Sunday, 2 June 2013

Pertemuan Pramuka Luar Biasa Nasional 2013

Anggota Gerakan Pramuka yang berkebutuhan khusus akan melakukan perkemahan tingkat nasional di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta. Kegiatan yang bertajuk Pertemuan Pramuka Luar Biasa Tingkat Nasional Tahun 2013 atau disingkat PPLB Nasional 2013 itu akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni – 5 Juli 2013.

Dijadwalkan sebanyak 2.343 pramuka luar biasa/berkebutuhan khusus akan ambil bagian mengikuti lima mata kegiatan yaitu, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik. Termasuk kegiatan interaktif dengan pramuka penggalang biasa serta kegiatan rekreatif edukatif. Mereka adalah Pramuka golongan Tunanetra, Tunadaksa, Tunarungu, Tunagrahita, dan Tunalaras.

Secara garis besar, kegiatan PPLB Nas 2013 yang mengangkat tema “Bertakwa, Mandiri, Peduli, dan Berpestasi” akan dibagi menjadi dua kelompok besar kegiatan yaitu untuk Peserta Didik dan untuk Pembina Pendamping. Kegiatan untuk Pembina Pendamping meliputi kegiatan Gelang Ajar.

Kegiatan Gelang Ajar diharapkan dapat menjadi ajang berbagi pengalamaan dalam hal membina pramuka luar biasa, dalam kesepatan ini, Kwarnas Gerakan Pramuka juga akan mensosialisasikan buku “Panduan Membina Pramuka Luar Biasa” dan “Permainan Pramuka Luar Biasa”
Pertemuan Pramuka Luar Biasa atau Pramuka yang berkebutuhan khusus ini diharapkan, Gerakan Pramuka tetap menjadi rumah bagi generasi muda terlebih yang memiliki kebutuhan khusus, agar terus menerus membentuk karakter yang berguna bagi dirinya sendiri dan masa depannya.

Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan generasi muda, sudah selayaknya menjadi wadah pilihan utama bagi pembinaan generasi muda. Pada aplikasi kegiatan di masyarakat, Gerakan Pramuka bukan hanya milik generasi muda yang sehat fisik jasmani dan rohaninya saja, tetapi juga bagi pramuka yang memiliki kebutuhan khusus.

Semua peserta didik mulai dari Golongan Pramuka Siaga hingga Pandega memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan karakter dan juga keterampilan.

Untuk informasi lebih lanjut, tersedia di laman (website)
www.pramuka.or.id
Humas Kwarnas
1. Septembri Yanti: 08129650663
2. Saiko Damai: 081310769003
 Sumber : Humas Kwarnas

0 comments:

Post a Comment