sama dan mendukung pembangunan di wilayahnya.

Sementara itu Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya mengatakan, untuk di Kabupaten Sukabumi pihaknya akan terus di perkuat dan dengan adanya Perda yang saat ini tengah dirancang, sehingga kegiatan kepramukaan kedepannya akan lebih meningkat , tuturnya

Ditempat yang sama, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami mengharapkan, kedepannya pramuka dapat lebih berperan aktif dalam pembangunan dan kegiatan sosial.tandasnya

Sumber : tvberita