Saturday, 6 October 2012

Kamabinas Batal Buka Raimuna Nasional X di Papua

Presiden RI, DR. H. Susilo Bambang Yudoyhono  batal melakukan kunjungannya ke Provinsi Papua – Kota Jayapura untuk membuka Raimuna Nasional (Rainas) X Tahun 2012 di Buper, Waena, Kota Jayapura. Karena SBY batal, sehingga Wakil Presiden (Wapres) RI, Boediono yang ditunjuk akan membuka secara resmi pelaksanaan Raimuna Nasional (Rainas) X di Bumi Perkemahan (Buper) Cenderawasih – Phokela, Waena – Distrik Heram, Rabu (10/10) pekan depan, Pukul 10:00 WIT.
   
Ini dikatakan Panglima  Kodam XVII Cenderawasih  Erwin Syafitri usai memimpine  Upacara Dirgahayu TNI ke-67 di Bumi Perkemahan Waena, Jumat (5/10)."Walaupun begitu kami siap mengamankan jalannya Raimuna di Jayapura,"ujarnya.
  
Dengan tak hadirnya Presiden maka dipastikan Wapres RI, Boediono akan datang di Raimuna. Ini disampaikan oleh Ketua Panitia, Rainas X Tahun 2012, drh. Constant Karma saat melakukan jumpa pers, di Swissbell Hotel – Ruko Dok II Jayapura, Kamis (4/10) kemarin malam.

Dikatakan, Presiden RI, Susilo Bambang Yudoyhono mengurungkan niatnya ke Provinsi Papua atau tepatnya di Kota Jayapura, karena kesibukannya sebagai seorang kepala negara.

“Kami terima informasi dari protokoler kepresidenan bahwa yang nantinya akan membuka acara iven Rainas X 2012 adalah bapak Wapres RI,” jelasnya. 

Wapres Boediono dijadwalkan tiba di Papua Selasa (9/10) sore harinya dengan menggunakan pesawat khusus kepresidenan.
Setibanya di Jayapura, Wapres beserta rombongan diantaranya Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) RI, DR. H. Agung Laksono, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Andi A. Mallarangeng serta Menteri Koordinator Pemberdayaan Perempuan RI,  Ny. Linda Agum Gumelar, langsung istrahat. “Tidak ada acara khusus dari Wapres pada malam hari,” ujarnya.

Keesokkan harinya Rabu (10/10) Pukul 10.00 WIT, Wakil Presiden RI, Boediono secara resmi akan membuka kegiatan Rainas X 2012 di Bumi Perkemahan (Buper) Cenderawasih – Phokela, Waena – Distrik Heram. Usai pembukaan Wapres langsung menuju ke Bandara Sentani untuk selanjutnya bertolak kembali ke Jakarta.

Soal alasan batalnya kunjungan Presiden ke Jayapura, Constant Karma sama sekali tidak mengetahui penyebabnya.

Menjawab pertanyaan wartawan soal kesiapan Rainas, Karma mengatakan sejak kemarin Kamis (4/10) peserta sudah datang dari lima provinsi  diantaranya Provinsi Gorontalo, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Sumatera Barat dengan menumpang KM Dorolonda .  

Walau acara Rainas X baru akan dibuka pada tanggal 10 Oktober, namun acara akan dimulai tanggal 8/10.  ”  Semua sudah berkumpul di Buper Phokela hampir 2000 orang sudah kumpul disana,”katanya.

0 comments:

Post a Comment