Sunday, 28 November 2010

Presiden SBY Dijadwalkan Buka PW Nasional 2010

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hampir bisa dipastikan akan membuka Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 yang dipusatkan di Seulawah Scout Camp, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, 29 November-6 Desember 2010. Sedangkan penutupan dijadwalkan oleh Wakil Presiden, Boediono.

Kepastian bahwa Presiden SBY akan membuka Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 tersebut diperoleh setelah Tim Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Aceh melakukan rapat koordinasi dengan pihak Kwarnas, protokol kepresiden/wapres, pampampres, dan berbagai unsur lainnya di Istana Presiden dan Wakil Presiden di Jakarta, Rabu (24/11). “Sekda Aceh, Setia Budi yang memimpin delegasi Aceh ke rapat koordinasi tersebut, baik di Istana Presiden maupun Wapres. Juga hadir beberapa orang dari Kwarda Pramuka Aceh,” lapor Wagub Aceh, Muhammad Nazar yang juga Ka Kwarda Gerakan Pramuka Aceh kepada Serambi, tadi malam.

Menurut Muhammad Nazar, pihak Kwarda Pramuka Aceh bersama Panitia Pelaksana Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 diundang ke Jakarta untuk menyampaikan berbagai laporan kesiapan serta penentuan kedatangan Presiden dan Wapres ke Aceh. “Alhamdulillah, dari hasil rapat koordinasi tersebut, dipastikan Presiden akan membuka kegiatan itu dan penutupannya dilakukan oleh Wapres,” kata Nazar.

Sebagaimana dijadwalkan, Presiden SBY akan berada di Aceh selama dua hari, yaitu 29-30 November 2010. Selama di Aceh, Presiden akan meresmikan beberapa proyek pembangunan pada 29 November, sedangkan pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional 2010 akan dilakukan pada 30 November. “Meski dibuka pada 30 November, tetapi kegiatan tetap dimulai 29 November sebagaimana sudah dijadwalkan. Sedangkan penutupan oleh Wapres pada 6 Desember,” kata Nazar.

Perkemahan Pramuka Wirakarya Nasional 2010 akan diikuti lebih dari 10.000 Pramuka dari seluruh Indonesia, negara Asean dan Timur Tengah. Kegiatan akan difokuskan kepada pengabdian masyarakat yang dilaksanakan selama satu pekan dalam berbagai bentuk kegiatan, antara lain gampong bersih,gerakan cinta kebersihan di dayah dan tempat-tempat pendidikan serta rumah ibadah, gerakan cinta lingkungan berupa penanaman pohon, gerakan ekonomi pariwisata dan lain-lain.

Kegiatan utama dipusatkan di Seulawah Scout Camp sedangkan sub-camp tersebar di empat titik yaitu Pidie, Aceh Besar, Kota Banda Aceh, dan Sabang. Pada Selasa (23/11), Wagub Aceh meninjau berbagai persiapan di Seulawah Scout Camp dan memastikan berbagai fasilitas pendukung bisa dirampungkan tepat waktu. “Kalau masih ada kekurangan di sana-sini, ya itulah tantangan. Pramuka harus siap menghadapi berbagai tantangan itu,” kata Nazar.

Forum bisnis Asia
Dalam laporannya kepada Serambi tadi malam, Wagub Aceh juga menginformasikan bahwa dirinya diundang ke forum Kelantan-China International Business Forum and Trade Fair pada 25 November 2010 di Kelantan. “Karena kesibukan menjelang pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional, saya wakilkan kepada Kepala Badan Investasi,” kata Nazar.

Ke forum yang akan dihadiri lebih 1.000 pengusaha profesional dari Asia termasuk 300 pengusaha dari Cina, Wagub Aceh akan tampil sebagai pembicara panelis dengan judul; Aceh Trade and investment Opportunities. Kegiatan berskala dunia itu akan dibuka Sekjen Asean, Surin Pitsuwan.

Sumber : serambinews.com

0 comments:

Post a Comment