Wednesday, 18 July 2012

Pesta Siaga Kwarcab Labuhanbatu

Rantauprapat, Ketua Majelis Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka yang juga Bupati Labuhanbatu Tigor Panusunan Siregar, mengajak anak-anak Pramuka Siaga harus pemberani dan tidak mudah putus asa. "Harus berani membela yang benar dan tidak mudah putus asa," kata Tigor Panusunan Siregar pada acara Pesta Siaga yang digelar Kwarcab Gerakan Pramuka Labuhanbatu, Minggu (15/7) di Lapangan Ika Bina Rantauprapat.
Selain harus pemberani dan tidak mudah putus asa, anak-anak pramuka Siaga ini juga diajak untuk selalu rajin belajar dan tetap menjaga kesehatan dengan mencuci tangan sebelum makan. Kemudian, diingatkan juga agar selalu patuh pada nasehat orang tua, katanya.

Pesta Siaga ini, pertemuan anak pramuka tingkat siaga (para murid SD) yang diselenggarakan dalam bentuk permainan bersama, lomba, pentas seni budaya, pasar siaga (bazaar), pameran siaga, karnaval dan perkemahan satu hari (Persari) dan juga dalam bentuk permainan seperti lomba enggrang tempurung dan bambu, pertandingan patok lele, pertandingan gasing, lomba melukis, lomba congklak, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba membuat layang-layang, permainan gala panjang dan lain-lain.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan pemberian setangkai bunga mawar dari anak-anak siaga kepada para Pembina, kemudian acara juga diisi dengan pelaksanaan berbagai permainan dan perlombaan. Tigor-Suhari mencoba permainan gasing yang turut diperlombakan itu. Pesta Siaga yang digelar Kwarcab Pramuka Labuhanbatu ini, diikuti 530 peserta dan para undangan yang hadir juga cukup antusias mencoba permainan tradisional. Seperti. Ketua Kwarcab Labuhanbatu Suhari Pane yang juga wakil bupati mencoba permainan enggrang yang turut diperlombakan dalam Pesta Siaga itu.

Permainan tradisional seperti ini dapat dikembangkan kembali, mengingat saat ini permainan seperti ini sudah tidak ada lagi dimainkan anak-anak sekarang dan sudah sepantasnya Pemda melestarikan permainan tradisional ini dengan memperlombakannya setiap HUT Pemkab, ucap seorang warga saat menyaksikan Pesta Siaga.

0 comments:

Post a Comment