Saturday, 25 October 2014

Festival Swarnadwipa 2014 Pramuka Universitas Andalas

PADANG -- Festival Swarnadwipa acara yang bertemakan “Bersama Pramuka, Andalas Berbudaya, Andalas Mendunia” ini secara resmi dibuka oleh Muslim Kasim, Wakil Gubernur Sumatera Barat selaku pembina upacara dalam Upacara Pembukaan Fiesta ke-28. 
 

Dalam upacara pembukaan, Muslim Kasim mengucapkan selamat datang di Sumatera Barat kepada peserta Fiesta se-Sumatera. “Kepada peserta Fiesta ke-28 ini semoga mendapat suasana yang menyenangkan, tetap sehat dan memiliki kenangan yang indah di Sumbar ini,” tambahnya.

Fiesta diselenggarakan dalam rangka ulang tahun ke-28 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Andalas. Fiesta ke-28 yang bertempat di bumi perkemahan Unand ini, dimulai tanggal 23-28 Oktober dan diikuti oleh siswa se-Sumatera yang berjumlah sekitar 1058 orang dan tergabung dalam 47 kontingen.
Hadir pada kesempatan itu antara lain Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Rafli Efendi, Bupati Tanahdatar Shadiq Pasadique, Rektor Unand Prof Dr Werry Darta Taifur SE MSi, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padang dan Pembina Pendamping Pramuka Penegak / Pendega serta peserta lomba kepramukaan.

Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Rafli Efendi menyatakan, pihaknya memberi apresiasi kepada Unand yang telah melaksanakan kegiatan Fiesta 2014 dengan peserta berasal dari Riau, Jambi dan Sumatera Barat. Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan semua pihak.

“Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib, membantu pemerintah membentuk watak genarasi muda menjauhi narkoba, pergaulan bebas dan budaya malas,” kata Rafli Efendi.

Sebelumnya, Rektor Unand Werry Darta Taifur melaporkan, pada kegiatan Fiesta 2014 itu para peserta saling berbaur dan saling mengenal. Kegiatan ini tidak hanya sekadar mengikuti rangkaian perlombaan saja, akan tetapi membentuk watak saling kerjasama.

“Seorang pramuka sejati harus peduli dengan sesama, membina masyarakat, ilmu yang didapat teraplikasikan. Pramuka itu wadah pembentukan karakter budaya. Itu yang kita aplikasikan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya. 


Sumber : 
- http://www.sumbaronline.com/berita-20354-unand-punya-kontribusi-membesarkan-pramuka.html
- http://www.gentaandalas.com/lebih-dari-seribu-peserta-ikuti-fiesta-pramuka-unand/

0 comments:

Post a Comment