Buku Black Book of Rover Scout

Sebuah buku yang harus dimiliki Pramuka Penegak Pandega, maupun pembina buat adik didiknya. Ditulis berdasarkan pengalaman selama berkegiatan pramuka oleh purna DKD Jatim.

Buku Materi Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Tanda Jabatan Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai tanda jabatan bagi peserta didik, pembina maupun, andalan kwartir.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Senin, 30 April 2012

Pramuka, Mendidik Pelajar Jadi Intelektual

PENAJAM - Pramuka penggalang tingkat SMP sederajat kwartir ranting Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengadakan lomba galang prestasi Gugus Depan Sudirman 2012 tingkat Kabupaten PPU yang diikuti 64 siswa-siswi dari lima sekolah, di lapangan SMAN 2 Waru, Sabtu (28/4) lalu.

Kepala SMAN 2 Waru H Ahmad Zarkasi mengatakan, gerakan pramuka adalah organisasi kepemudaan yang berorientasi pengabdian kepada bangsa dan negara. “Dengan kegiatan ini kita dapat mendidik dan membina kaum pemuda terutama pelajar Indonesia guna mengembangkan mental, moral, emosional, sosial, intelektual dan fisiknya untuk menjadi generasi muda Indonesia yang baik,” papar Zarkasi.

Karena itu, lanjut Zarkasi, kegiatan gagasan siswa-siswi SMAN 2 Waru ini merupakan langkah positip terhadap pembinaan pendidikan ekstrakulikuler di sekolah. “Kami berkomitmen tetap laksanakan pendidikan luar sekolah secara berkelanjutan.

Bukan hanya pendidikan formal, namun pendidikan informal juga mendukung tercapainya pendidikan di sekolah,” jelas mantan kepala sekola SMA Negeri 1 Penajam ini.

Zarkasi menambahkan, sebuah organisasi harus mempunyai tujuan yang lebih cemerlang kedepan seperti halnya pramuka bila terlaksana dengan baik di sekolah, maka tidak mustahil gerakan ini dapat mengangkat pendidikan di daerah.

”Bisa kita contohkan beberapa prestasi siswa dari PPU mampu meraih hasil baik di tingkat provinsi, baik lomba akdemik maupun nonakademik,”tambahnya. Sekretaris Ranting Pramuka Waru Supianto jadi pembina upacara mengatakan, dengan kegiatan selama dua hari, 28-29 April ini ia berharap dapat membangkitkan kembali semangat kepramukaan bagi siswa-siswi, dalam melaksanakan tugas pramuka yakni mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.

Sekaligus mampu menjaga mental dan moral kearah positip sebagai generasi muda yang dibanggakan. Sebelum memasangkan tanda peserta, Supianto menilai kegiatan pramuka beberapa hari belakangan ini mulai menurun.

Karena itu, dengan tema kegiatan lomba yakni Ciptakan Penggalang yang berprestasi demi kemajuan pramuka, peserta harus mengetahui arti dan manfaat gerakan pramuka, dengan memperkuat persatuan dan kesatuan serta membantu masyarakat lewat kegiatan yang nyata.

“Anggota pramuka juga harus memahami pentingnya NKRI yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, berideologikan Pancasila dalam kehidupan rakyat yang rukun dan damai di bumi nusantara ini,” tutur Supianto.

10 jenis lomba yaitu permainan dengan panca indra mata atau KIM, tali tamali atau pionering, kreasi baris berbaris (LKBB), memasak, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), penjelajahan, pentas seni, parade yel, tekspram atau ilmu pengetahuan umum (IPU) dan lomba bongkar tenda.

Sumber : balikpapanpos

Jumat, 27 April 2012

Buper Cibubur Akan Dikelola Swasta?

Jakarta - Lahan Bumi Perkemahan (Buper) Cibubur seluas 400 hektar rencananya akan dikelola pihak swasta selama 30 tahun.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Jawa Barat, Adang D. Bokin kepada INILAH.COM.

"Sewa kelola Buper Cibubur terungkap dalam Rakernas Pramuka yang berlangsung di Cibubur dari tanggal 26-27 April 2012. Rakernas dihadiri utusan Kwarda dari 33 provinsi di Indonesia," ujar Adang, Jumat (27/4/2012).

Adang mengaku belum mengetahui kapan rencanannya pengelolaan Buper Cibubur itu akan diambil alih oleh pihak swasta, namun berdasarkan informasi yang terungkap dalam Rakernas Pramuka, bahwa lahan Buper Cibubur seluas 400 hektar akan dikelola pihak swasta dalam kurun waktu kontrak 30 tahun.

Lahan Buper Cibubur sendiri merupakan lahan atau aset milik negara yang pengelolaannya berada di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga. Pembiayaan untuk pemeliharaan Buper Cibubur juga masuk dalam ABPN.

Jika nantinya pengelolaan diambil alih oleh pihak swasta, nantinya Buper akan sama seperti aset negara lainnya yang dilimpahkan pengelolaannya kepada pihak swasta seperti Taman Ria Senayan.

Sumber : inilah.com

Kwarda Jabar Tolak Swasta Kelola Buper Cibubur

Jakarta - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat mempertanyakan alasan pengalihan pengelolaan Bumi Perkemahan (Buper) Cibubur dari negara ke pihak swasta. Untuk itu DPR diminta untuk mengklarifikasi Kwartir Nasional (Kwarnas) atas proyek ini.

"Komisi X DPR harus memanggil pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka untuk minta klarifikasi pelimpahan hak kelola 400 hektare lahan Bumi Perkemahan (Buper) Cibubur di Jaktim kepada pihak ketiga," ujar Wakil Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat, Adang D Bokin," kepada INILAH.COM, Jumat (27/4/2012).

Menurutnya, dengan rencana pengambilalihan ini DPR harus membentuk tim panitia kerja (Panja) untuk mendalami proses pengambilalihan lahan Buper Cibubur kepada pihak swasta.

"Bilamana perlu, DPR harus minta BPK untuk melakukan audit menyeluruh terhadap aset Buper itu karena selama 30 tahun pengelolaannya akan diserahkan ke swasta dengan pola BOT," jelasnya.

Selain itu, Adang juga mempertanyakan kebijakan Kwartir Nasional (Kwarnas) dibawah kepemimpinan Hasrul Azwar. Pasalnya atas kebijakannya itu dapat berpotensi menimbulkan kerugian bagi negara.

"Kebijakan Kwarnas di bawah pimpinan Hasrul Azwar yg melakukan MoU sewa kelola Buper Cibubur berpotensi merugikan keuangan negara karena tanah Buper merupakan milik negara. Selain itu, pengelolaan oleh swasta belum tentu memberi keuntungan apa pun bagi Gerakan Pramuka," ungkapnya.

Sumber : inilah.com

Kamis, 26 April 2012

Lomba KELOPAK 2012

Dalam upaya mewujudkan kader-kader gerakan pramuka yang berkompeten menuju persaingan global di masa depan melaluipeningkatan pengetahuan dan keterampilan kepramukaan, maka Gugusdepan Makassar 10.071–10.072 Universitas Negeri Makassar Racana Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju, akan melaksanakan kegiatan Kemah Lomba Pramuka Penegak (KELOPAK) Tahun 2012.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami dari Gugusdepan c.q Dewan Racana mengundangkepada Gugusdepan binaan kakak untuk berpartisipasi pada kegiatan yang dimaksud, yang insyaAllah akan dilaksanakan pada:

Hari : Senin - Sabtu
Tanggal : 2 - 7 Juli 2012
Tempat : Bumi Perkemahan Bantimurung Kabupaten Maros.

Juknis perlombaan dapat dilihat disini

Alamat Sekretariat Pramuka UNM :
Gedung Rektorat Lama Lt. 1 Kampus Gunung Sari UNM  Jln. A. Pangeran Pettarani Makassar
Telp : 085243480743 (k’Ahmad)
085299970928 (k’Basri)
 
e-mail : racanapramukaunm@gmail.com  Blog : htpp://racanaranggongdgromodanopudgrisadju.blogspot.com 
Facebook : Kemah Lomba Pramuka Penegak (Kelopak) Se-Sulawesi Tahun 2012

Rabu, 25 April 2012

Rompi




Rompi Loreng Pramuka

Harga IDR.145.000

STOK KOSONG

Jaket




Jaket Loreng Pramuka

Ukuran M, L, XL
Harga IDR.235.000

* bisa reques ukuran seperti permintaan







Jaket Gunung The North Face
Tipe Summit Series (Lokal/non Ori)
Harga IDR. 250.000
Bahan Goretrex
Dalam Lapis Polar

Jaket Windbreaker 1475
Merk : Avtech
Harga IDR. 269.000








Jaket Windbreaker0493
Merk : Avtech 
Harga IDR. 204.000

Minggu, 22 April 2012

EJASCOM 2012 SE-JATIM

PETUNJUK TEKNIS “EAST JAVA SCOUT COMPETITION” 2012 SE-JATIM

A. Pendahuluan
Gerakan Pramuka bertujuan membentuk manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur, yang sehat jasmani dan rohaninya, serta menjadi warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Banyuanyar Scouts Meeting (BASCOME 12 JATIM) yang dilaksanakan dalam bentuk perlombaan yang menarik dan menantang dengan nama kegaiatan East Java Scout Competition (EJAS.COM) merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Penggalang se-Jawa Timur dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan berkualitas, guna memperluas wawasan, membina Ukhuwah Islamiyah sekaligus memberikan bekal dan pengalaman sesuai dengan perkembangan zaman.

Sesuai dengan latar belakang diatas maka perlu adanya evaluasi hasil kegiatan yang dilaksanakan oleh Gugusdepan masing-masing dalam bentuk kegiatan East Java Scout Competition (EJAS.COM).

B. Dasar
1. Undang-Undang Gerakan Pramuka Nomor: 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
2. Keputusan Presiden RI No. 104 tahun 2004 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
3. Keputusan Kwartir Nasional No. 086 Tahun 2005 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
4. Program tahunan Gerakan Pramuka Gugusdepan 963.

C. Tujuan
1. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.
2. Meningkatkan ilmu pengetahuan tentang kepramukaan dan pendidikan umum
3. Mempererat tali silaturrahim.
4. Memenuhi Satya Dharma Pramuka
5. Menumbuhkembangkan mental disiplin, ilmu pengetahuan, pengalaman dan keterampilan
6. Mencetak generasi yang siap menjadi aset dan investasi Sumber Daya Manusia.

D. Motto
“Satyaku Kudharmakan Dharmaku Kubaktikan”

E. Tema
“Pramuka Bermanfaat, Indonesia Bermartabat”

F. Nama dan Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini diberi nama East Java Scout Competition (EJAS.COM) Jawa Timur 2012 yang dilaksanakan dalam bentuk perlombaan yang menarik dan menantang.

G. Waktu dan Tempat
Hari/Tanggal : Kamis s.d. Jum’at/10-11 Mei 2012
Tempat :Lapangan Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Palengaan Pamekasan Madura

H. Peserta

1. Ketentuan:
a. Masing-masing peserta maksimal mengirimkan 2 Regu Putra/2 Sangga Putra
b. Masing-masing Regu/Sangga terdiri dari 10 Anggota.
c. Satu Regu/Sangga hanya dapat didampingi 1 orang Pembina Pendamping (BIPING) dibuktikan dengan surat mandat dari Gugusdepan masing-masing.
2. Persyaratan Peserta:
a. Usia peserta mencapai 15 tahun (Penggalang) dan 18 tahun (Penegak) pada tanggal 10 Mei 2012 dibuktikan dengan foto copy Kartu Pelajar/Kartu Tanda Anggota (KTA).
b. Mengisi formulir pendaftaran.
c. Membayar fee pendaftaran sebanyak Rp. 130.000,- Per Regu/Sangga. Semua berkas wajib di setorkan disaat pendaftaran.
d. Berkas pendaftaran dimasukkan dalam Stof Map merah (Penggalang) dan kuning (Penegak)
e. Sanggup mentaati semua peraturan yang ada.
3. Persyaratan Bindamping (BIPING)
a. Membayar uang pendaftaran sebanyak Rp. 10.000,-.
b. Sanggup mentaati semua peraturan yang ada.
I. Sistem Pendaftaran
1. Pendaftaran
Waktu : Dibuka mulai tersebarnya surat undangan ini sampai tanggal10 Mei 2012
Tempat : Sanggar Bhakti Gerakan Pramuka Gugusdepan 963
Jl.Garuda Poto’an Daya Palengaan Pamekasan Madura Jawa Timur Indonesia
Telp/fax: (0324)323790 P.O BOX 09 Pamekasan 69362
Via Telpon : Kak Satrana_963 : 081 938 393 227
Humbaya_963 : 087 750 574 963
Via E_mail : ejas_du963hby@yahoo.com
Facebook : Ejas Competition 2012 (Group)
2. Technical Meeting
hari /tanggal : Ahad - 29 April 2012
waktu : 07.30-selesai WIB
tempat : Aula Pondok Pesantren Banyuanyar.
3. Daftar Ulang
hari/tanggal : 10 Mei 2012
waktu : 06:00-08:00 WIB
tempat : Sekretariatan East Java Scout Competition (EJAS.COM) 2012
peserta : Seluruh anggota dengan membawa bukti pembayaran pendaftaran

J. Fasilitas Peserta
* Trophy kejuaraan
* ID-Card
* Sertifikat Kegiatan
* Sertifikat Kejuaraan
* Shal Kegiatan
* Piagam Kontingen

Stiker
K. Fasilitas Bindamping
Ø ID-Card
Ø Sertifikat
Ø Shal Kegiatan

L. Kejuaraan
ü Medali juara I,II dan III untuk masing-masing lomba (Penegak dan Penggalang)
ü Tropy Bank Syariah NURI untuk juara I,II,dan III untuk semua lomba (Penegak dan Penggalang)
ü Trophy Kwarda Jawa Timur untuk juara umum Penegak
ü Trophy Kwarcab Pamekasan untuk juara umum Penggalagng
M. Schedule Kegiatan
Agenda pada kegiatan ini sebagaimana terlampir.

N. Sumber Dana
a. Swadaya Pramuka
b. Kontribusi peserta
c. Kontribusi panitia
d. Sumbangan lain yang halal dan tidak mengikat
dengan taksasi dana kegiatan sebagaimana terlampir.

0. Perlombaan , Tekhnis dan penilaian
* Yell
* Maket Pionerring
* Lomba Cerdas Tangkas (LCT)
* Olimpiade Sandi Pramuka
* Pionerring
* Poster
* Mading Tiga Dimensi (3D)
* Maket Bangunan Bersejarah
* Teknologi Tempat Guna (TTG)
* Hasta Karya
* Wawasan dan Tokoh
* Baca Berita
* Puisi
* Pentas seni
* Outbond
Tekhnis dan Penilaian
1. Yell
a. Peserta 8 orang
b. Memakai kostum bebas, rapi dan sopan
c. Peserta menampilkan yellnya dengan alokasi waktu 5 menit
d. Kriteria penilaian:
1. Kekompakan 60%
2. Kreasi 60%
3. Aksesoris 30%
2. Maket Pionerring
a. Peserta 2 orang
b. Memakai seragam Pramuka lengkap
c. Peserta membuat maket berbentuk Pionering dari bahan bambu dengan ukuran panjang 40 cm dan diameter 1 1cm
d. Kriteria penilaian:
1. Kreasi 50%
2. Kebenaran Simpul 20%
3. Kekokohan 30%

3. Lomba Cerdas Tangkas (LCT)
a. Peserta 3 orang
b. Memakai seragam Pramuka lengkap
c. materi soal
· Kepramukaan
· Sejarah nasional
ü Pendidikan Nasional
ü Kebangkitan Nasional
· Sains
ü Giografi
ü Matematika
ü Fisika
ü Biologi
ü Sosiologi
d. Peserta menjawab soal yang diberikan panitia melalui 3 babak
e. Kriteria penilaian:
1. Kebenaran 150%.

4. Olimpiade Sandi Pramuka
a. Peserta 2 orang
b. Memakai seragam Pramuka lengkap
c. Peserta menjawab soal yang diberikan panitia melalui 3 babak
d. Kriteria penilaian:
1. Kebenaran 150%

5. Pioneering
a. Peserta 5 orang
b. Memakai kostum kegiatan
c. Peserta membuat Pionering dengan bentuk bebas
d. Kriteria penilaian:
1. Kebenaran Simpul 50%
2. Kreasi 50%
3. Kekokohan 50%

6. Poster
a. Peserta 1 orang
b. Memakai kostum kegiatan

c. Peserta membuat poster dengan bahan treplek dengan ukuran 1 m persegi dengan tema
pramuka pewarna pendidikan
d. Kriteria penilaian:
1. Kesesuaian gambar dengan tema 50%
2. Kerapian 50%.

7. Mading Tiga Dimensi (M3D)
a. Peserta 3 orang
b. Memakai kostum kegiatan
c. Peserta membuat mading 3D dengan tema Pramuka Pewarna Pendidikan
dengan bentuk bebas
d. Kriteria penilaian:
1. Kreatifitas 50%
2. Kesesuaian dengan tema 50%

8. Maket Bangunan Bersejarah
a. Peserta 3 orang
b. Memakai kostum kegiatan
c. Peserta membuat maket dengan bentuk bangunan bersejarah
d. Kriteria penilaian:
1. Bentuk 50%
2. Kerapian 50%.

9. Tekhnologi Tepat Guna (TTG)
a. Peserta 2 orang
b Memakai seragam pramuka lengkap
c. Peserta membuat rangkaian TTG yang berkaitan dengan kelistrikan.
d. Kriteria penilaian:
1. Kegunaan 50%
2. Kecanggihan 50%

10. Hasta Karya
a. Peserta 3 Orang
b. Memakai Kostum Kegiatan.
c. Membawa Bahan Setengah Jadi Dan Bentuknya Bebas
d. Kriteria penilaian:
1. Kreativitas 100%

11.Wawasan Dan Tokoh
a. Peserta 3 orang
b. Memakai seragam Pramuka lengkap
c. Peserta menjawab soal yang diberikan panitia
d. materi soal
· Sejarah Internasional
o Perang Dunia I dan II
o Ilmuan dan hasil temuannya
o
5
100 Tokoh paling berpengaruh di Dunia (Wiliam H Hart)
o Astrologi
· Keagamaan
d. Kriteria penilaian:
1. Kebenaran 100 %

12. Baca Berita
a. peserta 1 orang
b. Memakai seragam Pramuka lengkap
c. peserta membaca berita
d. Kriteria penilaian:
1. Kelancaran 40 %
2. Kebakuan bahasa 30 %
3. Isi berita 30 %

13. Puisi
a. Pesrta 1 orang
b. Memakai kostum kegiatan
c. Peserta membawakan sebuah puisi dengan tema Pramuka Pewarna Pendidikan
d. Kriteria penilaian:
1. Memik 50%
2. Intonasi 50%

14. Pentas Seni
a. Pesrta 10 orang
b. Memakai kostum kegiatan sesuai dengan kebutuhan asalkan sopan &rapi.
c. Peserta menampilkan sebuah kreasi seni dengan berpakaian bebas tapi sopan dan rapi.
d. Kriteria penilaian:
1. Ekspresi 75 %
2. Kreativitas 75%

15. Outbond
a. Peserta 10 orang
b. Memakai kostum kegiatan
c. Peserta melewati beberapa rintangan
d. Kriteria penilaian:
1. Kecepatan 100%

P. Penutup
Demikian petunjuk pelaksana kegiatan ini kami buat, semoga apa yang di pleningkan bersama mempunyai arti dan nilai yang bermakna dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas segala partisipasi dan peran aktif kakak kami sampaikan terima kasih. Akhirnya dengan mengharap taufik dan inayah Allah SWT. Semoga kegiatan ini bisa terlaksana dengan sukses dan lancar sebagaimana yang diharapkan bersama, Amin.

Q. Ucapan terima kasih
Ø Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada panitia dan masyarakat yang telah bersusah payah membantu kami baik dari fisik maupun non fisik dalam upaya menyukseskan kegiatan ini
Ø Kami mengucapkan terimaksih banyak kepada semua pendamping dan peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Ejas Com 2012 Ini.


Panitia Pelaksana
East Java Scout Compotition (Ejas Com) 2012 Se-Jatim

Sumber : ejascom

Sabtu, 21 April 2012

Sosialisasi UU Pramuka

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar akan memberikan sosialisasi undang-Undang Pramuka di Ketapang pada Senin (23/4). Selain H.Suryadi M.Si yang memberikan materi undang-undang nomor 12 tahun 2010, materi juga akan disampaikan oleh A.Yani HS, MM.Pd dari Kawrcab Ketapang.

 “Ini dilakukan dalam pembinaan kepemudaan, sebab dengan adanya UU Gerakan Pramuka nomor 12 tahun 2010, maka Gerakan Pramuka juga bagian dari Pemuda,” kata Agus Enizar, Kasi Pemuda, Dinas Budparpora Ketapang. Sosok yang akrab dipanggil Een, mantan pemain bola voly club Gelora Skw ini berharap dengan penyampaian materio UU nomor 12 tahun 2010 kalangan pemuda mengetahui selama ini sudah ada UU tentang Gerakan Pramuka. Sebab, keberadaan Undang-undang ini masih terbatas diketahui kalangan umumSementara itu, Pitriadi, S.Hut, M.Si dari Kwarcab Gerakan Pramuka Ketapang menyambut baik adanya penyampaian materi UU No.12 tahun 2010. 

 Apalagi kegiatan tersebut akan diikuti sekitar 70-an peserta terdiri dari pengurus Kwarcab Ketapang, organisasi pemuda, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, pembina Pramuka dari Perguruan Tinggi, SMA, SMP dan SD.Harapannya dengan penyamapian materi UU no.12 tahun 2012 dapat meingkatkan kiprah Gerakan Pramuka dalam berperan serta mengisi pembangunan. 

Sumber : pontianakpost

Rabu, 18 April 2012

KaKwarda Jatim Himbau Pramuka Bisa Tangani Kenakalan Remaja

Tuban - Banyaknya kasus kenalakan remaja yang terjadi Indonesia ini khususnya di wilayah Jawa Timur membuat peran bagi pergerakan Pramuka sangat dibutuhkan untuk menangani masalah itu lantaran dinilai Pramuka bisa menjadi penengah masalah tersebut.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, ia menyatakan bahwasanya sejumlah kasus kenakalan para remaja itu terjadi antara rumah dengan sekolah yang dinilai kurang ada pengawasan baik dari orang tua maupun dari sekolah.

"Kalau di rumah itu sudah ada orang tua yang mengawasi, sedangkan kalau di sekolah sudah ada guru. Namun yang butuh dilakukan pengawasan itu antara rumah dan sekolah karena sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka di harapkan Pramuka bisa melakukan pengawasan di tengah-tengah itu," jelas Gus Ipul saat melakukan pelantikan Ketua Majelis Pembimbing Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Tuban, Rabu (18/04/2012).

Wagup menambahkan, saat ini Pramuka diharapkan untuk bisa mempunyai peran yang lebih besar dan lebih maju di kalangan para remaja dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga bisa menarik perhatian para remaja dan anak-anak untuk bisa mengikuti kegiatan-kegiatan Pramuka.

"Selama ini Pramuka masih banyak di anggap Deso dan tidak punya masa depan, jadinya kita berharap untuk kegiatan Pramuka lebih maju dari tahun sebelumnya, bagaimana caranya supaya Pramuka ini diminati oleh para pemuda," sambungnya.

Sementara itu dalam Pelantikan Ketua Majelis Pembimbing Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Tuban, Gus Ipul berharap kepada pemerintah Kabupaten Tuban untuk memberi perhatian terhadap gerakan-gerakan Pramuka yang ada di Tuban, sehingga jika kegiatan Pramuka maju akan bisa memberi nilai manfaat bagi Kabupaten Tuban.

Sumber : berita jatim

Selasa, 17 April 2012

KONTES PRAMUKA TERAMPIL 2012

Pada tahun 2012 ini Gugusdepan Surabaya 610-611 akan mengadakan kegiatan yang dapat mewadahi dan memfasilitasi generasi muda khususnya anggota gerakan pramuka tingkat penegak yaitu kegiatan Kontes Pramuka Terampil (KPT) 2012. Yaitu kegiatan untuk menjalin keakraban dan rasa persaudaraan antar anggota pramuka se-Jawa Timur serta untuk mengasah pengembangan teknologi.

Tema dalam kegiatan ini adalah “Pramuka Berteknologi, Pramuka Berkarya, Pramuka Bisa”.

Pendaftaran : 10 April-5 Meil 2012
(Pendaftaran dapat ditutup sebelum 5 Mei apabila
jumlah peserta telah melebihi kuota)
Pelaksanaan : 17-20 Mei 2012


Informasi hubungi +6231-31309437

Senin, 16 April 2012

Pengiriman Pagi 10 April 2012

Pengiriman pagi tanggal 10 April 2012 ke Semarang, Dompu, dan Tarakan. Kami tunggu pesanan dari kakak-kakak di seluruh Indonesia

Sabtu, 14 April 2012

Lomba Ganesha Pramodha Laksana Adhidharma 2012

Ganesha Pramodha Laksana Adhidharma (GPLA)
Ambalan Soeringgit SMAN 3 Semarang
Minggu, 29 April 2012
Soeringgit Cup (Penegak Jawa Tengah)

SYARAT PENDAFTARAN

1. Membawa surat mandat atau surat tugas dari masing-masing pangkalan.
2. Menyerahkan formulir pendaftaran dilengkapi dengan pas foto 3x4 hitam-putih (3 lembar) dan fotocopy kartu OSIS atau Kartu Tanda Anggota (KTA) Pramuka.
3. Membawa fotocopy kartu asuransi.
4. Membayar uang pendaftaran Rp 100.000/sangga, dengan fasilitas: basecamp, cocard, dan piagam.
5. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 14 Maret 2012 sampai paling lambat tanggal 29 April 2012 pukul 07.00 WIB.
6. Tempat pendaftaran di depan ruang Tata Usaha SMA 3 Semarang.
Senin – Jumat : 14.30 - 16.30
Sabtu : 13.00 - 15.00
7. Pendaftaran dibuka setiap hari kecuali hari Minggu.
8. Informasi lebih lanjut hubungi :
§ Fajar : 085727969135
§ Wulan : 085325983937
§ Fahrudin : 085741436399

Facebook di GPLA XVIII
Twitter di @gplaxviii

LBB Tongkat UNIGAL 2012

LBB Tongkat UNIGAL 2012
Se Priangan Timur
Tingkat Penggalang dan Penegak
Minggu, 29 April 2012

Pendaftaran : 18 Maret - 14 April 2012
Biaya Pendaftran : Rp 110.000,00 / regu (putra dan putri dipisah)
Contak person:
Ka Misbah 085317442626
Ka Fuad 087728225146

Sumber : klik disini

Jumat, 13 April 2012

Lomba Susur Halang Rintang Pramuka

Lomba Susur Halang Rintang Pramuka (LSHRP) ke IX Se Provinsi Jambi Tahun 2012 yang merupakan program kerja tahunan yang diadakan oleh Racana Sulthan Thaha Sri-Soedewi Pangkalan IAIN STS Jambi. Gerakan Pramuka pangkalan IAIN STS Jambi ikut berperan aktif dalam memajukan dan melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandeg

a, karena Pramuka mempunyai peran yang sangat penting dalam menumbuhkan karakter Kaum Muda untuk bisa berjiwa karakter baik dan cinta terhadap tanah air dan agama.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Tanggal 6 -11 Mei 2012.

Kegiatan ini dilaksanakan di BUPER Raudhah Al-Thalabah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Desa Sungai Duren, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi.

Motto,

“Satyaku Ku Dharmakan Dharmaku Ku Baktikan”.

Dengan Tema,

“Bekompetisi dalam Kreasi dan Berjuang dalam Prestasi”.

Demikian lah….Ayo Sukseskan kegiatan Lomba Susur Halang Rintang Pramuka (LSHRP) IX Se Provinsi Jambi tingkat Penegak tahun 2012…

Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia…Jayalah Indonesia ku…

Info…Hubungi…
Anggi SBY 085266776111 ( Ka Dewan Racana Putra)
Siti Marwiyah 085266285823 (Ka. Dewan Racana Putri)
Ari Santoso 085368573769 (Ka. Sangga Kerja)

Sumber : iainjambi

Kwarda SumSel Usulkan Pramuka Masuk Kurikulum Sekolah

PALEMBANG–Agar dapat membentuk kepribadian yang baik dandapat membebaskan anak muda dari jeratan narkoba, maka diperlukanpengoptimalan kegiatan-kegiatan yang berada di sekolah, diantaranya Pramuka. Untuk itu kegiatan Pramuka yang dikenal dengankegiatan ekstrakuler selama ini diusulkan untuk menjadi bagiandari kurikulum sekolah.

Hal ini disampaikan, Ketua Kwarda Sumsel H Abdul Shobur yangditemui di sela-sela, pembekalan bagi andalam daerah KwardaSumsel tahun 2012 di Gedung Serbaguna DPRD Sumsel, Rabu 4 April 2012.

“Pramuka dapat membentuk kepribadian yang baik dan jugaharapannya, jiwa pramuka ini dapat masuk dan mendarah daging dikaum muda khususnya yang berusia 7-26 tahun,” katanya.

Menurut Shobur, sudah saatnya memasukan kegiatan Pramuka ke dalamkurikulum sekolah saat ini. Dalam artian, jika disetujuipelajaran pramuka akan diajarkan di kelas.Ditambahkan Shobur, dengan telah diterbitkannya UU No 12 tahun2010 terkait kepramukaan, diharapkan usulan untuk menjadikankegiatan Pramuka masuk kedalam kurikulum pelajaran dari tingkatSD hingga perguruan tinggi dapat disetujui.

“Kita akan bahas usulan ini, pada Rakernas dan Musyawarah LuarBiasa yang digelar akhir April ini di Jakarta. Usulan ini akankita sampaikan pada acara itu. Dan apabila disetujui akan kitasampaikan ke pemerintah untuk disahkan,” kata Shobur.

Mantan Sekretaris DPRD Sumsel ini mengakui, jika kegiatan Pramukaselama ini kurang diminati siswa, hal ini dikarenakan para siswalebih memilih untuk fokus pada pelajaran akademik.

“Dengan dimasukannya kegiatan pramuka ke dalam kurikulum, kitaharapkan para siswa dapat lebih fokus belajar tentang ilmukepramukaan ini,” kata dia.

Ketua Harian Kwarda Sumsel H Sulastro Suwarno menambahkan, usulanuntuk dimasukkannya kegiatan Pramuka ke dalam kurikulumpendidikan akan dibahas pada saat Munaslub Pramuka yang akandiadakan di Jakarta pada 28-29 April mendatang.

“Kita harap usulan ini dapat diterima, dan dengan begitupelajaran Pramuka dapat dipermanenkan ke dalam kurikulumpendidikan,” pungkasnya.

Sumber : kwardasumsel.org

Kamis, 12 April 2012

Pengiriman 4 April 2012


Pengiriman yang kami dokumentasikan pada pengiriman pagi tanggal 4 April 2012. Semoga menambah kepercayaan kepada kedai pramuka scout addict

Rabu, 11 April 2012

Perkemahaan Pesisir di Pulau Pramuka

Sebanyak 85 anggota pramuka dari sejumlah sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat dan menengah pertama (SMP) sederajat mengikuti perkemahan pesisir di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Senin-Rabu (9-11).

Kegiatan yang digelar oleh Unit Pengelola Bahtera Jaya ini dibuka oleh Bupati Kepulauan Seribu di lapangan Sepakbola Pulau Pramuka. "Pramuka dapat menumbuhkan jiwa mandiri bagi anak-anak," ungkap Bupati Kepulauan Seribu Achmad Ludfi saat memberikan sambutan.

Diharapkan Ludfi, perkemahan pesisir ini menjadi sarana seleksi anggota pramuka Kepulauan Seribu yang mumpuni guna mewakili Pramuka Provinsi DKI Jakarta pada Raimuna Nasional (Rainas) 2012 yang akan dilaksanakan di Papua.

Andini Pranita (15) anggota Pramuka Penggalang mengaku gembira mengikuti kegiatan perkemahaan pesisir ini. Siswi SDN Pulau Kelapa 01 Pagi ini berjanji akan mengikuti kegiatan dengan sebaik mungkin. "Saya ingin menjadi peserta Rainas," katanya.

Selasa, 10 April 2012

JELAJAH BUDAYA TAHUN 2012 KWARDA JOGJAKARTA

Kegiatan Jelajah Budaya Tahun 2012 menempuh jarak + 6,5 km bertempat di wilayah Imogiri, Kabupaten Bantul yang diselenggarakan pada :

Hari : Kamis 12 April 2012
Pukul : 08.00 s.d Selesai
Start :Start Pendopo Wukirsari - Kerajinan wayang – Kerajinan Batik - dan finish di Makam Saptorenggo, Imogiri dilanjutkan dengan Upacara Peringatan 100 Tahun Bapak Pramuka Indonesia serta Do’a bersama dan ziarah ke Makam Sri Sultan Hamengkubowono IX

Tema dan Motto Kegiatan
Tema Kegiatan Jalajah Budaya Tahun 2012 adalah “ Dengan menggali potensi kekayaan dan keragaman budaya kita teguhkan jati diri bangsa guna mewujudkan kebersamaan dan kedamaian dalam kebhinekaan ” dengan motto Satyaku Kudarmakan Dharmaku Kubaktikan” dengan semboyan “ Jati diriku Jati diri Bangsaku, Jati diriku amalan Trisatyaku”

Kegiatan Jelajah Budaya secara garis besar terbagi dalam :
a. Kegiatan Pengantar
1) Upacara Pembukaan
2) Orientasi Budaya
3) Dinamika kelompok ,Wawasan Kebangsaan

b. Kegiatan Utama
Penjelajahan Situs Budaya / Napak tilas / Out door activity
Ceramah / Dialog Budaya
Pemaparan peran dan Kiprah HB IX
Do’a bersama dan ziarah ke Makam HB IX
Upacara Peringatan 100 Tahun HB IX

c. Kegiatan Prestasi
1) Fotografi
2) Pembuatan karya tulis
3) Yel Kebangsaan
4) Regu terbaik
5) Regu terfavorit

d. Pelengkap
1) Bakti Masyarakat / Penghijauan
2) Upacara Penutupan

Sumber : fb kwartir daerah diy

Minggu, 08 April 2012

Lomba Satya Dharma Bhakti Utama Kota Bogor

BOGORnews - Asisten Tata Praja Sekretariat Daerah Kota Bogor Ade Syarif Hidayat selaku Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka membuka Lomba Satya Dharma Bhakti Utama (LSSBU) Ke-VI Tahun 2012 di plaza Balaikota Bogor, Minggu (8/4/2012).

Ade Syarif Hidayat mengatakan, LSDBU menjadi sebuah arena bersilaturahim anggota pramuka di Kota Bogor khususnya dan bertukar pikiran untuk memberikan sesuatu yang positif antara gugus depan, sehingga menjadi sebuah keluarga organisasi yang kuat ke depan menjadi generasi yang lebih baik.

Menurut Ade, gerakan pramuka merupakan wadah pendidikan watak generasi muda Indonesia yang dipersiapkan sebagai kader pembangunan bangsa di masa mendatang. “Ujung tombak pembinaan gerakan pramuka terletak di tingkat gugus depan, dimana tempat terhimpunnya seluruh komponen anggota mulai dari peserta didik sampai dengan anggota dewasa terpusat di Gugus Depan, “ kata Ade.

LSDBU, kata Ade, bertujuan untuk mengukur potensi dan keterampilan/skill anggota pramuka pangkalan SD/MI dan SMP/MTs melalui kegiatan lomba yang edukatif dan sportif serta untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para anggota pramuka di Kota Bogor.

Panitia LSDBU Ke-VI tahun 2012 Hj. Ellya Krisnawaty mengatakan, kegiatan ini sebagai wahana latihan bagi anggota pramuka dalam melaksanakan manajerial dan pengelolaan kegiatan baik untuk peserta maupun anggota di SMP Negeri 7 Bogor dan sebagai ajang memperkenalkan potensi wisata Kota Bogor pada umumnya.

Selain itu, lanjutnya, sebagai sarana tolak ukur atas hasil latihan rutin di Gugugs Depan masing-masing juga sebagai wadah pertemuan dan saling berbagi ilmu serta persaudaraan bagi seluruh anggota pramuka tingkat SD/MI dan SMP/MTs.

LSDBU Ke-VI tahun 2012 pramuka penggalang tingkat SD/MI dan SMP/MTs diikuti sebanyak 1023 peserta terdiri dari 108 regu, 96 Gudep dan 38 pangkalan sekolah yang mengambil tema “Satyaku Ku Darmakan Darmaku Ku Baktikan”

Adapun bentuk kegiatannya adalah indoor dan outdoor activity yang terdiri dari Lomba Wide Games ada lima Pos start di Balaikota dengan lokasi Kebun Raya finish di SMP Negeri 7 Bogor, Pos 1 (Semaphore), Pos 2 (Morse), Pos 3 (Sandi) Pos 4 (Pengetahuan Kepramukaan) Pos 5 (Pengetahuan Umum) star Kebotanian dan sejarah Kebun Raya Bogor dengan Pos perjalanan Koleksi Tanaman KRB dan Finish Koleksi Museum Zoologi Bogor.

Cabang lomba yang dilaksanakan di SMPN 7 meliputi lomba pembuatan Pioneering, Pembuatan Tandu dan P3K, Pembuatan Miniatur Menara Pandang, Desain Logo SDBU 2014 dan Lomba Manajerial Regu.

Event dua tahunan ini akan memperebutkan piala bergilir Gubernur Jawa Barat selaku Ka.Mabida Jabar, Pangdam III/Siliwangi, Ka.Kwarda Jabar, Danrem 061/Suryakancana, Walikota Bogor selaku Ka.Mabicab Kota Bogor, Ka.Polres Bogor Kota, Dandim 0606 Kota Bogor dan Ka.Kwarcab Kota Bogor.

Sumber :bogornews

Ring Baden Powell


Pengen punya Ring Baden Powell yang keren ini ? silahkan hubungi marketing kami di 0857 3017 8883, buruan sebelum kehabisan

Rabu, 04 April 2012

Pelantikan Anggota Saka Bhayangkara Tilatang Kamang

Anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Tilatang Kamang Kabupaten Agam, resmi dilantik oleh Kapolsek Tilatang Kamang yang diwakili oleh Kanit Bimas, Aiptu Johar Bahri, setelah mengikuti Pelatihan Saka Bhayangkara selama kurang lebih dua bulan.

Ketua Kwarran 03 Tilatang Kamang, Suwardi, S. Ag pada Reporter Agam Media Center. Selasa (03/04), momen pelantikan ini sangat baik dalam mengembangkan diri dalam kepramukaan yang lebih mandiri dalam mencari prestasi.

Ia menambahkan, sebelum pelantikan terlebih dahulu dilaksanakan Hyking yang di mulai dari Pauh Kamang Mudik sampai ke Sarasah Sei Guntuang Palupuh, dipimpin langsung Ketua Kwarran 03 Tilatang Kamang, Suwardi, S. Ag dan didampingi oleh Pamong Saka Aiptu Johar Bahri, Andalan Ranting Drs. Irsan Lubis dan Ifdal Ari Yusuf, S. PdI serta Pembina pramuka Agus Salim, S. PdI, Wahyudi Eka Putra, S. Pd dan Mulia Hardinata.

Kegiatan yang dilakukan pada Minggu (1/4), berjalan dengan baik dan lancar yang diikuti sebanyak 73 orang anggota pramuka yang berasal dari SMAN 1 Tilatang Kamang, MAN Batumandi, Ponpes Asy Syarif Koto Laweh, PPTI Gobah, SMKN 1 Tilatang Kamang, dan YATI Kampung Baru.

”Ini adalah pelantikan yang kedua setelah pelantikan anggota Pramuka Saka Bhayangkara I yang pernah di adakan bertempat di Pucak Lawang pada tahun 2010 yang lalu yang diikuti sebanyak 38 orang anggota,” tutup Ketua Kwarran 03 Tilkam, Suwardi, S. Ag .

Senin, 02 April 2012

KMD SE-JAWA 2012 PRAMUKA UNESA

Racana K.H. DEWANTARA - R.A. KARTINI Periode 2012 Akan menyelenggarakan "Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) 2012" yang akan direncanakan pada :
Hari : Kamis - Minggu
Tanggal : 17 - 20 Mei 2012
Tempat : PUSDIKLATDA JATIM, Balongbendo, Sidoarjo, Jatim

Biaya Pendaftaran Rp. 400.000,-
1. Biaya Pendidikan
2. Sertifikat
3. Kit Peserta (Bolpoin, Blocknote, Map Plastik)
4. Bahan Serahan
5. Konsumsi 11x Selama Kegiatan

Target Peserta:
1. Anggota 413-414
2. Mahasiswa Unesa
3. Guru/Dosen se Jawa
4. Pramuka Perguruan tinggi se Jawa
5. Elemen lainnya (Umum)

bagaimanapun juga, guru baru akan ditugaskan untuk membina pramuka (kerjasama antara kemendiknas dan kwarnas). So, Mari Bekali diri kita untuk ikut KMD SE JAWA 2012 bersama PRAMUKA UNESA

Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T), Juga mewajibkan Seluruh Pesertanya untuk mengikuti Kursus Mahir Dasar Kepramukaan, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.Klik dsini

Bagi Saudaraq yang pengen mendalami atau mempelajari Ilmu Kepramukaan,,,,,,
monggo segera Daftar ke Kakak Mahmud (089675869516) atau ke Kesekretariatan Graha Bhakti Pramuka Unesa, Gedung B6 Kampus Unesa ketintang. 

Minggu, 01 April 2012

Pengiriman Pagi Langsung Terangkut


Mumpung belum di entri sama petugasnya di foto dulu ah...
Pengiriman jam 11 pagi pada tanggal 28 Maret 2012. Semoga menambah kepercayaan kepada Kedai Pramuka Scout Addict

Dede Yusuf Garap Film Bertema Pramuka

Bandung-Dede Yusuf yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Jabar berencana akan membuat sebuah film layar lebar dengan mengambil tema Pramuka.

Film yang disebut-sebut buah kerjasama dengan PT Global Media Picture dan Kwarda Pramuka Jabar ini, nantinya akan mengisahkan tiga orang jagoan yang memiliki kemampuan pramuka.

“Film layar lebar ini bertema petualangan tiga jagoan pramuka. Selain petualangan, film ini bergenre komedi dan sedikit horor,” tuturnya kepada wartawan, Sabtu (31/3/2012).

Ia menambahkan dalam cerita ini kekuatan film akan bertumpu pada petualangan dan kecakapan Pramuka. Namun semua akan ditambah dengan balutan komedi dan horor.

“Diharapkan dengan adanya film ini para penonton tahu bahwa hantu-hantuan seperti banyak diangkat layar lebar, sinetron, dan program televisi hanya persepsi bohong belaka,” tukasnya.

Sumber : okezone