Tuesday, 18 June 2013

Ka Kwarcab Pramuka Siak Lantik Kamabiran dan Kwarran Sei Apit

SUNGAIAPIT- Alfedri ,Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kabupaten Siak, yang juga Wakil Bupati (Wabup) Siak, Sabtu (15/6/13) melantik pengurus Pembimbing Ranting (Kamabiran) dan pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) 09 02 gerakan pramuka Kecamatan Sungai Apit masa bakti 2013-2016.

Dalam acara yang dipusatkan halaman kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Sungai Apit, tampak hadir Ketua DPRD Siak Zulfi Mursal SH, Andalan cabang pramuka Siak, Camat Sungai Apit Djoko Edy Imhar, Sekcam Suparni SSos, UPTD se Kecamatan Sungai Apit, Kepala Desa, Kamabigus, Pembina Gudep, pembina Satuan dan tokoh masyarakat Sungai Apit.

Dalam sambutannya Ketua Kwarcab 09 gerakan Pramuka Siak, Alfedri mengatakan sebanyak 14 Kecamatan yang di Kabupaten Siak, lima Kwarran masih aktif masa baktinya tapi ada sembilan Kwarran yang sudah habis masa bakti, dua diantaranya sudah melakukan Musran tetapi belum dilantik.

"Kami mengucapkan selamat kepada pengurus Kamabiran dan Kwarran yang baru dilantik, dengan harapan kepada kepengurusan yang baru dilantik ini bisa membawa gerakan kepanduan pramuka yang ada di Kecamatan Sungai Apit ini ke arah yang lebih baik,lebih maju dan bisa bangkit daripada sebelumnya," Alfedri.

Selain itu ia berharap, Ketua Kwarran Pramuka Kecamatan Sungai Apit yang lama dipimpin oleh Mahadar SPd, yang sekarang menjabat Sekretaris Kwarcab Siak telah banyak berbuat yang terbaik untuk gerakan pramuka Sungai Apit namun diharapkan kepada Kwarran yang baru dilantik agar bisa berbuat yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang.

"Ujung tombak dari gerakan pramuka berada gugus depan (Gudep), Satuan satuan pendidikan yang ada diseluruh sekolah dan Satuan Karya, Jadi peran Kepala Sekolah sebagai Kamabigus sangat menentukan maju mundurnya gerakan pramuka. Untuk itu saya sangat mengharapkan peran Kepala Sekolah untuk memajukan gerakan pramuka di Kecamatan Sungai Apit," harap Alfedri.

Ketua pengurus Kwarran 09 02 gerakan pramuka Kecamatan Sungai Apit yang baru dilantik, Selamat SPd.I mengatakan, dalam menghadapi abad kepramukaan abad ke 21 maka pendidikan kepramukaan menetapkan prioritas program peningkatan mutu penyelenggaraan kepramukaan pada ketahanan mental, moral, fisik, intelektual, emosi dan sosial sehingga peserta didik mampu menghadapi tantangan yang timbul dalam abad ke 21 tersebut.

"Untuk membentuk pembina berkualitas, dipandang perlu diadakan kursus pembina pramuka baik berupa Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Tingkat Lanjut (KML)," ujar Selamat.

Selain itu ia mengungkapkan melalui kesempatan ini, ia selaku Kwarran Sungai Apit mohon kepada Kwarcab Siak agar Kwarran Sungai Apit, dapat menjadi tuan rumah dalam kegiatan kursus/pelatihan sehingga Kwarran Sungai Apit lebih eksis dimasa yang akan datang.

Apalagi sebelumnya, Kwarran Sungai Apit selalu sebagai duta kepramukaan mewakili Kwarcab Siak dalam mengikuti iven pramuka seperti lomba tingkat penggalang di Provinsi Riau serta Jambore Nasional.

Sumber : http://www.riauterkini.com/pendidikan.php?arr=61205

0 comments:

Post a Comment