Selasa, 24 Januari 2012

Pramuka Maros Latihan Antisipasi Bencana

MAROS, Terkait ancaman bencana yang melanda Kabupaten Maros setiap tahunnya, Pramuka Peduli menggelar kegiatan Siaga Penanggulangan Bencana yang dimulai 22-23 Januari di Sekretariat Kwartir Cabang Pramuka Maros, Jl Poros Maros-Bantimurung.

Ketua Pramuka Peduli Kwartir Cabang (Kwarcab) Maros, Muh Yusuf, mengatakan dalam rangka menggalakkan siaga bencana yang mengancam wilayah Kabupaten Maros, Kwartir Cabang Pramuka Maros berinisiatif melaksanakan pelatihan dasar penanggulangan bencana. Mereka melibatkan pramuka penegak dan pandega se-Kabupaten Maros. Mulai usia 16-25 tahun.

Kegiatan dihadiri sekitar 50-an peserta utusan dari tiap-tiap kecamatan. Sasaran kegiatan diharapkan agar setiap peserta nantinya akan menjadi sukarelawan di daerahnya masing masing. Setelah dikembalikan ke daerahnya, para kader diharapkan senantiasa menyampaikan situasi dan keadaan. Baik berupa ancaman atau kejadian bencana di wilayahnya kepada posko Pramuka Peduli Kwarcab Maros.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Pramuka Peduli Kwarcab Maros, SA Rasul Assagaf, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya mereka untuk mengembalikan citra kepramukaan yang berjiwa sosial dan bermanfaat kepada masyarakat.

"Selama ini kegiatan pramuka hanya dikenal aktif berkemah, sehingga kita ingin tunjukkan kepada masyarakat bahwa pramuka sebenarnya dapat berbuat dan ikut serta membantu masyarakat, khususnya yang menjadi korban bencana alam", jelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar