Wednesday, 11 July 2012

Kemah Budaya VI Kwarda Yogyakarta 2012

Yogyakarta – Kemah Budaya Daerah, salah satu wujud nyata untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka salah satunya menanamkan nilai-nilai sejarah dan budaya bangsa untuk menciptakan ketahanan nasional. Kemah Budaya (selanjutnya di sebut Kembud) tahun 2012 ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah berlangsung ke 6 kalinya, dan untuk tahun ini waktu kegiatan dan giat prestasi bertambah di bandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Lokasi kegiatan berada di Museum Benteng Vredeburg yang akan berlangsung mulai hari ini 11 Juli sampai 15 Juli 2012.

Melalui Kemah Budaya inilah diharapkan peserta didik dapat mengetahui dan melestarikan kebudayaan bangsa yang tidak ternilai harganya, tema kegiatan ini adalah “Dengan Semangat Kepemudaan Kita Bangun Pendidikan yang berkarakter guna memperkokoh jati Diri Bangsa“. Kegiatan di kemas dengan aktivitas Outdoor - Indoor untuk mendorong terbentuknya apresiasi dan toleransi atas keragaman budaya bangsa serta dipadukan dengan kegiatan prestasi yang berbentuk lomba dan kunjungan ke lokasi yang memiliki nilai seni dan Sejarah. Kontingen Kemah Budaya ini di ikuti oleh Pramuka Penggalang dan penegak yang berasal dari 5 Kwartir Cabang yang berada di KWARDA XII D.I. Yogyakarta dengan total peserta 210.

Di jaman modern ini banyak anak muda yang sudah kehilangan pengetahuan tentang nilai nilai budaya bangsa dan wawasan kebangsaan. Penyelenggaraan KEMBUD ini adalah salah satu wujud nyata pelestarian kebudayaan daerah agar para pemuda lebih mengetahui, memahami, dan melestarikan budaya daerah yang ada di Jawa dan Khususnya Jogja. Penyelenggaraan ini merupakan hasil kerjasama Museum Benteng Vredeburg, Balai Pelestarian Peningggalan Purbakala, Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional serta Kwartir Daerah D.I. Yogyakarta.

Sumber : postingan kak ma'ruf cahyadi di grup fb jurnal jambore

0 comments:

Post a Comment