Minggu, 10 Februari 2013

CEMARA SCOUT COMMUNITY JUARAI PORSPEK X

Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter generasi muda memiliki cara dan ciri khas tersendiri dalam kegiatanya. Salah satu diantaranya adalah dengan kegiatan lomba dan perkemahan. Selain sebagai pembinaan diri, perkemahan dapat menumbuhkan sikap kemandirian pada peserta didik, menjalin persahabatan, empati, persaudaraan, menambah wawasan dan uji keterampilan.

Perkemahan yang diadakanpun bermacam-macam sesuai golongan usia perserta didik, dan berjenjang sesuai tingkatanya, mulai dari cabang, daerah, hingga tingkat nasional. Cemara Scout Community yang berpangkalan pada SMA Negeri 1 Maniangpajo Kabupaten Wajo mengikuti kegiatan Pekan Olahraga, Seni dan Perkemahan (PORSPEK) X yang diselenggarakan Senin, 4 Februari 2013 s.d. Sabtu, 9 November 2013 oleh Racana Sawerigading – Simpurusiang Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo di Kampus STAIN Palopo, Jalan Agatis Balandai Kota Palopo. 

Pada ajang PORSPEK X ini, Cemara Scout Community SMA Negeri 1 Maniangpajo mengutus 15 orang putera dan 13 orang puteri serta 1 orang Pembina putera dan 3 orang Pembina puteri untuk berlomba pada 21 mata lomba yaitu: Lomba cerdas tangkas pramuka (LCTP), Sandi berantai, Rally hiking, Menara kaki 4, Tata upacara, Kerangka tenda, Sambung tongkat dengan satu tangan, Pembuatan simpul dengan mata tertutup, Masakan non beras, Perlombaan baris berbaris, Vokal group, Nyanyi solo, Puisi, Parodi lawak, Tilawah dan sari tilawah, Hasta Karya, Volley ball, Tarik tambang, Sepak takraw, Senam pramuka, dan Engrang

Keseriusan dalam lomba meski persiapan yang minim membuahkan hasil yang gemilang. Cemara Scout Community SMA Negeri 1 Maniangpajo keluar sebagai juara pada berbagai lomba yang diikuti oleh 26 Pangkalan Pramuka Penegak se-Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Palopo, Toraja, Toraja Utara, Enrekang dan Wajo. Lomba yang dijuarainya adalah:
1.    Juara I LCTP
2.    Juara II Sandi Berantai
3.    Juara I Rally Hiking
4.    Juara III Kerangka Tenda Putera
5.    Juara II Simpul dengan mata tertutup Putera
6.    Juara I Masakan Non Beras
7.    Juara I Puisi
8.    Juara II Tarik Tambang Putera
9.    Juara I Senam Pramuka
Atas hasil tersebut, Cemara Scout Community SMA Negeri 1 Maniangpajo, sekaligus terpilih sebagai Juara Umum I PORSPEK X dan berhak atas piala bergilir Ketua STAIN Palopo dengan jumlah perolehan 5 emas, 3 perak, 1 perunggu. Sedangkan Juara PORSPEK IX tahun lalu SMA Negeri 1 Walenrang Kabupaten Luwu dipaksa puas diposisi juara umum II dengan 4 emas, 4 perak, dan 3 perunggu. Lalu SMA Negeri 2 Sengkang Kabupaten Wajo berada diposisi juara umum III dengan 4 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Selain prestasi tersebut, Cemara Scout Community juga terpilih sebagai pangkalan teraktif selama kegiatan berlangsung. Salah seorang dewan juri pada kegiatan tersebut mengaku jika tim yang dibawa Cemara Scout Community pada PORSPEK X memang bermental juara. “wajar tahun ini milik Maniangpajo, mereka bermental juara” ungkapnya sesaat setelah penutupan.

Akhirnya kita semua berharap semoga Pramuka SMA Negeri 1 Maniangpajo (Cemara Scout Community) tetap kosisten melaksanakan perannya dalam membangun peradaban umat manusia dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai positip demi membangun karakter generasi muda agar dapat turut serta memperbaiki kondisi bangsa, juga tetap komitmen menjaga kode kehormatan dan memegang teguh amanah satya dan darma, sesuai dengan mottonya “Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan”

0 komentar:

Posting Komentar