Kamis, 06 Oktober 2011

Kwarcab Labuhanbatu Akan Sambut Estafet Tunas Kelapa

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu dalam waktu dekat tepatnya tanggal 6 Oktober 2011 mendatang akan menyambut kirab Estafet Tunas Kelapa (ETK) di lapangan Ika Bina Rantauprapat.

Demikian penjelasakan Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu Suhari Pane SIP saat rapat persiapan penyambutan ETK di ruang rapat Inspektorat Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (4/10).

Suhari berharap pada saat kedatangan dan pelepasan ETK nanti semua pihak dapat berpartisipasi, khususnya Satlantas Polres Labuhanbatu, Dinas Perhubungan Kominfo dan Satuan Polisi Pamong Praja.

“Tanpa partisipasi dan dukungan kita semua pelaksanaan acara ini tidak akan berjalan dengan baik dan maksimal”, kata Suhari.

Dijelaskannya, bahwa kegiatan kirab dan perjalanan Pataka Tunas Kelapa ini menyusuri seluruh wilayah tanah air akan berangkat dari delapan penjuru mata angin bergerak dengan estafet menuju Ibukota Negara, Jakarta, yang melambangkan persatuan dan kesatuan secara utuh dan menyeluruh anak muda dan orang dewasa menuju cita-cita “Kejayaan Indonesia”.

Untuk wilayah Sumatera diawali dari provinsi Nangro Aceh Darussalam tanggal 1-4 Oktober 2011 dilanjutkan ke Sumatera Utara tanggal 5-7 Oktober 2011 dan berakhir di Jakrta tanggal 28 Oktober 2011 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan ini dilaksanakan, kata Suhari, karena tahun 2011 ini Gerakan Pramuka memasuki usia emas, usia 50 tahun. Jadi, kegiatan ini juga merupakan tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah meridhoi Gerakan Pramuka dengan seluruh anggota dan pemangku kepentingan dapat beraktifitas untuk dapat mengabdikan dirinya kepada pendidikan karakter anak bangsa yang berjati diri Pancasila melakukan pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

“Diharapkan kegiatan ini dapat mengetuk segenap masyarakat untuk mampu menyulam persatuan dan kesatuan dintara anak bangsa”, katanya.

Selama berad di Labuhanbatu (6-7 Oktober 2011) ETK melakukan berbagai kegiatan, seperti pemutaran film di Lapangan Ika Bina Rantauprapat dan mendapat jamuan dari Pemkab Labuhanbatu di pendopo.

Selengkapnya ETK 2011 berangkat atau start dari 8 wilayah penjuru negeri yaitu : Route 1 dimulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. Route 2 dimulai dari Kepulauan Riau (Kepri),Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung.

Route 3 dimulai dari Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta. Route 4 dimulai dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, DKI Jakarta. Route 5 dimulai dari Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah. Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara.

Route 6 dimulai dari Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Tenggara. Route 7 dimulai dari Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat. Route 8 dimulai dari DI. Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta.

Selama perjalanan kirab ETK antar daerah akan dilepas oleh Gubernur dan Walikota setempat selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah/Cabang . ETK akan melibatkan sekitar 226 Kwartir Cabang dan lebih dari 60.000 anggota Pramuka akan terlibat kegiatan ini. Selain kirab dilaksanakan pula berbagai kegiatan kesenian seperti pawai obor, pawai kebudayaan, kegiatan bakti masyarakat dan kegiatan lainnya yang menumbuhkan semangat bela negara.

0 komentar:

Posting Komentar