Sunday, 28 April 2013

Pramuka Membentuk Karakter SDM

Gerakan Pramuka membentuk karakter sumber daya manusia (SDM) bangsa. Ini dikarenakan gerakan Pramuka mengajarkan sikap kemandirian, peka terhadap lingkungan, semangat kegotongroyongan dan persatuan kesatuan.

‘’Pramuka kini sudah diwajibkan jadi kegiatan ekstra kulikuler di sekolah. Khususnya di Siak, Pemkab mewajibkan mulai dari sekolah dasar sampai menengah atas,’’ kata Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mapicab) Pramuka Drs H Syamsuar MSi, usai melantik pengurus Kwartir Cabang 0409 gerakan Pramuka Siak masa bakti 2013-2018, Jumat (26/4) di Raja Indra Pahlawan Room Kantor Bupati Siak.

Hadi dalam kesempatan itu, ketua Kwarda 04 Provinsi Riau Septina Primawati Rusli, anggota majelis pembina daerah (Mabinda) Azaly Djohan SH, Kapolres Siak AKBP Sugeng Putut Wicaksono SIK, Kejari Zainul Arifin SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Irfanuddin SH MH, Sekda Drs H Amzar, kepala dinas, badan, kantor dan anggota pengurus Kwarcab Pramukan Siak.

Menurut Syamsuar, gerakan Pramuka selalu mengikuti perkembangan zaman. Gerakan yang memotivasi ini membentuk budi pekerti luhur. Banyak hal-hal yang diterapkan yang tak dapat pada pendidikan formal.

Tentunya dalam melakukan gerakan ini, andil pengurus memiliki peranan penting, terutama dalam memanaja organisasi. ‘’Keberlangsungan maju mundurnya organisasi terletak pada pengurus,’’ kata dia.

Dalam hal ini, Syamsuar yang juga Bupati Siak ini menitipkan harapan besar bagi pengurus untuk dapat memajukan gerakan Pramuka di Siak, sehingga jadi percontohan kabupaten/kota di Riau.

Ketua Kwarda 04 Pramuka Provinsi Riau Septina Primawati Rusli menambahkan, gerakan Pramuka ini dapat dukungan kongkret dalam pemuatan kurikulum, di mana Pramuka merupakan kegiatan wajib dalam ekstra kurikuler di sekolah. ‘’Pramuka membentuk karakter yang sisitematik dan kelanjutan dalam pendidikan,’’ ujar dia. Maka dari itu kegigihan, semangat belajar tak hanya cukup dari sekolah formal, tapi harus ditunjang dengan non formal.

Ketua Kwartir Cabang 0409 Drs Alfedri MSi menambahkan, pelantikan pengurus ini jadi catatan tersendiri dalam momentum perjalan Pramuka di Siak. Apalagi, Agustus mendatang ada agenda besar di mana Siak sebagai tuan rumah apel besar dan Pramuka penggalang  se-Riau.

Perlu diketahui, saat ini telah disiapkan tempat bumi perkemahan yang dijadikan tempat untuk aktivitas Pramuka. Bahkan pengurus dan juga Pemkab telah berencana menyepakti melakukan perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) bersama anak-anak sekolah.
Karena itu, pengurus berkomitmen dan bangkit melakukan membina anak-anak, karena Pramuka menjawab degradasi moral. ‘’Pramuka Siak jadi terdepan,’’ tegas Wakil Bupati Siak ini.

Sumber : riaupos.co

0 comments:

Post a Comment