Wednesday, 30 April 2014

Anggota Pramuka Sukorejo Ikut Latihan Bela Negara

PASURUAN, - Batalyon Kavaleri (Yonkav) 8/2 Kostrad menyelenggarakan kegiatan pramuka dan pelatihan bela negara yang melibatkan 55 peserta pramuka baik putra maupun putri yang berasal dari berbagai sekolah tingkat SMA dan sederajat yang tergabung dalam satu organisasi Pramuka tingkat Kwarran Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, selama dua hari.

Dalam kegiatan ini, Batalyon Kavaleri 8/2 Kostrad bekerja sama dengan pengurus Dewan Kerja Ranting (DKR) Kec. Sukorejo Pasuruan dalam rangka terus memantapkan program teritorial dan pembinaan para pemuda di Kota Pasuruan. Selama kegiatan pelatihan yang berlangsung di Asrama Yonkav 8/2 Kostrad ini, para peserta Pramuka dibina dan dilatih oleh Prajurit Yonkav 8/2 Kostrad dengan berbagai macam materi pelajaran, baik yang bersifat teori maupun praktik. 

Adapun beberapa materi yang diajarkan dan dilatihkan meliputi teori Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan yang bertujuan untuk meningkatkan Wawasan kebangsaan dan Nasionalisme para pemuda, sesuai dengan tujuan dan sasaran dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. Disamping materi tersebut, beberapa materi pengenalan ilmu dasar kemiliteran juga diberikan kepada para peserta pelatihan Pramuka tersebut diantaranya pengenalan materi PBB, PPM, Navigasi Darat (kompas siang dan kompas malam), Gerakan dasar perorangan (5M), Survival, Jurit malam, Pionir, Menyamar, Mountenering sampai dengan pengenalan senjata dan kendaraan tempur yang dimiliki oleh satuan Yonkav 8/2 Kostrad. 

Tidak lupa materi tambahan yaitu penanggulangan bencana alam juga disampaikan berkaitan dengan seringnya terjadi bencana alam yang tidak terduga di negara kita ini sehingga materi ini dianggap sangat perlu diketahui oleh para peserta pelatihan dengan harapan dapat berguna di masa yang akan datang.

Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat dan mendapatkan respon yang sangat tinggi dari para peserta pelatihan. Hal ini terlihat dari semangat dan antusias yang sangat tinggi dari seluruh peserta pelatihan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan materi yang disajikan oleh penyelenggara dalam hal ini Satuan Yonkav 8/2 Kostrad.

Sampai pada saat kegiatan pelatihan ini ditutup oleh Komandan Batalyon Kavaleri 8/2 Kostrad, semua rangkaian kegiatan pelatihan berjalan lancar dan aman. Dalam amanatnya pada upacara penutupan pelatihan ini, Danyonkav 8/2 Kostrad mengucapkan terima kasih dan selamat kepada para pelatih/pembina dan kepada para peserta pelatihan yang sudah melaksanakan kegiatan ini dengan semangat dan penuh rasa tanggung jawab sehingga tujuan dan sasaran dari pelatihan ini dapat tercapai. 

Besar harapan Danyonkav 8/2 Kostrad agar kegiatan seperti ini dapat terus dipertahankan dan lebih dikembangkan lagi kedepannya bahkan bisa sampai kepada tingkat Nasional, sehingga para pemuda Indonesia akan semakin tangguh dan memiliki Nasionalisme yang tinggi terhadap bangsanya yang kelak akan menjadi penerus cita cita bangsa Indonesia.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/279741

0 comments:

Post a Comment