Saturday, 15 December 2012

Pramuka Jadi Mata Pelajaran Wajib

MALANG - Pramuka akan menjadi mata pelajaran wajib di semua sekolah mulai SD/MI hingga SMA/MA/SMK. Hal ini tercantum dalam draft kurikulum 2013 yang saat ini sedang dalam masa uji publik.

Menurut Kasi Dikmen Dikbud Kota Malang, Budiono, di Kota Malang hampir semua sekolah sudah memiliki gugus depan (Gudep).

”Sejak tahun ini Pramuka sudah kami wajibkan di Kota Malang, dalam rangka menyukseskan program pendidikan karakter,” ungkapnya. Menurut Budi, Pramuka adalah kegiatan yang dipandang pemerintah sangat tepat untuk membentuk karakter siswa. Apalagi organisasi Pramuka saat ini juga sudah memiliki jaringan di seluruh dunia.

”Yang Gudep nya sudah mati atau belum punya harus segera mendirikan gudep baru, karena kedepan Pramuka akan menjadi mata pelajaran wajib,” bebernya.

Sementara itu menanggapi kekhawatiran masyarakat jika Kurikulum 2013 diterapkan akan ada penghapusan beberapa mata pelajaran, Mendikbud M Nuh dalam website resmi Kemendikbud menyampaikan tidak ada penghapusan mata pelajaran, yang ada hanya pengintegrasian mata pelajaran.

Mata pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar (SD) diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran. Pengintegrasian ini dilakukan karena penting, serta menyesuaikan zaman yang terus mengalami perkembangan pesat.

Hadirnya kurikulum baru bukan berarti kurikulum lama tidak bagus. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Pergeseran paradigma belajar abad 21 dan kerangka kompetensi abad 21 menjadi pijakan di dalam pengembangan kurikulum 2013.

0 comments:

Post a Comment