Wednesday, 9 October 2013

Jadikan Gudep Sebagai Ujung Tombak Ekskul Pramuka

MALANG - Berawal dari komitmen sekolah untuk mendukung program pemerintah dalam menjadikan pramuka sebagai ekskul wajib, pramuka pangkalan SMA Laboratorium UM melaksanakan kegiatan pengukuhan gerakan pramuka Gugus Depan (Gudep) Kota Malang.“Setelah berkoordinasi dengan kwartir cabang, kami sepakat untuk melaksanakan pengukuhan ini untuk menyiapkan Gudep sebagai ujung tombak kegiatan ekskul pramuka di sekolah kami,” ujar Gianto S Pd, pembina Gudep putra di SMA Laboratorium UM.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir perwakilan dari Polsek Klojen dan komandan kodim militer  yang juga menyasikan proses pengukuhan. Sedangkan Peni Suparto sebagai Ketua Gerakan Pramuka Cabang Malang yang diwakili oleh Heri T, melaksanakan proses sakral tersebut. Dalam sambutannya, Heri mengimbau kepada generasi muda untuk melandasi setiap langkahnya dengan kode etik yang sesuai dengan kepramukaan.

Heri berharap, gerakan pramuka di sekolah ini berdampak positif bagi sekolah, guru dan siswa, yang di masa mendatang akan memunculkan manusia-manusia yang memiliki gaya kepemimpinan model pramuka. Ia juga mengajak para guru dan siswa kelas XI dan XII yang tidak wajib mengikuti ekskul pramuka, untuk secara tidak lagsung ikut serta di dalam mendukung pengembangan kepramukaan, sehingga melalui gerakan pramuka akan membangun karakter bangsa.

Dalam upacara pengukuhan tersebut, Gianto menegaskan kepada anggta pramuka pangkalan SMA Laboratorium UM bahwa mereka sudah memiliki hak dan kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaaan yang sah.  “Mulai saat ini, kegiatan-kegiatan kepramukaan SMA Laboratorium UM telah diakui oleh pengurus Kwartir Ranting Klojen dan Cabang Malang,” tegasnya saat ditemui seusai kegiatan.

Melalui gerakan Pramuka, Gianto yakin generasi muda akan mampu membangun karakter bangsa dengan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Sumber : http://www.malang-post.com/edupolitan/74668-jadikan-gudep-sebagai-ujung-tombak-ekskul-pramuka-

0 comments:

Post a Comment