Monday, 9 April 2012

Lomba Satya Dharma Bhakti Utama Kota Bogor

BOGORnews - Asisten Tata Praja Sekretariat Daerah Kota Bogor Ade Syarif Hidayat selaku Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka membuka Lomba Satya Dharma Bhakti Utama (LSSBU) Ke-VI Tahun 2012 di plaza Balaikota Bogor, Minggu (8/4/2012).

Ade Syarif Hidayat mengatakan, LSDBU menjadi sebuah arena bersilaturahim anggota pramuka di Kota Bogor khususnya dan bertukar pikiran untuk memberikan sesuatu yang positif antara gugus depan, sehingga menjadi sebuah keluarga organisasi yang kuat ke depan menjadi generasi yang lebih baik.

Menurut Ade, gerakan pramuka merupakan wadah pendidikan watak generasi muda Indonesia yang dipersiapkan sebagai kader pembangunan bangsa di masa mendatang. “Ujung tombak pembinaan gerakan pramuka terletak di tingkat gugus depan, dimana tempat terhimpunnya seluruh komponen anggota mulai dari peserta didik sampai dengan anggota dewasa terpusat di Gugus Depan, “ kata Ade.

LSDBU, kata Ade, bertujuan untuk mengukur potensi dan keterampilan/skill anggota pramuka pangkalan SD/MI dan SMP/MTs melalui kegiatan lomba yang edukatif dan sportif serta untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para anggota pramuka di Kota Bogor.

Panitia LSDBU Ke-VI tahun 2012 Hj. Ellya Krisnawaty mengatakan, kegiatan ini sebagai wahana latihan bagi anggota pramuka dalam melaksanakan manajerial dan pengelolaan kegiatan baik untuk peserta maupun anggota di SMP Negeri 7 Bogor dan sebagai ajang memperkenalkan potensi wisata Kota Bogor pada umumnya.

Selain itu, lanjutnya, sebagai sarana tolak ukur atas hasil latihan rutin di Gugugs Depan masing-masing juga sebagai wadah pertemuan dan saling berbagi ilmu serta persaudaraan bagi seluruh anggota pramuka tingkat SD/MI dan SMP/MTs.

LSDBU Ke-VI tahun 2012 pramuka penggalang tingkat SD/MI dan SMP/MTs diikuti sebanyak 1023 peserta terdiri dari 108 regu, 96 Gudep dan 38 pangkalan sekolah yang mengambil tema “Satyaku Ku Darmakan Darmaku Ku Baktikan”

Adapun bentuk kegiatannya adalah indoor dan outdoor activity yang terdiri dari Lomba Wide Games ada lima Pos start di Balaikota dengan lokasi Kebun Raya finish di SMP Negeri 7 Bogor, Pos 1 (Semaphore), Pos 2 (Morse), Pos 3 (Sandi) Pos 4 (Pengetahuan Kepramukaan) Pos 5 (Pengetahuan Umum) star Kebotanian dan sejarah Kebun Raya Bogor dengan Pos perjalanan Koleksi Tanaman KRB dan Finish Koleksi Museum Zoologi Bogor.

Cabang lomba yang dilaksanakan di SMPN 7 meliputi lomba pembuatan Pioneering, Pembuatan Tandu dan P3K, Pembuatan Miniatur Menara Pandang, Desain Logo SDBU 2014 dan Lomba Manajerial Regu.

Event dua tahunan ini akan memperebutkan piala bergilir Gubernur Jawa Barat selaku Ka.Mabida Jabar, Pangdam III/Siliwangi, Ka.Kwarda Jabar, Danrem 061/Suryakancana, Walikota Bogor selaku Ka.Mabicab Kota Bogor, Ka.Polres Bogor Kota, Dandim 0606 Kota Bogor dan Ka.Kwarcab Kota Bogor.

Sumber :bogornews

0 comments:

Post a Comment