Wednesday, 3 July 2013

Pramuka Langsa Laksanakan Muscab

LANGSA - Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Langsa, Selasa (2/7) menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke-13 tahun 2013, yang berlangsung di aula kantor Kwarcab Kota setempat. Muscab ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Langsa, Drs Marzuki Hamid MM.

Dalam kesempatan itu Wakil Wali Kota Langsa mengatakan, Muscab ini merupakan suatu wujud untuk mengevaluasi hasil-hasil yang telah dilaksanakan dan merumuskan program-program untuk lima tahun ke depan.

Kegiatan kepramukaan merupakan suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan pemuda di bawah tanggung jawab orang dewasa, dan dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan keluarga dan di alam terbuka, dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan.

Tujuan dari itu semua adalah untuk mendidik anak-anak dan pemuda yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat. Selain itu juga dalam upaya membentuk kepribadian dan berbudi pekerti.

“Rapuhnya sendi-sendi yang menopang sebuah bangsa ini sangat terkait dengan ketidakberhasilan kita dalam upaya pembentukan watak dan karakter generasi muda,” kata Marzuki Hamid. Padahal kita tahu bahwa generasi muda merupakan bagian dari komponen bangsa yang sangat rentan terhadap perubahan yang terjadi pada tata nilai dan budaya bangsa.

Untuk mengtasi hal itu, tambah Marzuki, di antaranya dapat dilakukan dengan melibatkan generasi muda melalui wadah gerakan Pramuka. Karena di dalam perjalannya, gerakan Pramuka labih mengedepankan pada suasana kejiwaan, tidak ada namanya gelar-gelar pangkat dan sebagainya, yang ada hanya suasana kekeluargaan dan tolong menolong.

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2013/07/03/pramuka-langsa-laksanakan-muscab

0 comments:

Post a Comment