Saturday, 20 November 2010

Ribuan Pramuka di Lotim Mengikuti Jambore Cabang

Ribuan anggota Pramuka tingkat Penggalang se-kabupaten Lombok Timur mengikuti kegiatan Jambore Cabang (Jamcab) dari 19 s.d 22 Nopember 2010 di Bumi Perkemahan Sukadamai, Desa Kerongkong, Kecamatan Suralaga.

Jamcab ini diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lombok Timur yang merupakan program kerja tahun 2010, dengan melibatkan seluruh Kwartir Ranting (Kwarran) Se-Lotim.

Sementara kegiatan Jamcab ini dibuka oleh Bupati Lotim, H.M.Sukiman Azmy selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Lotim, dengan dihadiri pengurus Kwarda Gerakan Pramuka NTB.

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lombok Timur, H.M.Gufranuddin menegaskan kegiatan Jamcab ini digelar satu langkah untuk mempersiapkan diri mengikuti Jambore Daerah yang akan diselenggarakan oleh Kwatir Daerah Gerakan Pramuka NTB pada bulan Desember 2010 mendatang.

Dengan mengundang semua perwakilan pramuka tingkat penggalang yang ada di kabupaten/kota di NTB, termasuk didalamnya pembina dan pendamping yang nantinya akan turut menyertai kontingen Lotim di kegiatan bergengsi tersebut.

" Kegiatan Jamcab ini memiliki proses dan tahapan yang harus dilakukan dengan mengadakan kegiatan Jambore Ranting di masing-masing Kecamatan di Lotim," tegas Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lotim.

Ia menegaskan sementara anggota Pramuka Penggalang ini yang menjadi peserta dalam Jamcab ini adalah orang-orang pilihan yang telah lulus seleksi ditingkat kecamatan.

Dengan mengacu pada persyaratan yang telah diatur dalam AD/ART Pramuka dengan mengacu pada kurikulum yang ada melalui Tanda Kecakapan Umum (SKU) maupun Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang ada dalam tingkatan Pramuka Penggalang.

Karena jauh sebelumnya dari panitia penyelenggara Jamcab telah menyebarkan surat edaran dan petunjuk tehnis dan petunjuk penyelenggara tentang kegiatan Jamcab tersebut.

"Pengiriman peserta Jamcab ini dilakukan sesuai dengan pedoman yang telah dibuat," ujar H.Gupranuddin.

Ia menambahkan berbagai macam kegiatan yang dirancang dalam Jamcab ini, disesuaikan dengan perkembangan peserta didik yang mengacu pada sistim among dan Pendidikan Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan.

Karena melalui Jamcab ini anggota Pramuka Penggalang bisa membina persaudaraan sebagaimana yang tertuang dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yang menjadi pedoman untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

" Setiap anggota Pramuka Pramuka Penggalang dituntut untuk bersikap mandiri tanpa harus menyusahkan orang lain," tandas Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lotim.

Sumber : Antara Mataram

0 comments:

Post a Comment