Boyman, Black Book, Scouting for Boys

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Kain Batik Pramuka Indonesia

Kedai Pramuka Scout Addict menghadirkan kain batik Pramuka sebagai wujud kebanggaan warisan budaya Indonesia.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Thursday, 31 July 2014

Jam Tangan Outdoor Q n Q

Bagi kakak-kakak yang berminat dengan jam tangan Q n Q dengan keunggulan water resistant 10 Bar, baterai tahan lama, bisa di pesan di Kedai Atribut Pramuka ScoutAddict. Kami menyediakan beberapa desain yang sangat menarik.




Pemesanan sms 0812 1774 6083
harga serta model bisa dilihat disini http://scoutaddictindo.blogspot.com/2013/12/jam-tangan.html

Monday, 28 July 2014

Selamat Hari Raya Idul Fitri

Kedai Atribut Perlengkapan Pramuka mengucapkan Minal Aidin Walfaidzin, Selamat Hari Raya Idul Fitri.
 Semoga selalu dilindungi dan mendapat rahmat serta hidayah dari Yang Maha Agung

Sunday, 27 July 2014

Badge Perkemahan Pramuka Payakumbuh

Alhamdulillah, sebelum lebaran bisa menyelesaiakan pesanan badge woven hari Pramuka ke 53 dari Kwarcan Payakumbuh. Semoga kegiatannya berjalan sukses sesuai yang di rencanakan.

Semoga berkenan serta kami tunggu lagi pesanannya lagi

Saturday, 26 July 2014

Anak-anak Pramuka Bantu Kelancaran Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen

JAKARTA - Dua hari menjelang lebaran suasana arus mudiksemakin ramai. Banyak dari pemudik yang menginginkan agar aman dan nyaman sebelum perjalanan.

Satu upaya dilakukan oleh anak-anak pramuka di Jakarta untuk memberi kemudahan bagi pemudik di stasiun kereta api. Kerja Bakti Lebaran merupakan suatu program yang dijalankan oleh anak-anak pramuka setiap tahunnya di stasiun kereta api Jakarta.

Sebanyak 15 orang anggota pramuka dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta Utara berusaha untuk membantu pemudik di Stasiun Pasar Senen.
"Tugas kami membantu proses boarding, membantu mengangkut barang pemudik, memberi arahan gerbong pemudik dan membantu informasi lainnya,"ujar Ikbal seorang siswa SMK di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2014) siang.

Anak-anak pramuka ini sudah mulai bertugas dari tanggal 23 Juli 2014 kemarin. Menurut Ikbal mereka akan memberikan pelayanan selama empat hari dan teman mereka yang lain akan mendapatkan jatah yang sama hingga H+2 lebaran.

"Kami mulai memberikan pelayanan dari pukul 07.00 hingga waktu berbuka nanti,"katanya. 

Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2014/07/26/anak-anak-pramuka-bantu-kelancaran-arus-mudik-di-stasiun-pasar-senen

Thursday, 24 July 2014

Pramuka Diminta jadi Garda Terdepan Pencegahan Narkoba

PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin meminta kepada Kwarda Pramuka Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menjadikan Gerakan Pramuka menjadi garda terdepan dalam memerangi narkoba di kalangan pemuda.

Selain itu gubernur minta Gerakan Pramuka mengerti akan bahaya makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya yang sering dijual di lingkungan sekolah.

Dua hal ini diharapkan oleh Gubernur H Alex Noerdin dapat menjadikan Program Utama Kwarda Pramuka Provinsi Sumsel ke depan.

Menurut Gubernur H Alex Noerdin, dua hal ini dapat menjadi perhatian penuh Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Sumsel sebagai langkah dan program kerja Pramuka yang kongkrit.

Hal ini disampaikan Gubernur H Alex Noerdin saat menghadiri Rapat Paparan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel H Mukti Sulaiman tentang strategi Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel, Rabu (23/7/2014) di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel.

Dalam kesempatan itu juga dipaparkan tentang kesiapan Sarana Prasarana dan Fasilitas Perkemahan Wirakarya se-Sumsel yang akan dilaksanakan 22-27 Agustus 2014 di Kota Lubuk Linggau oleh Wali Kota Lubuk Linggau Prana Putra Sohe.

Gubernur H Alex Noerdin mengatakan, rapat ini membahas tentang strategi Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel dan Persiapan Pemerintah Kota Lubuk Linggau sebagai tuan rumah Perkemahan Wirakarya se-Sumsel.

Menurutnya, secara keseluruhan semua sudah baik dan Pemerintah Kota Lubuk Linggau sendiri sudah siap.

Gubernur H Alex Noerdin menambahkan, dalam rapat ini ada dua hal yakni bagaimana pemberantasa narkoba di kalangan pemuda dan bagaimana menghindari bahaya makanan dan minuman yang berbahaya di lingkungan sekolah dengan menjadikan Gerakan Pramuka di setiap sekolah-sekolah mengerti akan makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya karena anak-anak didik Pramuka itu sendiri adanya di sekolah.

Dengan begitu, kata Alex, Gerakan Pramuka yang ada di sekolah- sekolah dapat mengadakan razia terhadap makanan minuman yang sering dijual di sekitar lingkungan sekolah mereka. Sementara, pemberantasan narkoba dikalangan pemuda juga tidak kalah pentingnya untuk mendapat perhatian dari Kwarda Gerakan Pramuka karena hingga saat ini bahaya narkoba terus menjalar bahkan di tingkat anak sekolah.

"Untuk itu, dua hal ini saya harapkan dapat menjadi Program utama Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Sumsel kedepannya," timpal Gubernur H Alex Noerdin.

Sementara dalam paparan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel Mukti Sulaiman tentang strategi Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel menerangkan, tentang rencana pembangunan Bumi Perkemahan Provinsi Sumsel yang menetap di Kawasan Gandus Palembang yang saat ini masih dalam proses pengukuran lahan dan selanjutnya akan disertifikatkan oleh BPN.

"Beberapa bulan yang lalu sudah dikirimkan surat ke BPN untuk dilakukan pengukuran lahan Bumi Perkemahan Sumsel dan pensertifikatan lahan tersebut," timpalnya.

Wali Kota Lubuk Linggau Prana Putra Sohe dalam kesempatan yang sama memaparkan tentang kesiapan sarana prasarana dan fasilitas Perkemahan Wirakarya se-Sumsel.

Dia menerangkan, pihaknya telah siap menjadi tuan rumah Perkemahan Wirakarya se-Sumsel ini. Berbagai persiapan sudah dilakukan diantaranya penyediaan lahan untuk perkemahan yang saat sudah dalam proses pengerasan lahan.

Sumber :  http://daerah.sindonews.com/read/885813/24/pramuka-diminta-jadi-garda-terdepan-pencegahan-narkoba

Tuesday, 22 July 2014

Pesanan dari Pramuka Lappariaja Makassar

Terimakasih atas pesanan 305 hasduk satin serta no gudep dari Pramuka Lappariaja Makassar. Semoga berkenan serta kami tunggu pesanan selanjutnya

Pramuka Kwarcab Serang Menyiarkan Islam Melalui Lomba Gembira

SERANG - Minggu (20/7), Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (kwacab) Kabupaten Serang menggelar Gebyar Memasyarakatkan Indahnya Ramadan. Kegiatan yang dimeriahkan berbagai lomba tersebut diikuti sebanyak 743 peserta dari kwartir ranting (kwaran) yang berasal dari 17 kecamatan di Kabupaten Serang.

Ketua Harian Pramuka Kwarcab Kabupaten Serang Jajang Kusmara mengatakan, Gembira merupakan kegiatan rutin yang digelar untuk anggota pramuka siaga, penggalang. Gembira diharapkan bisa menjadi sebagai media unjuk karya dan unjuk kemampuan kreativitas anggota pramuka. "Agar bangunan karakter dirinya dapat terbentuk sejak dini dan terbina kesinambungan konsistensinya sehingga menjadi pribadi yang berkarakter sesuai cita-cita pembangunan bangsa," kata Jajang kepada Banten Raya, di sela kegiatan Gembira, Minggu (20/7). 

 Berbagai lomba dalam Gembira antara lain kaligrafi, marawis, tahfidz dan sebagainya. "Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memotivasi generasi muda mengisi waktu dengan hal-hal positif serta dapat mengalirkan "listrik" positif juga bagi kemajuan generasi muda lainnya pada umumnya," kata Jajang. Sekretaris Pramuka Kwarcab Kabupaten Serang Aat Supriyadi menambahkan, Gembira juga mengajarkan sportivitas kepada para kader pramuka. Siapapun yang kalah dalam lomba harus menerima kekalahan dengan lapangan dada, dan yang menang pun tak boleh sombong. 

 Aat mengatakan, menjelang HUT Pramuka pada 14 Agustus mendatang, pihaknya akan menggelar ziarah ke makam pahlawan. “Mari kita semangat memperingatinya dengan penuh makna agar tidak melupakan sejarah para pahlawan bangsa ini. Yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia,” katanya. 

Sumber : http://bantenraya.com/banten-raya/serang/6979-pramuka-kwarcab-kabupaten-serang-menyiarkan-islam-melalui-lomba-gembira

Monday, 21 July 2014

UKM Pramuka dan UKM KSR-PMI Prokamator Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Padang - Menyambut bulan suci ramadan 1435 H, dua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Universitas Bung Hatta yaitu Pramuka dan KSR-PMI Proklamator mengadakan kegiatan buka puasa bersama anak Panti Asuhan Aisyah Nanggalo Padang yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Unversitas Bung Hatta. 

Kegiatan buka puasa UKM Pramuka Universitas Bung Hatta dilaksanakan , Sabtu (19/07/2014) yang mendatangkan 20 anak dan 2 pengurus Panti Asuhan Aisyah Nanggalo Padang. 

Kegiatan ini bertujuan untuk untuk menjalin tali silaturahmi agar terus erat di antara kita terutama saat ini bulan Ramadan yang merupakan bulan yang penuh dengan rahmat. Di bulan ini umat muslim berlomba-lomba untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan saling membantu dengan sesama. 

Kemudian, Minggu (20/07/2014) UKM KSR-PMI Proklamator menggelar kegiatan buka puasa dengan mendatangkan 30 anak dan 1 pengurus Panti Asuhan Aisyah Nanggalo Padang. 

Eggi Putra Murdi, Komandan KSR-PMI Proklamator mengatakan kegiatan ini menjadi agenda rutin kita saat bulan ramadan untuk berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita dari anak panti asuhan. “semoga apa yang diberikan oleh kita dapat bermanfaat dan berkah,” ujarnya. 

Sementara itu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Bung Hatta, Drs. Suparman Khan, M.Hum, mengutarakan kemarin UKM Pramuka telah mengadakan kegiatan buka puasa sekarang dari UKM KSR-PMI Proklamator. Kedua UKM ini merupakan suatu organisasi yang memperhatikan masalah sekitar dan melakukan pengabdian terhadap masyarakat. 

"Contohnya melalui kegiatan ini menunjukan perhatian kita kepada lingkungan terutama terhadap anak yatim. Kita juga berharap untuk organsiasi kemahasiswan lainnya dapat membuat kegiatan yang serupa agar tali silaturahmi terus terjalin dan sangat bermanfaat sekali,” ungkapnya.

Setelah berbuka bersama, kegiatan pun diakhiri dengan pemberian tabanas kepada masing-masing yatim dan piatu serta foto bersama. 

Kegiatan dari kedua Unit Kegiatan Mahasiswa ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Pembina, UKM Pramuka se-Kota Padang, KSR-PMI se-Kota Padang dan kelembagaan mahasiswa di lingkungan Universitas Bung Hatta.

Sumber : http://www.bunghatta.ac.id/news-1488-ukm-pramuka-dan-ukm-ksr-pmi-prokamator-gelar-buka-bersama-anak-yatim.html

Sunday, 20 July 2014

Perkemahan Saka Bahari Lanal Timika Bina Generasi Muda Jadi Pemimpin

Selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 2608 Kabupaten Mimika, Bupati Mimika Ausilius You, S.Pd, MM melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Drs. Christian Karubaba mengatakan,  kegiatan perkemahan Pramuka Saka Bahari (PSB) Lanal Timika maupun satuan karya (SAKA) tingkat Nasional bertujuan membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin di masa depan.
Hal ini disampaikan Bupati Mimika dalam sambutan yang dibacakan Asisten I pada upacara pembukaan Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (Perjusami) dan pelantikan serta pengukuhan calon peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelentara) IV serta Perkemahan temu Saka Bahari tingkat nasional di Raja Ampat. Upacara ini terselenggara di lapangan Mako Lanal Timika Cargodock Portsite, Jumat (18/7).
“Agar mereka mempunyai kepribadian yang kuat, ulet, pantang menyerah dan memiliki semangat serta pemikiran kebaharian. Di samping itu, harus mampu membentuk generasi muda yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa Pancasila,” ungkapnya.
Dijelaskan, kegiatan perkemahan ini dapat membina Pramuka Saka Bahari Lanal Timika agar berpengetahuan serta memiliki rasa kesetiakawanan social yang tinggi dalam setiap kegiatan positif. Dalam kegiatan perkemahan ini juga akan dilaksanakan secara berkelanjutan pelatihan materi-materi seperti peraturan baris-berbaris, semaphore, isyarat lampu, pengenalan olahraga perairan, pengetahuan tentang bela Negara, pemberdayaan wilayah pertahanan laut dan potensi bahari terhadap anggota pramuka saka bahari yang direncanakan akan mengikuti kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara IV (Pelantara) dan Perkemahan temu saka bahari tingkat Nasional.
“Perkemahan temu saka tingkat Nasional akan terlaksana pada 18-22 Agustus 2014 di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kegiatan strategis tersebut akan diikuti oleh satuan karya pramuka Bahari Lanal Timika,” tandasnya.
Oleh karena itu, kepada seluruh Pramuka Saka Bahari Lanal Timika yang menjadi perwakilan peserta dari Kabupaten Mimika, Bupati mengharapkan untuk mampu melaksanakan setiap kegiatan dengan maksimal.
“Tunjukkan bahwa generasi muda Kabupaten Mimika merupakan generasi muda yang mampu bersaing dengan generasi muda dari daerah lainnya,” harapnya.
Hadir pada kesempatan ini para muspida-muspida plus Kabupaten Mimika, Ketua Kwartir Cabang 2608 Gerakan Pramuka Kabupaten Mimika, Frits Erari, Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Saka Bahari, dan unsur pembina satuan karya Pramuka Kwartir Cabang 2608 Kabupaten Mimika.
SUmber : http://timikaexpress.com/psb-lanal-timika-bina-generasi-muda-jadi-pemimpin/

Saturday, 19 July 2014

Wajibkan Pramuka, SIC Siap Terapkan Kurikulum 2013

KBRN, Mesir: School of Indonesia-Cairo (SIC) akan mewajibkan para murid mengikuti ekstra kulikuler pramuka pada tahun ajaran baru yang dimulai Agustus mendatang.

Kepala SIC, Sutrisno, mengatakan, diwajibkannya ekstra kulikuler pramuka tersebut merupakan implementasi penerapan kurikulum tahun 2013 pada sistem pendidikan Indonesia.

Dijelaskan Sutrisno, pramuka merupakan media tepat dalam membentuk karakter generasi muda Indonesia untuk lebih dispilin serta mandiri. Terlebih, bagi mereka yang berada di luar negeri, ekstra kulikuler pramuka menjadi sangat penting dalam mendukung kecintaan terhadap bangsa dan negara.

“Penekanannya pada diharapkan siswa adanya perubahan karakter, rasa tanggungjawab, kemudian disiplin, ini sangat penting. Sehingga, dengan siswa punya karakter sejak awal kemudian punya rasa disiplin, tanggungjawab dan yang terakhir rasa nasionalisme. Sehingga, dengan pramuka nanti itu diharapkan mindset (pola pikir) dari siswa itu akan berubah. Komponen pramuka juga akan disisipkan pada pelajaran-pelajaran tertentu,” katanya.

Sutrisno menambahkan, setidaknya saat ini terdapat sekitar 120 murid dari berbagai jenjang pendidikan di SIC. Yakni, mulai taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas. Dalam tahun ajaran baru 2014/2015 mendatang pihaknya mengharapkan akan terjadi perbaikan kualitas murid seiring dengan penerapan kurikulum tahun 2013 yang menekankan pada pendidikan karakter murid.

Sumber : http://www.rri.co.id/post/berita/92261/luar_negeri/wajibkan_pramuka_sic_siap_terapkan_kurikulum_2013.html

Friday, 18 July 2014

Pesanan dari Pramuka Belo, Ampana, Pangandaran dan Balikpapan

Terima kasih atas pesanan kakak-kakak dari Belo, Ampana, Pangandara serta Balikpapan telah mempercayakan atribut perlengkapan pramuka di kedai pramuka scoutaddict. Semoga cocok dengan produk kami, kami tunggu pesanan selanjutnya

Thursday, 17 July 2014

Pramuka Saka Bakti Husada Harus Beri Kontribusi Pada Pembangunan Kesehatan

JAKARTA- Saka Bakti Husada adalah wadah bagi anggota Pramuka Penegak dan Pandega guna menyalurkan minat serta menempa pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang kesehatan.
Sejak berdirinya Saka Bakti Husada pada taggal 17 Juli 1985 satuan karya pramuka atau saka ini terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kaum muda khususnya anggota pramuka di bidang kesehatan.

“Krida dan kecakapan khusus yang dimiliki Saka Bakti Husada memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada kaum muda kita untuk berkontribusi mendukung suksesnya pembangunan kesehatan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.” kata Nafsiah Mboi Menkes RI selaku Ketua Majelis Tingkat Nasional menjadi Pembina upacara pada peringatan HUT Ke-29 Saka Pramuka Bakti Husada di lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur kemarin.

”Pada peristiwa bersejarah ini saya mengajak segenap hadirin agar memberikan komitmen kuat dalam mewujudkan kaum muda yang berkarakter dan berakhlak mulia.” pintanya pada upacara yang juga dihadiri Pimpinan Kwarnas, Andalan Nasional, para Pimpinan Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional, Kepala BKKBN dan Badan POM itu.

Dikesempatan itu, seperti diharapkan Sekretaris Jenderal Kwarnas Gerakan Pramuka Yudi Suyoto  dalam pres reliss diterima padangmedia.com,  Pramuka Bakti Husada harus dapat menjadi wahana dan berperan dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang dapat menjadi pemegang estafet kepemimpinan kesehatan.

"Artinya adik-adik yang kini berusia Penggalang (11-15 tahun), Penegak (16-19 tahun) dan Pandega (20-25 tahun), nanti ketika Indonesia memperingati 100 tahun kemerdekaan pada tahun 2045, mereka adalah menjadi pemimpin bangsa Indonesia," katanya membacakan sambutan Ka.Kwarnas
Kerjasama antara Kementerian Kesehatan RI dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sejak tahun 1985 dan kemudian diperbaharui pada tahun 2011.

Ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama memiliki komitmen yang tinggi terhadap masalah kesehatan dan solusinya dengan melibat-aktifkan anggota Pramuka sejak dini mulai usia Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

“Harapan ke depan Saka Pramuka Bakti Husada dapat membangkitkan minat kaum muda untuk menjadi pelopor hidup sehat dan dapat mewarnai kegiatan kepramukaan secara nasional.”harapnya.

Sumber :  http://www.padangmedia.com/1-Berita/88500-Pramuka-Saka-Bakti-Husada-Harus-Beri-Kontribusi-Pada-Pembangunan-Kesehatan.html

Wednesday, 16 July 2014

Ahok: Daripada Cuma Main "Game", Mending Ikut Pramuka

JAKARTA — Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan bahwa kegiatan pramuka merupakan wadah yang sangat baik untuk melatih kedisiplinan anak-anak.

Oleh karena itu, ia berharap agar ke depannya semakin banyak orangtua yang mendukung anaknya untuk ikut kegiatan pramuka.

"Daripada cuma main game di rumah, lebih baik ikut kegiatan yang seperti ini karena bisa meningkatkan kedisiplinan. Apalagi nanti tahun 2025, kalian yang akan memimpin bangsa ini," kata dia di depan para siswa anggota pramuka saat acara pembukaan Ramadhan Fiesta, di Balaikota Jakarta, Selasa (15/7/2014).

Pria yang akrab disapa Ahok ini lalu mengungkapkan penyesalannya karena, saat masih kecil, ia tidak pernah mengikuti gerakan yang didirikan oleh Boden Powell itu.

Namun untungnya, kata Ahok, ia tinggal di Belitung, yang alamnya masih asri. "Absennya" ia dalam kegiatan pramuka bisa tergantikan oleh kegemarannya bermain di sungai dan menyusuri hutan.

"Bapak dulu waktu seusia kalian tidak pernah ikut pramuka. Padahal pengin sekali belajar tali-menali. Untungnya di kampung di Belitung masih banyak sungai, hutan, gunung," ujarnya.

Sumber :  http://megapolitan.kompas.com/read/2014/07/15/10103581/Ahok.Daripada.Cuma.Main.Game.Mending.Ikut.Pramuka

Sunday, 13 July 2014

Perhutani Randublatung Bina Pramuka Saka Wanabakti

RANDUBLATUNG. Perhutani Randublatung melakukan pembinaan terhadap 32 orang generasi muda melalui Pramuka Saka Wanabakti tentang pengenalan kegiatan kehutanan di Persemaian kapuan  Perhutani Randublatung. Kamis.

Pembinaan Lapangan merupakan implementasi teori yang telah dilakukan di pangkalan, kegiatan lapangan mulai dari pencampuran media semai, pengisian media ke dalam polybag, Pemanenan/ pengambilan pucuk yang akan disemai , pengenalan ke bedeng induksi, bedeng aklimatisasi dan Bedeng Open area.

Pamong Saka wana bakti Pangkalan Khusus Randublatung, Andhan Subiyantoro mengatakan bahwa selama ini agenda yang dilakukan di lingkungan Saka Wana bakti Randublatung selain memantapkan pengetahuan berbagai Krida yang ada baik melalui teori dan praktek lapangan telah dilakukan . “ Praktek lapangan yang telah dilakukan adalah Pengukuran kayu jati, pengenalan produksi kayu gergajian ( Re sawn Timber ) yang dilakukan di Industri Pengolahan kayu Randublatung, juga praktek di persemaian ini, dan untuk waktu kedepan juga akan dilakukan pemberian materi lain sesuai dengan jumlah krida yang ada  sehingga nantinya dengan penguasaan ilmu kehutanan tersebut anggota Saka Wanabakti diharapkan bisa menjadi  muda yang cinta dan menghargai lingkungan” tandasnya.

Sumber : http://perumperhutani.com/2014/07/perhutani-randublatung-bina-pramuka-saka-wanabakti/

Saturday, 12 July 2014

Pramuka Puskesmas Balen, Terbaik se-Jatim

Bojonegoro – Pelatihan ketrampilan penanggulangan penyakit dan gawat darurat tetap menjadi keahlian andalan dari dua puluh lima anggota Pramuka tingkat Pandega dari berbagai sekolah menengah atas negeri maupun swasta di Bojonegoro, Jawa Timur. Diantaranya dari Baureno, Sumberrejo, Kanor dan Kapas yang tergabung dalam Saka Bhakti Husada (SBH) yang bersekertariat di Puskesmas Balen.

Fokus di bidang kesehatan, gerakkan satuan Pramuka yang dilaunching pada Bulan Januari 2013 lalu, ternyata berhasil  membawa nama harum Bojonegoro. Mereka mengalahkan satuan yang berdiri lebih lama, yakni 13 satuan yang sama di 13 dari 28 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Bojonegoro.

Humas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Suharto, mengatakan SBH Puskesmas Balen berhasil meraih gelar juara pertama kompetisi SBH se Jatim yang telah dilaksanakan pada awal bulan Juli lalu.

Menurutnya SBH memang bermarkas di Puskesmas dalam jajaran Dinkes, sementara itu, untuk Puskesmas yang belum terbentuk SBHnya akan berproses dalam membentuk satuan. Khusus untuk SBH Puskesmas Balen diakui oleh Suharto telah berprestasi dalam kompetisi dengan mengalahkan utusan SBH dari kabupaten maupun kotamadya se Jatim.

Dijelaskannya, Dinkes memilih SBH Puskesmas Balen dikarenakan telah berhasil dalam upayanya meminimalisir serangan Demam Berdarah di kawasan endimis jentik nyamuk berbahaya. 
Diantaranya di Desa Penganten, Margomulyo dan Kedungbondo. “Akhirnya dari upaya dan gerakan SBH Puskesmas Balen itu dijadikan materi dalam kompetesi di Jatim dan mendapatkan juara pertama,“ imbuh Suharto.

Sumber :  http://kanalbojonegoro.com/pramuka-puskesmas-balen-terbaik-se-jatim/

Friday, 11 July 2014

Pramuka Harus Aktif Perkuat Syiar Islam

LHOKSUKON - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, mengatakan pramuka tidak hanya fokus pada masalah sosial, bela negara dan ketrampilan. Tetapi tidak kalah pentingnya, pramuka juga harus aktif dalam penguatan syiar Islam di Aceh.

Hal tersebut disampaikan Gubrnur dalam pidato tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, pada acara pembukaan MTQ Tunas Ramadhan ke-12 Gerakkan Pramuka Kwarda Aceh, Kamis (10/7) malam ba’da tarawah di lapangan Utama, Lhoksukon, Aceh Utara.
“Momentum Ramadhan salah satu ruang terbaik untuk memperkuat syiar Islam. Oleh karena itu kegiatan kepramukaan berbasis syariat Islam harus kita perbanyak selama bulan suci Ramadhan ini,” kata Gubernur Zaini. 

Gubernur mengajak anggota pramuka Aceh agar dapat melakukan berbagai aktivitas dalam mensyiarkan agama selama bulan suci Ramadhan, baik dilakukan secara perorangan maupun  kelompok. Seorang anggota pramuka harus menunjukkan bahwa dia adalah seorang yang tidak pernah menyia-nyiakan keberkahan yang dijanjikan Allah selama Ramadhan. Ibadah sunnah harus diperbanyak untuk memperkuat ibadah wajib yang dilaksanakan sehari-hari.

MTQ Tunas Ramadhan ini, kata Gubernur, tidak hanya sekedar berlomba dan tampil sebagai pembaca Alquran yang baik. Tapi, harus juga membumikan niai-nilai Alquran sebagai pegangan hidup ke depan. Seorang pramuka seharusnya memiliki perilaku sebagaimana yang dijabarkan dalam Alquran. Oleh karena itu pemahaman dan pengamalan nilai Alquran harus diperkuat oleh anak-anak muda Aceh.

“Adik-adik anggota pramuka harus menjadi contoh dalam pengamalan nilai-nilai Alquran,” harap Gubernur. Ketua Panitia H Baharuddin mengatakan, peserta MTQ Pramuka ke-12 kali ini sebanyak 19 kontingen. Meski hujan deras, acara pembukaan MTQ yang sempat molor berlangsung sukses.

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2014/07/11/gubernur-pramuka-harus-aktif-perkuat-syiar-islam

Thursday, 10 July 2014

Tiska Raimuna Trenggalek

Terimakasih atas pesanan tiska untuk kegiatan Raimuna Cabang Trenggalek 2014, kami tunggu pesanan selanjutnya

Wednesday, 9 July 2014

Pramuka STAIN Purwokerto Kantongi Beberapa Kejuaraan dalam PWN XII

Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) ke-XII berlangsung pada tanggal 13-20 Mei 2014 di bumi raflesia (Bengkulu). Agenda Nasional yang diadakan setiap 2 tahun sekali ini, menetapkan IAIN Bengulu sebagai tuan rumah penyelenggara PWN ke-XII tahun 2014.

Selama ± 7 hari, 56 kontingen dari seluruh penjuru Indonesia berkumpul dan mendirikan tenda di wilayah bumi perkemahan (buper) IAIN Bengkulu yang berlatar danau tadah hujan. Danau tadah hujan ini, sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan sanitasi peserta kegiatan.

Pada ajang Nasional tersebut, kontingen Pramuka STAIN Purwokerto (Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien STAIN Purwokerto), mengirimkan 16 peserta yang terdiri 8 putra, dan 8 putri. Kontingen Pramuka STAIN Purwokerto berhasil meraih beberapa kejuaran yang dilombakan, di antaranya: juara favorit pentas seni budaya se-Indonesia dan juara III lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) se-Indonesia yang diikuti oleh Ketua Dewan Racana Putri, Kak Siti Nur Zakiyah. Beberapa perlombaan juga tak kalah mendapat prestasi yang membanggakan, di antaranya: lomba Software Tekpram (teknik kepramukaan) mendapat nominator 20 besar, disusul pula dengan lomba Syarhil Qur’an yang menempati peringkat ke-7 dari 56 kontingen.

Selain beberapa ajang perlombaan yang disuguhkan, peserta PWN ke-XII juga diajak untuk bermasyarakat melalui kegiatan bakti sosial dan nge-homestay di rumah-rumah induk semang kampung Melayu, Bengkulu. Tujuannya adalah agar pramuka mampu mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakan sesuai dengan salah satu fungsi dari tri bina gerakan Pramuka yaitu bina masyarakat.

Acara PWN ke-XII di IAIN Bengkulu ditutup dengan berbagai kesenian khas traditional Bengkulu dan Marching Band yang telah berprestasi di tingkat Nasional.

Sumber : http://stainpurwokerto.ac.id/stain6/?p=611

Sunday, 6 July 2014

Kwarnas Bentuk Saka Pariwisata

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka membentuk Satuan Karya (Saka) Pariwisata untuk membantu program pengembangan sektor pariwisata yang dinakhodai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu. 

Pembentukan Majelis Pembina (Mabi) dan Pimpinan (Pin) Saka Pramuka Pariwisata masa bakti 2014-2019 ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama Kemenparekraf dan Kwarnas Gerakan Pramuka tentang peningkatan kemampuan anggota gerakan Pramuka di Bidang Kepariwisataan pada 22 Februari 2012 silam. 

"Kami mengapresiasi dibentuknya Saka Pramuka Pariwisata sebagai wadah pendidikan dan pembinaan di bidang pariwisata bagi anggota Gerakan Pramuka untuk membantu, membina, dan mengembangkan kegiatan pariwisata," kata Menparekraf Mari Elka Pangestu dalam Pelantikan Mabi dan Pin Saka Pramuka Pariwisata, di Jakarta, Jumat (4/7). 

Pihaknya sangat berharap peran Pramuka terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Pramuka terutama kaum muda memiliki peran penting dalam merealisasikan visi kepariwisataan berkelanjutan. "Siapa lagi yang tidak lebih baik dalam melakukan ini selain Pramuka," katanya. 

Pembentukan Saka Pramuka dilakukan untuk mempersiapkan pelatih/instruktur agar menguasai krida-krida yang ada dalam Syarat Kecakapan Khusus (SKK) dan wajib mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) sebagai materi ajar kepada anggota Pramuka yang berminat dalam Saka Pariwisata. Instruktur tersebut terdiri dari unsur Kwarda/Kwarcab dan Dinas Pariwisata Provinsi. 

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adyaksa Dault mengatakan pemerintah dapat mendayagunakan anggota Gerakan Pramuka untuk mendorong perkembangan sektor pariwisata. "Betapa pentingnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif karena daya saing yang semakin kompetitif, tidak ada jalan lain untuk menggalakkan pariwisata dan ekonomi kreatif," kata mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini. 

Ditegaskannya, tujuan Pembentukan Saka Pramuka adalah untuk meningkatkan kepedulian, peran, dan partisipasi generasi muda, khususnya melalui wadah Pramuka yang berperan aktif dalam kegiatan pembangunan di bidang kepariwisataan yang berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip Sapta Pesona yang digaungkan oleh Kemenparekraf. 

Saka Pramuka Pariwisata memiliki tiga krida yaitu Krida Pemandu Wisata, Krida Penyuluh Pariwisata, dan Krida Kuliner Wisata. Kegiatan tersebut meliputi pengelolaan perjalanan wisata/pemanduan wisata dan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang merupakan perwujudan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di sekitar destinasi pariwisata. 

 "Hal itu sebagai bagian dari bakti Saka Pariwisata terhadap pembangunan masyarakat bangsa dan negara," katanya. 

Dengan dikukuhkannya Saka Pramuka Pariwisata, Saka Pramuka Kalpataru, dan Saka Pramuka Widya Budaya Bakti maka sudah terbentuk 12 Saka Pramuka yang ada di bawah pembinaan kementerian/lembaga. Saka-Saka itu tersebar di Lampung, Sumsel, Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, DIY, Bali, Kalteng, Kaltim, dan NTT. 

Sedangkan kabupaten/kota yang sudah membentuk Saka Pramuka Pariwisata di antaranya Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pringsewu, Kota Palembang, Kota Cilegon, Kabupaten Tanggerang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Berau, Kabupaten Bintan, Kotamadya Jakarta Barat, Kotamadya Jakarta Utara, Kota Bogor, Kota Cianjur, Kota Subang, Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Batam, Kota Tanjung Pinang, serta 35 Kabupaten se-Provinsi Jawa Tengah. 

Saka Pariwisata diharapkan menjadi dasar pembentukan Saka Pariwisata di daerah (Kwarda) yang menjadi wadah pengembangan kecakapan khusus bidang pariwisata bagi kalangan Pramuka dan terbangunnya generasi muda Pramuka untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan kepariwisataan. 

- See more at: http://www.asatunews.com/wisata/2014/07/04/pramuka-bantu-gerakan-sadar-wisata#sthash.GsU0QcWM.dpuf

Badge LT 1 MI Al Iklhas Wates Kediri

Terimakasih atas pesanan badge bordir komputer kegiatan Lomba Tingkat 1 MI Al Ikhlas Wates Kab. Kediri.

Kami tunggu pesanan selanjutnya

Friday, 4 July 2014

Penerimaan Kontingen Pramuka Kwarcab Deiyai di Kodim 1705/Paniai

Jayapura (03/07)–Komandan Kodim 1705/Paniai Letkol Inf Frans Yohanes Purba menerima kedatangan kontingen Pramuka Kwarcab 2626 Kabupaten Deiyai seusai mengikuti kegiatan Jambore Nasional di Cibubur, bertempat dilapangan Kodim 1705 Paniai, Nabire, pada hari Rabu (02/07).

Dalam sambutannya Dandim 1705/Paniai Letkol Inf Frans Yohanes Purba mengungkapkan bahwa kegiatan Pramuka ini berguna untuk mendidik para generasi muda Indonesia, khususnya yang berada di wilayah Papua. Kegiatan ini pula sangat positif dilakukan untuk menumbuhkan sifat dan watak yang berbudi pekerti luhur, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1705 Paniai, Letkol Inf Frans Yohanes Purba juga menghimbau kepada gerakan Pramuka untuk selalu berupaya melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti ini untuk lebih ditingkatkan kembali selain sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan diantara keanggotaan Pramuka. Sehingga kegiatan ini menjadi tonggak demi masa depan generasi muda yang lebih cerah.

Upacara penerimaan kontingen Kwarcab 2626 Deiyai tersebut diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan dan piala, sebagai wujud bentuk apresiasi atas keberhasilan mengikuti kegiatan Jambore Naional di Cibubur.

Sumber :  http://www.kodam17cenderawasih.mil.id/berita/upacara-penerimaan-kontingen-pramuka-kwarcab-2626-kabupaten-deiyai-di-kodim-1705paniai/

Wednesday, 2 July 2014

Badge Saka Widya Budaya Bakti

Bagi kakak-kakak anggota Saka Widya Budaya Bakti yang kesulitan mencari badge, sudah bisa di pesan di Kedai Atribut Perlengkapan Pramuka Scout Addict.

Pemesanan sms 0812 1774 6083

Tuesday, 1 July 2014

MOPD Diisi Kegiatan Spritual, Pramuka Ditetapkan Eskul Wajib Semua Jenjang Pendidikan

Rembang - Pada tahun kalander akademik tahun pelajaran 2014/2015, tercatat hari pertama masuk sekolah yakni tanggal 14 Juli mendatang dan biasanya digelar kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) yang dahulu dikenal dengan nama Masa Orientasi Sekolah (MOS). Lantaran bertepatan dengan bulan puasa, jauh hari Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, mengingatkan agar kegiatan diisi kegiatan non fisik.

Kasi SMP dan SMA Bidang Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, Selasa (1/7) menyampaikan bahwa semua sekolah segera dikirim surat edaran terkait pelaksanaan MOPD. Karena berlangsung pada bulan
ramadhan, maka untuk menjaga stamina anak didik baru ditentukan jika bersifat fisik dilarang, diganti dengan kegiatan mengarah spritiual.

Lanjut Joko, diantaranya mengadakan pengajian atau pesantren kilat bagi siswa muslim sedangkan kepada siswa non muslim diisi kegiatan pengenalan sekolah secara pembahasan di kelas dan lainnya yang sifatnya teoritis. Hal ini dimaksudkan agar tidak muncul diskrimasi.     perlakuan atas perbedaan keyakinan para siswa.

Menurut Joko, salah satu hal baru dalam penerapan kurukum 2013 yang berlaku mulai tahun ini secara universal adalah mewajibkan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan oleh semua siswa pada seluruh jenjang pendidikan, mulai SD hingga SMA sederajat. Bahkan ditetapkan pula
bermetode blok dengan pengertian diberikan dalam hitungan 36 jam pelajaran atau selama enam hari mulai Senon sampai Sabtu, per hariselama 6 jam

Joko tambahkan, untuk pelaksanaan diserahkan pada masing-masing sekolah dan Dinas Pendidikan menunggu laporan hasil kegiatan secara komplit berikut dokumentasinya. Karena akan disusun dalam bentuk laporan yang sewaktu-waktu akan dimonitoring oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Sumber : http://www.meristanews.co.id/mopd-diisi-kegiatan-spritual-pramuka-ditetapkan-eskul-wajib-semua-jenjang-pendidikan/