Selasa, 18 Oktober 2011

Perkemahan Wirakarya Kwarcab Kota Blitar 2011

Sekitar 140 anggota pramuka penegak ikut andil dalam perkemahan wirakarya 2011 “ Karya Bakti Praja Muda Karana Kencana “ di lapangan olahraga Pakunden Jl. Bengawan Solo Kota Blitar, tanggal 13 hingga 16 Oktober 2011 kemarin. Perkemahan ini dibuka oleh H Purnawan Buchori, Wakil Walikota Blitar.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Blitar mengatakan, pramuka telah memberi manfaat kepada masyarakat dengan kegiatan - kegiatan riil dilapangan. Seperti kegiatan kegiatan bakti sosial dan bentuk - bentuk tindakan kemanuasiaan yang lain. Meski keberadaan pramuka saat ini cukup bagus, masih cukup banyak tantangan yang dihadapi pramuka dan kaum muda saat ini. Seperti maraknya kriminalitas dan menurunnya rasa hormat para pemuda kepada kaum tua atau guru. Makin tingginya pengkonsumsi narkoba, pergaulan bebas dan lain lain. Dengan adanya tantangan dan dan permasalahan seperti ini pramuka juga dituntut untuk memperhatikan dan segera mencari jalan untuk menanggulanginya. Melalui karya - karya positif yang erat hubungannya dengan kepemudaan.

Sementara itu Syaifudin, S.Pd, ketua panitia perkemahan wirakarya 2011 saat dikonfirmasi disela – sela kesibukanya mengatakan, cukup banyak tindakan tindakan positif yang dilakukan pramuka khususnya di Kota Blitar. Satu diantaranya dalam perkemahan dalam bentuk kemah bhakti ini. Ada beberapa kegiatan sosial sebagai bentuk bhakti terhadap masyarakat utamanya bidang lingkungan hidup. Seperti penanaman bibit pohon untuk reboisasi, penyuluhan kesehatan remaja maupun bhakti lingkungan sarana umum di sekitar lokasi perkemahan dan sekitar sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka Jl. Bengawan Solo Kota Blitar.

Lebih lanjut Syaifudin menambahkan, dari sekitar 140 peserta berasal dari 7 gugus depan atau lembaga sekolah tingkat SMA sederajat di Kota Blitar. Diantaranya dari SMAN 1 dan SMAN 2, SMKN II dan SMK PGRI 3 serta MAN Kota Blitar, SMK Islam dan SMA Muhammadiyah. Tidak ada alasan yang jelas lembaga sekolah yang lain tidak mengikut sertakan anak didiknya. Padahal cukup banyak yang bisa dipetik dari kegiatan ini. Diantaranya untuk menambah pengetahuan, pengalaman, ketrampilan, sikap patriotisme dan kepedulian terhadap sesama.

”Dengan mengikuti kegiatan Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Kota Blitar yang mengambil tema, Karya Bhakti Pramuka Satukan Bangsa ini pula, juga dapat memupuk silaturohmi agar peserta dapat saling tukar menukar pendapat, mempertimbangkan gagasan serta pemecahan masalah untuk mendapatkan hasil yang efektif,” imbuh Syaifudin

0 komentar:

Posting Komentar