Sunday, 13 October 2013

Kwarcab Bengkalis Taja Penyuluhan Narkoba

BENGKALIS,  - Sebagai salah satu bentuk keprihatinan atas merebaknya penyalahgunaan narkoba di tengah-tengah masyarakat saat ini, khusus di kalangan generasi muda, Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis melakukan kerjasama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK).

Kerjasama itu diantaranya diwujudkan dengan dilakukan kegiatan penyuluhan kepada anggota Kwarcab 0404 seperti yang dilaksanakan Sabtu (12/10) lalu. Penyuluhan yang dilakukan di sela-sela kegiatan perkemahan Jum’at, Sabtu Minggu (Perjusami) dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-52 Tahun 2013 dan diikuti sekitar lima ratus anggota siaga, penggalan, penegak dan pendega anggota Kwarcab 0404 itu, dilaksanakan di Bumi Perkemahan Awang Perkasa Desa Kelapapati Bengkalis. Bertindak selaku penyuluh dalam kegiatan itu Eri Samsuar dan Reni Adelia dari BNK Bengkalis.

Ketua Kwarcab 0404, H Riza Pahlefi menjelaskan penyuluhan yang dilakukan bekerjasama dengan BNK Bengkalis ini, merupakan salah satu wujud nyata dan parstisipasi aktif Kwarcab 0404 untuk ambil bagian dalam mencegah kian maraknya penyalahgunaan narkoba di daerah ini.

''Khususnya di kalangan pelajar dan generasi muda.  Dari kegiatan penyuluhan ini, seuruh peserta diharapkan bukan hanya mengetahui dan memahami pengertian narkoba, jenis, faktor penyebab, dampak buruk, serta upaya pencegahan yang dapat dilakukan. Lebih dari itu, dapat menjadi pionir dan duta-duta anti narkoba di daerah ini. Baik itu bagi komunitas Pramuka sendiri, pelajar, generasi muda maupun masyarakat luas,'' jelas Riza.

Mantan Wakil Bupati Bengkalis ini mengajak seluruh anggota Kwarcab untuk dapat berperan aktif membantu setiap upaya-upaya yang dilakukan aparat penegak hukum seperti kepolisian dan BNK dalam mencegah maraknya penyalahgunaan narkoba di daerah ini.

''Membantu setiap upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba itu merupakan pengamalan prinsip menolong sesama dalam Trisatya Pramuka. penyalahgunaan narkoba di daerah ini. Karena itu, setiap anggota Kawrcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis harus ambil bagian secara aktif membantu setiap upaya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di daerah ini,'' kata Riza, usai mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut.

Ditambahkan Riza, kerjasama Kwarcac 0404 dengan BNK Bengkalis akan dilakukan secara berkesinambungan. ''Baik itu dalam bentuk penyuluhan seperti ini maupun kegiatan lainnya. Sebagai bentuk pengamalan Trisatya Pramuka, Kwarcab 0404 siap membantu setiap upaya yang dilakukan untuk mencegah kian maraknya peredaran narkoba di daerah ini. Baik itu yang dilakukan BNK Bengkalis, maupun institusi lainnya,'' tegas Riza didampingi Wakil Ketua Kwarcab 0404, H Umran.

Terpisah Ketua BNK Bengkalis, H Suayatno mengingatkan, sebagai bagian dari generasi muda, anggota Pramuka juga akan menjadi sasaran sindikat narkoba. Hal ini dikarenakan posisi Pramuka yang dikenal teguh dan disiplin dalam berbagai sisi kehidupan akan menjadi semacam promosi gratis bagi sindikat bila Pramuka sampai jatuh dalam narkoba.

''Karenanya jangan beri kesempatan dan ruang sekecil apapun bagi sindikat narkoba untuk masuk. Dalam perspektif ini, Pramuka merupakan dan harus menjadi benteng pertahanan para pemuda dalam menghadapi bahaya narkoba. Setiap anggota Pramuka di daerah ini mesti terus membangun dan menguatkan komitmen untuk meraih prestasi tanpa narkoba,'' ajak Wakil Bupati Bengkalis.

Sebagaimana Riza, Wakil Bupati Bengkalis ini juga berharap agar seluruh insan Pramuka Kwarcab 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis dapat  menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, terutama di kalangan pelajar dan generasi muda.

Pada bagian lain, Suayatno mengatakan, para pelajar dan generasi muda yang terlibat aktif dalam kegiatan Pramuka lebih beruntung, karena mereka dibekali pembentukan karakter positif dan materi kepemimpinan. Kesempatan untuk melakukan hal-hal negatif seperti menggunakan narkoba, dapat tereliminasi oleh kegiatan positif yang ada di dalam kegiatan Kepramukaan.

Suayatno berharap, bagi sekolah-sekolah yang kegiatan kepramukaannya selama ini kurang aktif, hendaknya dapat diaktifkan kembali. Diisi dengan berbagai kegiatan. Sebab, imbuhnya, sebagai wadah membangun generasi muda bangsa yang berkarakter, kegiatan Pramuka memberikan dampak positif dalam mencegah dan memutus mata rantai penyalahgunaan narkoba.

''Berdasarkan hasil penelitian, sekitar  9-10 persen siswa merupakan pengguna narkoba. Namun para pengguna tersebut bukan orang yang mengikuti ekstrakurikuler seperti Pramuka. Biasanya para pengguna ini terpengaruh karena kehidupan dunia luar seperti nongkrong,'' papar Suayatno seraya mengatakan kerjasama BNK Bengkalis dengan  Kwarcab 0404 akan dilakukan berkesinambungan.

- See more at: http://www.goriau.com/berita/peristiwa/kwarcab-0404-bengkalis-taja-penyuluhan-narkoba-kerjasama-bnk.html#sthash.TDrfRBYR.dpuf

0 comments:

Post a Comment