Sabtu, 19 Januari 2013

KML Kwartir Cabang Bulungan

TANJUNG SELOR – Sebanyak 40 pembina pramuka se-kabupaten Bulungan, mulai Kamis (17/1) mengikuti kursus mahir lanjutan (KML) yang digelar Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Bulungan. Kegiatan yang dipusatkan di gedung Diklat Tanjung selor ini dibuka Ketua DPRD Bulungan H. Hasbullah, mewakili Bupati Bulungan H. Budiman Arifin yang juga Ketua Mabicab Pramuka Bulungan, dengan ditandai penyerahan pataka kepada pimpinan kursus Ismail Abu Bakar, sekaligus penyematan tanda peserta.

Sebelumnya, Bupati dalam teks sambutan yang dibacakan Hasbullah, yang juga wakil Mabicab mengatakan, tugas pokok gerakan pramuka ialah menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda, guna menumbuhkan tunas bangsa, agar menjadi generasi yang lebih baik, yang sanggup bertanggung jawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan. Hal inilah yang perlu dipahami oleh semua, tentu dengan adanya KML ini diharapkan agar dapat menanamkan serta meningkatkan wawasan kepramukaan bagi seluruh anggota gerakan pramuka Kwarcab Bulungan.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perlu menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman melalui kegiatan keagamaan. Untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa menurut agamanya masing-masing,” terang Bupati.

Menurutnya, KML ini sangat penting untuk mengembangkan lanjutan dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan kepramukaan nantinya. Mengingat selama kursus ini peserta akan diajarkan tentang keterampilan lanjutan kepramukaan. Dalam sambutannya itu, Bupati juga menyebutkan tujuan dari gerakan pramuka nasional adalah mendidik dan membina generasi muda Indonesia dengan tujuan agar menjadi manusia berkepribadian, berwatak, dan berbudi luhur, yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental, dan tinggi moral.

Selain itu, tinggi kecerdasan dan mutu keterampilan serta kuat dan sehat jasmaninya, agar tercipta warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama mahkluk hidup dan alam lingkungan baik lokal nasional maupun internasional.

Sementara ketua Panitia H. Dadang menyebutkan, sampai akhir Desember 2012 lalu, Kwarcab Bulungan masih kekurangan pembina yang bersertifikat, baik KMD maupun KML. Disamping itu, dari data yang ada sampai Desember 2012, jumlah anggota gerakan pramuka di Bulungan sebanyak 3.908 orang yang terdiri dari peserta aktif sebanyak 1.069 orang, peserta didik dan Pembina pasif sebanyak 1.988 orang, Pembina bersertifikat KMD 172 orang, bersertifikat KML 87 orang, pelatih dan Pembina bersertifikat kursus pelatih dasar (KPL) 22 orang dan KPL 3 orang serta Mambi Kwarcab, Saka, Kwaran dan Gudep sekira 552 orang.

Sumber :  radartarakan.co.id

1 komentar:

kak mau nanya kalo slempang kml dan pita mahir S,G,T berapa?

Posting Komentar