Tuesday, 16 October 2012

Kegiatan Pramuka Penting bagi Siswa

ANAMBAS-Gerakan Pramuka di sekolah harus menjadi perhatian, karena  kegiatan ini sangat penting bagi siswa. Oleh karena itu, kepala sekolah harus memberi perhatian dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler kepanduan tersebut.
Demikian Disampaikan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kepulauan Anambas, Abdul Haris di Tarempa, Siantan, KKA, belum lama ini.

Menurutnya, jika perlu dijadikan persaratan untuk menentukan kenaikan kelas dan kelulusan bagi pelajar di Anambas.

"Kepala sekolah perlu mengaktifkan kegiatan di Gugus Depan (Gudep), supaya anak-anak aktif dalam kegiatan Pramuka di sekolah. Jika perlu menentukan kenaikan kelas dan kelulusan," kata Haris.

Hal ini disampaikannya, untuk meningkatkan aktifitas pelajar di sekolah, agar pelajar terhindar dari prilaku liar. Dengan pendidikan di luar ruangan, kata haris, akan memberi keseimbangan bagi pelajar  dalam pengembangan kepribadian. Melalui gerakan Pramuka, lanjutnya, pelajar mendapakan pendidikan tentang lingkungan dan alam sekitar.

"Supaya pendidikan di sekolah seimbang, antara pendidikan sekolah dengan pengembangan diri. Melalui kegiatan kepramukaan yang dilakukan di sekolah-sekolah," ujar Haris lagi.

Kakwarcab yang juga Wakil Bupati Kepulauan Anambas ini menerangkan, pengembangan diri pelajar Anambas harus dilatih sejak dini. Untuk mempersiapkan pemimpin yang berkarakter di masa mendatang, tentu dengan banyaknya kecakapan hidup yang dimiliki. Melalu pendidikan Pramuka yang mendidik pelajar sebagai manusia Pancasila.

"Harus kita persiapkan sejak dini pemimpin yang berkarakter dan cakap melalui pendidikan dan pengembangan diri.  Dengan kepramukaan anak-anak dididik menjadi manusia Pancasila," terangnya.

Diakui Haris, untuk permulaan memang berat dalam menggerakkan Pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler rutin sekolah. Di beberapa sekolah akan kesulitan mengharuskan setiap pelajar ikut ekstrakurikuler, karena jarak tempat tinggal siswa yang jauh dari sekolah.

Karena jadwal kapal setiap harinya sudah ditetapkan jamnya. Namun, kata Haris, hal tersebut harus dimulai, meskipun dengan berbagai kekurangan. Kepala sekolah, imbar Haris,  harus menggerakan kegiatan Pramuka di setiap sekolah yang dipimpinnya.

"Memang berat tahap permulaan. Secara perlahan langsung dimulai, meski dengan banyak kekurangan. Kita minta kepala sekolah dapat mengaktifkan kegiatan Pramuka di tiap sekolah yang dimpimpin," pungkasnya

Sumber : huluankepri

0 comments:

Post a Comment