Monday, 30 September 2013

Pramuka Lahirkan Calon Pemimpin Masa Depan

Sibilga - Di tengah gencarnya terpaan budaya pop dari luar negeri kepada generasi muda Indonesia, gerakan  Pramuka semakin diperlukan untuk menjadikan generasi ini tidak kehilangan nilai-nilai ke-Indonesiaan mereka.

Bahkan nilai-nilai positif  kemanusiaan dan cinta Indonesia yang tergambar dalam Trisatya dan Dasadharma Pramuka itu, bisa membentuk generasi muda Indonesia sebagai generasi unggul dan tangguh.

Pentingnya menggelorakan gerakan Pramuka ini ditegaskan Gubernur Sumatera Utara saat memimpin upcara peringaan HUT ke-52 gerakan Pramuka tingkat Sumatera Utara di  Lapangan Simaremare Kota Sibolga, Sabtu (28/9)  petang kemarin.

"Pramuka tentu masih relevan untuk menjawab masuknya nilai-nilai dari luar negeri. Lewat aktifitas kepanduan ini bisa melahirkan kader-kader pemimpin Indonesia masa depan. Pramuka harus terus digiatkan dalam dunia pendidikan kita, karena gerakan ini turut membentuk karakter disiplin, bertanggung jawab, kreatif memanfaatkan waktu, serta bagaimana kita mengemban tugas,"kata Gubernur Sumatera Utara yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Pramuka Sumatera Utara.

Tampak juga hadir pada acara itu antara lain Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani, Ka Kwarda Sumut H Nurdin Lubis SH MM, Walikota Tebing Tinggi, Wakil Bupati Deli Serdang, Waill Bupati Simalungun, Wakil Walikota Binjai, Wakil Bupati Tapteng, Wakil Bupati Madina para pengurus Kardasu, para Ketua Kwartir Cabang se-Sumatera Utara.

Dalam peringatan HUT Pramuka tersebut, Gubsu sekaligus menganugerahkan penghargaan Satya Lencana Melati, Darma Bakti dan Panca Warsa kepada para pemimpin kabupaten/kota atas jasa-jasanya turut memajukan gerakan kepramukaan di Sumut.

Ketika membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional,  Gubsu mengatakan, Pramuka menekankan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, selain tetap memupuk nilai-nilai sosial budaya unggulan khas Indonesia.

"Lewat Pramuka misalnya, Pramuka Siaga dilatih serta dibiasakan untuk mengantre. Sejak SD anak-anak belajar antre, bekerjasama dan tidak saling serobot sehingga gilirannya tiba. Saat antre, anak Pramuka siaga juga belajar bersosialisasi dengan orang yang ikut mengantre, memanfaatkan waktu selama mengantre," katanya.

Walikota Sibolga M Syafri Hutauruk dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur dan selamat datang kepada Gubsu dan rombongan serta pramuka." Kami berterimakasih atas kepercayan Pak Gubsu yang telah menunjuk Kota Sibolga menjadi tuan rumah,"ujarnya.

Syafri berharap peringatan HUT Pramuka yang menjadi momentum untuk meningkatkan peran dan aktivitas Pramuka sebagai organisasi kepanduan dalam membangun gerenasi muda yang berwatak kokoh, tangguh dan berkepribadian Indonesia.

"Mari bersama kita wujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat melalui gerakan Pramuka  sejak anak-anak sekolah," harap Walikota Sibolga.

Dalam upcara tersebut, Gubernur dan para bupati/walikota disuguhi sejumlah atraksi kesenian yang dibawakan anggota Pramuka. Aksi musik perkusi dari benda-benda bekas dan marching band Pramuka Penegak.

Sumber : http://www.dnaberita.com/berita-97450-pramuka-lahirkan-calon-pemimpin-masa-depan.html

0 comments:

Post a Comment