Buku Black Book of Rover Scout

Sebuah buku yang harus dimiliki Pramuka Penegak Pandega, maupun pembina buat adik didiknya. Ditulis berdasarkan pengalaman selama berkegiatan pramuka oleh purna DKD Jatim.

Buku Materi Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai buku materi Kepramukaan, antara lain : Buku Boyman, Buku Panduan SKU, Buku UU Pramuka, Buku PP Pramuka, Dll.

Aksesoris Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai Tenda Dome kapasitas 2 dan 4 orang.

Aneka Produk Loreng Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai macam produk berbahan kain Loreng Pramuka. Produk kami antara lain : Jaket, Celana, Rompi, Topi, dll.

Tanda Jabatan Pramuka

Kedai Pramuka Scout Addict menyediakan berbagai tanda jabatan bagi peserta didik, pembina maupun, andalan kwartir.

Pelayani Pemesanan Pin, Gantungan Kunci, ID Card

Kedai Pramuka Scout Addict juga melayani pemesanan pin, gantungan kunci, Id Card, dll untuk kegiatan maupun souvenir.

Dokumentasi Pengiriman

Dokumentasi dari pesanan yang pernah kami kirimkan. Kami pernah mengirim pesanan dari Aceh sampai Papua.

Minggu, 31 Oktober 2010

Diklatsar Saka Wana Bakti Jabar

Sebanyak 150 anggota pramuka tergabung dalam saka wanabakti se Jawa Barat dan Banten, Minggu (31/10) mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Dewan Saka Wana Bakti tingkat Jabar 2010 di Aula Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cibodas, Desa Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

Kegiatan diklatsar Forum Komunikasi Dewan Saka Wana Bakti (FKDSB) Jabar tersebut sudah berjalan sejak Rabu (27/10) hingga Minggu (31/10).

Kegiatan tersebut diisi penyampaian materi dari berbagai nara sumber, di antaranya motivation building, managemen organisasi, managemen administrasi satuan, konservasi tanah dan air, pengelolaan lingkungan dan sampah.

Selain itu pada hari terakhir, Minggu (31/10) menghadirkan nara sumber Pemimpin Umum/Direktur Utama Harian Pikiran Rakyat, H. Syafik Umar menyampaikan materi bertajuk "Membangun jaringan informasi, berita sebagai urat nadi jurnalistik".

Sumber : Pikiran Rakyat

Kamis, 28 Oktober 2010

Modifikasi Batik Seragam Pramuka

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng punya ide dan inisiatif untuk membuat seragam pramuka jadi lebih gaul. Menteri kelahiran Makassar, Sulsel, 14 Maret 1963, itu ingin model dan motif seragam pramuka tidak monoton serbacokelat.

Doktor ilmu politik lulusan Northern Illinois University, AS, tersebut mengusulkan modifikasi batik untuk seragam pramuka. "Anda lihat apa yang saya pakai sekarang. Pakai batik dengan ini juga bisa," kata Andi sambil memegang kacu atau dasi khas pramuka berwarna merah putih yang melingkar di lehernya.

Andi yang baru saja menghadiri sidang paripurna pengesahan RUU Gerakan Pramuka di Gedung DPR, Jakarta, Selasa lalu (26/10), itu menegaskan bahwa seragam pramuka harus fleksibel. Modelnya harus beragam agar lebih menarik. "Sekarang ini boleh dong pakai batik, lalu pakai ini (kacu pramuka, Red). Yang penting, orang melihat ini pramuka," ujar suami Vitri Cahyaningsih itu lantas tersenyum.

Menurut bapak tiga anak tersebut, saat ini gerakan pramuka menurun dan dianggap jadul. Karena itu, perlu revitalisasi agar gerakan pramuka kembali menjadi salah satu pilihan aktivitas bagi remaja dan anak muda. Salah satunya adalah memberikan payung hukum kuat berupa undang-undang.

Sumber : JPPN

Kirim Tanda DKA ke Serang


Terima kasih kepada Kak Babay dari Cikopok-Serang yang telah memesan Tanda Dewan Kerja Ambalan. Semoga ambalannya semakin maju dan berkembang. Kami tunggu pemesanan selanjutnya

Rabu, 27 Oktober 2010

Komunitas Boleh Bentuk Gudep Pramuka

JAKARTA - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng menjelaskan, Undang-Undang Gerakan Pramuka memberi ruang yang luas bagi masyarakat untuk terlibat dalam pendidikan kepramukaan. "Mereka dapat membentuk gugus depan Pramuka berbasis komunitas, selain gugus depan berbasis sekolah," kata Andi setelah menghadiri Sidang Paripurna DPR yang mengesahkan undang-undang itu kemarin. Seluruh fraksi sepakat menyetujui Rancangan Undang-Undang Gerakan Pramuka menjadi undang-undang.

Hizbul Wathan dan Pandu Keadilan, ujar Andi Mallarangeng, berhak mendirikan gugus depan. Hizbul Wathan-organisasi kepanduan milik Muhammadiyah sebelum tahun 1961-hidup kembali di awal Reformasi. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera membentuk Pandu Keadilan. Menurut Andi, kedua organisasi itu dapat membentuk satuan komunitas di tingkat kwartir dan mengadakan kegiatan tersendiri. Pasal

22 Undang-Undang Gerakan Pramuka menjelaskan gugus depan (gudep) berbasis komunitas meliputi komunitas kewilayahan, agama, profesi, organisasi kemasyarakatan, dan lainnya.

Ketua Komisi Pendidikan DPR Mahyuddin memaparkan, undang-undang ini disusun untuk menghidupkan kembali semangat dan perjuangan yang dijiwai nilai-nilai Pancasila. Penyelenggaraan pendidikan kepramukaan, katanya, harus bersifat.mandiri, sukarela, dan non-politis dengan semangat Bhinneka TAinggal Ika. Undang-undang ini juga mengatur hak dan kewajiban orang tua dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar mengajak Hizbul Wathan dan Pandu Keadilan bahu-membahu mendidik generasi muda agar memiliki karakter yang sesuai dengan nilai Pancasila menghadapi era globalisasi. "Kini saatnya menyingkir-kan kepentingan individu dan kelompok," kata Azrul setelah menghadiri Sidang Paripurna DPR kemarin.

Menurut Azrul, selama ini pihaknya terbuka terhadap aspirasi lembaga dan kelompok masyarakat membentuk gugus depan Pramuka. Sekolah-sekolah Muhammadiyah misalnya, sejak 1980-an mendirikan gugus depan. Begitu juga pondok pesantren seperti Gontor dan Darunnajah.i Lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Sekolah Islam Terpadu juga memiliki gudep.

Sumber : Bataviase

Selasa, 26 Oktober 2010

Charly ST 12 Ciptakan Lagu Untuk Pramuka

Setelah resmi ditunjuk jadi Duta Pramuka Jabar, Charly ST 12 menghibahkan lagu khusus yang didedikasikan untuk pramuka. Lagu tersebut berjulul 'Jangan Takut Jadi Indonesia'.

Ia pun menyerahkan sepenuhnya lagu tersebut untuk dijadikan RBT atau nada sambung pribadi. Hal itu seperti keinginan yang diutarakan Ketua Kwarda Pramuka Jabar Dede Yusuf.

"Saya buatkan satu lagu berjudul 'Jangan Takut Jadi Indonesia'. Mudah mudahan bermanfaat," ujar Charly dalam pelantikannya sebagai Duta Pramuka Jabar, di Kantor Kwarda Jabar, Jalan Cikutra, Selasa (26/10/2010).

Dijelaskannya, lagu tersebut berisi ajakan kepada masyarakat, khususnya pramuka, agar jangan takut menjadi Indonesia. "Memang kenapa harus takut menjadi indonesia, apalagi kita pramuka," katanya.

Ia mengaku tidak memikirkan masalah royalti. Yang jelas, ia ingin memberikan lagu tersebut untuk pramuka. "Kalau mau seperti itu, dijadikan RBT, silahkan kalau untuk generasi bangsa," jelasnya.

Dede Yusuf menyatakan pihaknya berniat menjadikan lagu ciptaan Charly sebagai RBT. Di mana, keuntungan dari penjualan RBT itu akan didonasikan untuk kegiatan kepramukaan.

"Mudah-mudahan akhir tahun bisa direalisasikan. Selain Charly, kita sadah ada 6 band yang sudah menyumbangkan lagunya. Semuanya berisi lagu yang didedikasikan untuk pramuka," jelasnya.

Menurut Dede, pengangkatan Charly merupakan sebuah inovasi di bidang pramuka pasca RUU Pramuka disahkan menjadi UU Pramuka siang tadi. "Ini upaya untuk merangkul generasi muda di bidang pramuka," tuturnya.

Sumber : Detik

Menpora Pakai Kemeja Batik dan Kacu Pramuka


Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengenakan kacu yang biasa digunakan Pramuka. Saat menghadiri Rapat Paripurna DPR RI pengesahan RUU Kepramukaan.

Andi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang sempat mengejutkan pimpinan rapat, Priyo Budi Santoso, karena pakaiaan yang dipakainnya agak berbeda dengan orang pada umunya. Bukan memakai dasi tetapi kacu pramuka yang berewarna merah putih.

“Kok pakaiannya agak berbeda? Wah, kayaknya Pak Andi sudah mempersiapkan pakaiaannya,” kata Priyo mengomentari pakaiaan yang dikenakan Andi saat akan membacakan sambutannya mewakili presiden, Selasa (26/10/2010).

Andi pun saat akan membacakan sambutannya memberikan salam pramuka kepada seluruh anggota DPR RI yang menyetujui RUU Kepramukaan yang berada di ruang sidang paripurna, Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta.

“Salam Pramuka,” sahutnya sambil mengepalkan dan mengakat tangannya mengawali sambutannya.

Sumber : Bangka Pos

DPR Sahkan Undang-undang Gerakan Pramuka

DPR akhirnya mensahkan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Gerakan Pramuka menjadi Undang-undang. Pembahasan RUU tentang Gerakan Pramuka ini sempat menuai kontroversi lantaran diselingi dengan kunjungan kerja anggota DPR ke Afrika Selatan. “Undang-undang Gerakan Pramuka ini menjadi dasar hukum bagi semua komponen bangsa dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan," kata Ketua Komisi X DPR, Mahyuddin, dalam laporannya di sidang Paripurna DPR, Selasa (26/10).

Menurut Mahyudin, UU tentang Gerakan Pramuka ini disusun guna menghidupkan dan menggerakkan kembali semangat dan perjuangan nilai-nilai Pancasila. Mahyudin menerangkan, UU tentang Gerakan Pramuka ini mengatur beberapa substansi, diantaranya penguatan dan pengakuan terhadap organisasi gerakan pramuka dan organisasi lain penyelenggara pendidikan pramuka.

Adapun, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, menjelaskan, UU tentang Gerakan Pramuka akan menjadi dasar hukum untuk memperkuat upaya revitalisasi Gerakan Pramuka. Sejak awal, kata Andi, Pemerintah menyambut baik RUU yang merupakan usulan inisiatif DPR tersebut. “Dengan adanya Undang-undang ini, Gerakan Pramuka menjadi memiliki payung hukum,” tambah Andi.

Sumber : Republika

Minggu, 24 Oktober 2010

10 Pramuka Ponorogo Pingsan Disengat Ribuan Lebah

Sebanyak 10 peserta Dewan Kerja Ranting (DKR) Cabang Slahung dilarikan dan dirawat di Ruang UGD Puskesmas Slahung, Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (24/10) sore.

Pasalnya, para peserta DKR yang juga anggota pramuka itu diamuk puluhan ribu lebah (tawon gung) saat mendaki Gunung Pringgitan, Desa-Kecamatan Slahung, Ponorogo.

Badan para anggota pramuka yang tengah melaksanakan acara tahunan pendakian itu menjadi bengkak-bengkak. Sebagian besar di antara mereka pingsan, merasa mual, muntah dan pusing.

Para peserta DKR itu mengadakan kegiatan tahunan pendakian ke Gunung Pringgitan di Slahung. Acara yang diikuti 50 peserta itu menjadi tegang saat para peserta sampai di pertengahan perbukitan.

Saat diserbu lebah, puluhan peserta itu pun berusaha menyelamatkan diri. Sebagian bersembunyi di balik tebing jurang, sebagian di balik semak-semak, dan sebagian lagi di balik rimbunan pepohonan pinus.

Namun, karena banyaknya lebah yang menyerang, hampir semua peserta menjadi sasaran amukan lebah-lebah tersebut. Mereka yang kena serangan parah 15 peserta, dan yang harus menjalani perawatan sebanyak 10 orang.

Ke-10 korban adalah Cahya, 18, Jumiran, 19, Erlita, 17, Sokibun, 19, Wahyu, 17, Galuh, 17, Anis, 17, Khoirul, 18, Fuad, 18, serta Novi, 18. Kebanyakan korban yang dirawat duduk dibangku kelas 11 dan 12 SMA Negeri 1 Slahung.

Koordinator acara pendakian DKR, Abdul Haris, 25, mengatakan acara yang dimulai Minggu pagi itu merupakan acara tahunan DKR Cabang Slahung untuk melatih pendakiaan dan pengembaraan.

“Kalau peserta nggak ada yang merusak sarang lebah. Sebab, sarangnya di atas pohon pinus. Kami menduga sarangnya dirusak burung, dan lebah-lebah mengamuk ke peserta di bawahnya,” terang Haris kepada Surya, Minggu (24/10).

Tak Bisa Lari

Salah seorang korban, Novi, 18, yang tak mengenakan baju karena sekujur tubuhnya membengkak akibat diserang lebah, mengaku merasa mual dan pusing. Dia mengaku sempat pingsan sesaat setelah diamuk banyak tawon.

Hal sama diungkapkan korban lain, Anis, 17 yang mengaku tak sempat menghalau tawon-tawon itu, dan bisa melarikan diri karena terlalu banyak lebah yang menyerang.

Petugas medis Puskesmas Slahung, Suryandari, mengatakan bahwa tawon yang menyerang adalah jenis lebah gung, yakni lebah beracun tetapi tidak menyebabkan kematian.

“Kami memberikan asupan nutrisi dan infus. Juga mengadakan observasi serangan lebah itu yang menyebabkan pingsan, mual, pusing, serta tubuh membengkak,” jelasnya.

Terpisah, Kapolsek Slahung, AKP Cecep Wahyudi, mengatakan bakal memeriksa para korban bila nanti telah sembuh. Dia menegaskan, kecelakaan itu dapat dipakai pengalaman agar untuk kegiatan yang banyak tantangan harus mendapatkan pendampingan petugas.

Sumber : Kompas

Dianpinru Kabupaten Ciamis 2010

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis akan menyelenggarakan Kegiatan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) se- Kabupaten Ciamis pada :

Hari/Tanggal : Senin, 25 Oktober 2010 s.d. Sabtu, 6 Nopember 2010
Tempat : Bumi Perkemanah Majaprana Cijeungjing, Ciamis.

Kegiatan ini akan dilaksanakan sesuai dengan rotasi perwilayah, dimana wilayah akan dibagi kedalam 4 wilayahj Kab Ciamis. berikut rinciannya :

Wilayah 1 (25-27 Oktober 2010) :
1 Ciamis
2 Cikoneng
3 Sindangkasih
4 Cijeungjing
5 Cipaku
6 Cimaragas
7 Cidolog
8 Cisaga
9 Sadananya

Wilayah 2 (28-30 Oktober 2010) :
1 Panjalu
2 Sukamantri
3 Kawali
4 Lumbung
5 Panumbangan
6 Cihaurbeuti
7 Panawangan
8 Rancah
9 Tambaksari

Wilayah 3 (1-3 Nopember 2010) :
1 Langkaplancar
2 Pamarican
3 Banjarsari
4 Lakbok
5 Purwadadi
6 Mangunjaya
7 Padaherang
8 Jatinagara

Wilayahj 4 (4-6 Nopember 2010) :
1 Pangandaran
2 sidamulih
3 Kalipucang
4 Parigi
5 Cigugur
6 Cijulang
7 Cimerak
8 Rajadesa
9 Baregbeg
10 Sukadana

Jumat, 22 Oktober 2010

Bakti Tegak-Dega Jawa barat

Bandung - Menjelang disahkannya RUU Gerakan Pramuka, sekitar 500 Pramuka Penegak dan Pandega Jawa Barat menggelar bakti desa di Subang.

Acara dibuka resmi Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf yang juga ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat.

"Tadi saya ditelepon Menpora bahwa 26 Oktober RUU Gerakan Pramuka akan disahkan DPR," ujar Wagub Dede Yusuf saat membuka Bakti Desa Pramuka di Desa Cupunagara, Kec Cisalak, Kab Subang, Jumat (22/10/2010).

"Dengan lahirnya undang-undang, komitmen Pramuka untuk terdepan dalam membina anak muda harus lebih kuat," tegasnya.

Dede lantas menyebut kegiatan bakti desa Pramuka sebagai wujud kebersaamaan dalam membangun masyarakat. Selama sepekan, para Pramuka bekerja bakti dan menempa pengalaman hidup bersama warga perkebunan di Desa Cupunagara, Subang.

Proyek yang dikerjakan, antara lain, bedah rumah kumuh, membangun jalan dan jembatan, perbaikan tempat ibadah, pembinaan generasi muda, dan kreasi seni budaya.

"Ketika sekolah cenderung mengejar nilai UN (ujian nasional) dan ranking kelas, Pramuka harus tampil menempa watak dan karakter anak muda," tandas Dede yang juga jadi ikon baru Pramuka Indonesia.

Sumber : inilah.com

Kamis, 21 Oktober 2010

Bank Sulsel Siapkan Kredit untuk Anggota Pramuka Unhas

PT Bank Sulsel terus melebarkan sayap bisnisnya. Tidak hanya menggarap kredit usaha menengah ke atas, Bank Sulsel menyiapkan pinjaman untuk pengusaha pemula melalui komunitas atau kelompok. Misalnya, menyiapkan pinjaman awal Rp10 juta untuk anggota Pramuka Unhas.

Kerja sama Bank Sulsel dan Pramuka Unhas, dituangkan dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara yang diteken Direktur Utama PT Bank Sulsel, Ellong Tjandra dan Rektor Unhas Prof Dr Idrus A Paturusi, disaksikan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di sela-sela peringatan Hari Jadi Sulsel di Lapangan Upacara Kantor Gubernur, Selasa 19 Oktober.

Ellong Tjandra, didampingi Kabag Humas Dirhamsyah mengungkapkan, pihaknya berharap agar para Pramuka Unhas tersebut bisa lebih terarah dan selalu melakukan kegiatan bisnis, juga dapat berkontribusi positif terhadap perkembangan UKM di Sulsel.

"Kalau kita ini lebih spesifik ke Pramukanya yang dibina oleh Unhas, karena mereka ini kadang tidak tersentuh yang akan dibina menjadi wirausaha mandiri dan sebagai tahap awal kita berikan Rp10 juta per orang," katanya.

Kegiatan tersebut, lanjut Ellong, merupakan tahap awal dan akan terus dipantau perkembangannya oleh pihak monitoring, kemudian ditinjau sejauh mana bisa lebih dikembangkan ke depan. Tidak hanya itu, tambah Ellong, keberhasilan Pramuka Unhas ke depan dalam mengelola bisnisnya untuk bisa bankable akan mendapat tanggapan positif dari Bank Sulsel untuk mendapatkan pembiayaan yang lebih.

Pembina Gugus Depan 11075-11076 Pramuka Unhas, Muhammad Tamar secara terpisah mengungkapkan, dana bantuan dari Bank Sulsel tersebut akan digunakan untuk pembinaan dan pelatihan di pramuka gugus depan SMA dan SMK Bantimurung. Bentuk pembinaannya melalui pelatihan untuk enterpreneur melalui pengembangan sikap, perencanaan usaha, dan pelatihan keterampilan usaha.

"Kita target minimal satu sekolah ada satu unit usaha yang dikembangkan. Kita nanti dampingi enam bulan untuk melihat perkembangannya dan itu nanti dilaporkan ke Bank Sulsel sebagai hasil evaluasi," ujar Tamar.

Sumber : Fajar News

Rabu, 20 Oktober 2010

RUU Gerakan Pramuka Disetujui Jadi Undang-Undang

Rapat kerja antara pemerintah dengan DPR-RI yang membahas Rancangan Undang-Undang Gerakan Pramuka di Ruang Rapat Komisi X Gedung DPR hari Rabu (20/10) malam berakhir dengan memuaskan kedua belah pihak. Pemerintah yang diwakili Menpora Andi Mallarangeng, Mendiknas M. Nuh dan Menkumham Patrialis Akbar serta DPR-RI yang diwakili Komisi X, akhirnya menyetujui dan menerima RUU Gerakan Pramuka untuk disahkan menjadi Undang-Undang dalam rapat paripurna DPR-RI mendatang.

Rapat Kerja yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi X, Prof Mahyudin berjalan lancar. Beberapa fraksi menyampaikan pandanganya yang isinya hampir sama, yaitu seluruh pasal yang ada di RUU Gerakan Pramuka tidak ada masalah untuk segera disahkan menjadi Undang-Undang dalam rapat paripurna. "Semua fraksi sesuai rapat panja sebelumnya sepakat menyatakan RUU Gerakan Pramuka sudah tidak ada masalah dan segera disahkan menjadi Undang-Undang," kata Mahyudin.

Setelah pimpinan rapat dan semua fraksi setuju dan memiliki pandangan yang sama, maka masing-masing partai segera menyerahkan hasil pandangan tersebut kepada Menpora yang didampingi Mendiknas M. Nuh dan Menkumham Patrialis Akbar. Sebelum rapat kerja ditutup, perwakilan pemerintah secara resmi menandatangani hasil kesepakatan tersusunnya UU tersebut.

"Terima kasih banyak kepada seluruh anggota komisi X DPR RI yang sudah bekerja keras untuk membahas RUU Gerakan Pramuka. Dan saya bersyukur RUU Gerakan Pramuka ini tidak menemui masalah untuk segera disahkan menjadi Undang-Undang dalam rapat paripurna. Semoga semangat Pramuka ke depan bisa bangkit untuk membentuk karakter bangsa," kata Menpora. Dari Kemenpora juga ikut hadir, Sekertaris Kemenpora Wafid Muharam, Deputi II Zubakhrum Tjenreng, Deputi V Lalu Wildan, Staf Ahli Kemenpora Amran Razak dan Adiati Noerdin.

Sumber : kemenpora.go.id

Selamat Jalan Kak Himawan Soetanto


Innalillahiwainnalillahirojiun

Telah berpulang ke Rahmatullah salah satu tokoh Gerakan Pramuka serta salah satu putra terbaik Bangsa. Kak Himawan Soetanto (Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (1993-1998) di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, 20 Oktober 2010 dalam usia 81 tahun.

Almarhum di kalangan keluarga dan masyarakat dikenal sebagai sosok yang sangat disiplin. Almarhum meninggalkan seorang istri, empat anak, dan sepuluh cucu.

Semoga Arwah beliau diterima di sisi Allah SWT.

* Diambil dari beberapa sumber

Sabtu, 16 Oktober 2010

Pramuka SMAN 20 Bandung Gelar Workshop Fotografi

Sejumlah anggota Pramuka Penegak Pangkalan SMAN 20 Bandung mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan (PLT) Pramuka. Salah satu materinya ialah fotografi dan Vidiografi,” Sebelumnya, materi yang telah dilaksanakan ialah pendakian ke daerah Sukawarna Lembang Kab. Bandung Barat kemudian mempelajari kode etik kepramukaan dan dokumentasi kepramukaan yaitu fotografi dan vidiografi,” jelas Reza Saktipan selaku instruktur muda sekaligus Dewan Kehormatan dan juru adat Pangkalan SMAN 20 Bandung di sela-sela kegiatan.

Dalam workshop tersebut, para peserta diajarkan mulai dari sejarah fotografi di Indonesia sampai teknik pemotretan serta cara merakit dan menghasilkan foto melalui kamera lubang jarum yang dibimbing langsung oleh Deni Sugandi dari Pinhole Bandung dan didampingi Benny K serta Roni SF dari Satgiat Humas Kwarcab Pramuka Kota Bandung.
Selanjutnya, pada bulan Desember 2010 mendatang, Pramuka Pangkalan SMAN 20 Bandung akan menyelenggarakan pula karya wisata ke Anyer Propinsi Banten. Dalam kegiatan tersebut para anggota Pramuka SMAN 20 Bandung mewakili Ka Kwarda Jabar akan memberikan pesan dalam bentuk tulisan diatas kertas daur ulang kepada kwarda Banten dan melakukan sejumlah kegiatan out door activity.

Sumber : Kota Pramuka

Kamis, 14 Oktober 2010

JOTA-JOTI Bersama DKD Jatim

Mulai hari ini 15 Oktober 2010 gelaran tahunan Jambore On The Air(JOTA) dan Jambore On The Internet(JOTI)akan di gelar sanpai hari minggu tangal 17 Oktober 2010. Suasana di sanggar DKD Jatim mulai kemarin sore sudah nampak persiapan antara lain membersihkan garasi yang akan di jadikan pembukaan kegiatan yang diikuti perwakilan dari 38 cabang di Jawa Timur.

Di dalam event JOTA&JOTI DKD Jawa Timur mengadakan pelatihan Radio Amatir dan Internet yang di support penuh oleh ORARI Jawa Timur. Untuk Roll Call pembukaan Jatim direncanakan pada 13.00 WIB.

Sampai berita ini ditulis sudah ada beberapa peserta dari cabang (DKC) yang sudah datang. Selain dari peserta cabang kegiatan ini juga diikuti oleh RAcana-racana yang ada di Surabaya

Apa bila kakak-kakak kesulitan menggunakan MIRC bisa juga lewat Mibbit atau scoutlink

Charly ST 12 Jadi Duta Pramuka Jabar

Untuk menarik minat anak muda mengikuti Pramuka, Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf yang juga ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jabar meminta vokalis grup band ST 12, Charly, untuk menjadi Duta Pramuka.

"Charly senang diajak jadi Duta Pramuka karena Charly juga merasa risau dengan perkembangan anak muda belakangan ini," ujar Dede Yusuf di Bandung, Kamis (14/10/2010).

Dalam rilis yang diterima detikbandung, Charly sempat bertemu Dede di Rumah Dinas Wagub, Jalan Ir H Juanda 148 Bandung pada Rabu (13/10/2010) malam.

Dalam pertemuan itu, Charly setuju dengan ajakan Wagub untuk menjadi Duta Pramuka. Saat itu, Charly langsung mengenakan kacu (dasi) Pramuka yang diberikan Dede.

Charly juga akan menyiapkan lagu Pramuka untuk nada sambung pribadi (NSP) handphone. Lagu bertema patriotisme tersebut akan dikemas tetap gaul sehingga disukai anak-anak dan remaja.

"Setiap lagu ST 12 di download jutaan orang jadi ring back tone atau NSP. Ada 17 juta anggota Pramuka di Indonesia, nanti kita harapkan bisa download lagu Pramuka ciptaan Charly," harapnya.

Sumber : Detik Bandung

Selasa, 12 Oktober 2010

Fiesta Pramuka Universitas Andalas Padang

Pada tanggal 11-15 Oktober 2010 anggota Pramuka yang tergabung dalam Racana Swarnadwipa Gugus Depan Universitas Andalas Padang menyelenggarakan kegiatan lomba kepramukaan yang diikuti oleh Pramuka penegak se-Sumatera Barat dan beberapa kontingen dari propinsi Riau. Kegiatan tahunan yang dikenal dengan Fiesta (Festival Swarnadwipa Tahunan) ini dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati ulang tahun Pramuka Univesitas Andalas ke-24 sekaligus Dies Natalis Universitas Andalas. ke-54. Gugus depan 06.170 - 06.171 Universitas Andalas ini dikukuhkan pada tanggal 1 September 1986 oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat yang ketika itu dijabat oleh Bapak Ir. H. Azwar Anas. Pada tahun 2009 kemaren kegiatan ini pernah batal dilaksanakan sehubungan dengan musibah bencana alam gempa yang melanda wilayah kota Padang dan sekitarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di bumi perkemahan Universitas Andalas Padang ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Andalas Prof.DR.Ir.Musliar Kasim MS selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) pada hari Senin tanggal 11 Oktober 2010 bertempat di aula Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Andalas, Padang. Acara pembukaan ini dihadiri juga oleh pembina gugus depan kakak Prof DR. Ir. Isril Berd SU yang juga merupakan Sekretaris Kwartir Daerah Pramuka Sumatera Barat, pendiri Pramuka Universitas Andalas kakak Fachry Sulaiman SH yang juga merupakan Andalan Nasional Urusan Luar Negeri pada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun Gugus Depan Pramuka Universitas Andalas ke - 24 ini, diadakan serangkaian kegiatan yang diharapkan mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi Gerakan Pramuka khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya. Kegiatan yang diikuti oleh 23 kontingen pramuka penegak dari Sumatera Barat dan Riau ini mempertandingkan antara lain, lomba asah terampil, lomba peraturan baris berbaris (PBB), lomba pioneering (pembuatan suatu desain bangunan dari tongkat dan tali temali),lomba penjelajahan cross country, lomba scouting inovation (pengolahan barang bekas menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis, lomba fun cooking. Selain itu juga diadakan kegiatan aksi bersih pantai, penyerahan sumbangan buku bacaan ke panti asuhan dan pertunjukan pentas seni. Masing-masing lomba yang diikuti peserta memperebutkan hadiah trophy dari berbagai instansi, sedangkan juara umum seluruh kegiatan akan memperoleh trophy bergilir dari Rektor Universitas Andalas selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus).

Kegiatan Fiesta ini selain untuk memperkenalkan kegiatan kepramukaan perguruan tinggi di Universitas Andalas Padang diharapkan nantinya dapat meningkatkan semangat dan motivasi peserta pramuka penegak dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan di gugus depannya. Disamping itu bagi anggota Pramuka Racana Swarnadwipa Universitas Andalas, kegiatan ini diharapkan nantinya dapat menciptakan kader-kader Pramuka perguruan tinggi yang mampu merencanakan dan mengelola berbagai macam kegiatan dengan baik setelah menyelesaikan pendidikannya nanti.

Sumber : Kompasiana

Jumat, 08 Oktober 2010

Pelatihan Fotografi Kwarda Jatim

Pada tanggal 15-17 Oktober 2010 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur akan menyelenggarakan Pelatihan Fotografi yang bertempat di Gedung Kwarda Jatim Jl. Raya Kertajaya Indah 77A Surabaya.

Peserta Pelatihan Fotografi ini adalah utusan dari masing-masing kwarcab yang ada di Jawa Timur. Syarat menjadi peserta antara lain :
1. Membawa foto 4x3 berseragam Pramuka 2 lembar
2. Membawa pakaian seragam Pramuka, Batik, olahraga, n obat-obatan pribadi
3. Membawa Laptop dan kamera digital
4. Fee Rp. 50.000
5. Belum pernah mengikuti kegiatan serupa

Info lebih lanjut hubungi Kwarda Jatim Telp. 031-5924940

Info Kegiatan Kwarcab Surabaya

Informasi Kegiatan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Surabaya :
- KMD tanggal 14-17 Okt 2010
- KML tanggal 20-24 Okt 2010
- MUSPANITRA tanggal 10 Okt 2010
- Seleksi Jambore NAsional 2011 tanggal 14 Nov 2010

Informasi lebih lanjut hubungi kwartir ranting
masing-masing atau langsung ke Kwartir Cabang Kota Surabaya telp (031) 8294711

Jumpa Penggalang 2010 se-Jabar

Ambalan KH. Ahmad Dachlan dan Siti Aisiyah pangkalan MAN I Kota Bogor pada tanggal 24 Oktober 2010 akan mengadakan Jumpa Penggalang 2010 yang ke 7. Kegitan ini akan memperlombakan beberapa jenis lomba antara lain :
1. Wide Game
2. LCT
3. Kolone Tongkat
4. MTQ
5. Seni Sunda

Jumpa Penggalang 2010 akan memperebutkan Trophy :
1. Walikota Bogor
2. Gubernur Jabar
3. Menteri Kehutanan
4. Menteri Agama

Info lebih lanjut hubungi :
MAN 1 Kota Bogor
Jl. Semeru Komp. Bumi Menteng Asri(Jl. Terapi)
Telp./Fax. 0251 8338865 Bogor
Cp. saeful anwar 085684411852

Lihat blognya disini

Rabu, 06 Oktober 2010

Mug

Bagi Kakak-kakak yang menginginkan mug sebagai souvenir kegiatan, souvenir pernikahan, souvenir regu, souvenir kenang-kenangan, dll. Silahkan lihat contoh mug koleksi kami :


Desain gambar mug sesuai dengan keinginan kakak-kakak.

Harga silahkan hubungi kami langsung











































pesan mug, bikin mug, souvenir mug, bikin mug satu saja, toko mug, mug gaul, mug murah, mug pramuka, toko pramuka, mug kedai pramuka, jual mug, mug kediri, mug nganjuk, mug blitar

Santri Mengukir Cinta Negeri dengan Kemah Pramuka

PARA santri Pramuka di Makassar menggelar perkemahan Pramuka Santi di Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah, Manggala, Makassar, Jumat-Minggu (1-3/10). Kegiatan ini diikuti oleh ratusan santri.

Ketua Panitia Perkemahan Pramuka Santri Makassar, Saiful, mengatakan, selain untuk mempererat silaturahmi dan memperkuat kepramukaan, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menunjukkan bahwa pesantren juga menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat.
Pesantran itu tidak mengajarkan gerakan radikal. "Image (citra) masyarakat dan khususnya pemerintah terhadap pesantren sebagai sarang teroris tidak terbukti," kata Saiful kepada Tribun, Minggu (3/9).
Melalui pesantren ini dibuktikan bahwa santri memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang agama dan olahraga. Menurut Saiful, perkemahan menjadi ajang bagi santri untuk mengaktualisasikan dirinya dan media penyambung ukhuwah Islamiah.
Senada dengan Saiful, Kepala Seksi Pekapontren Kanwil Kementrian Agama Kota Makassar, Muchlis Chalid, mengatakan perkemahan dimaksudkan untuk mengubah citra pesantren.
"Ada pesantren di Jawa Tengah yang terindikasi melalukan tindak terorisme. Di Sulsel tidak ada. Jika nantinya ada itu secara pribadi bukan kelembagaan," kata Muchlis.
Muchlis menambahkan, pesantren harus nasionalis. Memperjuangkan keberlangsungan NKRI adalah harga mati. Selain itu juga meruapaka jihad. Tidak boleh dianggap hanya kegiatan memperjuangkan agama yang dianggap jihad.
Wujud kecintaan terhadap negeri ini adalah bagian dari keimanan. Di pesantren harus ditanamkan sikap untuk mencintai tanah air.
Saat ini santri tidak cukup jika hanya dibekali ilmu agama. Santri harus juga dibekali dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta terampil dalam berbagai macam keterampilan dan bakat yang termasuk dalam gerakan kepanduan dan menjadi gerakan pramuka.
Tumbuh kembangnya gerakan pramuka di pesantren mengalami perkembangan pesat. Buktinya gugus depan di setiap pesantren telah berdiri sebagai sarana pelatihan dan pelaksana gerakan pramuka dan telah berulangkali dilaksanakan perkemahan tingkat nasional.
Pelaksanaan pramuka santri Kota Makassar sebagai wujud mengaktualisasikan pengetahuan kepramukaan dan kepesantrenan(cr1)


Pesantren IMIM Juara
DALAM perkemahan ini digelar lomba kepesantrenan dan lomba kepramukaan. Digelarnya lomba tersebut mengikuti bakat dan minat santri.
Saat penutupan perkemahan pondok pesantren ini, Minggu kemarin, diumumkan juara lomba untuk kategori putera atau puteri.
Juara pertama untuk putera adalah Ponpes IMMIM Putera, kedua Ponpes Tahfidzul Quran Wahdah Islamiah, dan ketiga Ponpes Ulumul Islam.
Sementara itu untuk kategori puteri juara pertama Ponpes Pondok Madinah, kedua Ponpes Tahfidzul Qur'an Wahdah Islamiah, dan ketiga Ponpes Al Markaz Al Islami.
Salah seorang juri lomba, El-Imam, kepada Tribun mengatakan, terpilihnya IMMIM sebagai juara kategori putera karena menguasai dan berpengalaman dalam kegiatan pramuka dan pesantren.
Di lain hal kategori puteri terpilihnya Ponpes Pondok Madinah dikarenakan hal yang sama.(cr1)


Peserta
- Ponpes Al Markaz Al Islami
- Ponpes Hidayatullah
- Ponpes Pondok Madinah
- Ponpes Tahfidzul Quran Wahdah Islamiah
- Ponpes Immim Putra
- Ponpes Darul Arqam
- Ponpes DDI Addariyah
- Ponpes Syafirah
- Ponpes Nurul Awaliah
- Ponpes Ulul Albab
- Ponpes Ullumul Islam
- Ponpes Al Huda
- Ponpes Hadratul Maut
- Ponpes Al Fakhriyah
Jumlah santri putra 152 orang dan putri 77 orang

juara putra
1. Ponpes IMMIM Putera
2. Ponpes Tahfidzul Quran Wahdah Islamiah
3. Ponpes Ulumul Islam

juara putri
1. Ponpes Pondok Madinah
2. Ponpes Tahfidzul Quran Wahdah Islamiah
3. Ponpes Al Markaz Al Islami

Sumber : Tribun Timur

Sabtu, 02 Oktober 2010

Gubernur Jateng Canangkan Dimulainya Pembangunan Gedung Kwarda Jateng dan Despram

Pembangunan Gedung Dekranasda dan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah yang direncanakan berlantai tujuh diharapkan segera dilaksanakan. Dengan demikian jangka waktu pelaksanaan pembangunan yang ditetapkan selama 108 hari dengan jangka waktu masa pemeliharaan enam bulan, benar-benar dapat ditepati dan memenuhi standar kualitas. Demikian ditegaskan Gubernur Jawa Tengah, H. Bibit Waluyo saat mencanangkan dimulainya pembangunan gedung tersebut di Jalan Pahlawan 8 Semarang, tak jauh dari Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Pembangunan gedung diperuntukkan dua organisasi Pemerintah Tingkat Jawa Tengah, yaitu Dekranasda dan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah, memiliki keterpaduan fasilitas dalam satu lokasi. ”Ini penting untuk meningkatkan berbagai potensi unggulan Jawa Tengah dan memacu produktivitas hasil-hasil kerajinan yang semakin kreatif dan inovatif.

Gubernur mengatakan, pembangunan gedung dengan memberdayakan lahan yang sebelumnya ditempati Gedung Pramuka Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah bisa disinergikan kegiatan promosi produk-produk unggulan Jawa Tengah yang akan dikelola Dekranasda Provinsi Jawa Tengah.

Pengaturan pendayagunaan gedung tujuh lantai ini, ke depan setelah pembangunannya jadi, dimulai dari lantai satu sampai empat dipergunakan untuk aktivitas Dekranasda Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan lantai lima sampai tujuh dipergunakan untuk kegiatan administrasi perkantoran maupun pertemuan yang dikelola Gerakan Pramuka Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah.

Gubernur menandaskan, dengan gedung berlantai tujuh ini, maka fasilitas-fasilitas yang dikomersialkan untuk kepentingan umum dapat menghasilkan pemasukan daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah, yang pada akhirnya juga bisa untuk membiayai perawatan maupun untuk kegiatan operasional Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah.

Kepada Pengurus Dekranasda dan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah, Gubernur minta agar dapat mengelola dengan baik dan mendayagunakan secara optimal gedung ini, sehingga apa yang menjadi harapan tersebut dapat berjalan lancar, utamanya bagi Gerakan Pramuka, ujarnya. Seraya menambahkan dengan fasilitas gedung baru ini hendaknya kegiatan Pramuka di Jawa Tengah menjadi lebih maju dalam memperkokoh jiwa nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda. Karena Gerakan Pramuka adalah benteng pembentukan karakter generasi muda Indonesia.

"Tempatkan lambang Cikal Kelapa (Pramuka) di atas gedung agar masyarakat mengetahui bahwa generasi muda adalah harapan bangsa," tegas Gubernur.

Sumber : http://www.jatengprov.go.id/