Thursday, 4 November 2010

Menuju Muspanitera Jatim 2010

Di masa akhir kepengurusan Dewan Kerja Daerah (DKD) Kwarda Gerakan Pramuka Jatim ini, DKD akan menggelar Musyawarah Pramuka Penegak Pandega Putri Putra (Musppanitera) pada 19-21 November di Hotel Santoso, Selecta, Kota Wisata Batu. Musppanitera ini salah satunya ditujukan untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua DKD baru untuk periode 2010-2015. Jelang pelaksanaannya, kini DKD menargetkan pendaftaran nama calon ketua dan wakil harus sudah masuk pada H-7 sebelum pelaksanaan atau sekitar 12 November.

Ketua DKD Kwarda Gerakan Pramuka Jatim, Zamzami Sabiq saat dikonfirmasi, Rabu (3/11) menjelaskan, kepastian waktu atau batas akhir masuknya nama calon itu telah disepakati  melalui proses rapat kelompok kerja (pokja) Musppanitera yang digelar Sabtu-Minggu (30-31 Oktober). Untuk pencalonan ketua dan wakil, rencananya diajukan dari tujuh korwil yang menaungi 38 DKD. Di antaranya adalah korwil Surabaya, Madura, Besuki, Malang, Kediri, Madiun, dan Bojonegoro.


“Dari tiap korwil akan mengajukan satu nama calon ketua dan satu nama calon wakil,” tuturnya. Namun, tiap korwil tak harus mengajukan calon dari daerah masing-masing. Bisa jadi, calon yang diajukan dari daerah lain atau dari pengurus DKD saat ini. Ia pun menargetkan, nama para calon akan dipastikan terkumpul seminggu sebelum pelaksanaan Musppanitera dilangsungkan.


Dari nama calon yang kini santer diperbincangkan antara DKC dan DKD yang akan menjadi kandidat ketua dan wakil ketua, yakni ada beberapa nama, seperti Ketua DKC Sumenep, Gresik, dan dua orang dari pengurus DKD saat ini.


Untuk proses pemilihan ketua dan wakil dalam Musppanitera akan digelar dalam waktu yang berbeda. Biasanya, pemilihan ketua dilakukan lebih dulu, baru dilanjutkan pemilihan wakil. Jika ketua terpilih adalah laki-laki, maka calon wakil laki-laki akan gugur dan yang maju sampai terpilih hanyalan calon perempuan saja. Begitupun sebaliknya, jika ketua terpilih adalah perempuan, maka wakil yang akan dipilih selanjutnya harus laki-laki.


Selain menyepakati batas akhir pendaftaran nama calon, rapat pokja juga membahas pembentukan dua komisi yang akan bertugas saat pelaksanaan Musppanitera. Dua komisi itu adalah pertama Komisi A yang bertugas melakukan pembahasan keorganisasian Dewan Kerja, menentukan persyaratan ketua, hingga menentukan komposisi DKD 5 tahun kedepan.


Sedangkan Komisi B bertugas menyusun rancangan kerja (renja) DKD jatim 2010-2015. Dalam renja itu akan ditekankan pada pembinaan dan peningkatan SDM penegak pandega, membuat rancangan kerjasama dengan organisasi lain, dan menyusun renja berbasis kemandirian dan abdi masyarakat.


Selain itu, kini pihaknya bersama pengurus DKD juga tengah melakuka penyelesaian laporan pertanggungjawaban periode kepengurusan 2005-2010. “Untuk LPJ, kami sudah menyiapkan dan kini tahap penyelesaian akhir. Besok sudah bisa selesai dan dan dicetak,” tuturnya.


Musppanitera akan diikuti oleh seluruh Dewan Kerja Cabang (DKC) se-Jatim yang diwakili oleh Ketua dan Wakil Ketua DKC, Perwakilan satu orang dari DKD se-Jawa sebagai peninjau, dan dua orang perwakilan dari DKN sebagai narasumber.


Sumber : kominfo.jatimprov.go.id

1 comments:

Post a Comment