Friday, 19 September 2014

Pramuka Jabar Memerlukan Pembina Pramuka 1,2 juta orang

Seiring diberlakukannya Permendikbud No. 63/2014 tentang Eskul Gerakan Pramuka, maka kebutuhan pembina Pramuka dipastikan masih kurang. Saat ini jumlah pembina gerakan Pramuka di Jabar baru sekitar 600.000 orang.
 
Dede Yusuf Ka Kwarda Jawa Barat menyebutkan, ke­mung­kinan kebutuhan pembina Pramuka di Jabar mencapai 1,2 juta orang. Artinya, setiap kwarcab hingga kwaran harus bisa mencetak pembina Pramuka baru.

“Permendikbud tersebut mewajibkan setiap sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK menggelar eskul Pramuka dan dibutuhkan pembina lebih banyak lagi,” ujarnya.

Terkait kebutuhan akan pembina Pramuka ini, menurutnya tinggal mengalikan dua dari jumlah pembina yang ada sekarang. “Kita membutuhkan sekitar 1,2 juta pembina Pramuka untuk membentuk karakter masyarakat,” tambahnya.

Dede menyebutkan, sesuai Permendikbud sekolah harus bisa menganggarkan eskul gerakan Pramuka yang bisa bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Bisa pula didukung Dinas Pendidikan masing-masing daerah. “Kita mencoba mencari sumber dana lain, selain iuran anggota,” ujarnya.

Menyinggung tentang pertum­buhan gerakan Pramuka di Jabar, menurut Dede cu­kup tinggi. Tahun 2013 misalnya, jumlah anggota Pramuka di Jabar mencapai 3,2 juta orang. “Saat ini sudah 4,6 juta. Jumlah ini akan bertambah, se­­i­ring diberlakukannya Per­men­­­dikbud tersebut,” kata­nya.

Sumber : 

0 comments:

Post a Comment