Selasa, 12 Oktober 2010

Fiesta Pramuka Universitas Andalas Padang

Pada tanggal 11-15 Oktober 2010 anggota Pramuka yang tergabung dalam Racana Swarnadwipa Gugus Depan Universitas Andalas Padang menyelenggarakan kegiatan lomba kepramukaan yang diikuti oleh Pramuka penegak se-Sumatera Barat dan beberapa kontingen dari propinsi Riau. Kegiatan tahunan yang dikenal dengan Fiesta (Festival Swarnadwipa Tahunan) ini dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati ulang tahun Pramuka Univesitas Andalas ke-24 sekaligus Dies Natalis Universitas Andalas. ke-54. Gugus depan 06.170 - 06.171 Universitas Andalas ini dikukuhkan pada tanggal 1 September 1986 oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat yang ketika itu dijabat oleh Bapak Ir. H. Azwar Anas. Pada tahun 2009 kemaren kegiatan ini pernah batal dilaksanakan sehubungan dengan musibah bencana alam gempa yang melanda wilayah kota Padang dan sekitarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di bumi perkemahan Universitas Andalas Padang ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Andalas Prof.DR.Ir.Musliar Kasim MS selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) pada hari Senin tanggal 11 Oktober 2010 bertempat di aula Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Andalas, Padang. Acara pembukaan ini dihadiri juga oleh pembina gugus depan kakak Prof DR. Ir. Isril Berd SU yang juga merupakan Sekretaris Kwartir Daerah Pramuka Sumatera Barat, pendiri Pramuka Universitas Andalas kakak Fachry Sulaiman SH yang juga merupakan Andalan Nasional Urusan Luar Negeri pada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun Gugus Depan Pramuka Universitas Andalas ke - 24 ini, diadakan serangkaian kegiatan yang diharapkan mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi Gerakan Pramuka khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya. Kegiatan yang diikuti oleh 23 kontingen pramuka penegak dari Sumatera Barat dan Riau ini mempertandingkan antara lain, lomba asah terampil, lomba peraturan baris berbaris (PBB), lomba pioneering (pembuatan suatu desain bangunan dari tongkat dan tali temali),lomba penjelajahan cross country, lomba scouting inovation (pengolahan barang bekas menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis, lomba fun cooking. Selain itu juga diadakan kegiatan aksi bersih pantai, penyerahan sumbangan buku bacaan ke panti asuhan dan pertunjukan pentas seni. Masing-masing lomba yang diikuti peserta memperebutkan hadiah trophy dari berbagai instansi, sedangkan juara umum seluruh kegiatan akan memperoleh trophy bergilir dari Rektor Universitas Andalas selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus).

Kegiatan Fiesta ini selain untuk memperkenalkan kegiatan kepramukaan perguruan tinggi di Universitas Andalas Padang diharapkan nantinya dapat meningkatkan semangat dan motivasi peserta pramuka penegak dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan di gugus depannya. Disamping itu bagi anggota Pramuka Racana Swarnadwipa Universitas Andalas, kegiatan ini diharapkan nantinya dapat menciptakan kader-kader Pramuka perguruan tinggi yang mampu merencanakan dan mengelola berbagai macam kegiatan dengan baik setelah menyelesaikan pendidikannya nanti.

Sumber : Kompasiana

0 komentar:

Poskan Komentar