Wednesday, 22 May 2013

Pramuka Harus Siap Menghadapi Tantangan

CIAMIS - Untuk dapat menjalankan peran dan fungsi tersebut dengan baik,seluruh anggota Pramuka,kapan dan dimanapun senantiasa terus menerus dan harus dapat meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan,yakni Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,demikian hal itu diungkapkan Wakil Bupati Ciamis yang juga Ketua Kwarcab Ciamis H.Iing Syam Arifin didamping saat pengukuhan peserta Kursus Mahir Lanjutan (KML) diaula Dasa Darma,Gedung Pramuka Ciamis Selasa,(21/5).

Iing,mengharapkan seluruh keluarga besar Gerakan Pramuka  benar-benar dapat mengimplementasikan revitalisasi (pemberdayaan) gerakan Pramuka secara terstruktur dan sistematis,serta terintegrasi dengan berbagai kebijakan yang terkait,terlebih lagi,revitalisasi Pramuka dimaksud sangat terkait dengan kebijakan pemerintah saat ini,yakni revitalisasi karakter bangsa.
"Oleh sebab itu sejalan dengan upaya meningkatkan pemberdayaan Gerakan Pramuka dalam mencegah terjadinya dekadensi moral hendaknya harus menumbuh-kembangkan tiga karakter yang sangat urgen dalam setiap kegiatan Pramuka yang dilakukan yakni karakter kepribadian kuat,kepemimpinan,dan kewirausahaan,"ungkapnya.

Dipaparkanya,setiap kegiatan Pramuka harus dapat dijadikan sebagai kawah candradimuka bagi munculnya pemimpin yang berkualitas dan bertanggung jawab. Kepemimpinan yang dikembangkan melalui setiap kegiatan Pramuka tidak boleh hanya mengarah pada kesiapan untuk menjadi pemimpin,namun juga kesiapan untuk dipimpin yang pada akhirnya menimbulkan keseimbangan di masyarakat.

"Untuk hal ini semua saya sangat menaruh harapan besar terhadap gerakan Pramuka terutama  kepada para pembina pramuka untuk bisa meningkatkan kiprahnya dan kualitas pembinaan pasalnya gerakan Pramuka mengajarkan nilai-nilai yang baik sebagai karakter bangsa,"tegasnya

Sumber : http://www.tvberita.com/berita-2609-pramuka-harus-siap-menghadapi-tantangan-.html

0 comments:

Post a Comment