Sunday, 1 July 2012

Pramuka Maarif NU se-Jatim Gelar Pergama di Tuban

Sebanyak 2.440 pelajar penggalang gugus depan yang berpangkalan pada 250 SMP/MTs se-Jatim mengikuti Perkemahan Pramuka Penggalang Antar-Gugus Depan di lingkungan LP Ma'arif NU (Pergama) VII-2012 di Tuban pada 30 Juni - 3 Juli.

Ia menjelaskan perkemahan itu diselenggarakan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Jawa Timur di Komplek STIT Machdum Ibrahim LP Ma'arif NU Cabang Tuban dengan tema "Kita Mantapkan Jalinan Ukhuwah Sesama Penggalang LP Ma'arif NU Jawa Timur".

Menurut dia, perkemahan pelajar SMP/MTs se-Jatim yang dilaksanakan bertepatan dengan liburan sekolah itu akan diisi berbagai kegiatan kepramukaan dan pembinaan mental dan spiritual dengan sistem evaluasi berbasis internet atau IT (information technology).

"Karena itu setiap regu yang terdiri dari delapan orang diharuskan membawa satu laptop. Selain itu, peserta juga diharuskan membawa dua bibit pohon jati untuk setiap regu, karena mereka akan mengikuti bakti sosial di kawasan hutan mangrove," katanya.

Kegiatan lainnya, out bound, safari camp, teknologi tepat guna, napak tilas walisongo, senam Pagar Nusa, seni budaya, sholat berjamaah, yasin dan tahlil, Aswaja, silaturahmi pembina, pengenalan satwa liar, kepramukaan (sandi dan morse), dan sebagainya.

"Pergama merupakan kegiatan kepramukaan yang diagendakan empat tahunan. Awalnya, Pergama dirintis melalui Peruga (perkemahaan regu penggalang) di Mojokerto yang diikuti Surabaya dan sekitarnya," katanya.

Setelah itu Pergama I digelar di Bangil pada tahun 1984, Pergama II di Mojokerto (1986), Pergama III di Lamongan (1986), Pergama IV di Sidoarjo (1987), Pergama V di Lumajang (2000), Pergama VI di Probolinggo (2010), dan Pergama VII di Tuban (2012).

Secara terpisah, Sekretaris Panitia Pelaksana Pergama VII-2012, Khoirul Badri mengatakan perkemahan pelajar SMP/MTs se-Jatim itu untuk pertama kalinya diisi berbagai kegiatan kepramukaan dan pembinaan mental dan spiritual dengan sistem evaluasi berbasis internet atau IT (information technology).

"Evaluasi berbasis IT itu digunakan empat kepentingan yakni evaluasi soal-soal yang diberikan secara online (soal kepramukaan dan keagamaan), evaluasi administrasi (surat izin, surat kesehatan, dan sebagainya), peserta juga bisa melakukan komplain secara online, dan pemberitaan tentang kegiatan Pergama VII-2012," katanya.

Untuk keperluan itu, panitia menyiapkan tiga server di Pusat IT (Kesekretariatan), menyiapkan satu wifi "standby" (diam) yang bekerja sama dengan Telkom, tiga wifi "mobile" (gerak) yang bekerja sama dengan Pemkab Tuban, menyiapkan 18 komputer (mobile) dan lima komputer (di Pusat IT), dan menyiapkan website/laman beralamat maarif-jatim.or.id.

Sumber : nu.or.id

0 comments:

Post a Comment