Thursday, 19 January 2017

Bakti Sosial Pramuka SMA1 Sapuran Wonosono

WONOSOBO –  Anggota pramuka Penegak SMA1 Sapuran sebanyak 257 anak mengadakan bakti masyarakat dan penghijauan di Dusun Satriyan, Desa Warangan, Kecamatan Kepil, kemarin.

Kegiatan bakti masyarakat dan penghijauan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Tegak Karya Manunggal (TKM). Selama tiga hari, anggota pramuka SMA1 Sapuran berbaur dengan masyarakat dan mengadakan kegiatan bakti sosial bersama. Kegiatan bakti masyarakat yang dilakukan berupa membantu membuat jalan desa dari Dusun Setrian, Desa Warangan menuju ke Desa Ropoh Kepil.

Selain pembuatan jalan desa, anggota pramuka SMA 1 Sapuran juga melakukan penghijauan dengan menanam 20 batang pohon cengkeh di sekitar lapangan dan makam Dusun Satrian. Tidak hanya melibatkan masyarakat secara umum, kegiatan bakti masyarakat SMA 1 Sapuran juga melibatkan ibu-ibu PKK dalam kegiatan bersih lingkungan.

Kepala SMA 1 Sapuran, Indah Nurhayati mengatakan, kegiatan TKM merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan pembentukan karakter kepemimpinan dan rasa tanggung jawab kepada anggota pramuka. Selain itu, lokasi kegiatan yang jauh dari keramaian juga diharapkan dapat melatih peserta untuk lebih banyak melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat bagi warga sekitar. ’’Yang paling penting adalah bahwa kegiatan TKM ini ditujukan untuk sosialisasi terhadap masyarakat,’’ujarnya, Rabu (18/1).

Dalam kesempatan tersebut, Camat Kepil, Singgih Kuncoro berterima kasih telah memilih Desa Warangan sebagai lokasi TKM SMA 1 Sapuran. Dia berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan Tegak Karya Manunggal di Desa Warangan Kecamatan Kepil dapat memotivasi anak-anak desa untuk bersekolah. Ia menyebutkan, saat ini masih banyak anak-anak desa Warangan yang bersekolah baru sampai di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). ’’Hadirnya anggota pramuka SMA 1 Sapuran diharapkan bisa mendorong penduduk setempat untuk menyekolahkan putra putrinya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,’’ujarnya.

Waka Binamuda Kwarcab Wonosobo, Sri Widyastuti memberikan apresiasi kepada pramuka SMA 1 Sapuran yang telah melakukan bakti masyarakat dengan membantu pembangunan pembuatan jalan desa menuju ke Desa Ropoh Kepil. Widyastuti berharap, melalui kegiatan tersebut, para anggota pramuka bisa memiliki kedisiplinan tinggi, ketekunan, keberanian, dapat berlatih mandiri serta memiliki jiwa sosial dan kepedulian yang tinggi serta memiliki kepekaan sosial untuk membantu sesama.

Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pramuka-bantu-buat-jalan-desa/

0 comments:

Post a Comment