Buku Black Book of Rover Scout

Sebuah buku yang harus dimiliki Pramuka Penegak Pandega, maupun pembina buat adik didiknya. Ditulis berdasarkan pengalaman selama berkegiatan pramuka oleh purna DKD Jatim.

Buku Materi Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Tanda Jabatan Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai tanda jabatan bagi peserta didik, pembina maupun, andalan kwartir.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Selasa, 29 Maret 2011

Kwarran Bobar Latih 65 Pembina Pramuka

BOGOR–Untuk meningkatkan SDM pramuka di Kecamatan Bogor Barat, Kwartir Ranting (Kwarran) Bogor Barat mengadakan kursus pembina pramuka tingkat mahir dasar di SMPN 14 Bogor.

Kursus ini akan dilaksanakan selama enam hari, yakni tiga hari di dalam ruangan (indoor) dan tiga hari outdoor di Tamansari Kabupaten Bogor. Adapun pembina pramuka yang menjadi peserta pada kesempatan itu berjumlah 65 orang.

Menurut Ketua Panitia W Wahyudin S, kursus diikuti pangkalan-pangkalan (sekolah) yang ada di wilayah Bogor Barat. “Tujuannya meningkatkan konsolidasi, komunikasi dan prestasi pembina pramuka dalam mengaplikasikan kegiatan di pangkalan masing-masing,” jelas guru SMP Rimba Teruna ini.

Kendati yang dilatih para pembina, ujarnya, sasaran dari jenjang pembinaan pramuka bagi anggota dewasa ini tetap peserta didik. “Ini hanya proses dan tahap pertama sebagai upaya peningkatan peserta didik agar berprestasi,” tambahnya.

Sebelum pembukaan kursus, kemarin Kwarran Bogor Barat yang diketuai M Hamzen juga mengadakan pelantikan pembimbing gugus depan 25 pangkalan di Kecamatan Bogor Barat.

“Pengurus gudep yang sudah diangkat melalui SK Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor ini harus ada di tiap sekolah. Makanya agenda awal dari Kwarran Bogor Barat adalah pelantikan ini, sekaligus kursus mahir dasar pembina pramuka,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Yayah Warsiyah dan Waka II Kwarcab Kota Bogor Chasrodi, yang melantik para pembimbing gugus depan.

Minggu, 27 Maret 2011

Siparda jatim 2011

Sesuai edaran yang tertanggal 9 Maret 2011 bahwa Dewan Kerja Daerah (DKD) Jawa Timur akan mengadakan Sidang Paripurna PenegaPandega Daerah 2011 (Siparda Jatim 2011). Yang akan dilaksanakan pada :
Hari : Minggu 
Tanggal : 3 April 2011
Tempat : Gedung Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Jl. Raya Kertajaya Indah 77 A Surabaya.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Kak Miftah 0856 4949 6545 atau Kak lailatul 0856 4864 9104

Jumat, 25 Maret 2011

Pesanan dari Saka Bayangkara Maluku Tenggara

Terimakasih kepada kak Waskita dari Saka Bayangkara Polres Maluku Tenggara yang telah memesan produk kedai atribut pramuka Scout Addict. Semoga cocok serta saya tunggu pesanan selanjutnya

Kamis, 24 Maret 2011

Taman Terumbu Karang Pramuka

Untuk memperingati 50 tahun Gerakan Pramuka, bakal dibuat taman terumbu karang di perairan Sabang, Merauke, Miangas, dan Rote. "Anggota Pramuka di kwartir cabang atau kabupaten setempat yang akan merawat terumbu karang tersebut," kata Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Pendidikan-Pelatihan Jana Anggadiredja, Rabu (23/3).

Menurut Jana, pada setiap lokasi terdapat 50 petak taman, yang setiap petaknya berukuran 4 x 5 meter. Spesies yang ditanam berbeda-beda sesuai dengan kondisi perairan setempat. Pada bagian tengahnya akan ada tulisan “50 Tahun Gerakan Pramuka”.
Rencana pembuatan taman ini diputuskan pada Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka yang berlangsung pada 18-20 Maret lalu.

"Kami juga akan melakukan ekspedisi bahari Nusantara, estafet tunas kelapa, dan penanaman pohon," kata Kodrat Pramudho, wakil ketua bidang humas dan informatika.

Ekspedisi bahari dimulai pada Maret-Juli dengan rute Jakarta-Sabang-Merauke-Jakarta. Pada setiap lintasan diikuti anggota Pramuka Satuan Karya Bahari dengan komandan kapal Effendy Soleman, pemuda pelopor bahari tingkat nasional.

Adapun titik start estafet tunas kelapa berada di delapan penjuru Indonesia, yaitu Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Yogyakarta.

Sebanyak 17 anggota Pramuka akan berjalan kaki membawa bendera Merah Putih, bendera dan pataka Pramuka, serta tunas kelapa. Mereka bergantian di setiap kwartir daerah/provinsi hingga finis di Jakarta. Bendera, pataka, dan tunas kelapa itu akan diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang rencananya menjadi pembina upacara pada hari ulang tahun Pramuka 14 Agustus 2011.

Pesanan dari Makale

Terima kasih kepada kak Fransiskus Bokko dari Makale Tana Toraja yang telak memesan TKK tingkat penggalang di Kedai Atribut Pramuka Scout Addict. semoga cocok serta kami tunggu pesanan selanjutnya

Rabu, 23 Maret 2011

Pesanan dari Pekanbaru

Terimakasih kepada kak Andri dari Pekanbaru Riau yang telah memesan produk dari Kedai Atribut Pramuka semoga cocok serta kami tunggu pesanan selanjutnya

Minggu, 20 Maret 2011

Kwarnas Bentuk Tim Reaksi Cepat Siaga Bencana

Sebagai sebuah struktur gerakan sumber daya manusia (SDM) terbesar kedua setelah Palang Merah Indonesia (PMI) di tanah air, Gerakan Pramuka segera membentuk Tim Reaksi Cepat Siaga Bencana.

Tim Reaksi Cepat tersebut akan berfungsi mendukung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam penanggulangan bencana di seluruh Indonesia, kata Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Bidang Abdi Masyarakat dan Siaga bencana, Marsekal Madya Eris Heriyanto di Jakarta, Sabtu.

"Kita akan membuat semacam 'center' (pusat) yang nanti berfungsi untuk memperlancar komunikasi saat proses penanggulangan bencana berlangsung, sehingga tim reaksi cepat yang terbetuk 2011 ini diharapkan juga dapat bergerak cepat saat dibutuhkan," katanya saat menyampaikan Program Kerja 2011 Bidang Abdi Masyarakat dan Siaga Bencana dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka 2011.

Ia mengatakan, Gerakan Pramuka memang tidak memiliki cukup kemampuan dalam hal finansial, namun Pramuka merupakan struktur gerakan informal terbesar kedua setelah PMI di Indonesia. Karena itu, Pramuka yang strategis untuk mendukung BNPB dalam penanggulangan bencana di berbagai pelosok di Indonesia guna menolong masyarakat.

Tim reaksi cepat akan dibentuk di tingkat Kwartir Nasional, Kwartir Daerah, hingga Kwartir Cabang. Kwartir Cabang akan menjadi ujung tombak dari tim reaksi cepat karena dianggap paling mengetahui kondisi lapangan di setiap daerah.

"Kwartir Cabang ini juga harus memiliki Unit Siaga Bencana yang memiliki posko-posko yang tahu pasti kondisi lapangan. Saya harap ini bisa terbentuk dan berjalan dengan komprehensif," ujarnya. Wakil Ketua Kwarnas yang juga merupakan Sekjen Kementerian Pertahanan ini menjelaskan bahwa pembentukan "center" sekaligus Tim Reaksi Cepat Siaga Bencana tersebut merupakan bagian dari program kerja Gerakan Pramuka Bidang Abdi Masyarakat dan Siaga Bencana tahun 2011, dan akan terus dibicarakan lebih lanjut untuk mematangkannya.

Masih terkait dengan penanggulangan bencana, ia menambahkan bahwa pada 2011 ini pula diharapkan akan rampung 2.000 buku pedoman yang akan menjadi petunjuk teknis (juknis) bagi Pramuka dalam menghadapi bencana.

Tidak hanya itu saja, akan ada pelatihan-pelatihan untuk penanggulangan bencana dengan sebutan siaga komunitas. Petunjuk teknis yang akan dituangkan dalam bentuk buku dan dicetak sebanyak 2.000 buah tersebut juga diuji coba dalam berbagai kesempatan. Juga termasuk diuji coba dalam latihan bersama penanganan bencana forum regional atau ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF DIREX) di Manado, Sulawesi Utara, yang diselenggarakan sejak 14 hingga 20 Maret 2011.

"Kita ikutsertakan adik-adik dari kwartir, ada perwakilan dari 20 negara terlibat dalam pelatihan tesebut, begitu pula berbagai pemangku kepentingan dari dalam negeri terlibat dalam pelatihan penanggulangan bencana tersebut. Karena itu kami harap juknis tersebut teruji dan buku pedoman dapat segera dicetak," ujarnya.

Rakernas Gerakan Pramuka 2011 yang mengangkat tema Pemantapan Pemahaman Undang-Undang Gerakan Pramuka Demi Terwujudnya Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia itu sedianya dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng. Hadir pada acara tersebut seluruh jajaran Gerakan Pramuka termasuk Ketua Kwarnas Prof Dr Azrul Azwar.

Jumat, 18 Maret 2011

Musda Kwarda Gerakan Pramuka Sumut Harus Mengacu UU

Musda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara harus tetap mengacu dan mempedomani Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Sehingga tidak terjadi polemik yang berkepanjangan bernuansa kepada kepentingan.

"Dalam UU 12/2010 itu sudah jelas diatur tentang kepengurusan kepramukaan semua tingkatan," kata Raziman Tarigan kepada wartawan, Kamis (17/3).

Disebutkan Raziman, dalam UU 12/2010 pada Bab IV Pasal 20 ayat (1) disebutkan Gerakan Pramuka bersikap mandiri dan non politik. Selanjutnya pada Pasal 26 ayat (3) kepengurusan tidak terikat dengan jabatan publik.

Brigjen Pol (Purn) Raziman Tarigan SH salah satu kandidat calon ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Sumut mengaku kecewa atas "kekisruhan" musda kemarin hingga ditunda dua bulan ke depan. "Kekisruhan dalam proses pemilihan Ketua Kwarda Pramuka Sumut semestinya tidak harus terjadi sepanjang semua calon dan panitia pelaksana mempedomani UU No. 12 Tahun 2010", ujarnya.

Menurut Raziman, karena UU No. 12 Tahun 2010 itu pulalah nantinya harus dilaksanakan oleh ketua terpilih dan merupakan bagian dari konsep kreteria syarat yang harus dipedomani dalam setiap tingkatan, bahwa mereka adalah pemimpin dengan semboyan Pramuka adalah satu, yakni Merah Putih, tukas mantan Wakapolda Metro Jaya itu.

Lebih lanjut dikatakannya, ada tiga pedoman kepemimpinan sebagai landasan kepribadian dalam berpikir dan bertindak yang harus dimiliki seorang pemimpin yakni, bisa menjadi contoh yang baik atau performa yang rapi, bersih tingkah laku, dan bersih pikirannya, atau dengan istilah "ing ngarso sung tulodo".

Mampu

Kedua, harus mampu menjadi "ing madya mangun karsa", artinya selalu berada di tengah-tengah hati dan pikiran bagi para kader Pramuka. Ketiga, harus mampu menjadi "tut wuri handayani" artinya aktif memberikan dorongan sebagaimana tugas pokok menjelis pembimbing daerah dengan membuka jalan seluas-luasnya, atau kesempatan positif bagi para kakak-kakak pramuka yang memiliki potensi. Sehingga menjadikan gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan yang profesional, mandiri, dan terpercaya dalam membangun generasi muda yang unggul, ujar Purnawirawan berbintang satu itu.

Raziman juga menyesalkan bila Musda Kwarda Pramuka Sumut dijadikan objek politik praktis, sebagaimana isu yang berkembang pada pelaksanaan Musda kemarin.

Masih menurut Raziman, pemilihan Ka Kwarda diharapkan tetap dalam satu bingkai untuk berjuang bersama-sama demi kemajuan gerakan Pramuka dimasa mendatang. Hal itu diwujudkan bila segala sesuatunya diawali dengan persaudaraan, komitmen, dan konsisten menjalankan amanah, melaksanakan seluruh usaha dan kegiatan secara ikhlas, meningkatkan rasa peduli yang tinggi, jelasnya.

Sementara itu, salah seorang Pembina Gugusdepan 13.409 IAIN Sumut Ali Murthado, M.Hum kecewa atas deadlock-nya pemilihan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut. "Seharusnya ini tidak terjadi. Tetapi karena banyak kepentingan jalannya Musda banyak kendala".

Sebagai orang yang didik di dalam Gerakan Pramuka, ia melihat ada nuansa politik yang dikembangkan dalam pemilihan tersebut. "Bagi kami siapa pun yang terpilih nantinya tidak jadi masalah, yang penting adalah orang yang memahami Pramuka dan ikhlas dalam mengabdi, bukan sebaliknya menjadikan Pramuka sebagai loncatan untuk meraih apa yang diinginkan," kata Ali.

Kamis, 17 Maret 2011

Pesanan dari Makassar


Terima kasih kepada kak Ardhi dari Makassar yang telah memesan celana loreng pramuka. Semoga cocok dan memesan produk kedai pramuka Socut Addict lagi

Selasa, 15 Maret 2011

Pesanan dari Batam


Terimakasih kepada kak Meilianto dari batam yang telah menaruh kepercayaan kepada kedai pramuka Scout Addict dengan memesan produk kami. Kami siap bekersama dengan kakak untuk memenuhi kebutuhan atribut kepramukaan

Senin, 14 Maret 2011

Pesanan dari Pontianak


Terimakasih kepada kak Ratna dari Pontianak yang telah memesan produk dari kedai pramuka Scout Addict. Semoga cocok dan saya tunggu pesanan selanjutnya

Sabtu, 12 Maret 2011

Pembentukan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0503/JB

Komandan Kodim 0503/JB Korem 052/Wijayakrama Letnan Kolonel Inf Deidy Aprias Sahri, SH membuka Rapat dalam rangka Pembentukan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0503/JB dan gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Barat yang di dampingi oleh Pimpinan Cabang Pramuka Kota Administrasi Jakarta Barat Bapak( kakak) Abdul Rahmad dan Pelaksana Harian Pramuka Kota Administrasi Jakarta Barat Bapak Rivai bertempat di Aula Makodim 0503/JB Jl. S. Parman Jakarta Barat, Jumat (11/3).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Kodim 0503/JB Mayor Inf Edison Sinaga, para Perwira Staf dan seluruh Komandan Koramil jajaran Kodim 0503/JB.

Tema dalam acara ini "PRAMUKA" Praja Muda Karana yang memiliki arti RAKYAT MUDA YANG SUKA BERKARYA

Dandim 0503/JB Letkol Inf Deidy Aprias Sahri, SH dalam arahannya menyampaikan bahwa melalui gerakan pramuka kita memiliki keunggulan membina generasi muda penerus bangsa dan mengajarkan nilai-nilai luhur dalam mendidik kaum muda menjadi manusia yang unggul, mandiri dan berdaya saing di Era Globalisasi, Modernisasi dan Reformasi ini ada satu hal yang tidak boleh luntur yaitu kesetiakawanan, kebersamaan dan ketenggangrasaan dengan berwawasan kebangsaan sebagai bangsa Indonesia yang hidup dalam satu bingkai kebersamaan serta menghindari individualisme, egoisme, memupuk rasa tenggang rasa dan mempertahankan nilai-nilai luhur pendiri bangsa serta rasa kesetikawanan sosial, solid, semangat gotong-royong, saling menolong, bantu-membantu, berat sama dipikul ringan sama dijinjing dengan semboyan "TETAP SEMANGAT " dalam memperjuangkan dan mempertahankan Bangsa dan Negaranya bersama seluruh komponen bangsa.

Sumber : kodam-jaya

Jumat, 11 Maret 2011

Tanda Kecakapan Kusus



TKK Tingkat Penggalang
Bordir
Purwa, Madya, Utama

Harga IDR.1200
ada lebih dari 45 jenis (cek stok)




TKK Tingkat Penegak
Bordir
Purwa, Madya, Utama
Harga IDR. 1200
ada lebih dari 44 jenis (cek stok)




TKK Tingkat Siaga
Sablon
Harga IDR. 800


Slempang
Siaga, Penggalang, Penegak

Harga IDR. 10.000


Pita Mahir Siaga, Penggalang, Penegak

Harga IDR. 9.000








Selendang Mahir

Harga : Call








Piagam SKU, TKK, Bintang Tahunan
Ukuran : 18 cm x 26 cm
Harga 17.000/20buah




tkk, tkk purwa, tkk madya, tkk utama, tkk penggalang, tkk penegak, tkk bordir, kedai pramuka, toko pramuka, perlengkapan pramuka, tkk bordir

Kamis, 10 Maret 2011

Pesanan dari Singaraja

Terima kasih kepada kak Made Indra dari Singaraja bali yang telah memesan produk kedai pramuka Scout Addict. Semoga cocok serta kami tunggu pesanan selanjutnya

Semarang Tuan Rumah Sosialisasi Pramuka

Semarang akan menjadi tuan rumah Sosialisasi Undang-undang Gerakan Pramuka, 25-27 Maret mendatang. Kegiatan yang melibatkan ribuan pramuka dari seluruh Indonesia itu akan dipusatkan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan dibuka Wakil Presiden Boediono.

Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo mengemukakan hal itu saat beraudiensi dengan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, di Gubernuran, Rabu (9/3). Hadir dalam pertemuan tersebut Deputi Menteri Negara Pemuda dan Olahraga MB Zubakhrum Tjenreng, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sapta Raharja, Ketua Kwarda Jateng Prof S Budi Prayitno, dan Pembantu Rektor III Masrukhi.

"Dalam kegiatan itu akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh iga menteri, yakni Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Pendidikan Nasional. Kerja sama tersebut terutama untuk pembentukan satuan khusus olah raga," katanya.

Selain kegiatan sosialisasi tersebut, akan diadakan acara kepramukaan seperti perkemahan atau uji ketrampilan. Ketua Kwarda Jateng Prof S Budi Prayitno mengatakan, para pramuka dari berbagai satuan karya akan melakukan perkemahan selama tiga hari. Mereka juga akan unjuk keterampilan kepramukaan.Bebas Politik

Dalam kesempatan itu, Gubernur berharap kegiatan kepramukaan tidak dipolitisasi. "Jangan ada yang meracuni pramuka dengan politk. Di tengah-tengah zaman edan seperti ini, pramukalah harapan kita yang terakhir," tutur Bibit Waluyo.

Dia menyatakan apresiatif terhadap mereka yang memilih pembinaan generasi muda melalui pramuka. "Kalau melihat anak anak mengalungkan merah putih di leher masing-masing, apalagi menempelkan merah putih itu di dada sambil mengucapkan trisatya, saya selalu mberebes mili (menangis haru-Red)," ungkapnya.

Gubernur juga menyatakan 'mathuk' atas pilihan tema yang diusung dalam kegiatan tersebut, yakni ''Satu Pramuka untuk Satu Merah Putih''. Karena itu, pihaknya menyatakan kesanggupannya untuk menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan tersebut.

Sumber : suaramerdeka

Rabu, 09 Maret 2011

Persiapan Perkempinas 2012

Guna mempersiapkan kegiatan Perkemahan Putri tingkat nasional tahun 2012 yang direncanakan akan diselenggarakan di Provinsi Jambi, tepatnya di Bumi Perkemahan Pramuka Sungai Gelam, Pemerintah Provinsi Jambi mengadakan Rapat Persiapan Perkemahan Putri Tingkat Nasional Tahun 2012 (Perkempinas Tahun 2012) pada Selasa (8/3) di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, yang dipimpin oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum.

Even ini merupakan kegiatan Gerakan Pramuka (GP), yakni perkemahan yang dilaksanakan dari, oleh, dan untuk Pramuka Penegak dan Pandega Putri (Usia 16-25 tahun) yang berasal dari seluruh Indonesia.

Perkempinas Tahun 2012 ini direncanakan diselenggarakan pada minggu ke-3 dan ke-4 bulan November tahun 2012, yang diperkirakan akan diikuti oleh 5.542 orang, termasuk perwakilan negara asing, yaitu Malaysia, Australia, Brunei, Thailand, Singapura, dan Filipina).

Maksud, tujuan, dan sasaran Perkempinas ini adalah menyelenggarakan kegiatan pertemuan antar Pramuka putri yang bertujuan sebagai wahana menggalang persaudaraan antar sesama anggota Pramuka putri dari seluruh Indonesia dan negara sahabat, yang dititikberatkan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada Pramuka putri untuk memperluas dan meningkatkan kualitas, pengetahuan, keterampilan, dan pengalamannya.

Dalam sambutan dan arahannya, Wagub menghimbau seluruh pihak terkait agar sungguh-sungguh mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan Perkempinas tahun 2012 sebaik mungkin, yang mana persiapan tersebut sangat menentukan terhadap keberhasilan penyelenggaraan kegiatan dimaksud.

Untuk itulah rapat ini diadakan, yaitu supaya semua pihak terkait memiliki kesamaan pandangan dan pemahaman terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan, yang selanjutnya harus ditindaklanjuti dengan komunikasi, koordinasi, dan bahu-membahu diantara semua panitia, dengan tujuan untuk menyukseskan Perkempinas tersebut, ujar Wagub.

Kepada para wartawan, Wagub menyatakan bahwa pendanaan perkempinas Tahun 2012 tersebut bersumber dari APBD Provinsi Jambi dibantu APBN.

Sekda Provinsi Jambi selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, Drs. A.M. Firdaus, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Provinsi Jambi menjadi tuan rumah even ini adalah dimulai dari gagasan Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) yang mengajukan Provinsi Jambi sebagai tuan rumah dan hal ini disambut baik oleh jajaran Gerakan Pramuka di tingkat nasional.

Dengan menjadi tuan rumah, tentunya bisa berimplikasi positif bagi Provinsi Jambi karena Provinsi Jambi akan lebih dikenal di Indonesia, bahkan juga oleh negara-negara tetangga yang kelak akan menghadiri kegiatan dimaksud. Hal ini juga akan berimbas pada keuntungan ekonomis bagi Provinsi Jambi. Namun, agar benar-benar siap menjadi tuan rumah, banyak hal yang harus dibenahi.

Pembenahan seluruh aspek terkait inilah yang dikemukakan oleh Sekda Provinsi Jambi harus dipersiapkan dari sekarang, yang mana selanjutnya ia menyatakan bahwa dirinya akan menyampaikan kesiapan Provinsi Jambi sebagai tuan rumah perkemahan putri tingkat nasional ini dalam musyawarah nasional Gerakan Pramuka, yang akan dilaksanakan pada 18 Maret 2011 di Cibubur.

Sekda Provinsi Jambi ini membeberkan contoh hal-hal yang harus dibenahi diantaranya air bersih, listrik, jalan, fasilitas MCK, tempat parkir, pos pengamanan, dan lain-lain.

Sekda juga mengemukakan bahwa Perkempinas 2012 ini merupakan yang ke-2, yang pertama diselenggarakan di Baubau, Sulawesi, artinya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah bisa menjadi tuan rumah Perkempinas 2012 tersebut.

Usai penyampaian sambutan dari Sekda Provinsi Jambi dan Wakil Gubernur Jambi, rapat tersebut dilanjutkan dengan pembentukan panitia penyelenggara Perkempinas Tahun 2012 serta pembahasan hal-hal yang berkaitan dengan even tersebut.

Turut hadir dalam rapat tersebut Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik, perwakilan unsur Muspida Provinsi Jambi, para kepala SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, dan para undangan lainnya

Sumber : jambiprov

Pesanan dari Padang Part 2

Terima kasih atas kepercayaannya kepada kak Joni dari Padang yang untuk kedua kalinya memesan produk Kedai Pramuka Online. Semoga Saka Wana Bakti semakin berkembang, kami tunggu pemesanan selanjutnya

Selasa, 08 Maret 2011

Pesanan dari Tarakan Part 2

Terima kasih kepada kak Erik dari Tarakan yang telah memesan produk Kedai Pramuka Online untuk kali kedua. Semoga berkenan, maaf bonusnya cuma sedikit, kalau pesan lebih banyak bonusnya pasti lebih banyak hehehe....

Jumat, 04 Maret 2011

MK Tolak Permohonan Uji UU Pramuka

Mahkamah Konstitusi (MK) tidak menerima uji materi Pasal 43 ayat (2) Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka karena pemohon tidak memiliki legal standing (kedudukan hukum).

"Pemohon tidak mempunyai kedudukan hukum (legal standing) untuk mengajukan permohonan. Pokok permohonan Pemohon tidak dipertimbangkan," kata Ketua Majelis MK Mahfud MD, saat membacakan putusan di Jakarta, Jumat (4/3).

Menurut Mahfud saat didampingi tujuh hakim konstitusi lainnya, MK tidak menemukan adanya kerugian konstitusional Pemohon (M. Sholihin IF) atas berlakunya Pasal 43 ayat (2) beserta Penjelasannya UU Pramuka ini. "Apabila pasal dalam Undang-Undang a quo dibatalkan oleh Mahkamah, justru akan menghilangkan sumber-sumber keuangan Gerakan Pramuka," papar majelis.

Berdasarkan penilaian dan pertimbangan hukum tersebut, Mahkamah berpendapat Pemohon tidak dirugikan oleh berlakunya Undang-Undang a quo, sehingga Pemohon tidak memiliki kedudukan hukum (legal standing) untuk mengajukan permohonan pengujian Undang-Undang dimaksud.

Pengurus Pramuka itu, mengajukan pengujian Pasal 43 ayat (2) yang menyatakan: "Selain sumber keuangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pemerintah dan pemerintah daerah dapat memberikan dukungan dana dari anggaran pendapatan dan belanja negara dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah".

Menurut Pemohon, ketentuan Pasal 43 ayat (2) beserta Penjelasannya dari UU 12/2010 tidak secara jelas mengatur mengenai sanksi bagi pelanggar terhadap anggaran keuangan Gerakan Pramuka, sehingga ketidakjelasan sanksi tersebut telah menyebabkan anggaran keuangan Gerakan Pramuka disalahgunakan atau dikorupsi oleh oknum-oknum Kwartir Gerakan Pramuka yang bersembunyi di balik seragam Pramuka.

Selain itu, pengujian pasal dalam Undang-Undang tersebut dilandasi oleh niat Pemohon untuk memperbaiki masa depan Kwartir Gerakan Pramuka agar menjadi lebih baik dengan mengamalkan Satya dan Darma Pramuka sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945.

Kamis, 03 Maret 2011

Pengurus Baru Pramuka UIN Alauddin

Dewan Racana Pramuka UIN Alauddin, Gudep Makassar 10-073 dan 10-074 Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, kini punya pengurus baru.

Kepengurusan Dewan Racana 10-073 periode ini dipimpin Haidir Ali dan Pengurus Dewan Racana 10-074 dipimpin oleh Akramunisa. Para pengurus baru tersebut dilantik oleh Rektor UIN Alauddin Prof Dr Qadir Gassing sebagai Mabigus, di Gedung Rektorat lantai empat Kampus II, Kelurahan Samata, Gowa, Rabu (2/3/2011).

Qadir berharap UKM Pramuka dapat menjadi media dan garda terdepan bagi mahasiswa dalam mengembangkan UIN Alauddin.

Inilah para pengurusnya:

Pengurus Dewan Racana 10-073:
Ketua: Haidir Ali
Sekertaris: Izal Fadli
Bendahara : Abdul Hamid
Pemangku Adat: MFajrul Mubarak

Pengurus Dewan Racana 10-074:

Ketua: Akramunisa
Sekertaris: Nurhidayah
Bendahara: Iska
Pemangku Adat: Irawati

Sumber : tribun news

Rabu, 02 Maret 2011

Pesanan dari Kota Madiun

Semangat Pramuka !
Terima kasih kepada kak Ricky Jo yang telah memesan koleksi Kedai Pramuka kami. Semoga cocok, kalo nawar jangan Afgan ya... hehehe... Kami siap bekerjasama dengan Kwarcab Kota Madiun

Pesanan dari Batam


Terima kasih kepada kak Arfandi dari Batu Ampar Batam yang telah memesan prosuk dari Kedai Pramuka Scout Addict. Semoga berkenan serta kami tunggu pemesanan berikutnya...

Selasa, 01 Maret 2011

Pesanan dari Padang


Terima kasih kepada kak Joni dari padang yang telah memesan Tanda Dewan Saka Wanabakti di Kedai Pramuka Scout Addict. Semoga cocok serta kami tunggu pesanan selanjtnya