Monday, 25 June 2012

Perkemahan Pramuka Pendidikan Islam Nusantara

Ribuan santri dan mahasiswa perguruan tinggi Islam dari seluruh Indonesia akan memeriahkan Perkemahan Pramuka Pendidikan Islam Nusantara (PPPIN).

Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah untuk menyatukan serta tempat tukar informasi di antara para pelajar Islam.

Nur Syam, dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, menjelaskan kegiatan ini akan diselenggarakan pada 2-8 Juli mendatang. Lokasinya di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

''Total yang akan ikutserta dalam kegiatan ini sebanyak enam ribu orang. Mereka terdiri dari kalangan santri dan mahasiswa,'' katanya di Jakarta, Minggu (24/6).

Nur mengatakan, peserta yang mengikuti perkemahan ini adalah utusan-utusan terbaik dari seluruh pesantren di Indonesia. Sedangkan utusan mahasiswa, kata dia, berasal dari 52 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang ada di berbagai tempat di Indonesia.

Nur juga menambahkan, kegiatan perkemahan ini tak hanya diikuti oleh peserta dari dalam negeri, peserta dari negara serumpun seperti Malaysia dan Singapura, akan hadir juga.

''Ini menjadi hal yang penting di antara para pramuka santri dan mahasiswa Islam. Kita berharap bisa memberikan manfaat buat kemajuan santri-santri dan para mahasiswa kita,'' ujarnya.

PPPIN ini merupakan kegiatan tahunan. Tahun ini, tema yang diusung Satu hati, satu jiwa, satu tekad untuk maju berkarya membangun karakter bangsa.

Perkemahan ini diisi berbagai kegiatan. Di antara kegiatannya adalah kesakaan, petualangan, pengembangan wawasan, teknik kepramukaan, wisata edukasi di alam terbuka serta pameran teknologi tepat guna.

Selain itu, kegiatan PPPIN akan menampilkan pula grup band Ungu. Pasha, vokalis Ungu, merasa sangat senang bisa turut memeriahkan kegiatan ini. Menurut dia, kegiatan semacam ini membawa manfaat yang besar.

''Apalagi kegiatan ini bertepatan saat menyambut Ramadhan. Jadi kami sangat senang dapat menemui para santri dari seluruh Indonesia,'' ujarnya.

0 comments:

Post a Comment