Tuesday, 28 January 2014

Ketua Kwarnas Azrul Azwar Hadiri Rakercab Pramuka Jombang

Sebagian generasi muda masa kini ditengara mengalami kehilangan karakter kebangsaan. Kehilangan karakter kebangsaan generasi muda tersebut diakibatkan oleh gencarnya serbuan budaya asing di era modernisasi dan globalisasi. Hal ini menyebabkan mereka kurang memiliki kepekaan sosial. Lebih memprihatinkan lagi, mereka juga kurang memiliki kepercayaan terhadap kebudayaan bangsa sendiri. 

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Prof. DR.dr. Asrul Aswar saat menghadiri Rakercab   Gerakan Pramuka Jombang  di Ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang  pada Minggu (26/1/2014) pagi.
Untuk kali pertama Rapat Kerja Gerakan Pramuka Jombang dihadiri Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas). Dalam Rakercab tersebut, Azrul Aswar  menyampaikan  materi  bertajuk Implementasi Gerakan Pramuka Sebagai Kegiatan Ekstra Kurikuler Wajib Sekolah.
”Hilangnya karakter kebangsaan dan proses mundurnya moralitas bisa dihadang dengan mengembangkan kembali Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting dan mendesak jika Gerakan Pramuka dimasukkan sebagai kegiatan ekstra kurikuler wajib di sekolah. Melalui pendidikan kepramukaan, diharapkan generasi muda menemukan kembali karakter kebangsaannya,” ujar Asrul.
 Agar sesuai tujuan yang diharapkan, pendidikan kepramukaan, lanjut Asrul, harus dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. ”Dengan begitu, selain mengembalikan karakter kebangsaan yang semakin hilang, pendidikan kepramukaan juga melatih keterampilan. Keterampilan atau vokasi adalah kemampuan seseorang dalam membuat, menciptakan, dan melakukan sesuatu dengan baik dan cermat terhadap sumber-sumber di lingkungan untuk menjadi barang yang bermanfaat,” jelas Asrul.
Ketua Kwartir Cabang Jombang M. Munif Kusnan SH, MSi saat membuka Rakercab dalam sambutannya, menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka,  Asrul Aswar  ”Atas perjuangan beliau, Gerakan Pramuka terevitalisasi lagi melalui UU Nomor 10/2012, ” ujarnya.
Untuk itu pelaksanaan revitaslisasi hingga digugus depan harus lebih ditingkatan. “Lakukan evaluasi program kerja 2013 dan segera rumuskan untuk program kerja 2014  dengan rencana kerja yang realistis”, tandasnya.
Program-program kerja yang disiapkan para pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Jombang harus merespon berbagai tantangan dan kebutuhan revitalisasi gerakan pramuka di Jombang.    Pada rakercab gerakan pramuka Jombang pagi itu juga dilakukan pemberian tanda pramuka Garuda Pramuka  Pandega kepada  Amirul Muslimin.
- See more at: http://www.jombangkab.go.id/index.php/web/entry/ketua-kwarnas-azrul-aswar-hadiri-rakercab-pramuka-di-jombang.html#sthash.kyoKXW5v.dpuf

0 comments:

Post a Comment