Wednesday, 3 September 2014

Pengantar Presiden RI pada Hari Pramuka ke-53 2014


PENGANTAR
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
PADA
HARI PRAMUKA KE-53
DI LAPANGAN BUMI PERKEMAHAN CIBUBUR, JAKARTA TIMUR
TANGGAL 14 AGUSTUS 2014
 
 
 
 
 
 
 
Bismillahhirahmannirahim,
Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua,
Salam Pramuka!
 
Para Tamu Undangan dan Hadirin yang saya hormati dan saya muliakan,
Saudara Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka beserta Kakak-kakak dan Adik-adik Pramuka yang saya cintai dan saya banggakan,
 
Hari ini kita bersyukur kehadiran Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya, pada hari yang bersejarah ini kita dapat menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-53 Gerakan Pramuka. Saya ingin menggunakan kesempatan yang membahagiakan ini, untuk menyampaikan ucapan Selamat Ulang Tahun kepada para Anggota, Pelatih, Dan Pembina Pramuka di seluruh Tanah Air, serta di kantor-kantor perwakilan di luar negeri. Semoga Peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka yang khidmat ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan peran dan aktivitas Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan dalam membangun tunas-tunas muda yang memiliki watak, kepribadian, karakter, dan jati diri bangsa yang kukuh.
 
Saya juga ingin menyampaikan ucapan selamat bekerja dan selamat berkarya kepada jajaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2013-2018 yang telah saya lantik dan saya kukuhkan pada tanggal 2 Juni 2014 yang lalu. Semoga di tangan Saudara-Saudara Gerakan Pramuka dapat terus melakukan revitalisasi, tumbuh, dan berkembang, dan maju dalam mempersiapkan tunas-tunas muda menjadi generasi yang siap memegang kendali negeri ini di masa depan.
 
Hadirin sekalian yang saya hormati,
 
"Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi" yang menjadi tema besar peringatan hari Pramuka tahun ini, saya nilai memiliki dua kata kunci. Kata kunci pertama, adalah pembentukan karakter kaum muda. Kegiatan kepramukaan sejak didirikan lima puluh tahun yang lalu hingga saat ini berperan penting dalam membentuk karakter kaum muda yang cerdas, berakhlak mulia, terampil, dan trengginas.
 
Kita menyadari bahwa kemajuan bangsa dan negara kita di masa depan terletak di tangan kaum muda. Untuk tujuan itulah, saya menilai penting peningkatan kualitas Gerakan Pramuka sebagai pembentuk karakter kaum muda. Gerakan Pramuka dapat menjadi wahana pendidikan watak kepemimpinan dan jiwa bela negara berdasarkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Pancasila, Trisatya, dan Dasa Darma Pramuka.
 
Sejarah mencatat, sejak didirikan pada tanggal 14 Agustus 1961, Gerakan Pramuka telah menjadi wadah tempat mendidik, membina, dan mengembangkan karakter dan jati diri bangsa kita. Gerakan Pramuka selalu relevan dengan perkembangan zaman. Gerakan Pramuka memiliki peran konstruktif dalam mencetak generasi muda berkarakter pembangunan. Generasi muda yang bertakwa kepada Tuhan yang Maha Kuasa, cerdas, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berkeperibadian tangguh, berbudi pekerti luhur, rukun, dan bersatu dengan sesama warga bangsa dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Generasi muda dengan karaketer seperti itulah, yang mampu mengemban tugas sejarah untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah dan lebih gemilang.
 
Saudara-saudara,
 
Kata kunci yang kedua adalah, Akreditasi Gugus Depan. Sebagai bagian dari pemantapan Gugus Depan Gerakan Pramuka yang lebih berkualitas. Akreditasi Gugus Depan saya nilai merupakan bagian penting dari revitalisasi Gerakan Pramuka. Melalui Akreditasi Gugus Depan, kita tingkatkan kualitas pemaknaan dan penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, sekaligus kegiatan kepramukaan yang lebih beragam. Dalam hal ini, menjadi penting agar pengembangan Gugus Depan tidak hanya dari aspek peningkatan kuantitas semata, tetapi juga kualitas dalam pelatihan dan pembinaannya. Melalui Akreditasi Gugus Depan juga dapat menjadi penunjang bagi revitalisasi Gerakan Pramuka, utamanya dalam memfasilitasi perluasan akses para Pramuka di negeri kita dalam berinteraksi dengan para Pramuka dari mancanegara. Peningkatan interaksi antargerakan Pramuka di dunia dapat memperbesar semangat persaudaraan antarbangsa, menjalin hubungan yang lebih erat dan harmonis, serta sarana membangun tatanan peradaban dunia yang makin damai, makin adil, dan makin sejahtera.
 
Saudara-saudara,
 
Kita bersyukur sejak dicanangkannya Revitalisasi Gerakan Pramuka pada tahun 2006, delapan tahun yang lalu, Gerakan Pramuka telah menunjukan aktivitas yang lebih nyata dan lebih beragam. Gerakan Pramuka telah menjadi pilar penting dalam sistem pendidikan nasional. Secara bertahap, citra, aktivitas, dan kinerja Gerakan Pramuka juga berkembang semakin baik. Minat kaum muda terhadap Gerakan Pramuka alhamdulilah terus meningkat.
 
Gerakan Pramuka saat ini telah menjelma menjadi satu wadah atau wadah utama dalam pendidikan karakter bangsa dan peningkatan daya saing kaum muda. Di era global dan persaingan yang ketat saat ini, pendidikan karakter bangsa menjadi sangat penting untuk menggembleng generasi muda agar memiliki jiwa ksatria, pantang menyerah, unggul, mandiri, dan mampu menghadapi tantangan zaman.
 
Sejarah perjuangan kebangsaan kita mencatat, bahwa kemerdekaan yang kita raih merupakan hasil jerih payah para pendahulu kita yang memiliki karakter tangguh, ulet, serta memiliki rasa dan semangat kebangsaan yang tinggi. Pada saat yang sama, Gerakan Pramuka juga harus menjadi benteng dari berbagai paham yang sesat dan menyesatkan. Paham-paham keagamaan yang menyimpang, apalagi yang diwarnai oleh tindakan kekerasan dan mengarah kepada aksi-aksi terorisme harus kita cegah.
 
Pesatnya kemajuan teknologi informasi harus pula dibentengi oleh kepribadian luhur bangsa kita yang dilandasi nilai-nilai Pancasila. Teknologi informasi tidak boleh membuat bangsa ini kehilangan kesantunan, kepribadian, dan rasa saling hormat-menghormati. Ancaman saat ini dan masa depan bukan hanya dalam bentuk ancaman peperangan, melainkan dalam berbagai bentuk infiltrasi budaya, sosial, ekonomi, dan politik, baik dari dalam maupun dari luar, termasuk gerakan ekstrim dan radikal yang dapat merobek kedamaian dan kerukunan kita sebagai bangsa.
 
Melalui pendidikan nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma, dengan metode kepramukaan yang tidak membosankan, dan selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan serta minat kaum muda, ancaman-ancaman tersebut akan dapat diminimalkan. Di sinilah peran penting Gerakan Pramuka menjadi filter atau penyaring bagi berbagai infiltrasi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kehidupan bangsa.
 
Hadirin sekalian, Anak-anakku, Kakak-kakak, Adik-adik Gerakan Pramuka yang saya banggakan,
 
Mengakhiri amanat ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada Adik-adik anggota Pramuka di seluruh Tanah Air. Pertama, jadilah anggota Pramuka yang memiliki mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif, dan senantiasa bekerja keras. Kedua, mantapkan nilai-nilai Pancasila, Tri Satya, dan Dasa Darma Pramuka dalam diri adik-adik agar menjadi manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, cerdas, berbudi luhur, dan memiliki daya saing yang tinggi. Ketiga, banggalah menjadi anggota Pramuka dan banggalah menjadi tunas-tunas muda generasi emas Indonesia. Gantungkan cita-citamu setinggi langit, raihlah mimpimu di masa depan dengan giat belajar, berlatih, dan tentu saja beribadah kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Keempat, satukan kata, hati, dan perbuatan dalam menempuh jalan kehidupan serta meraih cita-cita di masa depan. Kedepankan idealisme, kerja keras, kejujuran dan martabat Adik-adik sebagai seorang Pramuka sejati.
 
Itulah pesan saya, pada kesempatan terakhir saya menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional, sebagai Presiden Republik Indonesia. Pada kesempatan yang baik ini kepada Adik-adik Pramuka, para Pengurus Kwartir Nasional hingga Kwartir Ranting di seluruh Tanah Air, saya beserta Ibu Negara, Ibu Ani Yudhoyono, mohon diri, mohon pamit, insya Allah saya akan mengakhiri masa jabatan saya sebagai presiden pada tanggal 20 Oktober mendatang. Percayalah Gerakan Pramuka akan tetap ada di hati kami hingga akhir hayat nanti.
 
Terima kasih, Jayalah Pramuka dan Jayalah Indonesia kita.
 
Dirgahayu Gerakan Pramuka.
 
Salam Pramuka!
 
Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
 
 
 
 
 
Asisten Deputi Naskah dan Penerjemahan,
Deputi Bidang Dukungan Kebijakan,
KementerianSekretariat Negara RI

Sumber : http://www.setneg.go.id//index.php?option=com_content&task=view&id=8149&Itemid=26 

0 comments:

Post a Comment