Sunday, 27 April 2014

KEMAH BUDAYA NASIONAL : 700 Pramuka Berkumpul, Balekambang Ditutup 6 Hari

SOLO Selama enam hari, Minggu-Jumat (27/4-2/5), Taman Balekambang, Solo, Jawa Tengah akan ditutup untuk pengunjung umum. Kawasan tersebut akan menjadi lokasi penyelenggaraan Kemah Budaya Nasional.

Kegiatan tersebut akan diikuti 700 peserta dari seluruh Indonesia. “Selama pelaksanaan, [Taman Balekambang] akan ditutup dari pengunjung umum,” ungkap Koordinator Lapangan Kemah Budaya Nasional Kelik Isnawan saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Kamis (24/4/2014).

Kelik mengatakan tahun ini Solo ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan tersebut. Bukan itu saja, Solo juga ditunjuk sebagai panitia daerah. “Panitia itu nanti dari pemerintah kota dan dari Kwartir Cabang Solo,” ujar dia.

Menurut Kelik 700 peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut direncanakan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Solo sendiri akan mengirimkan 120 siswa SMP sebagai peserta. “Ini untuk penggalang setingkat SMP,” terang dia.

Kemah Budaya Nasional akan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Pembukaan acara tersebut akan dimeriahkan dengan beberapa pementasan dari siswa Solo, di antaranya adalah Tari Moncar Batikku yang akan ditampilkan oleh gabungan siswa-siswa SMP di Solo, pertunjukan wayang oleh dalang cilik dari SMPN 3 Solo, dan orkestra dari SMPN 1.

Kelik mengatakan selama Kemah Budaya berlangsung seluruh peserta akan mengikuti kegiatan seperti jelajah budaya, Solo Menari, workshop budaya, dan persembahan pentas seni. “Jelajah budaya ke Sangiran, Keraton dan sebagainya dilakukan pada 29 April. Seluruh peserta juga akan ikut menyaksikan Solo Menari. Tapi khusus peserta dari Solo akan terlibat langsung dalam Solo Menari,” terang dia.

Untuk workshop akan dilakukan workshop keris, batik, dan pembuatan serabi sebagai kuliner tradisional di Solo.

Sumber :  http://www.sragenpos.com/2014/kemah-budaya-nasional-700-pramuka-berkumpul-balekambang-ditutup-6-hari-504442

0 comments:

Post a Comment