Thursday, 24 October 2013

Kursus Mahir Dasar Kwarcab Samarinda

SAMARINDA - Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Samarinda menggelar Kursus Mahir Tingkat Dasar atau KMD Tahun 2013 yang diikuti puluhan peserta berasal dari Kwartir Ranting dan instansi se-Kota Samarinda. Pelatihan berlangsung 22-27 Oktober. Ketua Kwarcab Kota Samarinda Arpan Zainal mengatakan, Gerakan Pramuka memiliki peran menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang dapat menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa, memiliki watak dan budi pekerti luhur dalam mengisi kemerdekaan.

“Proses pendidikan melalui lembaga pendidikan nonformal seperti Gerakan Pramuka diyakini dapat membentuk karakter generasi muda yang berjiwa toleran, hormat-menghormati, saling menghargai, mengutamakan kepentingan umum, dan cinta terhadap perdamaian,” katanya. Lebih lanjut disampaikannya, tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda, sehingga dapat membentuk kader-kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

“Gerakan Pramuka hidup dan bergerak di tengah masyarakat dan berusaha membentuk kader-kader pembangunan yang berguna bagi masyarakat. Karenanya gerakan Pramuka memerhatikan pula keadaan, kemampuan, kebutuhan dan harapan masyarakat termasuk para orangtua. Sehingga Gerakan Pramuka terutama pada satuan-satuannya dapat menyiapkan tenaga Pramuka sesuai dengan apa yang diharapkan orangtua dan masyarakat setempat,” ujarnya.

Disampaikannya juga, masalah yang dihadapi Gerakan Pramuka saat ini adalah rendahnya kualitas dan kuantitas Pembina Pramuka. Sehingga sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan wawasan pembina Pramuka dalam membina peserta didik diperlukan pendidikan dan latihan (kursus).

“Saya mengharapkan lewat kegiatan ini pembina Pramuka semakin memiliki pengalaman dalam hal kepramukaan serta memahami ide dasar kepramukaan. Apalagi saat ini gerakan pramuka sudah masuk ekskul wajib berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012. Karena itu, diperlukan kursus Pembina Pramuka mahir Tingkat Dasar agar  mampu mencetak kader kepramukaan yang benar-benar berkualitas,” pungkasnya. 

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/36715/kwarcab-pramuka-gelar-kursus-mahir-dasar.html

0 comments:

Post a Comment