Saturday, 17 August 2013

Pramuka Sambas Ramaikan Pawai Obor 2013

1440 anggota Gerakan Pramuka Kab Sambas turut meramaikan meriahnya pawai obor peringatan hari pramuka tahun 2013 di Halaman Kantor Bupati Sambas, Jum’at Malam (16/8). Pawai Obor secara resmi dilepas Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Dj Alwi MPH didampingi Wakil Bupati Sambas, DR Pabali Musa MAG, dan jajaran Forkopinda Kab Sambas, Sekda dan Pejabat Eselon II Pemda Sambas.

Semarak pawai obor tahun ini dimeriahkan juga kembang api, dikawal ketat satuan polisi resort sambas dari satuan lalu lintas. Anggota gerakan pramuka dari berbagai utusan sekolah semangat mengikuti pawai obor. Keikutsertaan para peserta pawai akan dinilai oleh tim khusus, dan bagi pemenang berhak mendapat piala, piagam dan kenang-kenangan dari panitia pawai obor 2013. Peserta pawai obor memulai gerak jalan dari halaman kantor bupati sambas, menuju keraton Alwatzikoebillah Sambas memutar kembali ke Kantor Bupati Sambas.

Dalam sambutannya, Bupati menegaskan beberapa hal penting terkait dari pelaksanaan pawai obor 2013. “Kita berharap dengan kegiatan pawai obor ini semakin membulatkan tekad kita untuk lebih memantapkan eksitensi gerakan pramuka serta melaksanakan dan mengembangkannya di Kwartir cabang gerakan pramuka sambas,” ujar Bupati. Karena kata Juliarti, fungsi gerakan pramuka yakni membentuk kaum muda Indonesia yang berkepribadian, berwatak serta berbudi pekerti yang luhur demi masa depan bangsa negara dan tanah air indonesia.

Dia menjelaskan gerakan pramuka merupakan wadah pendidikan luar sekolah dan diluar keluarga, dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang menari, menantang dan menyenangkan dengan menggunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan. Berbagai kegiatan diselenggarakan gerakan pramuka tambah Juliarti disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik, sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak dan karakter yang sesuai dengan perkembangan jaman.

“Salah satunya adalah kegiatan pawai obor yang sedang kita laksanakan, dalam rangka memperingati HUT gerakan pramuka ke-52 tahun 2013 dan proklamasi kemerdekaan republik indonesia ke-68 tahun 2013, mari kita semua mengenang kembali serta membulatkan tekad kita untuk lebih meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan,” tutur dia.  Melalui gerakan pramuka, terang Bupati yang telah berhasil mempersatukan kaum muda Indonesia, melangkah lebih maju, berperan aktif meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan seluruh rakyat, masyarakat, bangsa dan negara dan tanah air indonesia, dapat meningkatkan semangat mewujudkan cita-cita bangsa, tentunya gerakan pramuka sebagai alat pemersatu dan perekat bangsa.

Sumber : http://www.sambas.go.id/informasi-daerah/102-pemerintah-daerah/2914-1440-pramuka-ramaikan-pawai-obor-2013.html

0 comments:

Post a Comment