Buku Black Book of Rover Scout

Sebuah buku yang harus dimiliki Pramuka Penegak Pandega, maupun pembina buat adik didiknya. Ditulis berdasarkan pengalaman selama berkegiatan pramuka oleh purna DKD Jatim.

Buku Materi Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Tanda Jabatan Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai tanda jabatan bagi peserta didik, pembina maupun, andalan kwartir.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Selasa, 31 Juli 2012

Musyawarah Cabang Pramuka Padang

Padang - Walikota Padang Fauzi Bahar diwakil Sekda Ir. H. Emzalmi, M. Si
membuka secara resmi Muscab Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padang Tahun 2012, Senin (30/7), di Gedung Pramuka Prov. Sumbar. Dihadiri para Kepala SKPD, Pengurus Pramuka dan kakak Pramuka.

Maksud dan tujuan Muscab adalah, menyusun buku panduan sebagai pedoman dan petunjuk bagi peserta, peninjau dan paniti penyelenggara Muscab dan program kerja lima tahun mendatang serta memilih Pengurus Kwarcab Periode 5 tahun mendatang.

Musyawarah cabang gerakan Pramuka Kota Padang Tahun 2012 merupakan forum tertinggi dalam Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padang. Yaitu berdasarkan Anggaran Dasar Pramuka BAB VI Pasal 40 Ayat 1 dan 4 dan anggaran rumah tangga gerakan Pramuka, Musyawarah Cabang Pramuka diadakan sekali 5 tahun dan ketentuan lainnya.

Adapun tema Muscab yaitu, ‘’Melalui Muscab Kita Wujudkan Revitalisasi Gerakan Pramuka di Kota Padang’’. Sedangkan peserta tediri dari, utusan cabang 6 orang, perwakilan Kwartir Ranting 5 orang dari 11kecamatan se Kota Padang, ujar Ketua Pelaksana Muscab Bambang Sutrisno.

Sekda Padang Emzalmi mengatakan, gerakan Pramuka saat ini tetap relevan dengan perkembangan zaman. Walaupun era globalisasi itu penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuaan dan teknologi. Tetapi manusia tetap merupakan fkator penentu yang paling utama.

Untuk itulah kita ingin membangun manusia yang memiliki watak yang kuat, bukan hanya manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetrahuan, tetapi juga pemuda yang beriman dan bertaqwa, tangguh, berkepribadian, luhur budi pekertinya, serta generasi muda yang rukun dan bersatu, tegas Emzalmi.

Karena pemuda yang demikian.lah sanggup menghadapi tantangan globalisasi, berbagai tantangan dan memiliki masa depan yang lebih cerah.

Walikota Fauzi Bahar melalui Sekda Padang mengharapkan kepada pengurus terpilih 5 tahun mendatang agar memperkuat organisasi dan manajemen kepramukaan dengan sebaik- baiknya, terus melakukan konsolidasi, demi memantapkan peran organisasi yang makin kokoh.

Mantapkan gugus depan berbasis sekolah dan kembangkan gugus depan berbasis wilyah agar aktifitas dan kedudukan gerakan Pramuka semakin kuat dan tangguh. Juga mantapkan prinsip dasar dan metoda kepramukaan, kembangkan kemitraan serta implementasikan Tri Satya dan Dasa Darma dalam kehidupan sehari- hari,

Kata Fauzi Bahar, gerakan Pramuka menjadi sangat mulia mengingat tugas yang diembannnya bertujuan mendidik kaum muda yang berkepribadian, berwatak, dan berbudi luhur, beriman bertaqwa.

Ia mengatakan gerakan Pramuka di Kota cukup berhasil, untuk itu Fauzi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas peran yang dimainkan oleh kakak-kakak Pramuka.

Senin, 30 Juli 2012

Tas Laptop



Leon Plus
Merk : Consina
Harga IDR. 180.000
Warna : Merah, Biru, Biru Tua







 Matrix 2
Merk : Consina
Harga IDR. 285.000
Stok Warna Biru Tua
  • Dimension : 47 x 30 x 28 cm
  • Weight : 1,5 kg
  • Capacity : 25 kg


Breakpoint
Merk : Consina
Harga IDR. 350.000
Warna, Hitam-merah, Hitam-hitam

Minggu, 29 Juli 2012

Cover Bag / Rain Cover



Rain Cover / Cover Bag
Merk : KYT
Harga IDR 40.000
Ukuran 20 - 30 Liter
Warna : Hitam








Rain Cover
Merk : Consina
Warna : Hitam, Orange
Kapasitas 20 L
Harga IDR. 45.000


Rain Cover
With Seam Sealed
Merk : Consina
Warna : Hitam, Orange
Kapasitas 20 L
Harga IDR. 60.000

Jumat, 27 Juli 2012

Mantan Sekda Provinsi Jambi Tersangkut Korupsi Dana Pramuka

AMBI- Setelah melalui penyelidikan mendalam, penyidik Kejaksaan Tinggi Jambi akhirnya menetapkan mantan Sekretaris Daerah Kantor Gubernur Provinsi Jambi AM Firdaus menjadi tersangka dalam dugaan kasus korupsi dana Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jambi bernilai sekitar Rp7 miliar.

Selain Firdaus yang ketika itu juga menjabat ketua kwarda, penyidik juga menetapkan mantan bendaharanya, Sepdinal, sebagai tersangka dalam kasus yang sama.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi T Suhaimi kepada wartawan membenarkan penetapan kedua pejabat tersebut sebagai tersangka kasus korupsi dengan nilai kerugian negara yang diperkirakan mencapai Rp7 miliar.

Menurut Kajati, keduanya diduga bertanggung jawab terhadap dugaan penyimpangan dana Kwarda Pramuka dari bagi hasil kebun kelapa sawit yang bekerja sama dengan PT IISS selama yang bersangkutan menjabat.

Sumber : mediaindonesia.com

Kamis, 26 Juli 2012

Pramuka Kwarcab Brebes Bantu Amankan Arus Lebaran

Brebes - Sebanyak 1.200 anggota Pramuka Kabupaten Brebes dilibatkan untuk membantu mengamankan arus Lebaran. Para pegiat organisasi ekstrakurikuler sekolah ini ditempatkan pada titik kemacetan yang padat dan di sejumlah tempat wisata.

“Saat ini sedang pembekalan, sedangkan penempatan mulai tujuh hari sebelum dan setelah Lebaran,” ujar Kepala Hubungan Masyarakat Kwarcab 11.29 Kabupaten Brebes, Wasdiun, Kamis 26 Juli 2012.

Menurut Wasdiun, keterlibatan Pramuka di lapangan ini untuk membantu personel kepolisian yang sedang menjalankan tugas. “Ini sudah sering dilakukan saat momentum mudik dan arus balik,” ujar Wasdiun.

Selain dilibatkan dalam pengamanan arus mudik dan arus balik mendatang, Pramuka juga membuka rest area di wilayah Brebes, masing-masing ditempatkan pada dua di jalur pantai utara dan jalur tengah. Kedua rest area tersebut ditempatkan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Brebes dan di Madrasah Aliyah As Salafiah Kecamatan Larangan.

Sementara itu Kepala Bagian Operasi Kepolisian Resort Brebes, Ajun Komisaris Sofyan Wisnu, menyatakan telah menyiapkan 466 pasukan untuk membantu pengamanan lalu lintas arus mudik dan arus balik mendatang. “Ini semua anggota yang ada di Brebes,” ujar Sofyan.

Menurut Sofyan, pasukan ini akan ditambah tenaga bantuan dari brigade mobil dan sabara masing-masing 50 personel yang didatangkan langsung dari kepolisian daerah Jawa Tengah.

Sofyan mengaku sengaja memfokuskan pengamanan daerah rawan macet seperti alun-alun Kota Brebes, Pasar Bulakamba, Pasar Dermolen Ketanggungan, perlintasan rel kereta api Pejagan, hingga pasar Linggapura Kecamatan Tonjong.

Sumber : tempo.co.id

Rabu, 25 Juli 2012

Kancing Tunas


Bagi kakak-kakak yang mau membuat seragam Pramuka model safari, kini Toko Candu Pramuka telah menyediakan kancing tunas. tautan lihat disini

Selasa, 24 Juli 2012

Lencana Pramuka Garuda


Bagi kakak-kakak pengurus kwartir yang kebingungan menjari lencana Pramuka Garuda kini toko pramuka ScoutAddict telah menyediakan untuk kakak-kakak semua. Satu paket isi lencana, pita, dan badge harian. Semoga dapat membantu

Senin, 23 Juli 2012

Lomba Pramuka Penggalang ELANG TEGAR VI

ELANG TEGAR VI akan dilaksanakan pada 14-20 Oktober 2012 di Bumi Perkemahan SMAN 2 Tinggimoncong. Kurang lebih masih ada sekitar 4 bulan dari sekarang bagi sekolah yang ingin ikut serta untuk mempersiapkan ambalannya dalam ELANG TEGAR VI untuk menjadi juara.

Adapun sekolah yang tidak di undang atau undangan belum sampai, dapat mendownload FORMULIR PENDAFTARAN, PETUNJUK TEKNIS dan JADWAL KEGIATAN :

Dan bagi sekolah yang ingin ikut lomba penggalang pramuka ini, harap mengkonfirmasi di blog http://elangtegarvi.blogspot.com, di grup facebook www.facebook.com/groups/249462618401541/ , atau Contact Person Elang Tegar VI (ada di pamflet)

Sumber : inf0-lomba

Minggu, 22 Juli 2012

Tas Slempang



Tab Jacket 15
Merk : Consina
Dimensi : 20 x 16 x 9 cm
Warna : Hitam- Merah, Hitam-Biru
Harga IDR. 110.000

Marcopolo
Merk : Nordwand
Harga IDR. 100.000






Ostrich
Merk : Consina
Model Bodypack
Harga IDR. 105.000






Jasper
Merk : Consina
Model Bodypack
Harga IDR. 110.000

Sabtu, 21 Juli 2012

INFO RAIMUNA NASIONAL 2012

Jakarta, 20 Juli - Menko Kesra HR. Agung Laksono (keempat dari kanan) usai memimpin Rakor Persiapan Pelaksanaan Raimuna X tahun 2012 menggelar Konferensi Pers, Jum'at (20/7/2012) di Kemenko Kesra, Jakarta.

Hadir dalam acara ini antara lain Menpora Andi A. Malarangeng (ketiga dari kanan), Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Asrul Azwar, Wagub Papua Alex Hesegem Sesmenkopolhukam, Pejabat dari Polri, Sesmenko Kesra Indroyono Soesilo No2 dari kiri) dan Deputi Menko Kesra Sugihartatmo (kiri) dan jajaran lainnya dari K/L terkait.

Dari hasil Rakor tersebut, pelaksanaan Raimuna X tahun 2012 akan dilaksanakan tanggal 8 - 15 Oktober 2012 di Bumi Perkemahan Cenderawasih, Jayapura. Peserta Raimuna adalah utusan Kwarda se Indonesia dan perwakilan Negara ASEAN dengan jumlah kurang lebih 10.522 orang.

Raimuna X tahun 2012 bertemakan "Pramuka Bersama Masyarakat Membangun Tanah Papua" yang bermottokan " Satyaku Kudarmakan, Darmaku kubaktikan"

Sumber : grup fb

Dari Radja Untuk Pramuka Indonesia.

Praja Muda Karana atau Pramuka tentunya telah akrab dengan telinga masyarakat Indonesia. Sejak SD, gerakan ini telah disosialisasikan untuk membentuk anak bangsa yang berkarakter, penuh semangat kegotong-royongan.

Itulah pula yang membuat band sekelas Radja mau melakukan sebuah gebrakan peduli Pramuka. Menggandeng PT. Molino Pramuka sebagai salah satu unit usaha kwartir nasional gerakan pramuka, Radja pun tengah menyiapkan sebuah album bertajuk Dari Radja Untuk Pramuka Indonesia.

"Kita peduli sama generasi muda. Di sini Radja didaulat untuk menyanyikan lagu yang didaur ulang, Salam Pramuka dan dikemas dalam album yang nanti akan disosialisasikan ke komunitas Pramuka. Pramuka terkenal dengan sifat gotong royong, pramuka ini kan berskala nasional sangat senang, bangga, ini positif dan pencitraan Radja juga," ucap Ian Kasela saat ditemui di sesi pemotretan di Taman Pusdiklatnas, Cibubur, Jakarta Timur (20/7).

Ditambahkan oleh Radja, mereka sudah menyiapkan 10 lagu dengan campuran dari lagu-lagu Radja yang bertema semangat kebersamaan.

"Kita ada 10 lagu dengan campuran lagu Radja yang sifatnya lagu-lagu spirit kebersamaan, ada recycle ada Rasa Sayange, Di Sini Senang Di Sana Senang, Salam Pramuka," tambah Ian.

"Di sini kami tak terlalu memikirkan profit, karena ini adalah sebuah pencitraan positif yang didapat Radja," tandasnya.

Sumber : merdeka.com

Jumat, 20 Juli 2012

Tas 40 Liter keatas



Salient 50L + Raincoat
Merk : Consina
Model Daypack
Harga IDR. 395.000







Macope

Merk : Consina
Volume 40 Liter 
Model Daypack
Harga IDR. 245.000




Biri Kawera
Merk : Consina
Volume 40 Liter 
Model Daypack
Harga IDR. 225.000






Camming Pro
Merk : Consina
Volume 40 Liter
Model Daypack
Harga IDR. 295.000





Expedition
Merk : Consina
Volume 75 + 5 Liter
Model : Carrier
Harga IDR. 530.000







Storm 60
1313
Merk : Avtech
Harga IDR. 427.000
Volume : 60 Liter

Kamis, 19 Juli 2012

Tas 20 - 35 Liter

* Catatan : tanyakan ketersediaan warna

Columbia
Merk : Consina

Harga IDR. 165.000

Warna : Biru


Specifications :
Volume : 20 to 40 Ltr
Dimensions : 50 x 30 x30



Towara
Merk : Consina
Harga IDR. 185.000
Warna : Merah, Hitam






Padma
Merk : Eiger
Harga IDR 235.000








Copo MabolaeMerk : Consina
Harga IDR. 240.000
Warna : Cek Stok







Tagolu
Merk : Consina
Harga IDR. 150.000
Warna : Merah, Biru, Hitam






Scream
Harga IDR. 165.000
Warna : Birum Hitam
Volume 20L
Dimension : 42 x 28 x 25cm 




tas consina, daypack consina, tas outdoor consina, tas gunung consina, tas petualang 

Produk Outdoor Consina di Scout Addict


Toko Pramuka Scout Addict akan menghadirkan produk-produk outdoor dari dari salah satu merk yang sudah terkenal Yaitu Consina. berupa tas, jaket, celana dll. Semoga dapat memenuhi keinginan kakak-kakak yang berjiwa petualang

Rabu, 18 Juli 2012

Pesta Siaga Kwarcab Labuhanbatu

Rantauprapat, Ketua Majelis Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka yang juga Bupati Labuhanbatu Tigor Panusunan Siregar, mengajak anak-anak Pramuka Siaga harus pemberani dan tidak mudah putus asa. "Harus berani membela yang benar dan tidak mudah putus asa," kata Tigor Panusunan Siregar pada acara Pesta Siaga yang digelar Kwarcab Gerakan Pramuka Labuhanbatu, Minggu (15/7) di Lapangan Ika Bina Rantauprapat.
Selain harus pemberani dan tidak mudah putus asa, anak-anak pramuka Siaga ini juga diajak untuk selalu rajin belajar dan tetap menjaga kesehatan dengan mencuci tangan sebelum makan. Kemudian, diingatkan juga agar selalu patuh pada nasehat orang tua, katanya.

Pesta Siaga ini, pertemuan anak pramuka tingkat siaga (para murid SD) yang diselenggarakan dalam bentuk permainan bersama, lomba, pentas seni budaya, pasar siaga (bazaar), pameran siaga, karnaval dan perkemahan satu hari (Persari) dan juga dalam bentuk permainan seperti lomba enggrang tempurung dan bambu, pertandingan patok lele, pertandingan gasing, lomba melukis, lomba congklak, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba membuat layang-layang, permainan gala panjang dan lain-lain.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan pemberian setangkai bunga mawar dari anak-anak siaga kepada para Pembina, kemudian acara juga diisi dengan pelaksanaan berbagai permainan dan perlombaan. Tigor-Suhari mencoba permainan gasing yang turut diperlombakan itu. Pesta Siaga yang digelar Kwarcab Pramuka Labuhanbatu ini, diikuti 530 peserta dan para undangan yang hadir juga cukup antusias mencoba permainan tradisional. Seperti. Ketua Kwarcab Labuhanbatu Suhari Pane yang juga wakil bupati mencoba permainan enggrang yang turut diperlombakan dalam Pesta Siaga itu.

Permainan tradisional seperti ini dapat dikembangkan kembali, mengingat saat ini permainan seperti ini sudah tidak ada lagi dimainkan anak-anak sekarang dan sudah sepantasnya Pemda melestarikan permainan tradisional ini dengan memperlombakannya setiap HUT Pemkab, ucap seorang warga saat menyaksikan Pesta Siaga.

Senin, 16 Juli 2012

Topi Saka Bayangkara


Toko Pramuka Scout Addict atau Candu Pramuka menghadirkan topi untuk kakak-kakak anggota Saka Bayangkara, model komando di bordir komputer. Semoga desain yang kami hadirkan cocok buat kakak-kakak semua

Sabtu, 14 Juli 2012

Kwarcab Sambas ke Malaysia dan Brunei

SAMBAS – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sambas melakukan lawatan muhibbah ke Kuching, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Pelepasan rombongan lawatan dilakukan asisten II Setda Pemkab Sambas, Chifni Burhanuddin, di Sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka Sambas, Kamis (12/7) lalu. Dalam sambutannya, Chifni menegaskan beberapa hal. Dia menjelaskan rombongan yang berangkat tersebut adalah menjadi duta Indonesia.

“Lawatan muhibbah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sambas ke kuching dan Brunei Darussalam membawa nama Kalimantan Barat sekaligus nama Indonesia,” ujar dia. Kegiatan tersebut, terang Chifni, begitu banyak bernilai positif. Salah satunya, lanjut dia, adalah semakin membulatkan tekad memantapkan eksistensi gerakan Pramuka. “Lawatan ini dilaksanakan dengan tujuan menjalin kerjasama dan persaudaraan antara anggota Gerakan Pramuka dengan Pengakap Malaysia maupun Brunei,” sebut dia.

Kunjungan tersebut, diungkapkan dia, merupakan kunjungan kali ketiga. Melalui momentum tersebut, mantan camat di beberapa wilayah tugas tersebut meminta agar Gerakan Pramuka semakin eksis mempersatukan kaum muda Indonesia. “Harus melangkah lebih maju, berperan aktif meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan, masyarakat, bangsa dan negara, serta tanah air,” pinta dia.

Gerakan Pramuka, dijelaskan Asisten II, merupakan wadah pendidikan luar sekolah dan keluarga. Geraka Pramuka, tutur dia, memiliki banyak kegiatan positif bagi pembinaan kaum muda, menjalin kerjasama, meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta persaudaraan. “Salah satu mewujudkan hal itu yakni dengan mengadakan lawatan muhibbah ini,” jelas dia. Dikemukakan dia, Pemda Kabupaten Sambas begitu mendukung lawatan tersebut. Dia berharap agar para Pramuka Sambas tersebut mampu menjadi duta Indonesia umumnya dan memperkenalkan Sambas ke dunia internasional.

Sumber : pontianakpost

Kamis, 12 Juli 2012

Pin PTA Pramuka SMA Wates Kab. Kediri


Terima kasih atas pesanannya pin 58 untuk kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan SMA Wates Kab. Kediri, yang akan diadakan pada tanggal 14-15 Juli 2012. Semoga kegiatannya berjalan dengan sukses !

Rabu, 11 Juli 2012

Kemah Budaya VI Kwarda Yogyakarta 2012

Yogyakarta – Kemah Budaya Daerah, salah satu wujud nyata untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka salah satunya menanamkan nilai-nilai sejarah dan budaya bangsa untuk menciptakan ketahanan nasional. Kemah Budaya (selanjutnya di sebut Kembud) tahun 2012 ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah berlangsung ke 6 kalinya, dan untuk tahun ini waktu kegiatan dan giat prestasi bertambah di bandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Lokasi kegiatan berada di Museum Benteng Vredeburg yang akan berlangsung mulai hari ini 11 Juli sampai 15 Juli 2012.

Melalui Kemah Budaya inilah diharapkan peserta didik dapat mengetahui dan melestarikan kebudayaan bangsa yang tidak ternilai harganya, tema kegiatan ini adalah “Dengan Semangat Kepemudaan Kita Bangun Pendidikan yang berkarakter guna memperkokoh jati Diri Bangsa“. Kegiatan di kemas dengan aktivitas Outdoor - Indoor untuk mendorong terbentuknya apresiasi dan toleransi atas keragaman budaya bangsa serta dipadukan dengan kegiatan prestasi yang berbentuk lomba dan kunjungan ke lokasi yang memiliki nilai seni dan Sejarah. Kontingen Kemah Budaya ini di ikuti oleh Pramuka Penggalang dan penegak yang berasal dari 5 Kwartir Cabang yang berada di KWARDA XII D.I. Yogyakarta dengan total peserta 210.

Di jaman modern ini banyak anak muda yang sudah kehilangan pengetahuan tentang nilai nilai budaya bangsa dan wawasan kebangsaan. Penyelenggaraan KEMBUD ini adalah salah satu wujud nyata pelestarian kebudayaan daerah agar para pemuda lebih mengetahui, memahami, dan melestarikan budaya daerah yang ada di Jawa dan Khususnya Jogja. Penyelenggaraan ini merupakan hasil kerjasama Museum Benteng Vredeburg, Balai Pelestarian Peningggalan Purbakala, Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional serta Kwartir Daerah D.I. Yogyakarta.

Sumber : postingan kak ma'ruf cahyadi di grup fb jurnal jambore

Selasa, 10 Juli 2012

Perkemahan Antar Saka Jawa Timur 2012

SURABAYA-Sebanyak 943 anggota Pramuka mengikuti kegiatan perkemahan antar saka (Peran Saka) tingkat Kwarda Jatim, di Bumi Perkemahan Kolatarmatim, Senin (8/7/2012).

Peran Saka ini diikuti ini berlangsung hingga 12 Juli diikuti delapan saka yang ada diwilayah Jawa Timur yaitu Saka Bahari, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Wira Kartika, Saka Bhakti Husada, Saka Wana Bhakti, Saka Taruna Bumi dan Saka Kencana.

Ketua panitia Peran Saka Asisten Operasi Danlantamal V Surabaya Kolonel Laut (P) Heribertus Yudho Warsono, mengatakan Peran Saka ini sudah lama sekali tidak ada kegiatan. "Kegiatan ini dilakukan serempak di seluruh Indonesia, untuk Jawa Timur di gelar di Lantamal V ini," paparnya.

Menurutnya peran saka ini sekaligus mensosialisasikan pembinaan sumber daya manusia untuk mewujudkan generasi muda yang tangguh, khususnya yang berkaitan dengan kesadaran bela negara yang dapat diarahkan sebagai komponen sistem pertahanan rakyat semesta (sishanrata).

Dalam tiga hari, kegiatan peran saka akan diisi dengan keagamaan, olah raga, jumpa tokoh, korve, out bond. Kegiatan keterampilan seperti dayung perahu karet, mountenering, water resque serta bakti sosial.

Peran saka ini dibuka langsung Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Mabesal Laksma TNI Kingkin Suroso, dengan apel seluruh peserta perkemahan

Sumber : tribunnews

Senin, 09 Juli 2012

Ikat Pinggang Saka Bakti Husada


Scout Addict Scoutshop menghadirkan lagi satu produk koleksi yaitu Ikat Pinggang Saka Bakti Husada, bahak kuningan lapis fiber. Semoga dapat memenuhi koleksi aksesoris kakak-kakak anggota saka bakti husada di seluruh Indonesia

Sabtu, 07 Juli 2012

Tekad Kontingen LT V Kwarda Kaltim Prestasi Tertinggi

Ketua Kuartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim, HM Hatta Zainal, menyatakan tekad regu pramuka penggalang Gudep 107 KH Dewantara Samarinda yang mewakili Kaltim ke Lomba Tingkat (LT) V 2012, kembali membuat prestasi seperti pada LT 2002 silam. Karena itu, mereka diharapkan bisa mewakili Indonesia pada Jambore Dunia di Bangkok, Thailand.

"Saya berharap, pengalaman regu penggalang Gudep 107 KH Dewantara Kuarcab Samarinda pada sepuluh tahun silam menjadi pelajaran dan penyemangat agar kita kembali meraih prestasi tertinggi pada LT V 2012," ujar Hatta Zainal ketika ditanya seputar target mereka.

Berbicara di sela-sela pelepasan kontingen regu penggalang Kuarda Kaltim di Samarinda, Kamis (5/7), ia menyatakan, tekadnya bukan tidak beralasan. Sebab, torehan prestasi yang pernah diraih mereka setidaknya menjadi acuan pembina dan pembimbing dalam mempersiapkan pesertanya ke LT V 2012 di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta, dan di Gunung Pancang, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, 8 - 13 Juli 2012.

Terlebih, menurut dia, peserta LT V ini sudah dimantapkan melalui pemusatan latihan kurang lebih 3 bulan untuk semua jenis kegiatan. Begitu pula pemberangkatan mereka lebih awal (Kamis, 5/7) untuk pemantapan terakhir dan penyesuaian lokasi kegiatan agar tidak canggung menghadapi lomba.

Lomba yang diikuti berupa penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka, keterampilan kepramukaan (scouting skill), bela negara, keterampilan hidup, wirausaha, manajerial, seni dan budaya bangsa. Kontingen pramuka penggalang Kaltim yang diberangkatkan berkekuatan 8 orang regu putra dan 8 orang regu putri dengan dua Bindamping, Nur Ramdani dan Arbayah.

Hatta menyebut, semua lomba pada LT V 2012, bertujuan membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan berupa janji Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Memupuk rasa persaudaraan di kalangan pramuka penggalang, meningkatkan kualitas pembinaan dan prestasi sebagai bekal kemandirian dan kesinambungan pembinaan pramuka.

"Tidak kalah pentingnya, keikutsertaan mereka untuk mengukur dan mengevaluasi keberhasilan pembinaan dan pelatihan gugus depan hingga suatu wilayah kerja kuartir. Sebab, semua kegiatan lomba dibungkus dalam kiasan romantika pramuka penggalang yang sedang berlomba mencari prestasi untuk membangun sebuah desa teladan," tandasnya.

Sumber : kaltimprov.go.id

Minggu, 01 Juli 2012

Pramuka Maarif NU se-Jatim Gelar Pergama di Tuban

Sebanyak 2.440 pelajar penggalang gugus depan yang berpangkalan pada 250 SMP/MTs se-Jatim mengikuti Perkemahan Pramuka Penggalang Antar-Gugus Depan di lingkungan LP Ma'arif NU (Pergama) VII-2012 di Tuban pada 30 Juni - 3 Juli.

Ia menjelaskan perkemahan itu diselenggarakan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Jawa Timur di Komplek STIT Machdum Ibrahim LP Ma'arif NU Cabang Tuban dengan tema "Kita Mantapkan Jalinan Ukhuwah Sesama Penggalang LP Ma'arif NU Jawa Timur".

Menurut dia, perkemahan pelajar SMP/MTs se-Jatim yang dilaksanakan bertepatan dengan liburan sekolah itu akan diisi berbagai kegiatan kepramukaan dan pembinaan mental dan spiritual dengan sistem evaluasi berbasis internet atau IT (information technology).

"Karena itu setiap regu yang terdiri dari delapan orang diharuskan membawa satu laptop. Selain itu, peserta juga diharuskan membawa dua bibit pohon jati untuk setiap regu, karena mereka akan mengikuti bakti sosial di kawasan hutan mangrove," katanya.

Kegiatan lainnya, out bound, safari camp, teknologi tepat guna, napak tilas walisongo, senam Pagar Nusa, seni budaya, sholat berjamaah, yasin dan tahlil, Aswaja, silaturahmi pembina, pengenalan satwa liar, kepramukaan (sandi dan morse), dan sebagainya.

"Pergama merupakan kegiatan kepramukaan yang diagendakan empat tahunan. Awalnya, Pergama dirintis melalui Peruga (perkemahaan regu penggalang) di Mojokerto yang diikuti Surabaya dan sekitarnya," katanya.

Setelah itu Pergama I digelar di Bangil pada tahun 1984, Pergama II di Mojokerto (1986), Pergama III di Lamongan (1986), Pergama IV di Sidoarjo (1987), Pergama V di Lumajang (2000), Pergama VI di Probolinggo (2010), dan Pergama VII di Tuban (2012).

Secara terpisah, Sekretaris Panitia Pelaksana Pergama VII-2012, Khoirul Badri mengatakan perkemahan pelajar SMP/MTs se-Jatim itu untuk pertama kalinya diisi berbagai kegiatan kepramukaan dan pembinaan mental dan spiritual dengan sistem evaluasi berbasis internet atau IT (information technology).

"Evaluasi berbasis IT itu digunakan empat kepentingan yakni evaluasi soal-soal yang diberikan secara online (soal kepramukaan dan keagamaan), evaluasi administrasi (surat izin, surat kesehatan, dan sebagainya), peserta juga bisa melakukan komplain secara online, dan pemberitaan tentang kegiatan Pergama VII-2012," katanya.

Untuk keperluan itu, panitia menyiapkan tiga server di Pusat IT (Kesekretariatan), menyiapkan satu wifi "standby" (diam) yang bekerja sama dengan Telkom, tiga wifi "mobile" (gerak) yang bekerja sama dengan Pemkab Tuban, menyiapkan 18 komputer (mobile) dan lima komputer (di Pusat IT), dan menyiapkan website/laman beralamat maarif-jatim.or.id.

Sumber : nu.or.id