Jumat, 17 Februari 2023

Makna dan Filosofi Logo Raimuna Nasional XII Tahun 2023



Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Kak Budi Waseso pada Selasa (07/02/2023) telah melaunching Logo Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 bersamaan dengan pembukaan Sidang Paripurna Nasional (Sidparnas)

Logo Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 merupakan terinspirasi dari penggabungan huruf R dengan angka 12. Huruf R mewakili kata Raimuna dan angka 12 mengisyaratkan Raimuna Nasional yang ke dua belas.

Dalam  Logo Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 ada siluet Tunas Kelapa, sebagai penanda bahwa Raimuna Nasional 12 Tahun 2023 diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka. Serta lambang WOSM yang menunjukkan bahwa Gerakan Pramuka merupakan bagian oganisasi kepanduan dunia. 

Logo Rainas XII Tahun 2023 setidaknya memiliki lima lambang filosifi simbolik, yaitu :

- Burung Garuda mewakili kekuatan, kebijaksanaan, kewibawaan, idealisme dan semangat. Arti tersebut dipertegas dengan kepakan sayap yang belambangkan: 

-Kebebasan. Kepakan sayap garuda dapat mewakili ide tentang kebebasan dan kemerdekaan. 

- Kekuatan. Dengan kepakan sayap, burung Garuda dapat terbang tinggi dan membawa beban yang berat, sehingga mengisyaratkan tentang kekuatan dan keberanian. 

- Ambisi. Keinginan untuk terbang tinggi dan bebas dapat mewakili ambisi seseorang untuk mencapai prestasi dan memenuhi potensinya. 

- Transformasi. Kepakan sayap juga dapat mengisyaratkan tentang transformasi atau perubahan, seperti dalam proses pematangan dan perkembangan diri.


Sumber: 
https://pramukadiy.or.id/makna-logo-raimuna-nasional-xii-tahun-2023/


raimuna, rainas, penegak, pandega, kemah pramuka , kemah nasional, scoutaddict, kwarnas, gerakan pramuka, jakarta, cibubur, pramuka indonesia

0 komentar:

Posting Komentar