Boyman, Black Book, Scouting for Boys

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Kain Batik Pramuka Indonesia

Kedai Pramuka Scout Addict menghadirkan kain batik Pramuka sebagai wujud kebanggaan warisan budaya Indonesia.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Tuesday, 28 September 2010

Pesanan Scraf dan Ring Garuda dari Madiun

Kami ucapkan terima kasih kepada Kak Wawan dari Madiun yang telah memesan Scraf dan Ring Garuda. Kami tunggu pesanannya lagi. Maaf tidak bisa menampilkan foto barang pesanannya

Kwarnas Ingin Wadah Tunggal Bagi Pramuka

Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka terus berupaya meloloskan RUU Pramuka. Bahkan Kwarnas tak ingin jika RUU Pramuka yang nantinya disahkan, ada gugatan di kemudian hari terutama tentang wadah tunggal kepanduan di tanah air.

Untuk itu Ketua Kwarnas, Pramuka Prof. Dr. Azrul Azwar, menemui Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Kepada wartawan usai bertemu Mahfud di MK, Senin (27/9), Azrul mengatakan, UU Pramuka harus benar-benar bisa memayungi gerakan Pramuka di Indonesia, sekaligus mewadahi seluruh kegiatan kepanduan di Indonesia dalam satu wadah.

”UU tersebut juga diharapkan dapat mempersatukan seluruh kegiatan kepanduan dalam satu wadah Pramuka Indonesia. Karena ada yang menyebutkan perlu satu wadah, tapi ada yang berpendapat bisa lebih dari satu wadah,” kata Azrul.

Menurutnya, pihak yang pro maupun kontra dengan wadah tunggal Pramuka muncul dalam pembahasan RUU Pramuka di DPR. Azrul mengakui, adalah hal wajar jika di era demokrasi ada yang berpendapat Pramuka tidak harus dalam satu wadah tunggal. Namun ditegaskannya, jika Pramuka tidak ada dalam satu wadah maka hal itu akan merugikan Pramuka sendiri.

”Pramuka bisa pecah dan terkotak-kotak. Padahal di luar negeri hanya ada satu organisasi pramuka di setiap negara. Karenanya, kita memerlukan UU agar hanya ada satu wadah bagi organisasi yakni melalui Gerakan Pramuka,” imbuhnya.

Dipaparkannya pula, dalam pertemuan dengan Ketua MK itu juga juga dibahas seputar peluang adanya peninjauan kembali (uji materiil) terhadap UU Gerakan Pramuka jika nantinya dudah disahkan dan diundangkan. Kemungkinan gugatan terkait wadah tunggal bagi Pramuka.

Namun Azrul yang mengutip Mahfud menyatakan, jika wadah tunggal itu sudah mendapat persetujuan DPR maka peluang dikabulkannya uji materi akan sangat kecil. "Jika sudah disepakati organisasi pramuka hanya satu wadah, maka tidak diperlukan uji materiil,” tandas Azrul.

Lebih langut Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka periode 2008-2013 itu mengharapkan, fusi tahun 1961 yang menyatukan banyak organisasi kepanduan ke dalam wadah organisasi bernama Gerakan Pramuka tetap harus dipertahankan. Mantan Ketua PB Himpunan Mahasiswa Islam itu mencontohkan, pesantren bisa saja membentuk gugus depan berbasis Muhammadyah, NU dan lainnya. "Pesantren Gontor, Darunnajah dan sekolah-sekolah di bawah Yayasan Islam Terpadu telah memiliki gugus depan sejak tahun 1980-an," tandasnya.

Sumber : JPNN

Geng Motor Harus Ditarik Jadi Anggota Pramuka

Remaja yang terjun menjadi anggota geng motor lebih disebabkan tidak ada perhatian dari orang tua maupun masyarakat. Selain itu, remaja juga tidak memiliki wahana untuk menyalurkan ekspresinya.

"Jangan hanya bisa menyalahkan remaja ketika menjadi anggota geng motor karena bisa jadi orang tua dan masyarakat kurang perhatian kepada anak-anak remaja," kata Ketua Kwarda Pramuka Jabar, H. Dede Yusuf, dalam peringatan ulang tahun Pramuka tingkat Kab. Bandung di Lapangan Upakarti, Senin (27/9).

Lebih jauh Dede Yusuf mengatakan, Pramuka harus menjadi wadah bagi remaja untuk menyalurkan bakat dan minatnya. "Jangan sampai anggota Pramuka malah ikut menjadi anggota geng motor. Namun, saya yakin anggota Pramuka tidak akan menjadi angota geng motor malah sebaliknya harus menarik anggota geng motor menjadi anggota Pramuka," katanya.

Peringatan hari Pramuka dipimpin Ketua Mabicab Pramuka Kab. Bandung H. Obar Sobarna, SIP, diikuti ratusan anggota Pramuka dari tingkat SD/MI s.d. SMA/SMK/MA.

Sumber : Pikiran Rakyat

Friday, 24 September 2010

Perkemahan Wirakarya Nasional 2010 Di Undur

Berdasarkan surat dari Kwartir Daerah Aceh nomor: 83/01-K, mengenai penguduran waktu pelaksanaan kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional 2010, yang telah dibahas dan disetujui oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, maka dengan ini kami beritahukan bahwa pelaksanaan PW Nasional 2010 akan diundur dari tanggal 22 s.d 29 November 2010, menjadi tanggal 29 November s.d 6 Desember 2010.

keadaan ini debabkan beberapa alasan berikut ini: (berdasarkan surat Kwarda Aceh)
a.Tanggal yang direncanakan tersebut sangat berdekatan waktunya dengan Hari Raya Idul Adha 1431 H, yang sampai saat ini masyarakat Aceh merayakan Idul Adha lebih meriah daripada Idul Fitri, sehingga kemeriahan PW Nasional 2010 akan berkurang.
b.Beberapa orang Pejabat Pemerintahan Propinsi Aceh dan beberapa orang pengurus Kwarda Aceh pada tanggal tersebut masih berada di Tanah Suci melaksanakan Ibadah Haji, termasuk Ketua Kwartir Daerah, sehingga dikhawatirkan pelaksanaan PW Nasional 2010 menjadi terkendala.

Pemberitahuan secara resmi akan menyusul, diberitahukan melalui surat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.


demikian atas, perhatiannya kami ucapka terima kasih.

Sumber : DKN

Kak Berthold Sinaulan menerima penghargaan SSA

Tercatat 92 tokoh menerima penghargaan SSA, termasuk tujuh tokoh kepramukaan dari luar negeri. Para tokoh dari luar negeri yang menerima penghargaan itu adalah Dato Seri Haji Mohd Ali bin Mohd Rustam (Malaysia), Prakorb Mukura (Thailand), Chan Siu (Hong Kong), dan Abdullah Rasheed (World Organization of the Scout Movement, Region Asia-Pasifik), yang masing-masing menerima Silver Award.

Kemudian, Berthold Sinaulan (Indonesia) serta J Rizal C Pangilinan dan Dale B Corvera (keduanya dari Filipina), yang masing-masing menerima Bronze Award. Berthold menjadi penerima pertama Bronze Award dari sejumlah 22 penerima penghargaan yang sama.

“Sejak lama saya bersahabat dengan banyak teman pramuka (pandu) dari Singapura. Tak disangka, persahabatan dan kerja sama saling membantu itu, ternyata dipandang signifikan oleh SSA,” ujar Berthold dikutip dari laman pribadinya.

Selain lencana, para penerima penghargaan itu juga memperoleh sertifikat yang ditandatangani oleh Presiden Singapura selaku Chief Scout SSA.

SSA akan menutup perayaan 100 tahun itu dengan kegiatan akbar, Jambore 100 yang sekaligus Jambore ASEAN ke-3 pada 4-9 Desember 2010.

Perkemahan yang bakal diikuti pramuka dari negara-negara anggota ASEAN dan sejumlah perwakilan negara di luar Asia Tenggara itu akan diadakan di Bumi Perkemahan Sarimbun, Singapura. Gerakan Pramuka dari Indonesia juga akan mengirim kontingennya ke jambore tersebut.

Sumber : ciputraentrepreneurship.com

Gus Ipul Calon Kuat Ketua Pramuka Jatim

Mantan Wakil Gubernur Jatim Soenarjo mendadak menemui Gubernur Jatim Soekarwo, Selasa (21/9/2010) sore di kantor gubernur, Jl Pahlawan Surabaya.

Soenarjo yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim dari Fraksi Partai Golkar dan Penasehat DPD Partai Golkar Jatim itu bukan untuk melakukan lobi politik ke gubernur, melainkan melaporkan agenda Musyawarah Daerah (Musda) Kwarda Gerakan Pramuka Jatim yang akan digelar di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, 27-29 Desember 2010.

Posisi Pakde Karwo sendiri adalah Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Kwarda GP Jatim. Agenda dalam musda itu adalah menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ), pemilihan ketua dan pengurus baru serta menyusun program kerja lima tahun ke depan.

"Saya tidak mungkin mencalonkan lagi, karena itu tidak etis. Apalagi, saya juga sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim. Masak saya yang menyusun dan sekaligus mengawasi anggaran. Jangan seperti anggota dewan yang banyak merangkap di kepengurusan KONI Jatim," tegas Soenarjo, mantan Ketua DPD Partai Golkar Jatim ini.

Informasi yang diperoleh beritajatim.com, calon terkuat pengganti Soenarjo adalah Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Ketua Kwarda Bidang Pembinaan Anggota Muda Singgih Setyo Sayogo dan Wakil Ketua Kwarda Bidang Pembinaan Anggota Dewasa AR Purmadi.

"Wajar saja kalau Gus Ipul juga calon terkuat. Ini karena meneruskan tradisi wakil gubernur menjadi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim," kata salah seorang pengurus Kwarda GP Jatim yang tak mau disebutkan namanya.

Proses pemilihan ketua dalam musda, yakni setiap perwakilan dari 38 kwartir cabang (kwarcab) se-Jatim akan mengusulkan 2 nama kandidat. Kemudian, akan diambil 10 besar dan dipilih di musda. Jika dalam musda ternyata pejabat yang terpilih memimpin Kwarda Pramuka, harus ditunjuk seseorang sebagai Ketua Pelaksana Harian untuk menjalankan roda organisasi sehari-hari.

Salah satu kandidat ketua, Purmadi menambahkan, siapapun calon yang maju diwajibkan mengerti dunia kepramukaan. Ini karena dalam AD/ART, calon minimal harus pernah aktif di kepramukaan selama 5 tahun. (Source: Berita Jatim, tok/but)

Sumber : dpp-pkb.or.id

Thursday, 23 September 2010

Gudep Diponegoro Tarakan ikuti Kem 1 Pengakap 1 Malaysia

Gudep Pangeran Diponegoro SMP Negeri 4 Tarakan yang mana ini merupakan kali ke 2 di undang oleh Pengakap Malaysia yang diadakan pada tanggal 30 Juli-2 Agustus di SAbah, Malaysia.

Berkat Dukungan dari Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Tarakan, Kak Tanto dan Para Guru-guru yang mensupport perjalanan ke Malaysia, dengan jumlah personil 6 Orang dan di Pimpin langsung oleh Kak Erik Akbar.

Terima kasih Kak, telah memakai Scraf Garuda Produksi Scout Addict

Sumber : diponegorojaya.blogspot.com

Monday, 20 September 2010

Lomba Pramuka "NASA DEWA VI"

Berdasarkan program kerja Regu Naga – Sakura Gugus Depan 1041 – 1042 Pangkalan SMP Negeri 19 Bekasi, kami selaku panitia Nasadewa VI bermaksud menyelenggarakan lomba pramuka dengan tajuk “NASA DEWA VI” yang memperebutkan piala Menteri Pendidikan Nasional tingkat SD/MI dan SMP/MTs se-Jawa Barat,DKI Jakarta dan Banten.­­­

Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:
Hari : Minggu
Tanggal : 31 Oktober 2010
Waktu : Pukul 06.00 WIB s/d selesai
Tempat : SMP Negeri 19 Bekasi
Jl. Flamboyan Raya Perum Harapan Indah Medan Satria – Kota Bekasi
Download edaran disini

Info dari blog http://nasadewabekasi.blogspot.com/

Jumpa Aksi Penggalang (JAP) XI Tahun 2010

Dalam rangka memeriahkan HUT Siliwangi ke 24 serta meninsak lanjuti kegiatan Jumpa Aksi Penggalang (JAP), maka Pramuka SMP Negeri 3 tanggerang akan mengadakan Jumpa Aksi Penggalang (JAP) yang ke-XI Tahun 2010 pada :

Hari/Tanggal : Minggi,10 Oktober 2010
Pukul : 07.00 s/d selesai
Tempat : SMP SSN 3 Tanggerang

Berikut ini ada beberapa informasi yang berkaitan dengan JAP XI :
  • Kami hanya membatasi regu peserta JAP XI yakni sebanyak 50 regu tingkat SD dan 50 regu tingkat SMP.
  • Technical Meeting dilaksanakan pada tanggal 26 September 2010 pukul 09.30 WIB s/d selesai untuk tingkat SMP dan untuk tingkat SD pukul 12.00 WIB s/d selesai.
  • Biaya Pendaftaran sebesar Rp 100.000/regu
  • Bagi peserta JAP XI yang berada di luar wilayah JABODETABEK, formulir pendaftaran dapat diambil dibawah ini. Pembayaran bisa dilakukan dengan mentransfer ke Nomor rekening: 0019401510006917 atas nama Dwi Handayani (Bank BTN). Apabila berminat mendaftar dengan cara diatas, dimohon menghubungi contact person untuk informasi lebih lanjut. Saat daftar ulang diharapkan membawa bukti pembayaran.
CP: Baehaqi: 083894776321

Info lebih lanjut di http://www.infojap-scoutnet.blogspot.com/

Sunday, 19 September 2010

Kunjungan dari Solo

Terima kasih atas kunjungannya kakak dari Solo. Saya mengucapkan mohon maaf karena tidak bisa menemui padahal sudah jauh-jauh dari Solo mencari gubuk saya yang kecil dan sulit di cari. Scout Addict belumlah suatu usaha yang besar seperti Kedai Pramuka yang lain. Barang saya belum banyak, hanya segelintir yng masih bisa saya tawarkan.

Selamat datang di Gubuk Pramuka saya yang seadanya. Terima kasih atas kunjungannya dan pembeliannya. Saya tunggu pembelian selanjutnya

Wednesday, 15 September 2010

Kirim Scraf dan Ring Garuda Ke Bontang


Terima Kasih kepada Kak Rizky dan Kak fadel dari Bontang yang telah memesan Scraft dan Ring Garuda. Kami tunggu pemesanan selanjutnya

Tuesday, 14 September 2010

Biar Ramai Peminat, Pramuka Akan Ganti Seragam

Bagi sebagian kalangan, kegiatan Pramuka dianggap sesuatu yang kuno dan ketinggalan jaman. Agar gerakan Pramuka tetap diminati, diwacanakan ada perubahan atribut gerakan Pramuka.

"Seperti yang sudah disampaikan Andi Mallarangeng (Mennegpora), atribut-atribut kita, atribut-atribut organisasi bagaimana supaya lebih menarik generasi muda. Sedang kita susun tim, mudah-mudahan kita punya atribut yang cocok dengan generasi saat ini dan situasi dan kondisi saat ini," kata Ketua Kwarnas Pramuka Azrul Azwar saat jumpa pers di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (4/8/2010).

Azrul menjelaskan, tim yang dibentuk tersebut akan mencari model seragam baru Pramuka seperti apa, apakah warnanya akan diubah atau dipertahankan seperti saat ini, apakah terus pake peci atau tidak, semua diserahkan kepada mereka.

"Karena nanti mereka akan melakukan studi banding, tetapi bukan studi ke luar negeri. Tapi melihat contoh-contoh dari 150 negara yang tergabung dalam organisasi World Organization of Scout Movement, ada 150 negara, kita mengacu secara internasional dan nanti diputuskan oleh tim," ujar Azrul.

Selain itu, untuk menjadikan Pramuka lebih diminati, akan ada upaya pembaharuan-pembaharuan terhadap materi Pramuka. "Itu yang diminta betul dari bapak wakil presiden," tambahnya.

Yang terpenting, menurut Azrul adalah revitalisasi Pramuka. Revitalisasi Pramuka dilakukan dengan mencoba memperbarui metode pendidikan, di samping tetap mempertahankan metode di alam terbuka, dan juga penambahan Iptek.

"Misalnya kita sudah menggunakan internet di dalam Jambore. Kita mencoba meningkatkan saka-saka kita sehingga misalnya anak-anak diajak bagaimana terbang layang di samping membikin modelling dan sebagainya," tutup Azwar.

Sumber : Detik.com

JK: Panja Pramuka Cukup Buka Internet, Tak Usah ke Luar Negeri

Panja Pramuka Komisi X DPR pergi melakukan studi banding ke Jepang, Korea Selatan dan Afrika Selatan. Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) menilai hal ini tidak perlu dilakukan.

"Zaman sekarang sudah canggih, tinggal buka internet, ada itu data semua tentang pramuka," ujar JK usai acara nonton bareng film 'Sang Pencerah' di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (13/9/2010).

JK mengaku tidak melarang anggota DPR pergi studi banding ke luar negeri. Tetapi harus dilihat urgensinya. Jika memang penting silakan pergi, jika tidak gunakan saja internet.

"Kalau untuk ini tidak perlu. Pemborosan," tegas JK.

Sumber : detik.com

Kalau menurut saya(admin scoutaddict) Panja DPR perlu menganalisa kekurangan n masalah-masalah yang ada di Kepramukaan, sehingga nantinya tahu solusi bagi kemajuan Pramuka. Jadi DPR harus turun ke bawah sampai ke Gugusdepan

Halal Bil Halal Pramuka SMPN 4 Kediri

Pramuka SMPN 4 Kediri akan mengadakan Halal Bil halal yang akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 16 September 2010 bertempat di SMPN 4 Kediri.

Bagi Alumni semua angkatan di harapkan kedatangganya. Demikian atas perhatian nya kami ucapkan trima kasih.

TTD: DKG'09-10

Sunday, 5 September 2010

Pesanan dari Kak Hamzah dari Polewali

Terima kasih kepada kak Hamzah Hasanuddin dari Polewali,Sulawesi Barat, yang telah memesan Aksesoris Pramuka (Wings Saka, Tanda Jabatan, Pin Saka, dll). Semoga Pramuka Polewali dan Indonesia terus berkembang. Kami tunggu pemesanan selanjutnya

*Maaf tidak sempat mendokumentasikan barang yang di pesan

Thursday, 2 September 2010

Produk Atribut, Aksesoris, dan Perlengkapan Pramuka Terbaru



Sabuk Gerakan Pramuka Motif
Info harga lihat disini http://scoutaddictindo.blogspot.com/2011/02/ikat-pinggang.html




Topi Festifal Wirakarya Jawa Timur






Badge Festival Wirakaya
Kampung Kelir Pramuka






Kaos Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka
Info harga lihat disini http://scoutaddictindo.blogspot.com/2012/05/kaos.html

Pramuka Tak Boleh Ditunggangi Parpol

Sosiolog Imam B Prasodjo tidak mau banyak terlibat dalam polemik keberadaan gerakan kepemudaan sejenis pramuka yang berada di bawah naungan organisasi atau partai politik tertentu. Namun, Imam meminta agar pramuka tak boleh ditunggangi partai politik.

"Saya tidak mau ikut perdebatan, tapi saya tahu sedang ada perdebatan apakah nantinya pramuka ini akan menjadi wadah tunggal atau wadah yang beragam di negeri ini," ujar Imam dalam paparannya di RDPU dengan Komisi X dan pemerintah terkait Panja RUU tentang Kepramukaan, Selasa (31/8).

Meski demikian, Imam menegaskan agar pramuka netral. "Tetapi menurut saya, pramuka itu tidak boleh ditunggangi oleh partai politik. Karena kalau nanti partai politik membuka atau mengadakan kegiatan sejenis pramuka, maka akan terkontaminasi oleh interest-interest politik," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Imam juga menyampaikan pesan kepada Panja RUU tentang Kepramukaan. "Saya berpesan agar nanti dalam RUU jangan sampai pramuka dijadikan organisasi massa yang terafiliasi dengan lembaga-lembaga politik," kata Imam.

Bagi Imam, hal ini penting karena politik bisa memberikan imbas tertentu pada citra pramuka itu sendiri. "Karena kalau nanti pramuka masuk menjadi bagian dari partai politik, jika politik itu tercemar maka pramuka itu juga nanti akan tercemar. Ini menurut saya begitu. Ini harus dijaga," tegas Imam.

Terhadap PKS yang juga membuat gerakan kepemudaan sejenis, Imam memberikan kesannya. "Seperti yang dilakukan PKS, itu memang sebuah terobosan. Karena jika organisasi-organisasi di kepartaian melakukan cara-cara militer, PKS menggunakan pramuka sebagai security guard-nya. Ini memang tampaknya lebih ramah," kata Imam.

Namun, ia menyarankan agar tidak hanya PKS yang membuat kegiatan sejenis. "Boleh saja berperan seperti itu. Hanya saja harus semua partai, tidak boleh hanya PKS sendiri. Karena kalau hanya PKS sendiri maka hanya PKS yang jadinya mempunyai pramuka," ujar Imam.

Bagi Imam, hal ini terkait dengan netralitas yang harus dimiliki pramuka. "Padahal, pramuka ini organisasi yang harusnya netral. Maka kalau pramuka mau dinetralkan, menurut saya pengurus pramuka harus menjaga jangan sampai pramuka ini menjadi shadow dari partai tertentu. Itu menurut saya hal yang prinsip," tandasnya.end

Sumber: Jurnal Parlemen

Hizbul Wathan Tolak Kepanduan Didominasi Pramuka

Hizbul Wathan (gerakan kepanduan di bawah naungan Muhammadiyah) menolak bila kepanduan hanya dimonopoli oleh Kepramukaan.

"Pramuka tidak berkembang karena tidak ada persaingan. Persaingan akan menghasilkan kreativitas, " kata Dahlan Rais, salah satu Pimpinan Pusat Muhamadiyah dalam diskusi bertema 'Revitalisasi Kepramukaan dalam Mewujudkan Generasi yang Berkarakter (Telaah Kritis Terhadap RUU Kepramukaan)' di ruang Fraksi PAN, Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (24/8).

Karena itu, Dahlan menginginkan agar gerakan kepanduan di luar Pramuka tetap diakui dan diakomodasi. Hizbul Wathan berpendapat bahwa kepramukaan dan kepanduan berbeda. Kepramukaan berasal dari istilah yang berasal dari Presiden Soekarno tahun 1961.Sedangkan kepanduan lebih dekat dengan istilah yang disebutkan oleh pendiri kepanduan dunia Lord Baden Powell, yaitu scout (memandu). Karena itu, Hizbul Wathan mendesak agar RUU Kepramukaan ditinjau ulang.

Namun pihak pemerintah, sebagaimana disampaikan oleh Deputy III Kemenegpora Sudrajat Rasyid berpegang pada prinsip 'Satu pramuka untuk satu merah putih'. Dengan demikian, pemerintah berpendapat untuk tetap berpegang pada Keppres No 238 tahun 1961 tentang Gerakan Kepramukaan. "Apabila kembali pada situasi sebelum lahirnya Keppres maka itu merupakan kemunduran," katanya.

Sumber : Jurnal Parlemen