Minggu, 16 Agustus 2020

Habib Muhammad Husein Al Muthohar Salah Satu Pendiri Gerakan Pramuka

Bagi anggota Pramuka pasti tidak asing lagi dengan nama H. Muthohar. Beliau adalah pencipta lagu dari Hymne Pramuka yang setiap kegiatan Pramuka pasti selalu di nyanyikan lagunya.

Tapi pasti belum banyak yang tahu bahwa H. Muthohar adalah seorang Habib keturunan Rasulullah SAW, nama lengkapnya adalah Habib Muhammad Husein Al Muthohar, paman dari Habib Umar Al Muthohar Semarang.

H. Mutahar adalah salah seorang tokoh utama Pandu Rakyat Indonesia. Pandu Rakyat Indonesia adalah gerakan kepanduan independen yang berhaluan nasionalis. Ia juga dikenal anti-komunis. 

Pada waktu seluruh gerakan kepanduan dilebur menjadi Gerakan Pramuka, H. Mutahar juga menjadi tokoh yang ikut serta di dalamnya. 

Namanya H. Mutahar juga terkait dalam mendirikan dan membina Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), tim yang beranggotakan pelajar dari berbagai penjuru Indonesia yang bertugas mengibarkan Bendera Pusaka dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Habib yang dikenal dengan H.Muthohar ini telah menciptakan ratusan lagu indonesia, seperti contohnya Lagu Nasional hari merdeka, hymne syukur, hymne Pramuka, Dirgahayu Indonesia ku, juga lagu anak2 seperti gembira, tepuk tangan silang, mari tepuk tangan dan masih banyak lagi. 

H. Mutahar lahir di Semarang, Jawa Tengah, 5 Agustus 1916, meninggal dunia di Jakarta pada usia hampir 88 tahun, 9 Juni 2004 akibat sakit tua. Jenazahnya dimakamkan di Pemakaman Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Sumber : 
- https://www.harianaceh.co.id/2019/08/17/habib-husein-al-muthohar-pencipta-lagu-17-agustus-1945/
- https://www.swamedium.com/2019/08/17/habib-husein-al-muthohar-pencipta-lagu-17-agustus-1945/
- https://id.wikipedia.org/wiki/Husein_Mutahar


0 komentar:

Posting Komentar