Friday, 22 October 2010

Bank Sulsel Siapkan Kredit untuk Anggota Pramuka Unhas

PT Bank Sulsel terus melebarkan sayap bisnisnya. Tidak hanya menggarap kredit usaha menengah ke atas, Bank Sulsel menyiapkan pinjaman untuk pengusaha pemula melalui komunitas atau kelompok. Misalnya, menyiapkan pinjaman awal Rp10 juta untuk anggota Pramuka Unhas.

Kerja sama Bank Sulsel dan Pramuka Unhas, dituangkan dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara yang diteken Direktur Utama PT Bank Sulsel, Ellong Tjandra dan Rektor Unhas Prof Dr Idrus A Paturusi, disaksikan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di sela-sela peringatan Hari Jadi Sulsel di Lapangan Upacara Kantor Gubernur, Selasa 19 Oktober.

Ellong Tjandra, didampingi Kabag Humas Dirhamsyah mengungkapkan, pihaknya berharap agar para Pramuka Unhas tersebut bisa lebih terarah dan selalu melakukan kegiatan bisnis, juga dapat berkontribusi positif terhadap perkembangan UKM di Sulsel.

"Kalau kita ini lebih spesifik ke Pramukanya yang dibina oleh Unhas, karena mereka ini kadang tidak tersentuh yang akan dibina menjadi wirausaha mandiri dan sebagai tahap awal kita berikan Rp10 juta per orang," katanya.

Kegiatan tersebut, lanjut Ellong, merupakan tahap awal dan akan terus dipantau perkembangannya oleh pihak monitoring, kemudian ditinjau sejauh mana bisa lebih dikembangkan ke depan. Tidak hanya itu, tambah Ellong, keberhasilan Pramuka Unhas ke depan dalam mengelola bisnisnya untuk bisa bankable akan mendapat tanggapan positif dari Bank Sulsel untuk mendapatkan pembiayaan yang lebih.

Pembina Gugus Depan 11075-11076 Pramuka Unhas, Muhammad Tamar secara terpisah mengungkapkan, dana bantuan dari Bank Sulsel tersebut akan digunakan untuk pembinaan dan pelatihan di pramuka gugus depan SMA dan SMK Bantimurung. Bentuk pembinaannya melalui pelatihan untuk enterpreneur melalui pengembangan sikap, perencanaan usaha, dan pelatihan keterampilan usaha.

"Kita target minimal satu sekolah ada satu unit usaha yang dikembangkan. Kita nanti dampingi enam bulan untuk melihat perkembangannya dan itu nanti dilaporkan ke Bank Sulsel sebagai hasil evaluasi," ujar Tamar.

Sumber : Fajar News

0 comments:

Post a Comment