Arena Lomba Pramuka Tingkat Penggalang SMP/ MTs Sederajat Se-Jawa Barat
“Scout to Build Leadership Soul”
Gerakan Pramuka Gugus Depan 06177 – 06178
Sekretariat: SMAN 2 Tambun Selatan
Jl. Aries, Perum SKU, Ds. Mekarsari, Tambun Selatan, Kab. Bekasi
Telp. (021) 88335916 E-mail: albularang.sman2tamsel@gmail.com
Blog : pramukasman2tamsel.blogspot.com
PERSYARATAN DAN TATA TERTIB
1. Peserta adalah anggota Pramuka Penggalang SMP/MTs Sederajat yang aktif di Gugus Depannya.
2. Setiap Gugus Depan dapat mengirimkan minimal 1 (satu) regu putra dan 1 (satu) regu putri.
3. Peserta telah mendaftar dan menyerahkan formulir pendaftaran.
4. Setiap peserta wajibmengenakan pakaian seragam Pramuka lengkap.
5. Setiap peserta wajib membawa perlengkapan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan lomba.
6. Peserta wajib mengikuti Technical Meeting yang diwakili oleh Pembina/Pembantu Pembina serta Pemimpin Regu.
7. Peserta yang tidak mengikuti Technical Meeting dianggap telah menyetujui hasil Technical Meeting dan tidak ada keterangan susulan.
8. Peserta wajib mengikuti upacara pembukaan serta penutupan dan apabila ada peserta yang pulang sebelum acara selesai, maka segala keputusan dewan juri akan dibatalkan.
9. Peserta yang berasal dari Kabupaten Bekasi wajib datang pukul 07.00 WIB.
10. Khusus peserta yang berasal dari luar kabupaten Bekasi akan diberikan dispensasi, dengan ketentuan sebagai berikut:
Peserta yang berasal dari Kota Bekasi diberikan dispensasi selama 30 menit.
Peserta yang berasal dari luar Kota Bekasi diberikan dispensasi selama 45 menit.
11. Peserta dilarang membawa senjata tajam dalam bentuk apapun.
12. Peserta dilarang membawa buku panduan/catatan yang berkaitan dengan materi yang akan dilombakan pada saat perlombaan berlangsung.
13. Peserta tidak diperbolehkan meminjam perlengkapan atau bekerja sama dengan peserta lain.
14. Setiap peserta dilarang mengganti anggotanya tanpa seizin panitia.
15. Setiap peserta boleh mengikuti dua mata lomba selama waktunya tidak bersamaan.
16. Peserta dilarang membawa dan menghisap rokok, membawa dan menghisap narkoba, membawa dan meminum minuman keras.
17. Peserta harus menjaga kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kenyamanan lingkungan.
18. Peserta harus menjaga persatuan dan persaudaraan dengan peserta lain dan dilarang keras mengganggu, mengejek, atau menghina peserta lain.
19. Peserta yang melanggar tata tertib akan diberikan sanksi/didiskualifikasi.
20. Persyaratan dan tata tertib yang belum tercantum disini akan diumumkan pada saat Technical Meeting.
PENDAFTARAN
1. Pendaftaran “HUT ALBULARANG VIII” dimulai sejak diterimanya surat ini sampai dengan 2 Oktober 2011.
2. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung maupun online melalui telepon dan internet dengan batas waktu pendaftaran pada tanggal 2 Oktober 2011 pukul 23.59 WIB
3. Pendaftaran secara langsung dilakukan dengan mendatangi Sekretariat SMAN 2 Tambun Selatan pada hari kerja (Senin s.d. Sabtu) pukul 09.00 – 14.00 WIB.
4. Pendaftaran melalui telepon dapat menghubungi langsung nomor telepon pada point 11, ataupun sms dengan format sebagai berikut:
DAFTAR(spasi)HB8(spasi)NAMA PANGKALAN(tanda #) JUMLAH REGU
Contoh: DAFTAR HB8 SMAN 2 TAMBUN SELATAN#1 Pa#2 Pi
(Lalu kirimkan ke salah satu nomor HP pada point 11).
5. Pendaftaran melalui internet dapat dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran yang sudah kami sediakan, antara lain :
Blogspot : pramukasman2tamsel.blogspot.com
E-mail : albularang.sman2tamsel@gmail.com
Facebook : Pramuka Sman Dua TambunSelatan (ALBULARANG SCOUT)
Find Page : Lomba Pramuka HUT ALBULARANG VIII
Group FB : Lomba Pramuka HUT ALBULARANG VIII
6. Bagi para pendaftar online (telepon dan internet), biaya administrasi dapat di transfer melalui rekening: 00205-01-51-000904-1 (a/n Mariam Kc. Cibitung)
7. Bagi peserta yang membooking tempat (sebelum dan pada saat Technical Meeting) namun tidak membayar biaya administrasi sampai dengan tanggal 2 Oktober 2011 dianggap telah mengundurkan diri.
8. Pendaftaran akan ditutup apabila peserta sudah memenuhi target walaupun waktu pendaftaran belum berakhir.
9. Daftar ulang dapat dilakukan secara ONLINE dan FISIK. Bagi pendaftar online, berkas dapat di download (tercantum pada point 5), setelah berkas diisi lalu dikirimkan kembali ke email: albularang.sman2tamsel@gmail.com Sedangkan bagi peserta yang tidak dapat mengolahnya secara online, dapat menyerahkan berkas dalam bentuk fisik dengan melampirkan:
a. Formulir pendaftaran yang sudah diisi dengan lengkap.
b. Membawa Surat Mandat dari Kepala Sekolah/Ka Mabigusnya masing-masing.
c. Menyerahkan foto regu ukuran postcard 1 lembar dengan pakaian pramuka lengkap.
d. Fotocopy Kwitansi Pendaftaran/Bukti Transfer Uang Pendaftaran.
e. Bagi peserta yang melakukan daftar ulang secara FISIK harap menggunakan map:
- Regu putra menggunakan map berwarna merah
- Regu putri menggunakan map berwarna biru
10. Batas waktu penerimaan berkas daftar ulang secara online adalah pada tanggal 2 Oktober 2011 pukul 23.59 WIB, dan batas waktu penerimaan berkas daftar ulang secara fisik adalah pada tanggal 2 Oktober 2011 pukul 17.00 WIB.
11. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
- Kak Fahreza : 0896 5313 6246
- Kak Sandy : 0852 1834 9372
- Kak Firda : 021 9445 3413
TECHNICAL MEETING
Technical Meeting akan diselenggarakan pada:
Hari : Minggu (Ahad)
Tanggal : 25 September 2011
Waktu : Pukul 10.00 s.d Selesai
Tempat : Kampus SMAN 2 Tambun Selatan
Jl. Aries, Perum. Sinar Kompas Utama (SKU)
Ds. Mekarsari, Kec. Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi
Pakaian : Bebas, rapi, dan sopan
Jumlah peserta : Terdiri atas maksimal 3 orang tiap Gugus Depan
PENGHARGAAN DAN HADIAH
1. PIALA TETAP, akan diberikan kepada:
a. Juara 1 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
b. Juara 2 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
c. Juara 3 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
d. Juara Harapan 1 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
e. Juara Harapan 2 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
f. Juara Harapan 3 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tongkat (LKBBT)
g. Juara 1 Lomba Tapak Tilas
h. Juara 2 Lomba Tapak Tilas
i. Juara 3 Lomba Tapak Tilas
j. Juara Harapan 1 Lomba Tapak Tilas
k. Juara Harapan 2 Lomba Tapak Tilas
l. Juara Harapan 3 Lomba Tapak Tilas
2. Memperebutkan PIALA BERGILIR :
a. Piala Bergilir Markas Besar TNI-AD
b. Piala Bergilir Mentri Negara Pertahanan RI
c. Piala Bergilir Gubernur Jawa Baratd.
d. Piala Bergilir Bupati Bekasi
PETUNJUK PELAKSANAANDAN PETUNJUK TEKNIS MATA LOMBA
1. LOMBA KREASI BARIS BERBARIS TONGKAT (LKBBT)
a. Jumlah peserta 10 orang, sudah termasuk Danton.
b. Melakukan gerakan di tempat, gerakan berpindah tempat, dan gerakan berjalan
c. Durasi waktu maksimal 8 menit.
2. TAPAK TILAS
a. Jumlah peserta 5 orang
b. Terdiri atas 4 pos:
- POS 1 (SOULE dan SMS)
- POS 2 (PIKIR)
- POS 3 (PANSOR)
- POS 4 (PINTA)
POS 1 (Scout Intellegent-SOULE dan Sandi, Morse, Semaphore-SMS)
a. Peserta dikelompokkan menjadi 4 macam:
- 1 orang untuk menjawab Soal Scout Intelegent
- 1 orang untuk menjawab Soal Sandi
- 2 orang untuk menjawab Soal Morse
- 1 orang untuk menjawab Soal Semaphore
b. Membawa alat tulis beserta papan testing.
c. Durasi waktu maksimal 10 menit.
POS 2 (Pintar Menaksir-PIKIR)
a. Peserta menaksir (mengukur) apa yang diperintahkan dalam soal dengan sistem kocok yang sebelumnya diambil terlebih dahulu.
b. Membawa tongkat maksimal 5 buah@ukuran 160 cm.
c. Durasi waktu maksimal 10 menit.
POS 3 (Pandu Sorak-PANSOR)
a. Peserta menampilkan yel-yel, baik dalam bentuk vocal maupun gerakan.
b. Membawa aksesoris tambahan sesuai kebutuhan asalkan tidak berlebihan.
c. Durasi waktu maksimal 2 menit untuk persiapan dan maksimal 5 menit untuk penilaian yel-yel.
POS 4 (Pinru dan Peta-Pita-PINTA)
a. Peserta dikelompokkan menjadi 2 macam:
- 1 orang PINRU menjawab 50 soal Pengetahuan Umum dan Kepemimpinan
- 4 orang PASUKAN membuat Peta-Pita mengenai route perjalanan yang telah ditempuh
b. Membawa alat tulis dan kertas karton berwarna putih 1 buah
c. Durasi waktu maksimal 10 menit.
KRITERIA PENILAIAN
1. LKBBT
Aspek yang dinilai:
a. Gerakan di tempat
b. Gerakan berpindah tempat
c. Gerakan berjalan
d. Kekompakan
e. Variasi Formasi
Aspek yang dapat mengurangi point:
a. Melewati garis batas yang telah ditetapkan
b. Waktu tampil kurang dari batas waktu aman
c. Melewati batas waktu yang telah ditentukan
d. Jumlah peserta tidak sesuai ketentuan
e. Jatuhnya atribut peserta
Aspek yang dapat menomorterakhirkan urutan waktu tampil peserta:
a. Tidak segera memasuki Daerah Persiapan (DP) 1 setelah mendapat komando dari panitia
2. TAPAK TILAS
1) POS 1 (Scout Intellegent-SOULE dan Sandi, Morse, Semaphore-SMS)
Aspek yang dinilai:
a. Ketepatan dalam menjawab soal
b. Keseragaman
c. Sikap dan tingkah laku
Aspek yang dapat mengurangi point:
a. Kesalahan dalam menjawab soal
b. Ketidaklengkapan atribut dan perlengkapan yang harus dibawa
c. Kekurangdisipinan dalam bersikap
Aspek yang dapat mendiskualifikasikan peserta:
a. Tertangkap sedang mencontek buku/catatan dalam bentuk apapun
b. Mencontek pekerjaan dari peserta lain
2) POS 2 (Pintar Menaksir-PIKIR)
Aspek yang dinilai:
a. Ketepatan hasil penaksiran
b. Kecepatan dalam menaksir
c. Proses penaksiran
d. Keseragaman
e. Sikap dan tingkah laku
Aspek yang dapat mengurangi point:
a. Ketidaklengkapan atribut dan perlengkapan yang harus dibawa
b. Kekurangdisipinan dalam bersikap
c. Membuat kegaduhan
Aspek yang dapat mendiskualifikasikan peserta:
a. Tertangkap sedang membawa/mencontek buku/catatan dalam bentuk apapun yang berisi rumus dalam penaksiran
b. Mencontek pekerjaan dari peserta lain
3) POS 3 (Pandu Sorak-PANSOR)
Aspek yang dinilai:
a. Keterampilan atribut
b. Frekuensi suara
c. Kreativitas
d. Kehebohan
Aspek yang dapat mengurangi point:
a. Melebihi batas waktu yang telah ditentukan
b. Waktu tampil kurang dari batas waktu yang telah ditentukan
4) POS 4 (Pinru dan Peta-Pita-PINTA)
Aspek yang dinilai:
a. Ketepatan dalam menjawab soal pinru
b. Ketepatan dalam membuat Peta-pita
c. Kerapihan dalam membuat Peta-pita
d. Kreativitas dalam membuat Peta-pita
Aspek yang dapat mengurangi point:
a. Kesalahan dalam menjawab soal pengetahuan umum
b. Kesalahan dan ketidakrapihan dalam pembuatan Peta-pita
Sumber : fb hut abularang viii