Thursday, 13 June 2013

Pramuka Harus Kuasai Teknologi

JATINANGOR,  Pramuka harus berjiwa muda, mandiri dan mampu mengikuti perkembangan jaman. Bahkan, Pramuka harus bisa mengimbangi teknologi, memahami pengetahuan umum seperti tentang narkoba dan penangulangan bencana alam.

“Mari kita terus mengawal kegiatan Pramuka, terus bertekad agar bisa kembali diberdayakan dengan aneka kegiatan berbau teknologi,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo seusai peresmian Gedung Kujang di Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor, Rabu (12/6).

Salah satu program prima Pramuka, lanjut Roy, mewajibkan Pramuka mahir di bidang teknologi. Salah satu contoh, Pramuka harus memiliki stasiun televisi tersendiri.

“Mental Pramuka harus terlatih, agar bisa mandiri. Seiring Pramuka menjadi ekstrakurikuler kurikulum 2013, marilah kita kawal Pramuka bersama-sama agar berjalan dengan baik,” ucap Roy.

Sementara itu, Ketua Kwarda Jabar, Dede Yusuf Macan Efendi mengatakan, Pramuka akan menjadi eskul yang wajib di sekolah, sehingga Pramuka harus memiliki pelatih dan pembina yang handal.

“Bukan hanya kepemilikan pelatih dan pembina, fasilitas lainnya seperti buku pendidikan Pramuka harus memadai berikut ditunjang sarana dan prasarana yang lengkap,” kata Dede.

Seharusnya, lanjut Dede, di setiap daerah memiliki Buper, namun menimbang biaya dan pengelolaannya, maka marilah kita manfaatkan sebaik-baiknya Buper Kiara Payung seluas 66 hektare ini.

“Berita gembira, Menpora sangat mendukung pemuda kreatif di Pramuka. Diharapkan, berkat dorongan Pak Menpora, Pramuka Indopnesia lebih maju dan berkembang,” ujar Dede.

Status Buper Kiara Payung, lanjutnya, merupakan aset Pemda yang belum dihibahkan kepada Pramuka.

“Menurut Perda, untuk mengelola aset ini tidak boleh dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Maka, biaya untuk segala kebutuhannya mendorong dari APBD dan APBN,” katanya.

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/9743

0 comments:

Post a Comment