Tuesday, 31 July 2012

Musyawarah Cabang Pramuka Padang

Padang - Walikota Padang Fauzi Bahar diwakil Sekda Ir. H. Emzalmi, M. Si
membuka secara resmi Muscab Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padang Tahun 2012, Senin (30/7), di Gedung Pramuka Prov. Sumbar. Dihadiri para Kepala SKPD, Pengurus Pramuka dan kakak Pramuka.

Maksud dan tujuan Muscab adalah, menyusun buku panduan sebagai pedoman dan petunjuk bagi peserta, peninjau dan paniti penyelenggara Muscab dan program kerja lima tahun mendatang serta memilih Pengurus Kwarcab Periode 5 tahun mendatang.

Musyawarah cabang gerakan Pramuka Kota Padang Tahun 2012 merupakan forum tertinggi dalam Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padang. Yaitu berdasarkan Anggaran Dasar Pramuka BAB VI Pasal 40 Ayat 1 dan 4 dan anggaran rumah tangga gerakan Pramuka, Musyawarah Cabang Pramuka diadakan sekali 5 tahun dan ketentuan lainnya.

Adapun tema Muscab yaitu, ‘’Melalui Muscab Kita Wujudkan Revitalisasi Gerakan Pramuka di Kota Padang’’. Sedangkan peserta tediri dari, utusan cabang 6 orang, perwakilan Kwartir Ranting 5 orang dari 11kecamatan se Kota Padang, ujar Ketua Pelaksana Muscab Bambang Sutrisno.

Sekda Padang Emzalmi mengatakan, gerakan Pramuka saat ini tetap relevan dengan perkembangan zaman. Walaupun era globalisasi itu penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuaan dan teknologi. Tetapi manusia tetap merupakan fkator penentu yang paling utama.

Untuk itulah kita ingin membangun manusia yang memiliki watak yang kuat, bukan hanya manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetrahuan, tetapi juga pemuda yang beriman dan bertaqwa, tangguh, berkepribadian, luhur budi pekertinya, serta generasi muda yang rukun dan bersatu, tegas Emzalmi.

Karena pemuda yang demikian.lah sanggup menghadapi tantangan globalisasi, berbagai tantangan dan memiliki masa depan yang lebih cerah.

Walikota Fauzi Bahar melalui Sekda Padang mengharapkan kepada pengurus terpilih 5 tahun mendatang agar memperkuat organisasi dan manajemen kepramukaan dengan sebaik- baiknya, terus melakukan konsolidasi, demi memantapkan peran organisasi yang makin kokoh.

Mantapkan gugus depan berbasis sekolah dan kembangkan gugus depan berbasis wilyah agar aktifitas dan kedudukan gerakan Pramuka semakin kuat dan tangguh. Juga mantapkan prinsip dasar dan metoda kepramukaan, kembangkan kemitraan serta implementasikan Tri Satya dan Dasa Darma dalam kehidupan sehari- hari,

Kata Fauzi Bahar, gerakan Pramuka menjadi sangat mulia mengingat tugas yang diembannnya bertujuan mendidik kaum muda yang berkepribadian, berwatak, dan berbudi luhur, beriman bertaqwa.

Ia mengatakan gerakan Pramuka di Kota cukup berhasil, untuk itu Fauzi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas peran yang dimainkan oleh kakak-kakak Pramuka.

0 comments:

Post a Comment