Monday, 11 January 2016

34 Pramuka Indonesia Ikuti Jambore Nasional Australia 2016


34 Pramuka SMP Al Azhar Jakarta didampingi 6 pembina mengikuti Jambore Nasional Australia yang diselenggarakan di Cataract Scout Park di negara bagian New South Wales, sekitar 120 km dari Sydney. Jambore Nasional Australia diselenggarakan  3 - 13 Januari 2016.

"Ini adalah untuk ketiga kalinya Indonesia ikut ambil bagian dalam kegiatan jambore nasional pramuka di Australia." kata Rosdiana salah seorang pendamping tim Indonesia kepada wartawan ABC Australia Plus L. Sastra Wijaya hari Senin (11/1).

"Pramuka Indonesia ikut di tahun 2010, 2013 dan sekarang ini. Jambore nasional Australia ini diselenggarakan dua tahun sekali.

Kegiatan jambore nasional Australia ini pada dasarnya adalah kegiatan yang diperuntukkan  bagi para pandu dari Australia namun negara-negara lain bisa mengirimkan anggota mereka untuk ikut. Tahun ini ada 14 negara yang ikut termasuk dari Indonesia.

Menurut Rosdiana, dalam pembukaan Jambore 3 Januari, Gubernur negara bagian New South Wales David Hurley secara khusus mengucapkan selamat datang kepada tim dari Indonesia. "Beliau mengatakan dalam  bahasa Indonesia "Selamat Datang. Semoga anda senang bersama kami." kata Rosdiana.

Dalam kegiatan jambore Australia 2016 ini diikuti oleh sekitar 11 ribu pandu dari semua negara bagian. Menurut salah seorang pendamping lokal Rosita Van LooyMcCann, para pramuka dari Indonesia sudah mendapatkan beberapa penghargaan dalam kegiatan mereka sejauh ini.

"Di depan tenda mereka sudah ada empat penghargaan, yaitu untuk kebersihan, keamanan, ketrampilan dan juga komunitas." kata Rosita.


0 comments:

Post a Comment