Saturday, 4 August 2012

JOTA-JOTI Pramuka Sawahlunto

SAWAHLUNTO - Selama 3 hari mulai Jumat sampai Minggu (3-5/8), Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka kota Sawahlunto mengikuti kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) - Jamboree On The Internet (JOTI) serta 8th Asia –Pacific Internet Jamboree.

Hal ini dikatakan Tumpak Abdulrahman, Wakil Ketua Kwarcab yang didampingi Koordinator Penyelengara Nanang Surya. Dikatakan Tumpak, kegiatan ini merupakan even dua kali setiap tahun. “Untuk JOTA Nasional ini yang ke 7, sedangkan JOTI Nasional ke 29 dan partisipasi 8th Asia-Pacific regional Air/Internet Jambore”, jelas Tumpak.

Kembali Tumpak mengatakan, kegiatan ini akan dikuti oleh pramuka gugus depan (gudep) Penggalang dan Penegak Pandega dikota ini. Selanjutnya , mereka secara bergiliran berkomunikasi dengan pramuka kwarcab dan kwarda se Indonesia yang mengikuti kegiatan ini.

”Nantinya, Kwarcab ini akan mendirikan Station JOTA YC 5 ZJK dengan penanggung jawab Station Djazuli, BE (YC 5 GMJ) yang bekerja sama dengan Orari Lokal Sawahlunto dan Badan Kesbangpol PBD Kota Sawahlunto”, terang Tumpak.

Sementara Satation JOTI akan dikonsentrasikan disekretariat Kwarcab. Meski begitu kata Tumpak, masing-masing Gugus Depan dapat juga mengakses internet.

Tumpak menekankan, dengan JOTA-JOTI, peserta didik dapat berkomunikasi dan memaparkan program kegiatan kepramukaan didaerah masing-masing.

”Anggota pramuka juga dapat memanfaatkan JOTI sebagai ajang saling tukar menukar informasi, terutama sekali dalam mempromosikan pariwisata Kota ini”, tukasnya.

Sumber : Sumbaronline

0 comments:

Post a Comment